cover
Contact Name
Abdul Jalil
Contact Email
ariksusbiyani@unmuhjember.ac.id
Phone
+6285334599691
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Karimata No.49 Sumbersari Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 2088916X     EISSN : 25412566     DOI : -
Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember dan diterbitkan Oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia" : 24 Documents clear
Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta Hidayat, Abdul Choliq; Sutanto, Aftoni; Mardiyana, Mardiyana
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.156 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2818

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk menguji pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitan ini sebanyak 396 karyawan BPR Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel sebanyak 100 responden.Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner berskala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitan yang bersifat penelitian kuantitatif ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. 
Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta Mardiyana Mardiyana; Aftoni Sutanto; Abdul Choliq Hidayat
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2818

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk menguji pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitan ini sebanyak 396 karyawan BPR Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel sebanyak 100 responden.Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner berskala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitan yang bersifat penelitian kuantitatif ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. 
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hermawan, Haris; Qomariah, Nurul; Setiawan, Ajis
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.602 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan pada PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jumlah sampel 100 responden. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji alat ukur. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa responsiveness  dengan koefisien sebesar 0,003, assurance  dengan koefisien sebesar 0,016, tangible dengan koefisien sebesar 0,037, reliability dengan koefisien sebesar 0,040 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa bahwa 59,2% kepuasan konsumen dipengaruhi kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ajis Setiawan; Nurul Qomariah; Haris Hermawan
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan pada PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen PT.Borwita Citra Prima Bondowoso. Jumlah sampel 100 responden. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji alat ukur. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa responsiveness  dengan koefisien sebesar 0,003, assurance  dengan koefisien sebesar 0,016, tangible dengan koefisien sebesar 0,037, reliability dengan koefisien sebesar 0,040 berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa bahwa 59,2% kepuasan konsumen dipengaruhi kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.
Determinant Analysis Of Consumer Buying In Semolowaru Surabaya PKL Center Denhas, Kiki Nuriska; Ariescy, Reiga Ritomiea; Amriel, Egan Evanzha Yudha
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.923 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2820

Abstract

The form of attention of Surabaya city government to manage PKL or street merchant (Pedagang Kaki Lima) is to provide a culinary tourism center so that the PKL can sell orderly and many people will be interested to come to the PKL center. If we look at the current phenomenon, many of PKL culinary centers are few visitors so that some of the tenants are finally closed, this is unfortunate if the government Surabaya already spent a lot of funds to build the PKL center. The purpose of this research is to explore the interest of buying consumers because of the least visitors to the Semolowaru PKL center in Surabaya so that researchers can determine the marketing strategy that can be done at Semolowaru PKL center so many visitors and give more revenue for PKL. This research is a qualitative study with the Phenomenology model. Phenomenology seeks to uncover, learn and understand a phenomenon along with the distinctive and unique context experienced by the individual to the individual's "belief" level. Research informant is all parties who know the dynamics of the Semolowaru PKL center, they are Semolowaru PKL center management, Semolowaru PKL merchants and Semolowaru PKL visitors. Collection of data on this study using interview methods. 
Determinant Analysis Of Consumer Buying In Semolowaru Surabaya PKL Center Egan Evanzha Yudha Amriel; Kiki Nuriska Denhas; Reiga Ritomiea Ariescy
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2820

Abstract

The form of attention of Surabaya city government to manage PKL or street merchant (Pedagang Kaki Lima) is to provide a culinary tourism center so that the PKL can sell orderly and many people will be interested to come to the PKL center. If we look at the current phenomenon, many of PKL culinary centers are few visitors so that some of the tenants are finally closed, this is unfortunate if the government Surabaya already spent a lot of funds to build the PKL center. The purpose of this research is to explore the interest of buying consumers because of the least visitors to the Semolowaru PKL center in Surabaya so that researchers can determine the marketing strategy that can be done at Semolowaru PKL center so many visitors and give more revenue for PKL. This research is a qualitative study with the Phenomenology model. Phenomenology seeks to uncover, learn and understand a phenomenon along with the distinctive and unique context experienced by the individual to the individual's "belief" level. Research informant is all parties who know the dynamics of the Semolowaru PKL center, they are Semolowaru PKL center management, Semolowaru PKL merchants and Semolowaru PKL visitors. Collection of data on this study using interview methods. 
Kualitas Pelayanan Sebagai Determinan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Drajat Warga Purwoko, Purwoko; Suswati, Dana; Adillah, Fitroh
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.649 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, PT. BPR Syariah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) Yogyakarta.  Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 86 nasabah dengan pendekatan CARTER yaitu kualitas pelayanan dan menguji aspek kepuasan nasabah ditinjau dari sudut kepatuhan terhadap ketentuan syariah. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan metode confirmatory faktor analysis dan pengukuran reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan, bukti fisik, ketanggapan, keandalan, jaminan tidak  berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun, variabel empati berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPRS BDW.
Kualitas Pelayanan Sebagai Determinan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangun Drajat Warga Dana Suswati; Fitroh Adillah; Purwoko Purwoko
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, PT. BPR Syariah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) Yogyakarta.  Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 86 nasabah dengan pendekatan CARTER yaitu kualitas pelayanan dan menguji aspek kepuasan nasabah ditinjau dari sudut kepatuhan terhadap ketentuan syariah. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan metode confirmatory faktor analysis dan pengukuran reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kepatuhan, bukti fisik, ketanggapan, keandalan, jaminan tidak  berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun, variabel empati berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPRS BDW.
Strategi Pemasaran Tahu Alami Lubuk Buaya Kota Padang Rachmi, Lusyana; Masrin, Indra
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.896 KB) | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2822

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat direkomendasikan terkait faktor internal dan faktor eksternal pada Pabrik Tahu Alami di kota Padang. Salah satu masalah Pabrik Tahu Alami adalah pemasaran belum optimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal bisnis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFE dan matriks EFE. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal meliputi (1) menjaga kualitas produk dengan citarasa alami tanpa bahan pengawet yang memiliki nilai gizi tinggi untuk kesehatan; (2) menjaga kerja sama yang baik dengan produsen kedelai sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan produksi pabrik; (3) meningkatkan kegiatan promosi produk dengan memposting di media sosial; (4) memberi kepercayaan kepada orang lain untuk mengelola bisnis sehingga mereka dapat membuka cabang bisnis di tempat lain; (5) memperbaharui mesin produksi sehingga produksi menjadi lebih efektif. Hasili penelitian menunjukkan bahwa Pabrik Tahu Alami memiliki peluang bagus untuk mengembangkan bisnis, mampu bersaing dan mengatasi ancaman bisnis tetapi perlu ditingkatkan untuk strategi pemasaran. 
Strategi Pemasaran Tahu Alami Lubuk Buaya Kota Padang Indra Masrin; Lusyana Rachmi
Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/jsmbi.v9i2.2822

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat direkomendasikan terkait faktor internal dan faktor eksternal pada Pabrik Tahu Alami di kota Padang. Salah satu masalah Pabrik Tahu Alami adalah pemasaran belum optimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal bisnis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFE dan matriks EFE. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal meliputi (1) menjaga kualitas produk dengan citarasa alami tanpa bahan pengawet yang memiliki nilai gizi tinggi untuk kesehatan; (2) menjaga kerja sama yang baik dengan produsen kedelai sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan produksi pabrik; (3) meningkatkan kegiatan promosi produk dengan memposting di media sosial; (4) memberi kepercayaan kepada orang lain untuk mengelola bisnis sehingga mereka dapat membuka cabang bisnis di tempat lain; (5) memperbaharui mesin produksi sehingga produksi menjadi lebih efektif. Hasili penelitian menunjukkan bahwa Pabrik Tahu Alami memiliki peluang bagus untuk mengembangkan bisnis, mampu bersaing dan mengatasi ancaman bisnis tetapi perlu ditingkatkan untuk strategi pemasaran. 

Page 1 of 3 | Total Record : 24