cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia" : 18 Documents clear
Kata Pengantar dan Daftar Isi Redaksi, Tim
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.964 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1784

Abstract

File ini berisi Dewan Redaksi, Kata Pengantar dan Daftar Isi Jurnal Volume 8 Nomor 2 Desember 2018
Kata Pengantar dan Daftar Isi Tim Redaksi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1784

Abstract

File ini berisi Dewan Redaksi, Kata Pengantar dan Daftar Isi Jurnal Volume 8 Nomor 2 Desember 2018
DAMPAK MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Cahyono, Dwi; Herlambang, Toni; S, Sya?roni
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.294 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1785

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi, disiplin kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial maupun simultan  terhadap kinerja guru SMK Swasta di Kecamatan Tempeh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jumlah populasinya adalah semua guru SMK Swasta Kecamatan Tempeh Lumajang sebanyak 53 orang guru dan kepala sekolah. Untuk pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah: (1) koefisien motivasi sebesar 0.239 menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, yang berarti semakin tinggi motivasi seorang guru maka kinerja guru tersebut juga akan semakin meningkat, (2) disiplin kerja memiliki nilai koefisien sebesar 0.266, menunjukkan bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, yang berarti semakin disiplin seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya maka kinerja guru tersebut juga akan semakin meningkat, (3) Koefisien kepemimpinan sebesar 0.333 menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, yang berarti jika kepemimpinan kepala sekolah semakin baik maka akan meningkatkan kinerja guru, (4) secara konstanta sebesar 0.741 menunjukkan besarnya kinerja guru ketika  motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan tidak diperhatikan oleh pihak sekolah. Jadi apabila motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan tidak diperhatikan oleh pihak sekolah, kinerja guru masih ada sebesar 74.1%.Kata Kunci : motivasi, disiplin kerja, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru
DAMPAK MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Sya’roni S; Toni Herlambang; Dwi Cahyono
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1785

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi, disiplin kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial maupun simultan  terhadap kinerja guru SMK Swasta di Kecamatan Tempeh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jumlah populasinya adalah semua guru SMK Swasta Kecamatan Tempeh Lumajang sebanyak 53 orang guru dan kepala sekolah. Untuk pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah: (1) koefisien motivasi sebesar 0.239 menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, yang berarti semakin tinggi motivasi seorang guru maka kinerja guru tersebut juga akan semakin meningkat, (2) disiplin kerja memiliki nilai koefisien sebesar 0.266, menunjukkan bahwa disiplin kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, yang berarti semakin disiplin seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya maka kinerja guru tersebut juga akan semakin meningkat, (3) Koefisien kepemimpinan sebesar 0.333 menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru, yang berarti jika kepemimpinan kepala sekolah semakin baik maka akan meningkatkan kinerja guru, (4) secara konstanta sebesar 0.741 menunjukkan besarnya kinerja guru ketika  motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan tidak diperhatikan oleh pihak sekolah. Jadi apabila motivasi, disiplin kerja dan kepemimpinan tidak diperhatikan oleh pihak sekolah, kinerja guru masih ada sebesar 74.1%.Kata Kunci : motivasi, disiplin kerja, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, NAMA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Tyas, Wenny Murtalining; Qomariah, Nurul; Dwiyanti, Eris
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.655 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1786

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Rinso pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember, yakni sebesar 555 Mahasiswa. Sampel yang diambil adalah 83 responden dengan tekhnik accidental sampling. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas, nama merek dan brand awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa 59,7 % Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh persepsi kualitas, nama merek, dan brand awareness. Kata Kunci: Persepsi kualitas, nama merek, brand awareness, keputusan pembelian.
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, NAMA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Eris Dwiyanti; Nurul Qomariah; Wenny Murtalining Tyas
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1786

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Rinso pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Jember, yakni sebesar 555 Mahasiswa. Sampel yang diambil adalah 83 responden dengan tekhnik accidental sampling. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas, nama merek dan brand awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa 59,7 % Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh persepsi kualitas, nama merek, dan brand awareness. Kata Kunci: Persepsi kualitas, nama merek, brand awareness, keputusan pembelian.
PENGARUH KEPUASAN GAJI, KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN TURNOVER INTENTION Susubiyani, Arik; Arsih, Risa Budi; S, Sumadi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.571 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1787

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar faktor kepuasan gaji, kepuasan kerja dan iklim organisasi mempengaruhi niat untuk pindah karyawan dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening di SMK Farmasi Jember. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif  dengan penelitian penjelasan. Dengan jumlah populasinya adalah semua guru dan karyawan di SMK Farmasi Jember sebanyak 44 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan pendekatan model Partial Least Square melalui bantuan software Smartpls versi 2.0.M3. Hasil pengujian pengaruh variabel kepuasan gaji terhadap komitmen organisasi positif. Pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasi memiliki pengaruh positif. Pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi positif.  Pengaruh  variabel iklim organisasi terhadap komitmen organisasi negatif. Pengaruh variabel kepuasan gaji terhadap Turnover Intention negatif. Pengaruh variabel kepuasan kerja negatif terhadap Turnover Intention yaitu (-0,042), sedangkan untuk pengaruh mediasi didapat nilai t sebesar (-3,120). Pengaruh variabel iklim organisasi  negatif terhadap Turnover Intention (-0,388), sedangkan untuk pengaruh mediasi didapat nilai t  sebesar (-2,029).Kata Kunci: turnover intention, kepuasan gaji, keinginan berpindah.
PENGARUH KEPUASAN GAJI, KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN TURNOVER INTENTION Risa Budi Arsih; Sumadi S; Arik Susubiyani
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1787

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar faktor kepuasan gaji, kepuasan kerja dan iklim organisasi mempengaruhi niat untuk pindah karyawan dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening di SMK Farmasi Jember. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif  dengan penelitian penjelasan. Dengan jumlah populasinya adalah semua guru dan karyawan di SMK Farmasi Jember sebanyak 44 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan pendekatan model Partial Least Square melalui bantuan software Smartpls versi 2.0.M3. Hasil pengujian pengaruh variabel kepuasan gaji terhadap komitmen organisasi positif. Pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasi memiliki pengaruh positif. Pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi positif.  Pengaruh  variabel iklim organisasi terhadap komitmen organisasi negatif. Pengaruh variabel kepuasan gaji terhadap Turnover Intention negatif. Pengaruh variabel kepuasan kerja negatif terhadap Turnover Intention yaitu (-0,042), sedangkan untuk pengaruh mediasi didapat nilai t sebesar (-3,120). Pengaruh variabel iklim organisasi  negatif terhadap Turnover Intention (-0,388), sedangkan untuk pengaruh mediasi didapat nilai t  sebesar (-2,029).Kata Kunci: turnover intention, kepuasan gaji, keinginan berpindah.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KOMITMEN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Setianingsih, Wahyu Eko; Nafisatin, Laili Ika; Azhad, M. Naely
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.806 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1788

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan swalayan Larisso Ambulu Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan swalayan Larisso Ambulu Jember. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 60 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi. Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan, semuanya berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji t diperoleh hasil kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan, semuanya berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diperoleh hasil kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan, semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.Kata Kunci:  kualitas layanan, komitmen pelanggan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KOMITMEN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Laili Ika Nafisatin; M. Naely Azhad; Wahyu Eko Setianingsih
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v8i2.1788

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada pelanggan swalayan Larisso Ambulu Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan swalayan Larisso Ambulu Jember. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 60 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi. Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan, semuanya berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji t diperoleh hasil kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan, semuanya berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diperoleh hasil kualitas layanan, komitmen pelanggan dan kepercayaan pelanggan, semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.Kata Kunci:  kualitas layanan, komitmen pelanggan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan

Page 1 of 2 | Total Record : 18