cover
Contact Name
Rini Ratna Nafitasari
Contact Email
riniratna@kahuripan.ac.id
Phone
+6285649243800
Journal Mail Official
jurnal.ekuivalensi@kahuripan.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Pelem Pare, Kediri
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekuivalensi
ISSN : 24432903     EISSN : 26153246     DOI : -
The Journal publishes high quality research papers in all fields of finance and in closely related fields of economics. The Journal is interested in both theoretical and applied research with an emphasis on topics in corporate finance, financial markets and institutions, and investments. Research in real estate, insurance, monetary theory and policy, and industrial organization is also welcomed. Papers that deal with the relation between the financial structure of firms and the industrial structure of the product market are especially encouraged.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI" : 15 Documents clear
Pengaruh Harga, E-Money, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Saladbar Hadi Kitchen Di Kota Batam Jeni Tang; Syaifullah Syaifullah
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.662

Abstract

Abstrak Sejak wabah Covid-19 meningkat, Indonesia telah meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat. Memanfaatkan tren hidup sehat, Saladbar Hadi Kitchen merupakan usaha kuliner yang menyediakan menu makanan dan minuman diet sehat. Namun saat pandemi, masyarakat mengurangi pengeluaran yang diakibatkan oleh kondisi ekonomi global saat ini, konsumen ragu menggunakan e-money karena perlindungan terhadap aset dari peretasan masih minim, serta store atmosphere dengan terbatasnya jumlah meja dan adanya peraturan PPKM level tiga membuat konsumen tidak tertarik dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, e-money, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Saladbar Hadi Kitchen di Kota Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 286 responden. Penelitian ini menggunakan alat pengolah data SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial menyatakan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun secara simultan menyatakan bahwa harga, e-money, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Saladbar Hadi Kitchen di Kota Batam. Kata kunci: Harga; E-Money; Store Atmosphere; Keputusan Pembelian Konsumen Abstract Since the Covid-19 outbreak has increased, Indonesia has increased awareness of healthy lifestyle. Taking advantage of the trends, Saladbar Hadi Kitchen is a culinary business that provides menu of healthy diet food and drinks. During the pandemic, people are reducing spending caused by the current global economic conditions, consumers are hesitant to use e-money because protection against assets from hacking still minimal, and the store atmosphere with a limited number of tables and regulations PPKM level three makes consumers not interested in making purchasing decisions. This study aims to determine the effect of price, e-money, and store atmosphere on consumer purchasing decisions at Saladbar Hadi Kitchen in Batam City. The sampling technique used purposive sampling method. The sample used is 286 respondents. This study uses a data processing tool, namely SPSS 25. The results of this study partially state that price has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, e-money has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, and store atmosphere has a positive and significant effect on purchasing decisions. consumer. Simultaneously stated that price, e-money, and store atmosphere have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions at Saladbar Hadi Kitchen in Batam City. Keywords: Price, E-Money, Store Atmosphere, Consumer Purchasing Decisions
Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variable Mediasi: Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variable Mediasi Ratna Dwi Jayanti; Nurul Hidayati
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.653

Abstract

Loyalitas secara umum dapat diartikan sebagai kesetiaan konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa tertentu dan tertarik untuk melakukan pembelian ulang produk yang sama dari perusahaan yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen dan switching costs terhadap switching costs pelanggan, switching costs pelanggan memediasi pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas. Terdapat pengaruh positif signifikan kepuasan konsumen terhadap switching cost. Terdapat pengaruh positif signifikan kepercayaan konsumen terhadap switching cost. Terdapat pengaruh positif tidak signifikan kepuasan konsumen terhadap loyalitas. Terdapat pengaruh positif signifikan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas. Terdapat pengaruh positif signifikan switching cost terhadap loyalitas. Switching cost dapat menjadi mediasi antara kepuasan dan loyalitas dengan bentuk mediasi penuh (full mediation). Switching costs dapat menjadi mediasi antara kepercayaan dan loyalitas dengan bentuk mediasi sebagian (partial mediation)
Peran Mediating Struktur Modal pada Hubungan Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Naela Mardlotillah; Zaky Machmuddah; Dwiarso Utomo
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.615

Abstract

Abstrak Kajian ini dilaksanakan guna mengetahui keterkaitan antar profitabilitas, likuiditas, struktur modal serta nilai perusahaan. Pengumpulan data sekunder ini dilakukan melalui pengumpulan annual report perusahaan property & real estate tahun 2017-2020 yang diperoleh dari laman Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Jumlah sampel yakni 18 perusahaan property & real estate. Sampel ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data pada kajian ini mempergunakan metode path analysis dengan software WarpPLS 7.0. Hasil kajian menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas memengaruhi nilai perusahaan, profitabilitas dan likuiditas memengaruhi struktur modal, struktur modal memengaruhi nilai perusahaan. Implikasi dari kajian ini yakni pentingnya perusahaan meningkatkan dan mempertahankan rasio keuangan agar nilai perusahaan menjadi tinggi. Kata kunci: profitabilitas;likuiditas;nilai perusahaan;struktur modal Abstract This study was conducted to examine the relationship between profitability, liquidity, capital structure and firm value. This secondary data collection is carried out through the collection of annual reports of real estate companies for the period 2017-2020 obtained from the Indonesia Stock Exchange website (www.idx.co.id). A total of 18 real estate companies were selected. The sample is determined by using a sampling target. For the data analysis methodology, the path analysis method was used using WarpPLS 7.0 software. The result, found that profitability and liquidity affects firm value, profitability and liquidity affect capital structure, capital structure affects firm value. The implication of this research is that it is important for companies to improving well in order to achieve high corporate value. Keywords: profitability; liquidity; firm value; capital structure
Penilaian Kinerja Perusahaan Jasa Kontruksi PT. Ganesha Praptama Karya Berdasarkan Pendekatan Metode Balance Scorecard: Penilaian Kinerja Perusahaan Jasa Kontruksi PT. Ganesha Praptama Karya Berdasarkan Pendekatan Metode Balance Scorecard Mohammad Dian Aryono; Slamet Riyadi; Sunu Priyawan
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.634

Abstract

Ganesha Praptama Karya. Perusahaan kontraktor masih sangat tradisional melihat aspek keuangan saja dalam penilaian kinerjanya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah merancangan kinerja perusahaan jasa kontruksi PT. Ganesha Praptama Karya yang dinilai berdasarkan metode BSC tentang perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Jenis penelitian pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode random sampling. Sampel pada masing-masing kuisoner adalah 32 sampel untuk kuisioner pelanggan dan 58 orang untuk karyawan internal. Berdasarkan kinerja perusahaan perspektif keuangan menunjukkan mampu menutupi utang jangka pendeknya sebelum jatuh tempo dengan aktiva lancarnya serta mampu menutupi biaya-biaya yang di keluarkan dengan pendapatan yang diperoleh. Kinerja perusahaan perspektif pelanggan menunjukkan mampu bekerja dengan baik dalam hal memberi pelayanan yang baik pada pelanggan sehingga berdampak positif bagi perusahaan. Kinerja perusahaan perspektif bisnis internal dapat dikatakan cukup baik hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu menyediakan peralatan serta sarana dan prasarana yang cukup bagi karyawan. Kinerja perusahaan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dapat dikatakan cukup baik hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui pelatihan serta kesempatan pendidikan lanjutan serta lingkungan kerja yang kondusif.
Analisis Preferensi Perilaku Mahasiswa Baru Pada Strategi Promosi dan Biaya Berdasarkan Gender Dadang Hermawan
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.642

Abstract

Semakin bertambahnya jumlah Perguruan Tinggi Swasta menjadikan persaingan semakin ketat. Strategi promosi dan penentuan biaya merupakan hal sangat penting bagi Perguruan Tinggi Swasta dalam memikat calon mahasiswa, karena keduanya memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Penentuan strategi promosi dan biaya tidak dapat dilepaskan dari karakteristik sosial demografi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan preferensi perilaku dari mahasiswa baru terhadap strategi promosi dan biaya yang diterapkan perguruan tinggi swasta Provinsi Bali jika didasarkan pada gender. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 200 mahasiswa baru. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah uji mann whitney. Hasil riset menunjukkan bahwa kedua kelompok gender memiliki perbedaan preferensi perilaku terhadap strategi promosi dan biaya perguruan tinggi swasta di Provinsi Bali. Kelompok gender perempuan cenderung lebih menyetujui bahwa strategi promosi melalui iklan media cetak maupun elektronik mudah diketahui dan ditemukan. Kemudian pada strategi biaya, kelompok gender perempuan lebih menyetujui jika biaya-biaya yang dikeluarkan baik secara langsung, tidak langsung, maupun biaya sosial perguruan tinggi swasta tergolong wajar
Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Tiban Ciptaland Batam Fenny Novianti; Tiurniari Purba
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.647

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effect of promotion on purchasing decisions at Alfamart Tiban Ciptaland Batam, the influence of brand image on purchasing decisions at Alfamart Tiban Citaland Batam. This study uses a quantitative design. By using a research sample of 140 respondents who are consumers who have made purchases at Alfamart Tiban Ciptaland. Data collection techniques in this study have been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple regression analysis. This study has the result that the Promotion variable has a positive and significant effect on purchasing decisions at Alfamart Tiban Ciptaland Batam. This can be proven from the calculated t value which is 12,529 with a significance value of 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000 <0.05); and the brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions at Alfamart Tiban Ciptaland Batam. This statement is obtained based on the t-count value which is 7.528 with a significance value of 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000<0.05); Promotion and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions at Alamart Tiban Ciptaland Batam, this statement is obtained from the calculated f value which is 209.338 with a significance value of 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000 <0.05).
Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam Elini Elini; Syaifullah Syaifullah
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.650

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawakan impresi yang besar pada aktivitas masyarakat, terlebihnya perkembangan teknologi telekomunikasi. Telepon genggam sekarang telah berkembang menjadi telepon pintar (Smartphone) yang sudah menyandang banyak karakteristik yang lengkap dan canggih. Oleh karena itu, persaingan industri smartphone ini menjadi sangat ketat. Keputusan pembelian sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, desain produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 186 responden dan diambil dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data SPSS menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 4,547. Desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 7,233. Sedangkan, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,068. Hasil uji f menunjukkan nilai f hitung sebesar 65,758 sehingga dapat disimpulkan kualitas produk, desain produk, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Wali Jaya Utama Supriyanto Supriyanto; Tiurniari Purba
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.651

Abstract

Kepuasan konsumen terhadap barang atau jasa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi dimana usaha itu berada. Pelanggan akan selalu menginginkan lokasi yang mudah dijangkau, produk berkualitas tinggi, layanan yang sopan serta ramah sesuai pada kualitas produk yang dibeli. Tujuan penelitian ini adalah apakah kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT Wali Jaya Utama. Sampel pada penelitian ini yaitu sejumlah 120 responden. Analisis data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 5,342 Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 2,830. Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 3,282. Hasil uji f menunjukkan nilai f hitung sebesar 66,364 sehingga dapat disimpulkan kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Guardian Grand Nur Iswati; Triana Ananda Rustam
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.652

Abstract

Dalam perputaran era yang semakin modern, membuat pelaku bisnis meningkatkan daya persaingan dalam bisnis. Salah satu pelaku bisnis yaitu Guardian merupakan ritel farmasi yang bergerak di bidang kesehatan dan kecantikan. Tujuan dari penelitian ini supaya dapat menemukan pengaruh potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Guardian Grand Batam Mall. Teknik sampel yang dipakai ialah simple random sampling dimana menggunakan penyebaran kusioner ke 204 responden yaitu pengunjung yang berbelanja ke Guardian Grand Batam Mall. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Penelitian menghasilkan tingkat signifikan potongan harga sebesar 0,006 < 0,05, promosi penjualan menghasilkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dan kualitas pelayanan tingkat signifikannya 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikan ketiga variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan berpengaruh simultan potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Kata kunci: Potongan Harga, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Pengaruh Inovasi Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada kntor Kecamatan Belakang Padang Di Kota Batam Kharunia Nova; Hikmah Hikmah
JURNAL EKUIVALENSI Vol. 8 No. 1 (2022): JURNAL EKUIVALENSI
Publisher : LPPM dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51158/ekuivalensi.v8i1.657

Abstract

Pelayanan publik merupakan kewajiban pemerintah sebagai pendorong utama kemajuan suatu bangsa dan dilakukan oleh organisasi pemerintah, baik pusat, provinsi, dan upaya yang diklaim negara. Kantor Kecaatan Belakang Padang meruapakan tempat sarana prasarana penyedia jasa bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini supaya dapat menemukan pengaruh inovasi pelayanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Teknik sampel yang dipakai ialah simple random sampling dimana menggunakan penyebaran kusioner ke 228 responden. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Penelitian menghasilkan tingkat signifikan inovasi pelayanan sebesar 0,000 < 0,05, dan kualitas pelayanan tingkat signifikannya 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikan kedua variabel berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masayarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 15