cover
Contact Name
Rini Ratna Nafitasari
Contact Email
riniratna@kahuripan.ac.id
Phone
+6285649243800
Journal Mail Official
jurnal.ekuivalensi@kahuripan.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Pelem Pare, Kediri
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekuivalensi
ISSN : 24432903     EISSN : 26153246     DOI : -
The Journal publishes high quality research papers in all fields of finance and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in corporate finance, financial markets and institutions, and investments. Research in real estate, insurance, monetary theory and policy, and industrial organization is also welcomed. Papers that deal with the relation between the financial structure of firms and the industrial structure of the product market are especially encouraged.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi" : 12 Documents clear
Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Sma Negeri 3 Kota Kediri Yesy Kusumawati
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.639 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Apakah unsur-unsur layanan yang terdiri dari fasilitas, koleksi, dan pustakawan mempengaruhi kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri? (2) Variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan siswa dalam hal layanan di perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri? Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Kediri dengan responden sebanyak 40 siswa kelas XII. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Uji validitas menggunakan product moment pearson dengan hasil semua butir pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner dalam penelitian ini adalah valid. Sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil semua variabel reliabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program statistic SPSS for window versi 23. Hasil penelitian diperoleh persamaan Unstandardized Coefficients Y = -0,700+0,231X1+0,326X2+0,288X3+e dimana memberikan gambaran semakin meningkatnya faktor fasilitas, koleksi, dan pustakawan maka semakin mempengaruhi besarnya tingkat kepuasan siswa dan Standardized Coefficients diperoleh persamaan Y = 0,323X1+0,472X2+0,426X3+e dimana dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel koleksi. Dari hasil analisis regresi berganda terbukti bahwa Variabel Fasilitas (X1), Variabel Koleksi (X2), Variabel Pustakawan (X3) pada siswa kelas XII secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Kepuasan Siswa (Y). Secara parsial variabel fasilitas, variabel koleksi dan variabel pustakawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa. Saran penulis untuk perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri perlu melakukan pembenahan di koleksi bahan pustaka. Pembenahan terkait kelengkapan koleksi dan keterbaruan koleksi terutama koleksi buku non teks pelajaran. Perawatan buku perlu dilakukan mengingat banyak sekali buku yang belum tersampuli atau rusak sampulnya. Selain itu penataan buku sesuai dengan kode klasifikasi buku perlu dilakukan untuk mempermudah pencarian buku. Kata kunci : kepuasan, pelayanan, perpustakaan
Analisis Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua Yesus Armiro Korbaffo
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.515 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja, gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua sebanyak 30 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kinerja pegawai dan motivasi kerja berada dalam kategori netral atau kutang baik, sedangkan variabel disiplin kerja dan gaya kepemimpinan tergolong cukup baik, dengan capaian indikator untuk masing-masing variabel yaitu 46% (Y), 57,14% (X1), 57,58% (X2) dan 40,97% (X3). Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa secara bersama-sama Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua. Sedangkan secara parsial, Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua. Di samping itu analisis koefisien determinasi (R2) mengungkapkan adanya kontribusi nyata dan signifikan dari Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja sebesar 86% terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Tinggi Pastoral St. Petrus Keuskupan Atambua., sisanya sebesar 14% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Kinerja Pegawai, Kompetensi Individu, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja
Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri Ita Yoeli Astari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.701 KB)

Abstract

Abstrak Perkembangan dunia bisnis telah mengalami peningkatan dari semua aspek, dari mulai produk, pelayanan, garansi , promosi, distribusi , pemasaran dan lain – lain yang akhir tujuannya adalah memuaskan keinginan konsumen. Para pemasar perlu mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilakunya dalam berbelanja. Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului tindakan ini.. Industri retail yang marak perkembangannya saat ini menuntut kesiapan produsen untuk strategi pemasaran yang lebih baik. Salah satu keberhasilan perusahaan retail sangat ditentukan oleh kualitasnya baik kualitas barang yang diperdagangkan maupun kualitas pelayanannya. Toko Busana Aziziah yang merupakan toko grosir busana, untuk meningkatkan omset penjualan dengan banyak pembeli juga menerapkan Display, Harga, Promo, Pelayanan, dan Interior dalam pengaturan pemasaran tokonya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah terdapat hubungan, pengaruh, dan manakah yang paling dominan berpengaruh antara Display, Harga, Promo, Pelayanan, dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Lokasi penelitian ini di Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri Jl. KH. Wachid Hasyim No.212, Telp. (0354) 773793,Bandar Kidul, Kec. Mojoroto, Kota Kediri - Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen selama bulan Desember 2018 sebanyak 14.044 orang. sampel dalam penelitian ini adalah perwakilan populasi sebanyak 266 konsumen. Identifikasi Variabel Dalam penelitian ini, yang menjadi variabel bebas adalah Display (X1),Harga (X2),Promosi (X3),Pelayanan (X4), Interior (X5) dan variabel terikat (dependent variabel) Dalam penelitian ini, adalah keputusan pembelian (Y). Teknik Analisis Data dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian dalam penelitian ini Berdasarkan penghitungan dengan persamaan regresi linier berganda dengan SPSS diperoleh hasil sebagai berikut : Y = 0,982 + -0,041 X1 + 0,053 X2 + 0,0746 X3 + 0,079X4 + 0,108 X5 , dan variabel Promosi (X3) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian terhadap Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Kata kunci : Display,Harga,Promosi,Pelayanan, Interior, keputusan pembelian
Pengaruh e- Filling, E- Billing dan E- faktur Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Kediri Rini Ratna Nafita Sari
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.866 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi sistem e-filing, e-billing, dan e-faktur terhadap kepatuhan wajib pajak badan pada KPP Pratama Kediri”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Badan yang terdaftar di KPP Pratama Kediri. Ukuran sampel penelitian dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebesar 97 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proposional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Kediri. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-Filing, e-billing dan e -Faktur memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Kediri. Nilai signifikan ditunjukkan dari nilai signifikan e -Filing = 0,014, e-billing = 0,000, dan e Faktur = 0,001. Nilai signifikan pada uji simultan yaitu 0,000. Adanya sistem e-filing,e-billing, dan e-faktur lebih memudahkan Wajib Pajak Badan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya sehingga membuat Wajib Pajak Badan semakin patuh. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam meningkatkan reformasi perpajakan di era digital dalam bentuk e system ini menuju kearah yang lebih baik sehingga Kepatuhan Wajib Pajak dapat terealisasi sesuai target. Selain itu, penggunaan teknologi informasi dalam perpajakan diharapkan meningkatkan pelayanan terhadap Wajib Pajak, baik dari kualitas maupun waktu sehingga lebih efektif. Kata kunci: e-Filing, e-Billing, e-Faktur, Kepatuhan Wajib Pajak Badan
Pengaruh Intensity, Valence Of Opinion, Conten Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Di Provinsi Lampung Novita Sari; Muhammad Saputra
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.686 KB)

Abstract

Abstrak Pariwisata merupakan sumber pendapatan sangat potensial. Fenomena kenaikan dan penurunan wisatawan yang bekunjung, diperlukan sebuah media informasi untuk memperkenalkan objek wisata Provinsi Lampung untuk peningkatan kunjungan jumlah wisatawan di Provinsi Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Intensity, Valence of Opinion, Conten terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Di Provinsi Lampung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ini asosiatif. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak. Metode Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil analisis Ada pengaruh Intensity terhadap Keputusan berkunjung wisatawan ke Provinsi Lampung. Tidak ada pengaruh Valence Of Opinin terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan ke Provinsi Lampung. Ada pengaruh Content terhadap Keputusan berkunjung wisatawan ke Provinsi Lampung. Variabel Content (X3) mempengaruhi paling besar terhadap Keputusan berkunjung sebesar 73,2% Kata Kunci : Keputusan Berkunjung, Objek Wisata, Lampung
PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR RUPIAH DAN JUMLAH PENGUSAHA KENA PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI Tongam Sinambela
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.284 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah dan jumlah pengusaha kena pajak terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah data inflasi, nilai tukar Rupiah, jumlah pengusaha kena pajak dan jumlah penerimaan pajak pertambahan nilai. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah menggunakan Statistical Package the Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi, nilai tukar rupiah dan jumlah PKP secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PPN. Pengujian secara simultan inflasi, nilai tukar rupiah dan jumlah PKP berpengaruh signifikan terhadap penerimaan PPN. Kata kunci : Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Jumlah Pengusaha Kena Pajak, dan PPN
Pengaruh Pengawasan Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Centric Powerindo Syaifullah Syaifullah
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.997 KB)

Abstract

Abstrak Sumber daya manusia adalah satu-satunya sumber daya yang memiliki perasaan perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, kekuatan, dan pekerjaan (rasio, selera, dan inisiasi). Semua potensi sumber daya manusia adalah pengaruh pada upaya organisasi dalam mencapai tujuan. Di perusahaan PT. Centric Powerindo ada masalah pengawasan kerja dan disiplin kerja pada kinerja karyawan. Perumusan masalah dalam penelitian ini menjelaskan apakah dampak ketenagakerjaan terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja mempengaruhi kinerja karyawan dan bagaimana pengawasan dan disiplin kerja mempengaruhi secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan di PT. Centric Powerindo Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan pada PT. Centric Powerindo. Hipotesis penelitian ini adalah pengawasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, dan pengawasan kerja dan disiplin kerja secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian, dapat dilihat bahwa kontrol berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (diterima H1), disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (diterima H1), dan pengawasan dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan). Ini dibuktikan dengan nilai signifikan 0,002 <0,05 dan nilai F 6,889> 2,69 F tabel Kata kunci: Pengawasan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.
Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Sektor Pertambangan Batubara Di Bursa Efek Indonesia Iin Wijayanti Iin Wijayanti
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.146 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi nilai dari sektor pertambangan batubara di Indonesia. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data yang digunakan dalam menguji hipotesis di penelitian ini adalah Multiple Regression Analysis. Hasil dari penelitian ini mengindikasi bahwa inflansi tidak berkonstribusi pada nilai perusahaan pertambangan batubara di Bursa Efek Indonesia. Leverage berkonstribusi dalam meningkatkan nilai perusahaan pertambangan batubara di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci: Faktor internal, faktor eksternal, nilai perusahaan, sektor di indonesia
Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Mandiri Dan Bank Muamalat Menggunakan Islamicity Performance Index Tahun 2015-2017 Rico Elhando Badri
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.415 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian dilakukan untuk mendesripsikan perbandingan kinerja bank syariah dengan metode Islamicity Performance Index, dan rasio yang digunakan adalah Profit Sharing Ratio (PSR), Zakat Performance Ratio (ZPR), Islamic Income vs Non-Islamic Income (IsIR), Directors-Employee Welfare Ratio (DEWR) dan Equitable Distribution Ratio (ESR) pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat Indonesia. Total sampel adalah 2 bank syariah. Data mencakup periode 2015-2017. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan kinerja Bank Syariah Mandiri lebih baik dibandingkan dengan Bank Muamalat Indonesia, dimana untuk perhitungan ZPR kedua bank tersebut mempunyai nilai yang sama dan untuk PSR Bank Muamalat lebih unggul dibandingkan Bank Syariah Mandiri. Bagi perbankan syariah masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti rasio PSR agar menstimulus roda ekonomi Indonesia dan dapat memperkecil kesenjangan gaji direksi terhadap kesejahteraan karyawannya yang dapat dihitung dengan rasio DEWR. Kata Kunci: Kinerja Bank Syariah, Islamicity Performance Index
Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia Dalam Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada PG. Modjopanggoong Tulungagung) Siti Isnaniati
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ekuivalensi
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.834 KB)

Abstract

Abstrak Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia Dalam Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus pada PG. Modjopanggoong Tulungagung) bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan akuntansi sumber daya manusia dalam laporan keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah analisis HRCA (Human Resource Cost Accounting), ROA (Return On Asset),ROE (Return On Equity), dan ATO (Asset Turn Over). Hasil penelitian menunjukkan dengan melakukan penerapan akuntansi sumber daya manusia maka akan berpengaruh pada laporan keuangan dengan meningkatnya total aset, total ekuitas dan jumlah laba serta penurunan rugi. Terdapat kenaikan prosentase ROA dan ROE, tetapi terjadi penurunan untuk ATO. Kata kunci : Akuntansi Sumber Daya Manusia, Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12