cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia" : 24 Documents clear
Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember Cahyono, Dwi; Herlambang, Toni; Hakim, Muhammad Luqman
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.929 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 8.732 pasien dengan jumlah sampel sebanyak 93 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (18,461) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dan nilai sig 0,000 < alpha 0,05. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (4,046) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dengan nilai sig 0,000 < alpha 0,05. (3) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (3,747) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dengan nilai sig 0,000 < alpha 0,05.
Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember Muhammad Luqman Hakim; Dwi Cahyono; Toni Herlambang
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 8.732 pasien dengan jumlah sampel sebanyak 93 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (18,461) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dan nilai sig 0,000 alpha 0,05. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (4,046) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dengan nilai sig 0,000 alpha 0,05. (3) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga thitung (3,747) yang lebih besar dari pada ttable (1,980) dengan nilai sig 0,000 alpha 0,05.
Meningkatakan Kesejahteraan Ekonomi Rakyat Melalui Pariwisata Di Wilayah Kabupaten Banyuwangi ?Aini, Winda Hurotul
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.466 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya pariwisata di Banyuwangi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dukungan pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan salah satunya dilakukan dengan mengembangkan pariwisata. Pariwisata diyakini akan mampu untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan dengan mendiskripsikan kejadian yang terjadi pada saat penelitian dilakukan. Kejadian yang didiskripsikan meliputi perkembangan atau dampak adanya wisata yang dilihat dari data ekonomi daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan wisata berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Perkembangan wisata ini juga membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlangsungan tempat wisata. Untuk itu diperlukan adanya timbal balik antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah selaku pengatur kebijakan dan masyarakat sebagai pelaku harus saling mendukung untuk mewujudkan keberlanjutan tempat wisata yang dibuka. Dengan adanya sinergi, keterkaitan dan kesinambungan antara pemerintah dan masyarakat terkait pengelolaan tempat wisata, diharapkan akan diikuti dengan peningkatan ekonomi masyarakat disekitar tempat wisata.
Meningkatakan Kesejahteraan Ekonomi Rakyat Melalui Pariwisata Di Wilayah Kabupaten Banyuwangi Winda Hurotul ‘Aini
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan. Dengan adanya pariwisata di Banyuwangi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dukungan pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan salah satunya dilakukan dengan mengembangkan pariwisata. Pariwisata diyakini akan mampu untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan dengan mendiskripsikan kejadian yang terjadi pada saat penelitian dilakukan. Kejadian yang didiskripsikan meliputi perkembangan atau dampak adanya wisata yang dilihat dari data ekonomi daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan wisata berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Perkembangan wisata ini juga membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlangsungan tempat wisata. Untuk itu diperlukan adanya timbal balik antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah selaku pengatur kebijakan dan masyarakat sebagai pelaku harus saling mendukung untuk mewujudkan keberlanjutan tempat wisata yang dibuka. Dengan adanya sinergi, keterkaitan dan kesinambungan antara pemerintah dan masyarakat terkait pengelolaan tempat wisata, diharapkan akan diikuti dengan peningkatan ekonomi masyarakat disekitar tempat wisata.
Usaha Meningkatkan Kinerja Pegawai SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) Di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Jember Qomariah, Nurul; N, Nursaid; Prijono, Wiwin Puguh; Cahyono, Dwi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.311 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2368

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, integritas dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel 210 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, integritas dan kepemimpinan secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai SKPD kabupaten Jember. Namun secara tidak langsung melalui disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variasi data pada variabel pemediasi sebesar 69% dan pengaruh selanjutnya terhadap variasi data pada variabel terikat sebesar 85%, selebihnya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Usaha Meningkatkan Kinerja Pegawai SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) Di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Jember Wiwin Puguh Prijono; Dwi Cahyono; Nurul Qomariah; Nursaid N
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2368

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, integritas dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel 210 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, integritas dan kepemimpinan secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pegawai SKPD kabupaten Jember. Namun secara tidak langsung melalui disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variasi data pada variabel pemediasi sebesar 69% dan pengaruh selanjutnya terhadap variasi data pada variabel terikat sebesar 85%, selebihnya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Pengaruh Earning Per Share Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Intervening Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017 Mumpuni, Diah Lestari; Hermuningsih, Sri; Hartanti, Wenti
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.294 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Pengembalian Saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening di perusahaan Properti & Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Sifat penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan adalah dalam bentuk angka dalam analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah  semua perusahaan properti & real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel diperoleh oleh sejumlah 8 perusahaan properti & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) EPS memiliki pengaruh positif signifikan terhadap DPR, hal ini ditunjukkan oleh nilai 5,084 dan probabilitas 0,000. (2) DER tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap DPR, ini ditunjukkan dengan nilai -1,101 dan probabilitas 0,278. (3) DPR berpengaruh positif signifikan terhadap Pengembalian Saham, hal ini ditunjukkan dengan nilai 3,174 dan probabilitas 0,003. (4) EPS memiliki efek positif yang signifikan terhadap Pengembalian Saham, ini ditunjukkan oleh nilai 4,043 dan probabilitas 0,000. (5) Efek negatif DER tidak signifikan, ini ditunjukkan oleh nilai 0,946 dan probabilitas 0,350. (6) DPR memoderasi variabel EPS terhadap pengembalian saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total lebih besar dari nilai efek langsung (0,855> 0,551). (7) DPR tidak memoderasi variabel DER terhadap return saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total yang lebih kecil dari nilai efek langsung (0,062 <0,129).
Pengaruh Earning Per Share Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Intervening Pada Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017 Wenti Hartanti; Sri Hermuningsih; Diah Lestari Mumpuni
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Pengembalian Saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening di perusahaan Properti Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Sifat penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan adalah dalam bentuk angka dalam analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah  semua perusahaan properti real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel diperoleh oleh sejumlah 8 perusahaan properti real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-2017. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) EPS memiliki pengaruh positif signifikan terhadap DPR, hal ini ditunjukkan oleh nilai 5,084 dan probabilitas 0,000. (2) DER tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap DPR, ini ditunjukkan dengan nilai -1,101 dan probabilitas 0,278. (3) DPR berpengaruh positif signifikan terhadap Pengembalian Saham, hal ini ditunjukkan dengan nilai 3,174 dan probabilitas 0,003. (4) EPS memiliki efek positif yang signifikan terhadap Pengembalian Saham, ini ditunjukkan oleh nilai 4,043 dan probabilitas 0,000. (5) Efek negatif DER tidak signifikan, ini ditunjukkan oleh nilai 0,946 dan probabilitas 0,350. (6) DPR memoderasi variabel EPS terhadap pengembalian saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total lebih besar dari nilai efek langsung (0,855 0,551). (7) DPR tidak memoderasi variabel DER terhadap return saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai total yang lebih kecil dari nilai efek langsung (0,062 0,129).
Perlakuan Produk Rusak Terhadap Harga Pokok Produksi Arinda, Rifka
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.73 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2370

Abstract

Perubahan lingkungan dunia usaha yang sangat cepat dan adanya dorongan era globalisasi perusahaan besar maupun kecil selalu berusaha meningkatkan mutu produk. Pentingnya mutu produk dalam persaingan, maka perusahaan harus memusatkan program peningkatan mutu terutama pada proses produksi yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan produk yang sempurna, kemungkinan juga akan menghasilkan produk rusak.  Produk rusak dapat terjadi karena banyak faktor salah satu faktor yang menyebabkan produk rusak adalah kelalaian dan ketidak hati hatiannya manusia dalam proses produksi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan UD. MULYA ABADI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi terhadap produk rusak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian bagian biaya produksi tahun 2018. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan dan meneliti catatan-catatan atau dokumen-dokumen yang diperlukan dan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan dalam peneltian. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu perusahaan tidak membedakan antara produk rusak normal dan tidak normal demikian pula pada perlakuan akuntansinya produk normal dan tidak normal sama-sama menambah harga pokok produksi selesai. Oleh karena itu, dari perhitungan akan diperoleh hasil yang berbeda antara produk rusak tidak normal apabila dibebankan kepada produk selesai dan dibebankan sebagai kerugian.
Perlakuan Produk Rusak Terhadap Harga Pokok Produksi Rifka Arinda
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i1.2370

Abstract

Perubahan lingkungan dunia usaha yang sangat cepat dan adanya dorongan era globalisasi perusahaan besar maupun kecil selalu berusaha meningkatkan mutu produk. Pentingnya mutu produk dalam persaingan, maka perusahaan harus memusatkan program peningkatan mutu terutama pada proses produksi yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan produk yang sempurna, kemungkinan juga akan menghasilkan produk rusak.  Produk rusak dapat terjadi karena banyak faktor salah satu faktor yang menyebabkan produk rusak adalah kelalaian dan ketidak hati hatiannya manusia dalam proses produksi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan UD. MULYA ABADI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi terhadap produk rusak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian bagian biaya produksi tahun 2018. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan dan meneliti catatan-catatan atau dokumen-dokumen yang diperlukan dan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan dalam peneltian. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu perusahaan tidak membedakan antara produk rusak normal dan tidak normal demikian pula pada perlakuan akuntansinya produk normal dan tidak normal sama-sama menambah harga pokok produksi selesai. Oleh karena itu, dari perhitungan akan diperoleh hasil yang berbeda antara produk rusak tidak normal apabila dibebankan kepada produk selesai dan dibebankan sebagai kerugian.

Page 1 of 3 | Total Record : 24