cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia" : 16 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL GRAN MAX DI WILAYAH AJATAPPARENG PARE-PARE Abd.Rifai, Abd.Rifai
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.056 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli mobil niaga Gran Max PU di Wilayah Ajatappareng.  Penelitian ini menggunakan desain eksploratif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli mobil Gran Max PU di Wilayah Ajatappareng. Variabel bebas dalam penelitian ini budaya, sosial, pribadi dan psikologi, sedangkan variable terikatnya   keputusan konsumen dalam membeli mobil Gran Max PU. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli mobil niaga Gran Max PU adalah faktor kepriadian dan faktor sosial, sedangkan yang dominan berpengaruh adalah faktor kepribadian. Kata Kunci: factor budaya, sosial, pribadi,  psikologi,  keputusan konsumen dalam membeli.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL GRAN MAX DI WILAYAH AJATAPPARENG PARE-PARE Abd.Rifai Abd.Rifai
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli mobil niaga Gran Max PU di Wilayah Ajatappareng.  Penelitian ini menggunakan desain eksploratif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli mobil Gran Max PU di Wilayah Ajatappareng. Variabel bebas dalam penelitian ini budaya, sosial, pribadi dan psikologi, sedangkan variable terikatnya   keputusan konsumen dalam membeli mobil Gran Max PU. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli mobil niaga Gran Max PU adalah faktor kepriadian dan faktor sosial, sedangkan yang dominan berpengaruh adalah faktor kepribadian. Kata Kunci: factor budaya, sosial, pribadi,  psikologi,  keputusan konsumen dalam membeli.
ANALISIS KEMAMPUAN LABA DAN CAPITAL GAIN SAHAM BERDASARKAN VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAICTM) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA Batubara, Santy Mayda; Hariyanto, Dedi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.091 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1008

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Value Added Intellectual Capital (VAICTM) terhadap kompetensi keuntungan dan capital gain saham perusahaan perbankan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015 dan juga terdaftar pada IPO tahun 2011 dengan total 25 perusahaan. Model penelitian menggunakan regresi linier berganda, terdiri dari: VACA (X1); VAHU (X2); STVA (X3), sebagai variabel independen sedangkan kompetensi laba perusahaan, terdiri dari Ratio on Asset (Y1) dan Capital Stock Gain (Y2), sebagai variabel dependen. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Hipotesis pertama menunjukkan bahwa secara simultan (uji-F), Value Added Intellectual Capital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi laba (ROA) perusahaan perbankan di Indonesia, sedangkan secara parsial (uji-t ) Menunjukkan bahwa Modal Struktural (STVA) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi laba (ROA). (2) Hipotesis kedua secara simultan (F-test) menunjukkan bahwa Nilai Tambah Modal Intelektual hanya berpengaruh signifikan namun tidak berpengaruh terhadap Capital Capital Gain perusahaan perbankan di Indonesia, sedangkan secara parsial (t-test) Capital Physical (VACA) hanya memiliki Signifikan namun tidak berpengaruh positif terhadap Capital Stock Gain.Kata kunci: VACA, VAHU, STVA, Rasio pada Aset dan Capital Gain
ANALISIS KEMAMPUAN LABA DAN CAPITAL GAIN SAHAM BERDASARKAN VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAICTM) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA Santy Mayda Batubara; Dedi Hariyanto
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1008

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Value Added Intellectual Capital (VAICTM) terhadap kompetensi keuntungan dan capital gain saham perusahaan perbankan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015 dan juga terdaftar pada IPO tahun 2011 dengan total 25 perusahaan. Model penelitian menggunakan regresi linier berganda, terdiri dari: VACA (X1); VAHU (X2); STVA (X3), sebagai variabel independen sedangkan kompetensi laba perusahaan, terdiri dari Ratio on Asset (Y1) dan Capital Stock Gain (Y2), sebagai variabel dependen. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Hipotesis pertama menunjukkan bahwa secara simultan (uji-F), Value Added Intellectual Capital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi laba (ROA) perusahaan perbankan di Indonesia, sedangkan secara parsial (uji-t ) Menunjukkan bahwa Modal Struktural (STVA) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi laba (ROA). (2) Hipotesis kedua secara simultan (F-test) menunjukkan bahwa Nilai Tambah Modal Intelektual hanya berpengaruh signifikan namun tidak berpengaruh terhadap Capital Capital Gain perusahaan perbankan di Indonesia, sedangkan secara parsial (t-test) Capital Physical (VACA) hanya memiliki Signifikan namun tidak berpengaruh positif terhadap Capital Stock Gain.Kata kunci: VACA, VAHU, STVA, Rasio pada Aset dan Capital Gain
ANALISIS PENGARUH KOMITMEN PEGAWAI KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU ANGGOTA ORGANISASI (OCB) PEGAWAI RSUD SOGATEN KOTA MADIUN Taali, Muhammad; Srimiatun, Srimiatun
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.671 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen pegawai, kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap perilaku anggota organisasi pada pegawai RSUD Sogaten  Madiun . Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai RSUD Sogaten  Madiun yang berjumlah 106 pegawai. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 80 pegawai negeri sipil pada RSUD Sogaten  Madiun. Analisis data menggunakan uji validitas dan dan uji reliabilitas data, regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen pegawai berpengaruh terhaap OCB, kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap variabel OCB, kepemimpinan trasnformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel OCB PNS di RSUD Sogaten, dan variable kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap OCB. Kata Kunci : komitmen pegawai, kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional, kepuasan dan OCB
ANALISIS PENGARUH KOMITMEN PEGAWAI KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PERILAKU ANGGOTA ORGANISASI (OCB) PEGAWAI RSUD SOGATEN KOTA MADIUN Srimiatun Srimiatun; Muhammad Taali
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen pegawai, kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap perilaku anggota organisasi pada pegawai RSUD Sogaten  Madiun . Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai RSUD Sogaten  Madiun yang berjumlah 106 pegawai. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 80 pegawai negeri sipil pada RSUD Sogaten  Madiun. Analisis data menggunakan uji validitas dan dan uji reliabilitas data, regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen pegawai berpengaruh terhaap OCB, kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap variabel OCB, kepemimpinan trasnformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel OCB PNS di RSUD Sogaten, dan variable kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap OCB. Kata Kunci : komitmen pegawai, kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional, kepuasan dan OCB
DAMPAK KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Rozzaid, Yusron; Qomariah, Nurul; Effendy, Alfian
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.155 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplorasi dengan 105 orang karyawan. Menggunakan metode populasi (sensus) yaitu dengan meneliti seluruh populasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil penelitian kuisioner dan wawancara. Sumber data sekunder berasal dari artikel, jurnal dan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda (SPSS 16.0 for windows ). Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa :  terdapat pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan; Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kata Kunci : Kompensasi, Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja
DAMPAK KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Alfian Effendy; Nurul Qomariah; Yusron Rozzaid
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplorasi dengan 105 orang karyawan. Menggunakan metode populasi (sensus) yaitu dengan meneliti seluruh populasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer berasal dari hasil penelitian kuisioner dan wawancara. Sumber data sekunder berasal dari artikel, jurnal dan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda (SPSS 16.0 for windows ). Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa :  terdapat pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan; Terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kata Kunci : Kompensasi, Kepemimpinan, dan Kepuasan Kerja
DAMPAK RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKET INDOMARET SUMBERSARI JEMBER Santoso, Budi; Supriyanto, Eko Sugeng; Azhad, M. Naely
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.97 KB) | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1011

Abstract

Penelitian ini meninjau lebih jauh bagaimana pengaruh Produk, harga, promosi, pelayanan, suasana toko dan lokasi dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada mini market Indomaret Jl. Piere Tendean Sukorejo ? Sumbersari Jember.Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan pada sampel sebanyak 70 responden. Hasil dari data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan pendekatan regresi linear berganda dan uji hipotesis berupa uji simultan (F) dan parsial (t).Hasil analisis statistik uji t diperoleh bahwa variabel produk (X1) menunjukkan nilai signifikasi 0,029, variabel harga (X2) menunjukkan nilai signifikasi 0,040, variabel promosi (X3) menunjukkan nilai signifikasi 0,021, variabel pelayanan (X4) menunjukkan nilai signifikasi 0,024, variabel suasana toko (X5) menunjukkan nilai signifikasi 0,021, variabel lokasi (X6) menunjukkan nilai signifikasi 0,029. Hasil uji F menunjukkan bahwa signifikasi 0,000, menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, pelayanan, suasana toko, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : produk, harga, promosi, pelayanan, suasana toko, lokasi, keputusan pembelian
DAMPAK RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKET INDOMARET SUMBERSARI JEMBER Eko Sugeng Supriyanto; M. Naely Azhad; Budi Santoso
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/smbi.v7i1.1011

Abstract

Penelitian ini meninjau lebih jauh bagaimana pengaruh Produk, harga, promosi, pelayanan, suasana toko dan lokasi dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada mini market Indomaret Jl. Piere Tendean Sukorejo – Sumbersari Jember.Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan pada sampel sebanyak 70 responden. Hasil dari data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan pendekatan regresi linear berganda dan uji hipotesis berupa uji simultan (F) dan parsial (t).Hasil analisis statistik uji t diperoleh bahwa variabel produk (X1) menunjukkan nilai signifikasi 0,029, variabel harga (X2) menunjukkan nilai signifikasi 0,040, variabel promosi (X3) menunjukkan nilai signifikasi 0,021, variabel pelayanan (X4) menunjukkan nilai signifikasi 0,024, variabel suasana toko (X5) menunjukkan nilai signifikasi 0,021, variabel lokasi (X6) menunjukkan nilai signifikasi 0,029. Hasil uji F menunjukkan bahwa signifikasi 0,000, menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, pelayanan, suasana toko, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : produk, harga, promosi, pelayanan, suasana toko, lokasi, keputusan pembelian

Page 1 of 2 | Total Record : 16