cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia" : 16 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA DIRECÇÃO GERAL DOS SERVIÇOS CORPORATIVOS MINISTÉRIO DAS OBRAS PÚBLICAS DILI TIMOR-LESTE Lopes, Eusebio da Costa
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2123.839 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.355

Abstract

Penelitian berjudul Pengaruh Motivasi Kerja Disiplin dan Kinerja Kerja di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh motivasi kerja disiplin di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste, pengaruh motivasi kerja kinerja pada Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili TimorLeste , dan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja kerja pada studi Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste.This adalah penelitian penjelasan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah staf di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste, sebesar 105 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Untuk analisis data, digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan paket software statistik AMOS.The hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan secara keseluruhan terbukti benar. Dalam hal ini motivasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, motivasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste.
PEMBERDAYAAN EKONOMI UNTUK MASYARAKAT DI KABUPATEN SAMPANG MELALUI MORAL EKONOMI DAN DERAJAT KEWIRAUSAHAAN nursaid, nursaid
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2407.364 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.1638

Abstract

Sumber daya laut merupakan potensi utama yang menggerakkan kegiatan perekonomian desa kawasan pantai. Secara umum kegiatan perekonomian yang ada di desa kawasan pantai. Bersifat fluktuatif karena sangat tergantung pada tinggi rendahnya produktifitas perikanan. Jika produktifitas tinggi, maka tingkat penghasilan akan meningkat, sehingga daya beli masyarakat yang sebagian masyarakat juga akan meningkat. Sebaliknya jika produktifitas rendah maka tingkat penghasilan nelayan akan menurun sehingga kondisi demikian mempengaruhi kuat lemahnya kegiatan perekonomian di desa kawasan pantai. Nelayan kecil hanya mampu memanfaatkan sumberdaya di daerah pesisir dengan hasil tangkapan yang cenderung terus menurun akibat persaingan dengan kapal besar dan penurunan mutu sumberdaya pantai. Hasil tangkapan juga mudah rusak sehingga melemahkan posisi tawar mereka dalam transaksi penjualan. Di samping itu, pola hubungan eksploitatif antara pemilik modal dengan buruh dan nelayan, serta usaha nelayan yang bersifat musiman dan tidak menentu menyebabkan masyarakat miskin dikawasan pesisir cenderung sulit untuk keluar dari jerat kemiskinan dan belitan utang pedagang atau pemilik kapal. Selain sumber daya ikan juga terkandung beraneka ragam sumberdaya, baik yang dapat diperbaharui maupun sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui, serta jasa-jasa lingkungan, yang didalam laut maupun diwilayah pesisirnya. Wilayah laut Kabupaten Sampang merupakan salah satu yang memiliki keanekaragaman hayati dan kaya bahan-bahan tambang dan mineral serta potensial bagi pengembangan aktivitas industri, pariwisata, perikanan, pemukiman dan sebagainya. Karena potensi tersebut maka perlu adanya pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di Kabupaten Sampang, melalui moral ekonomi dan derajat kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dari penelitian ini adalah nelayan di Kabupaten Sampang Madura, yang terdiri dari sejumlah 49 nelayan anggota PEMP dan sejumnlah 122 nelayan orang yang sawadana.
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. DILIANA MOTOR DILI TIMOR – LESTE Lay, Constantino
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2518.415 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.354

Abstract

Penelitian berjudul Analisis Pengaruh Marketing Mix untuk Keputusan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan di PT. Diliana motor Dili Timor Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli Mitsubishi Fuso Jenis Turbo 125 PS PT. Diliana motor Dili Timor Timur, pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli Mitsubishi Fuso Jenis Turbo 125 PS PT. Diliana motor Dili Timor Timur, dan pengaruh keputusan konsumen untuk kepuasan konsumen dalam membeli Mitsubishi Fuso Jenis Turbo 125 PS PT. Diliana motor Dili Timor Timur. Penelitian ini merupakan penelitian Pesan konfirmasi juga penelitian penjelasan. pengumpulan data teknik untuk esused kuesioner, wawancara dan observasi. populationin yang ini studyis konsumen yang membeli Mitsubishi Fuso Tipe mobil Turbo125PSat PT.Diliana motor Dili Timor Timur inOctober 2013, sebesar 153 orang. Sampling teknik dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel ditetapkan 105respondents disebut theopinion Ishak dan Michael. Untuk analisis data, digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan paket software statistik AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan secara keseluruhan terbukti true.In hal ini bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, andthe keputusan konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di membeli Mitsubishi FusoTypeTurbo125PSat PT. Diliana Motorin Dili Timor Timur.
PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP QUESTIONABLE JOB - RELATED BEHAVIOR KARYAWAN FRONTLINE HOTEL – HOTEL DI JEMBER jatmiko, hadi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3298.185 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.353

Abstract

Tuntutan kepuasan pengguna jasa terhadap produk dan pelayanan jasa (product and service satisfaction) yang ditawarkan oleh suatu produsen saat ini semakin tinggi dan kompleks. Persoalan ini ditambah lagi dengan adanya tingkat persaingan yang semakin tajam antar sesama produsen yang menawarkan produk yang bersifat homogen (sejenis). Kedua faktor ini menuntut suatu perusahaan untuk selalu meningkatkan kualitas layanannya for to be a winner (menjadi pemenang). Kunci keberhasilan hotel sangat bergantung pada pelayanan yang diberikan karyawan kepada tamunya. Pelayanan yang secara langsung merupakan product delivery hotel dilakukan oleh karyawan garis depan (frontline) yang terdiri atas karyawan Front Office, Housekeeping Dan Food & Beverage Service. Tahapan kegiatannya adalah Penentuan objek penelitian yang terdiri dari hotel berbintang dan konsumennya, pemilihan hotel berbintang didasarkan pada asumsi bahwa tamu yang meninap di hotel berbintang lebih komplek dan bervariasi baik asal wisatawan, pendidikan, pekerjaan dan karakteristik lainnya dibanding dengan hotel non bintang. Setelah itu pengambilan sampel untuk tabulasi data yang akan di analisa secara deskriptif dalam rangka menemukan persepsi wisatawan terhadap questionable job-related behavior Frontline hotel. Tahap berikutnya adalah penyusunan laporan akhir berdasarkan  hasil analisis data dalam rangka pembuatan artikel ilmiah dan publikasi ilmiah. Hasil penyusunan kedua output atau luaran tersebut selanjutnya dikirim ke pihak-pihak berwenang.
ANALISIS REAKSI PASAR AKIBAT KENAIKAN DAN PENURUNAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK DI BURSA EFEK INDONESIA kustono, alwan; Setyowati, Ayu; Suwarno, Suwarno
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3519.443 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.362

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adakah perbedaan abnormal return dan tranding volume activity  sebelum dan sesudah peristiwa kenaikan dan penurunan harga BBM. Penelitian ini menggunakan event study, dengan pengamatan terhadap abnormal return dan tranding volume activity selama event period, yaitu 5 hari sebelum sampai dengan 5 hari sesudah pengumuman perubahan harga BBM.  Populasi penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan yang terdaftar pada kategori sektor food and beverages dan Sektor Migas tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode puposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 18 saham perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah One-Samples Kolmogorov Smirnov Test.Hasil analisis uji beda menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return pada periode sebelum dan sesudah pengumuman penurunan harga BBM tanggal 1 Januari dan 19 Januari. Namun, pada abnormal return periode sebelum-sesudah pengumuman kenaikan harga BBM tanggal 1 Maret dan 28 Maret menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil analisis pada tranding volume activity baik sebelum-sesudah pengumuman penurunan harga BBM tanggal 1 Januari dan 19 Januari menunjukkan terdapat perbedaan signifikan, sedangkan pada periode sebelum-sesudah kenaikan harga BBM tanggal 1 Maret dan 28 Maret  menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT LEWAT RESEP PADA APOTIK RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT JEMBER KLINIK Kusumaningrum, Kusumaningrum; cahyono, dwi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2062.732 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor individu dan bauran pemasaran terhadap  Keputusan Pembelian pada  Rawat Jalan Farmasi di Rumah Sakit Klinik Jember.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan swasta yang berobat ke spesialis dalam Poli Terpadu di Rumah Sakit Jember Klinik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kombinasi metode accidental sampling dan purposive sampling. Jumlah sampel ditetapkan 150 responden.  Untuk analisis data, digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan paket software statistik AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien jalur untuk pengaruh faktor individu (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai positif dari 1.058 dengan CR dari 2.980 dan probabilitas (p) dari 0003, yang berarti bahwa faktor individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien jalur untuk pengaruh bauran pemasaran (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai positif dari 0857 dengan CR dari 2803 dan probabilitas (p) dari 0005, yang berarti bahwa bauran pemasaran secara signifikan mempengaruhi ke keputusan pembelian. Dan, koefisien jalur untuk pengaruh bauran pemasaran (X2) dengan faktor individu (X1) memiliki nilai positif dari 0650 dengan CR dari 3.906 dan probabilitas (p) dari 0002, yang berarti bahwa marketing mix efek signifikan untuk faktor individu.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang) Nursaidah, Nursaidah; Qomariah, Nurul; Maskur, Muhammad
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2667.817 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.361

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Bengkel Mobil Larasati Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Bengkel Mobil Larasati Lumajang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 70 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F,uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan (0,191), harga (0,215) dan kepuasan pelanggan (0,352), semuanya berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diperoleh hasil kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan, semuanya berpengaruh signifikan (0,000) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji t diperoleh hasil kualitas pelayanan (0,043), dan kepuasan pelanggan (0,003), berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan harga (0,071) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PT. JNE PAREPARE) Rifai, Abd
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan tetap yang menjadi target, peneliti berasumsi pelanggan tetap adalah mereka yang paling berpotensi merasakan kualitas layanan dengan teknik sampling yang digunakan menggunakan tabel Nomogram.Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Data diperoleh dengan cara menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan Multiple Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Variabel-variabel kualitas layanan Tangible (X1) berpengaruh positif signifikan, variabel Reliaility (X2) berpengaruh positif signifikan, variabel responsiveness (X3) berpengaruh positif signifikan, variabel Asurance (X4) berpengaruh negatif tidak signifikan. Sedangkan Variabel Empathy (X5) berpengaruh positif signifikan. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. JNE adalah faktor empati dengan nilai koefisien beta sebesar 0,748. Variabel layanan konsumen berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 63,9%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 36.1%, dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel dalam penelitian ini.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA DIRECÇÃO GERAL DOS SERVIÇOS CORPORATIVOS MINISTÉRIO DAS OBRAS PÚBLICAS DILI TIMOR-LESTE Eusebio da Costa Lopes
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.355

Abstract

Penelitian berjudul Pengaruh Motivasi Kerja Disiplin dan Kinerja Kerja di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh motivasi kerja disiplin di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste, pengaruh motivasi kerja kinerja pada Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili TimorLeste , dan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja kerja pada studi Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste.This adalah penelitian penjelasan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah staf di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste, sebesar 105 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Untuk analisis data, digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan paket software statistik AMOS.The hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan secara keseluruhan terbukti benar. Dalam hal ini motivasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, motivasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja di Direcção Geral Dos Serviços Corporativos Ministerio Das Obras Públicas Dili Timor-Leste.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PT. JNE PAREPARE) Abd Rifai
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v6i2.351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan tetap yang menjadi target, peneliti berasumsi pelanggan tetap adalah mereka yang paling berpotensi merasakan kualitas layanan dengan teknik sampling yang digunakan menggunakan tabel Nomogram.Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Data diperoleh dengan cara menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan Multiple Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Variabel-variabel kualitas layanan Tangible (X1) berpengaruh positif signifikan, variabel Reliaility (X2) berpengaruh positif signifikan, variabel responsiveness (X3) berpengaruh positif signifikan, variabel Asurance (X4) berpengaruh negatif tidak signifikan. Sedangkan Variabel Empathy (X5) berpengaruh positif signifikan. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. JNE adalah faktor empati dengan nilai koefisien beta sebesar 0,748. Variabel layanan konsumen berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 63,9%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 36.1%, dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel dalam penelitian ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 16