cover
Contact Name
Rini Ratna Nafitasari
Contact Email
riniratna@kahuripan.ac.id
Phone
+6285649243800
Journal Mail Official
jurnal.ekuivalensi@kahuripan.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Pelem Pare, Kediri
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekuivalensi
ISSN : 24432903     EISSN : 26153246     DOI : -
The Journal publishes high quality research papers in all fields of finance and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in corporate finance, financial markets and institutions, and investments. Research in real estate, insurance, monetary theory and policy, and industrial organization is also welcomed. Papers that deal with the relation between the financial structure of firms and the industrial structure of the product market are especially encouraged.
Articles 164 Documents
Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Sma Negeri 3 Kota Kediri Yesy Kusumawati
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.639 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Apakah unsur-unsur layanan yang terdiri dari fasilitas, koleksi, dan pustakawan mempengaruhi kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri? (2) Variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan siswa dalam hal layanan di perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri? Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Kediri dengan responden sebanyak 40 siswa kelas XII. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Uji validitas menggunakan product moment pearson dengan hasil semua butir pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner dalam penelitian ini adalah valid. Sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil semua variabel reliabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program statistic SPSS for window versi 23. Hasil penelitian diperoleh persamaan Unstandardized Coefficients Y = -0,700+0,231X1+0,326X2+0,288X3+e dimana memberikan gambaran semakin meningkatnya faktor fasilitas, koleksi, dan pustakawan maka semakin mempengaruhi besarnya tingkat kepuasan siswa dan Standardized Coefficients diperoleh persamaan Y = 0,323X1+0,472X2+0,426X3+e dimana dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel koleksi. Dari hasil analisis regresi berganda terbukti bahwa Variabel Fasilitas (X1), Variabel Koleksi (X2), Variabel Pustakawan (X3) pada siswa kelas XII secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Kepuasan Siswa (Y). Secara parsial variabel fasilitas, variabel koleksi dan variabel pustakawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa. Saran penulis untuk perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri perlu melakukan pembenahan di koleksi bahan pustaka. Pembenahan terkait kelengkapan koleksi dan keterbaruan koleksi terutama koleksi buku non teks pelajaran. Perawatan buku perlu dilakukan mengingat banyak sekali buku yang belum tersampuli atau rusak sampulnya. Selain itu penataan buku sesuai dengan kode klasifikasi buku perlu dilakukan untuk mempermudah pencarian buku. Kata kunci : kepuasan, pelayanan, perpustakaan
PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAANMANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Imam Hanafi; Stevanus Gatot Supriyadi
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.029 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efek dari pengaruh internal seperti leverage, likuiditas, aktivitas, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan pengaruhekonomi eksternal misalnya tarif bunga dan tarif inflasi terhadap kemungkinan terjadinya kesulitan keuangan (financial distres) . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2012 – 2015 sebanyak 132. Sample diambil dari 16 perusahaan manufaktur menggunakan teknik sampling purposive dengan rincian: 8 perusahaan sehat, 8 perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan (financial distress), 32 observasi dari perusahaan sehat, 32 observasi dari perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan (financial distress), dengan total 32 observasi. Regresi Logistik adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage mempunyai pengaruh positf dan signifikan terhadap kesulitan keuangan (financial distress). Sedangkan likuiditas, aktivitas dan pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kesulitan keuangan (financial distress). Selanjutnya, aktivitas tidak berpengaruh terhadap kesulitan keuangan (financial distress) karena dalam kategori perusahaan sehat maupun kategori perusahaan dengan kesulitan keuangan (financial distress) terdapat perusahaan besar dan kecil. Disamping itu, ukuran perusahaan tidak menunjukkan kondisi keuangan dan performance perusahaan.Tarif bunga dan inflasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap financial distress karena dalam masa penelitian, tarif bunga dan inflasi stabil.Kata Kunci: Financial Distress, Rasio keuangan
Analisis Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua Yesus Armiro Korbaffo
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.515 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja, gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua sebanyak 30 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kinerja pegawai dan motivasi kerja berada dalam kategori netral atau kutang baik, sedangkan variabel disiplin kerja dan gaya kepemimpinan tergolong cukup baik, dengan capaian indikator untuk masing-masing variabel yaitu 46% (Y), 57,14% (X1), 57,58% (X2) dan 40,97% (X3). Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa secara bersama-sama Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua. Sedangkan secara parsial, Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua. Di samping itu analisis koefisien determinasi (R2) mengungkapkan adanya kontribusi nyata dan signifikan dari Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja sebesar 86% terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua., sisanya sebesar 14% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Kinerja Pegawai, Kompetensi Individu, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja
EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL UNTUK MENINGKATKAN LABA PADA KOPERASI AGRO NIAGA INDONESIA (KANINDO) SYARIAH DAU KABUPATEN MALANG (Periode 2012 – 2014) Petty Arisanti
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 3 No. 1 (2017): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.273 KB)

Abstract

Efektivitas adalah kemampuan melaksanakan tugas, fungsi (operasi kegiatan program atau misi) daripada suatu organisasi atau sejenisnya yang tidak adanya tekanan atau ketegangan dalam pelaksanaannya. Pengendalian adalah adalah suatu upaya yang sistematis untuk menetapkan standar kerja sesuai visi dan misi perusahaan dengan membandingkan kinerja sesungguhnya dengan standar yang telah ditetapkan. Sedangkan laba dalam koperasi pada hakikatnya adalah pendapatan setelah dikurangi biaya-biaya. Semakin besar laba yang diperoleh, maka semakin besar pula manfaat yang diperoleh Fokus penelitian yang diambil yaitu bagaimana pengendalian terhadap biaya operasional yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen koperasi untuk meningkatkan laba. Tujuan pada penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yaitu untuk menganalisis pengendalian biaya operasional yang dilakukan oleh pihak manajemen koperasi untuk meningkatkan laba di Kanindo Syariah Dau Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif atau mix method. Subyek penelitian ini adalah Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Syariah Dau Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengendalian terhadap biaya operasional Kanindo Syariah Dau Kabupaten Malang terjadi pembengkakan pada tahun 2014, yaitu jumlah biaya gaji karyawan yang terealisasi mengalami kenaikan. Yang berakibat naiknya total biaya operasional pada tahun 2014. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini sebaiknya mengevaluasi kinerja manajemen, dengan cara manajemen Kanindo syariah melakukan pengendalian yang lebih baik lagi terkait pembengkakan kompenen biaya operasional yaitu biaya gaji karyawan. Pada pengendalian ini pihak manajemen Kanindo syariah menerapkan kebijakan yang lebih baik lagi dalam penetapan gaji karyawan dengan disesuaikan dengan kondisi keuangan Kanindo itu sendiri agar biaya operasional tidak membengkak yang berakibat menurunnya SHU.
Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil RM Mahrus Alie
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 2 No. 1 (2016): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarkat terhadap pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan catatan Sipil di KabupatenKediri dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi indeks kepuasan masyarkat terhadap pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan catatanSipil di Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terhadap sejumlah responden, dokumentasi dan studi pustaka serta wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari dimensi Indek kepuasan Masyrakat (IKM) pelayanan yang diberikan dinilai sudah baik. Hal ini menunjukkan bahwa pada dimensi ini masyarakat sudah puas dengan pelayanan yang diberikan oleh aparat pemerintah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor sumber daya manusianya dan sarana dan prasarana. Saran dalam hasil penelitian ini adalah dalam rangka pemenuhan kepuasan pelayanan masyarakat maka hendaknya pelayanan tetap dimaksimalkan walaupun terkendala oleh beberapa fasilitas penunjang serta sarana dan prasarana Peningkatan mutu pelaynan melalui sumber daya manusia (SDM) yang mapan dan berkualitas harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan upaya menjalin kerja sama dengan lembaga atau LSM lainya yang bisa memberikan pelatihan berupa pelayanan prima. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Kediri perlu memikirkan untuk memberikan penghargaan bagi pegawai atau aparat pemerintah yang berprestasi agar menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Pedagang Kaki Lima Sebagai Alternatif Kesempatan Kerja Bagi Kaum Perempuan Di Pedesaan (Studi pada PKL di Lapangan Desa Karangrejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri) Tuwis Hariyani
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 2 (2019): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.644 KB)

Abstract

Abstrak Membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan menjadi PKL dianggap masyarakat sebagai solusi yang tepat walaupun omzet penjualan tidak tentu dan relatif kecil, namun dapat meringankan beban hidup Setidaknya hal itu yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Desa Karangrejo khususnya bagi kaum perempuannya dalam rangka meringankan beban hidup dan membantu perekonomian keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kondisi PKL yang ada di Lapangan Desa Karangrejo, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis peranan Pemerintah Desa Karangrejo terhadap keberadaan PKL di Lapangan Desa Karangrejo, 3) Mendeskripsikan dan menganalisis keberadaan PKL sebagai alternatif kesempatan kerja bagi kaum perempuan di pedesaan. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan metode analisis data model interaktif. PKL yang ada di Lapangan di Desa Karangrejo saat ini berjumlah 74 orang, dimana 90% pedagang berjenis kelamin perempuan. Adapun barang dagangan yang dijajakan adalah produk makanan dan minuman olahan. Mereka berdagang dengan menggunakan gerobak yang bisa didorong dan dipindah atau bangunan non permanen yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Mereka berdagang dengan fasilitas tempat yang sengaja disediakan oleh Pemerintah Desa Karangrejo, yakni di pinggir lapangan yang sudah di paving dengan baik serta dilengkapi dengan adanya jaringan listrik dan mainan anak. Untuk saat ini Pemerintah Desa belum memungut biaya apapun kepada para PKL, namun ke depannya hal itu akan diterapkan seiring dengan terpenuhinya persyaratan administratif desa. Sehingga profesi sebagai PKL dapat dijadikan sebagai alternatif kesempatan kerja bagi kaum perempuan di pedesaan karena modal dan waktu yang diperlukan cukup fleksibel. Yang mana di sela-sela kesibukan mereka sebagai PKL mereka masih bisa mengurus rumah tangga dengan leluasa ataupun mengikuti dan menjalani kegiatan individu lainnya. Dan yang terpenting adalah mereka bisa membantu perekonomian keluarga meski hasilnya tidak menentu. Kata kunci: pedagang kaki lima, kesempatan kerja, kaum perempuan, pedesaan. Abstract Opening one's own job by becoming a street vendor is considered by the community as the right solution even though sales turnover is uncertain and relatively small, but it can ease the burden of life. . The purpose of this study is to: 1) Describe the conditions of street vendors in the Karangrejo Village Field, 2) Describe and analyze the role of the Karangrejo Village Government on the existence of street vendors in the Karangrejo Village Field, 3) Describe and analyze the existence of street vendors as alternative employment opportunities for women in the countryside. The research uses a qualitative approach to the type of case study research and interactive model data analysis methods. There are currently 74 street vendors in the field in Karangrejo village, of which 90% are female traders. The merchandise sold are processed food and beverage products. They trade using push carts that can be pushed and moved or non-permanent buildings that can be easily dismantled. They trade with a facility that is deliberately provided by the Karangrejo Village Government, which is on the edge of a well-paved field and is equipped with electrical networks and children's toys. At this time the village government has not collected any fees from street vendors, but in the future it will be implemented along with the fulfillment of village administrative requirements. So that the profession as a street vendor can be used as an alternative employment opportunity for women in rural areas because the capital and time required are quite flexible. Which is in between their busy life as street vendors they can still manage the household freely or follow and undergo other individual activities. And the most important thing is that they can help the family economy even though the results are uncertain. Keywords: street vendors, job opportunities, women, rural areas.
Risiko Pasar Pada Pembiayaan Syariah Rr Tini Anggraeni
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.479 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari risk assesment untuk deteksi dini besar nilai risiko pasar yang diukur dari nilai beta atau nilai sensitivitas perolehan return bagi hasil pada masing-masing akad pembiayaan (mudhrabah, musyarakah, murabahah, ijarah, istishna dan qardh) Bank Syariah berdasarkan fluktuasi indikator makro ekonomi yang merupakan komponen penghitung risiko pasar yang terdiri dari risiko suku bunga, risiko nilai tukar, risiko ekuitas, risiko komoditas. Menggunakan metode pengukuran beta dari teori Capital Aset Pricing Model (CAPM) dalam Investment Management, yang diproxikan untuk melihat besaran beta atau risiko pasar dari beberapa fluktuasi indikator makro ekonomi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan data dari return bagi hasil yang diambil dari equivalent rate pembiayaan masing-masing akad dengan nilai indikator makro ekonomi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah memiliki beta di bawah 1 yang menunjukkan hasil bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah bersifat non agresif atau kurang peka terhadap perubahan pada indikator suku bunga, SBIS, nilai tukar, komoditas emas dan minyak dan ekuitas JII. Hal ini menunjukkan bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah tidak banyak dipengaruhi oleh variabel makro ekonomi atau cukup defense terhadap perubahan atau fluktuasi makro ekonomi. Namun Jika dilihat dari arah hubungan, menunjukkan bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah memiliki beta positif, artinya perubahan fluktuasi makro ekonomi memberikan implikasi positif pada peningkatan imbal hasil pembiayaan Bank Syariah. Kata Kunci : Beta, Imbal Hasil Pembiayaan, Indikator Makro Ekonomi, CAPM
Penilaian Standard Softskill dan Kompensasi : Sebagai Suatu Tinjauan Explorasi secara Empiris Lismayasari Lismayasari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 2 (2019): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.088 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan softskills dan kompensasi dan kinerja serta menganalisis pengaruh softskills dan kompensasi terhadap Kinerja Pegawai, baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan adalah metode survei deskriptif dan survei eksplanatori. Tipeeinvestigasi dalam penelitianiini adalah kausalitas. Unitt analisis para pegawai Departement MOOS di PT. AJ Manulife Indonesia dengan populasi sebanyak 30 orang pegawai. Timehhorizon dalam penelitian ini adalah cross sectional serta metode analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan analisis jalur.Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditemukan bahwa softskills pegawai Departement MOOS di PT. AJ Manulife Indonesia sudah tergolong sangat tinggi kompensasi yang diterima Pegawai Departement MOOS di PT. AJ Manulife Indonesia sudah tepat, Pegawai Departement MOOS di PT. AJ Manulife Indonesia memiliki kinerja yang tinggi, softskills dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja Pegawai Departement MOOS di PT. AJ Manulife Indonesia, serta pengaruhnya positif. Namun secara parsial kompensasi dominan mempengaruhi kinerja pegawai daripada motivasi. Kompensasi lebih dominan mempengaruhi kinerja pegawai, karena menjadi prioritas pertama perusahaan dalam meningkatkan kinerja pegawai. maka pihak perusahaan disarankan memberikan kompensasi yang sesuai ketentuan dengan meningkatkan tunjangan-tunjangan lain, sehingga mereka mampu bekerja lebih professional. Kata Kunci: Softskill, Kompensasi, Kinerja, Pegawai Abstract The purpose of this study is to describe softskills and compensation and performance and analyze the effect of soft skills and compensation on employee performance, both simultaneously and partially. The method used is descriptive survey and explanatory survey methods. The tip of investigation in this research is causality. Unitt analysis of MOOS Department employees at PT. AJ Manulife Indonesia with a population of 30 employees. Timehhorizon in this study is cross sectional and the analysis method used is frequency distribution and path analysis. Based on the results of the study, it can be found that the softskills of the Department of MOOS employees at PT. AJ Manulife Indonesia has been classified as very high compensation received by MOOS Department Employees at PT. AJ Manulife Indonesia is right, MOOS Department employees at PT. AJ Manulife Indonesia has high performance, softskills and compensation affect the performance of the MOOS Department Employees at PT. AJ Manulife Indonesia, and its positive influence. But partially dominant compensation affects employee performance rather than motivation. Compensation is more dominant in influencing employee performance, because it is the company's first priority in improving employee performance. then the company is advised to provide compensation in accordance with the provisions by increasing other benefits, so they are able to work more professionally. Keywords: Soft skill, Compensation, Performance, Employee
Evaluasi Potensi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Bidang Pariwisata di Indonesia Jovan Febriantoko; Hendra Rotama
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.755 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kegiatan promosi pariwisata diIndonesia khususnya Pemerintah Kota Pagaralam dan melihat implementasi kegiatan promosi dengan bantuan multimedia. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pagaralam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah mix methode dengan metode studi kasus dengan menghitung rasio kemandirian daerah dan pendekatan logic model. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi dan member checking. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan promosi pariwisata ditemukan beberapa kendala yaitu kurangnya anggaran, sumberdaya manusia ahli multimedia belum ada, dan belum memahami penggunaan multimedia seperti motion graphic untuk meningkatkan kunjungan wisata kota pagaralam. Kata Kunci : PAD, sektor publik, motion graphic
Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri Ita Yoeli Astari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.701 KB)

Abstract

Abstrak Perkembangan dunia bisnis telah mengalami peningkatan dari semua aspek, dari mulai produk, pelayanan, garansi , promosi, distribusi , pemasaran dan lain – lain yang akhir tujuannya adalah memuaskan keinginan konsumen. Para pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilakunya dalam berbelanja. Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului tindakan ini.. Industri retail yang marak perkembangannya saat ini menuntut kesiapan produsen untuk strategi pemasaran yang lebih baik. Salah satu keberhasilan perusahaan retail sangat ditentukan oleh kualitasnya baik kualitas barang yang diperdagangkan maupun kualitas pelayanannya. Toko Busana Aziziah yang merupakan toko grosir busana, untuk meningkatkan omset penjualan dengan banyak pembeli juga menerapkan Display, Harga, Promo, Pelayanan, dan Interior dalam pengaturan pemasaran tokonya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah terdapat hubungan, pengaruh, dan manakah yang paling dominan berpengaruh antara Display, Harga, Promo, Pelayanan, dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Lokasi penelitian ini di Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri Jl. KH. Wachid Hasyim No.212, Telp. (0354) 773793,Bandar Kidul, Kec. Mojoroto, Kota Kediri - Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen selama bulan Desember 2018 sebanyak 14.044 orang. sampel dalam penelitian ini adalah perwakilan populasi sebanyak 266 konsumen. Identifikasi Variabel Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel bebas adalah Display (X1),Harga (X2),Promosi (X3),Pelayanan (X4), Interior (X5) dan variabel terikat (dependent variabel) Dalam penelitian ini, adalah keputusan pembelian (Y). Teknik Analisis Data dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian dalam penelitian ini Berdasarkan penghitungan dengan persamaan regresi linier berganda dengan SPSS diperoleh hasil sebagai berikut : Y = 0,982 + -0,041 X1 + 0,053 X2 + 0,0746 X3 + 0,079X4 + 0,108 X5 , dan variabel Promosi (X3) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian terhadap Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Kata kunci : Display,Harga,Promosi,Pelayanan, Interior, keputusan pembelian

Page 1 of 17 | Total Record : 164