cover
Contact Name
Rini Ratna Nafitasari
Contact Email
riniratna@kahuripan.ac.id
Phone
+6285649243800
Journal Mail Official
jurnal.ekuivalensi@kahuripan.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Pelem Pare, Kediri
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekuivalensi
ISSN : 24432903     EISSN : 26153246     DOI : -
The Journal publishes high quality research papers in all fields of finance and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in corporate finance, financial markets and institutions, and investments. Research in real estate, insurance, monetary theory and policy, and industrial organization is also welcomed. Papers that deal with the relation between the financial structure of firms and the industrial structure of the product market are especially encouraged.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi" : 17 Documents clear
Risiko Pasar Pada Pembiayaan Syariah Rr Tini Anggraeni
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.479 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari risk assesment untuk deteksi dini besar nilai risiko pasar yang diukur dari nilai beta atau nilai sensitivitas perolehan return bagi hasil pada masing-masing akad pembiayaan (mudhrabah, musyarakah, murabahah, ijarah, istishna dan qardh) Bank Syariah berdasarkan fluktuasi indikator makro ekonomi yang merupakan komponen penghitung risiko pasar yang terdiri dari risiko suku bunga, risiko nilai tukar, risiko ekuitas, risiko komoditas. Menggunakan metode pengukuran beta dari teori Capital Aset Pricing Model (CAPM) dalam Investment Management, yang diproxikan untuk melihat besaran beta atau risiko pasar dari beberapa fluktuasi indikator makro ekonomi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan data dari return bagi hasil yang diambil dari equivalent rate pembiayaan masing-masing akad dengan nilai indikator makro ekonomi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah memiliki beta di bawah 1 yang menunjukkan hasil bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah bersifat non agresif atau kurang peka terhadap perubahan pada indikator suku bunga, SBIS, nilai tukar, komoditas emas dan minyak dan ekuitas JII. Hal ini menunjukkan bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah tidak banyak dipengaruhi oleh variabel makro ekonomi atau cukup defense terhadap perubahan atau fluktuasi makro ekonomi. Namun Jika dilihat dari arah hubungan, menunjukkan bahwa imbal hasil pembiayaan Bank Syariah memiliki beta positif, artinya perubahan fluktuasi makro ekonomi memberikan implikasi positif pada peningkatan imbal hasil pembiayaan Bank Syariah. Kata Kunci : Beta, Imbal Hasil Pembiayaan, Indikator Makro Ekonomi, CAPM
Evaluasi Potensi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Bidang Pariwisata di Indonesia Jovan Febriantoko; Hendra Rotama
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.755 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kegiatan promosi pariwisata diIndonesia khususnya Pemerintah Kota Pagaralam dan melihat implementasi kegiatan promosi dengan bantuan multimedia. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pagaralam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah mix methode dengan metode studi kasus dengan menghitung rasio kemandirian daerah dan pendekatan logic model. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi dan member checking. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan promosi pariwisata ditemukan beberapa kendala yaitu kurangnya anggaran, sumberdaya manusia ahli multimedia belum ada, dan belum memahami penggunaan multimedia seperti motion graphic untuk meningkatkan kunjungan wisata kota pagaralam. Kata Kunci : PAD, sektor publik, motion graphic
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN TEGAL Asrofi Langgeng Noerman Syah; Bahri Kamal; Mella Katrina Sari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.7 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada pihak Kantor UPPD Kabupaten Tegal pada khususnya dan di Provinsi Jawa Tengah pada umumnya dalam rangka meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sampel yang digunakan adalah wajib pajak kendaraan bermotor jenis roda 2 (dua) dan roda 3 (tiga ) yang terdaftar di UPPD Kabupaten Tegal yang berjumlah 100 orang dengan metode pengambilan sampel adalah random sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pajak, pelayanan pajak dan tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Tegal. Sedangkan sanksi pajak dan tingkat penghasilan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Tegal. Kata Kunci: Pengetahuan pajak, Pelayanan pajak, Sanksi pajak, Tingkat pendidikan, Tingkat penghasilan, Kepatuhan wajib pajak
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA PT BAYU PARIAMA BATAM Syaifullah Syaifullah; Dewi Kristina Sinaga
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.345 KB)

Abstract

PT Bayu Pariama Batam yang menawarkan salah satu perumahan yang layak huni di Batam dan Tg. Balai Karimun. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi yaitu bagaimana penjualan rumah dapat terus meningkat setiap tahunnya, padahal sekarang ini banyak bermunculan pengembang-pengembang perumahan yang berani memunculkan terobosan-terobosan baru. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan menganalisis faktor yang dirasa penting untuk diteliti, seperti faktor harga, lokasi dan bangunan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 22.0. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang telah membeli rumah pada PT Bayu Pariama Batam. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan metode random sampling.Berdasarkan analisis yang telah digunakan, dapat ditarik beberapa kesimpulan pada saat dilakukan pengolahan regresi berganda. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, serta bebas dari heteroskedastisitas, multikolinearitas dan telah lolos uji normalitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikan variabel harga sebesar 0,001, nilai signifikan variabel lokasi sebesar 0,002 dan nilai signifikan variabel bangunan sebesar 0,017, hasil tersebut secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan pada uji f menunjukkan signifikan 0,000 < 0,05 dengan hasil uji F sebesar 24,246 (F hitung) > 3,090 (F tabel). Hal ini berarti variable harga, lokasi, dan bangunan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R2 41,2%. Artinya, variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh adanya variabel harga, lokasi, dan bangunan. Kata kunci: Harga, Lokasi, Bangunan, Keputusan Pembelian
PENGARUH PERILAKU, MOTIVASI, LINGKUNGAN DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI APIKES WIDYA DHARMA PALEMBANG Toni Meinam
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.706 KB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur dari organisasi dan mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan organisasi. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) memegang peranan yang sangat dominan di dalam suatu organisasi, berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuan sangat tergantung pada kemampuan sumber daya manusia atau karyawannya dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh perilaku karyawan, motivasi kerja, lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja dilingkungan Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan (APIKES) Widya Dharma Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh perilaku, motivasi, lingkungan dan disiplin terhadap prestasi kerja karyawan di APIKES Widya Dharma. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data diperoleh menggunakan kuisioner dan analisis menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Perilaku Karyawan (X1), Motivasi Kerja (X2), Lingkungan Kerja (X3) dan Disiplin Kerja (X4) terhadap Prestasi Kerja (Y) pada Apikes Widya Dharma Palembang . Hal ini terlihat pada koefisien determinasi R Square adalah 0,663. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa 66,3 % dan sisanya sebesar 33,7 % disebabkan oleh faktor – faktor lain. Kata Kunci: Perilaku karyawan; motivasi kerja; lingkungan kerja; disiplin kerja; prestasi kerja
The Influence of Training on Competence at PT.Amanah Putra Pratama (Case Study on the Distribution of Indonesian Workers to Abroad) Agung Surya Dwianto; Pupung Purnamasari; Taufik Aulia
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.073 KB)

Abstract

This study aims to examine the effect of training on the competence of Indonesian workers in PT Amanah Putra Pratama. The study was conducted at PT Amanah Putra Pratama by using a research sample of 38 Indonesian workers counted in July 2018 because at that time research was being carried out, while every month the number of Indonesian workers in PT.Amanah Putra Pratama was uncertain. Data collection was carried out by distributing research instruments, namely questionnaires containing questions to measure training and competence. The collected data is then processed using simple linear regression analysis with the help of SPSS version 16.0 software. Research also shows that there is a positive and significant influence given by training that has a strong influence in influencing the creation of better competencies in PT Amanah Putra Pratama optimally, the R value (correlation) produced is 0.514, it can be said that training and competence positively related by 51.4%. While the coefficient of determination R2 (R Square) is 0.265, which means that the ability of the training variable to influence competence in PT Amanah Putra Pratama is 26.5%, while 73.5% is the contribution of other factors not observed in this study. Keywords: Training, Competence
PEMBELIAN IMPULSIF DITINJAU DARI DISPLAI PRODUK DAN DISKON: (Studi Pada Pengunjung Indomaret di Campurdarat Tulungagung) Sigit Ratnanto
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.263 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari displai produk dan diskon terhadap pembelian impulsif di Indomaret Campurdarat Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret Campudarat Tulungagung. Teknik penentuan sampel menggunakan purposif sampling secara acak, sebanyak 50 responden. Teknik analisa menggunakan regresi linier berganda SPSS for window ver 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa displai produk dan diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini, diharapkan berguna bagi pihak manajemen Indomaret untuk membantu dalam meningkatkan jumlah kunjungan dan peningkatan pembelian dengan pengoptimalan dari displai produk toko dan pemberian diskon. Kata kunci: displai produk, diskon, pembelian impulsif
Indeks Harga Saham Gabungan Bank Syariah Di Indonesia Yang Dipengaruhi Kinerja Keuangannya Preatmi Nurastuti
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.103 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang IHSG Bank Syariah dipengaruhi kinerja keuangannya yang datanya diambil dari laporan keuangan dan IHSG Bank Syariah. Indikator utama kinerja keuangan yang digunakan adalah CAR, ROA, ROE, NPF, FDR, BOPO sebagai variabel bebas dan IHSG sebagai variabel terikatnya. Semua Bank Syariah di Indonesia sebagai populasinya, menggunakan purposive sampling dengan kriteria sampelnya sebagai berikut : Bank Syariah yang telah terindex di Jakarta Islamic Index, memasyarakatkan sahamnya di Bank Indonesia, memberikan laporan keuangan secara periodik ke Bank Indonesia.Instrumen penelitian yang diajukan diambil dari studi dokumentasi melalui tinjauan berbagai sumber tertulis seperti jurnal-jurnal, laporan keuangan, buku, hukum dan peraturan yang berkaitan dengan konsep teoritis. Teknis analisis menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah BOPO dan CAR berpengaruh signifikan terhadap IHSG dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan variabel lainnya tidak mempengaruhi nilai IHSG komposite secara signifikan pada alpa = 5%. Dengan menggunakan uji t atau uji parsial, dapat diketahui bahwa yang mempengaruhi Indeks Harga Saham secara signifikan adalah BOPO dan CAR. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, JCI, Bank Syariah
Analisis Perbedaan Sikap Bawahan Pria dan Wanita terhadap Pimpinan Wanita Rahmad Harddian
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1133.988 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mencari konsep independensi yang mempunyai karakter islami bagi auditor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan metode tarikhatau sejarah dengan tokoh Umar bin Khattab. Lewattarikh, penulis berkeinginan melihat kehidupan Umar untuk dirumuskan menjadi konsep independensi lewat qiyas. Penelitian yang dilakukan berjenis studi pustaka dimana sumber data ada di literaturliteratur perpustakaan. Ditemukan bahwa karakter Umar yang menonjol adalah keras, teguh, dan takut akan hukuman dari Allah SWT. Oleh karena itu penulis merumuskan konsep independensi bagi bagi auditor adalah mempunyai karakterkeras, teguh dan mempunyai nilai ketuhanan yaitu perasaan takut dihisab di hari kiamat. Sehingga pengertian independensi auditor adalah sikap keras, teguh, dan takut terhadap hisab Allah SWT di dalam menjalankan tugas profesinya. Kata kunci: Independensi, Auditor, Tarikh, Umar bin Khattab, Keras, Teguh, Hisab
PENGARUH CITA RASA, HARGA, DAN TEMPAT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Kedai Mie Djoedes Pare) Rini Ratna Nafita Sari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.316 KB)

Abstract

FPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citarasa, harga, dan tempat terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen Mie Djoedes Pare. Kategori konsumen yang loyal adalah konsumen yang membeli produk lebih dari dua kali. Analisa data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan SPSS 16. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa citarasa, harga, dan tempat berpengaruh nyata terhadap loyalitas secara simultan. Hasil berbeda ditunjukkan dari pengujian secara parsial. Berdasarkan uji secara parsial diketahui bahwa dua dari tiga variabel tidak berpengaruh nyata. Variabel tersebut adalah harga dan citarasa, hal ini dikarenakan rata-rata konsumen memilih jawaban netral. Oleh karena itu untuk mempertahankan loyalitas pelanggan variabel-variabel tersebut tidak dapat dipisahkan.Kata kunci : Cita rasa, Harga, Tempat, Loyalitas Konsumen, Regresi Berganda

Page 1 of 2 | Total Record : 17