cover
Contact Name
Astri Ayu Purwati
Contact Email
astriayu90@gmail.com
Phone
+6282283109433
Journal Mail Official
msej.yrpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amanah, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau - Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
ISSN : 27157911     EISSN : 2715792X     DOI : https://doi.org/10.37385/msej
Core Subject : Science,
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, Marketing, Operational, and other management areas) and entrepreneurship. First publish in Januari 2020. The Editorial Team invites scientists, scholars, professionals, and researchers to publish the results of their research after the selection of manuscripts, with the peer review and the editing process.
Articles 845 Documents
Pengaruh Faktor Psychological Capital Terhadap Environmental Responsible Ika Yuli Fatmawati; Ferryal Abadi
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan perusahaan bergantung pada kemampuan beradaptasi. Saat ini, perusahaan akan mengukur individu berdasarkan faktor psychological capital seperti hope, resilence, Self-efficacy, dan optimism. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh faktor psychological capital (hope, resilence, Self-efficacy, dan optimism) terhadap environmentally responsible behaviors (ERB) dengan dimoderasi oleh non-physical work environment (NPWE) dalam konteks organisasi perbankan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan eksplanatory, pada karyawan BRI Cabang Jakarta selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel hope, optimism, resilience, dan Self-efficacy memiliki pengaruh yang kuat terhadap environmental responsible behaviour dengan dilakukannya moderasi melalui non-physical work environment. Sementara, hanya ada satu variabel moderasi yang tidak memiliki pengaruh signifikan untuk memperkuat hubungan antar variabel independen dan dependen. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana individu dalam sebuah organisasi dapat mencapai tujuan terkait melalui psychological capital dan NPWE.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kinerja Karyawan Pada PT. BCA, Tbk Pekanbaru Anggi Meilani Charlina Samosir; Silvia Sari Sitompul
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 51 orang karyawan tetap yang bekerja di PT BCA, Tbk Pekanbaru. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS. Variabel Independen adalah gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan komitmen organisasi yang diuji pengaruhnya terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawa, sedangkan komitmen organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan. Keywords : leadership, organizational culture, organizational commitment, employee performance.
Analisis Peranan Akuntansi Lingkungan Pada Perusahaan Migas Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Dan Kesesuaiannya Dengan Standar Global Reporting Initiative (GRI) Inova Fitri Siregar; Rinayanti Rasyad; Dini Onasis
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketika jumlah penduduk dunia maju, kegiatan bisnis berkembang, dan dunia yang seolah menyusut, jutaan orang di seluruh dunia semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Banyak perusahaan berjuang untuk ekoefisiensi yang lebih besar, yang berarti meningkatkan produksi barang dan jasa, sementara pada saat yang sama mengurangi efek destruktif terhadap lingkungan produksi yang sayangnya, tidak semua perusahaan sama-sama berusaha keras untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pencemaran dan produksi limbah merupakan salah satu contoh dampak negatif dari operasional industri yang memerlukan sistem akuntansi pengendalian lingkungan sebagai tanggung jawab industri. Adanya akuntansi lingkungan yang digunakan untuk mengidentifikasi, menilai, mengukur, menyajikan biaya pengelolaan limbah dari kegiatan operasional sebagai salah satu upaya mengungkapkan kualitas lingkungan dalam mengoptimalkan industri tanggung jawab sosial. Penelitian ini menganalisis bagaimana pelaporan akuntansi lingkungan tentang bagaimana bentuk perusahaan migas di bursa efek indonesia dan apakah penerapan akuntansi lingkungan pada pelaporan perusahaan migas sudah sesuai dengan standar global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. yaitu dengan analisis fakta dengan membandingkan teori atau praktek penerapan bentuk pelaporan perusahaan migas pada akuntansi lingkungan. Analisis ini akan memberikan akuntansi yang menyeluruh tentang bagaimana penerapan perusahaan migas yang dijalankan oleh lingkungan dan dibandingkan Dengan teori yang ada, maka dapat diketahui apakah sistem akuntansi lingkungan dan laporan keberlanjutan perusahaan migas telah disajikan dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hanya satu perusahaan yang memberikan laporan biaya lingkungan yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya perbaikan kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal. Dengan kata lain terdapat dua perusahaan yang melaporkan sesuai dengan standar inisiatif pelaporan global tetapi tidak memberikan laporan biaya lingkungan secara tidak lengkap. Kata Kunci : Akuntansi, Akuntansi Lingkungan
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan Mbrio Billiard Di Kota Padang Ramadhania Ramadhania
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk  menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan suasana toko  terhadap kepuasan pelanggan Mbrio Billiard di Kota Padang. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Metode kuantitatif deskriptif digunakan sebagai metode dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji instrumen penelitian (uji validitas dan reliabilitas), regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F) serta koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan suasana toko  berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Mbrio Billiard di Kota Padang baik secara parsial maupun simultan. Selanjutnya, sumbangan pengaruh dari variabel penelitian sebesar 90,9% yang dilihat dari nilai Adjusted R Square pada uji koefisien determinasi. Kata Kunci: kualitas pelayanan, suasana toko, kepuasan pelanggan
Pengaruh Disiplin Preventif dan Disiplin Korektif Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hilir Meilisa Syelviani
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui variabel disiplin preventif dan disiplin korektif terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi yang digunakan dalam penelitian pada pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hilir berjumlah 31 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan daftar pertanyaan dan studi kepustakaan. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t secara persial, uji f/simultan dan uji determinasi. Uji parsial bahawa disiplin preventif (X1) dan disiplin korektif (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kinerja (Y) Pegawai Negeri Sipil Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hilir.    Kata Kunci: Disiplin Preventif, Disiplin Korektif, Kinerja
Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dwi Yanti; Aries Veronica; Yeni Alfiana
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh Asimetri Informasi terhadap Konservatisme Akuntansi. Dalam penelitian ini, Konservatisme Akuntansi diukur dengan menggunakan Market to Book Ratio. Asimetri Informasi diukur dengan menggunakan Relative Bid-Ask spread. Variabel kontrol Leverage diukur dengan DAR, Size (Ukuran Perusahaan) dengan total aset, dan Profitabilitas diukur dengan ROA. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil purposive sampling, 10 perusahaan memenuhi kriteria sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan parsial bahwa Asimetri Informasi berpengaruh negatif signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi, variabel kontrol Leverage dan Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Sedangkan Size (Ukuran Perusahaan) tidak berpengaruh signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Serta pengujian simultan, dapat disimpulkan bahwa Asimetri Informasi, Leverage, Size, dan Profitabilitas (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi. Dan Secara Bersamaan Variabel Kontrol Leverage, Size, dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Asimetri Informasi, Leverage, Ukuran (Ukuran Perusahaan), Profitabilitas
Analisis Tingkat Kesehatan Unit Simpan Pinjam Pada Primer Koperasi Kartika Dwipangga Karang Endah Romsa Endrekson
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian berobjek Koperasi Kertika Dwipangga Karang Endah Tahun 2019, Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif dilakukan untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi secara faktual, sistematis, dan akurat. Pada penelitian ini, penulis berusaha mendeskripsikan peristiwa yang menjadi pusat penelitian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Penelitian ini menggambarkan data kuantitatif yang diperoleh menyangkut keadaan subjek atau fenomena dari sebuah populasinya. Sumber utama data penelitian ini adalah data sekunder berupa Laporan keuangan Unit Simpan Pinjam Primer Koperasi Dwipanggaceta Karang Endah tahun 2019. Metode Pengumpulan Data Penelitian ini dilaksanakan pada Unit Simpan Pinjam Primer Kopersai Dwipanggaceta Karang Endah Kabupaten Muara Enim. Data yang terkumpul nantinya akan dianalisis menggunakan teknik-teknik yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesehatan Unit Simpan Pinjaman pada Primer Koperasi Kartika Dwipangga tahun 2019 adalah Cukup Sehat dengan skor 77,30. Dari tujuh aspek penilaian ada dua aspek penilaian (aspek Efesiensi dan ada Aspek Jatidiri Koperasi) yang berkontribusi memberikan nilai maksimal dan lima aspek penilaian lainnya belum maksimal dan masih dapat diupayakan peningkatan kinerjanya. Kata Kunci: Tingkat kesehetan. Simpan Pinjam, Koperasi Kartika Dwipangga Karang Endah
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit X Tri Purnama Sari
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan rumah sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan kualitas pelayanan kesehatan yang baik di rumah sakit. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan itu sendiri, rumah sakit harus bisa menjaga kepuasan pasien, karna kepuasan pasien baik terutama pada ruang rawat inap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 orang pasien. Hasil penelitian menunjukkan Keseluruhan dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang artinya semakin baik kualitas pelayanan mulai dari bukti fisik, data tanggap, kehandalan, jaminan dan empati yang diberikan oleh rumah sakit akanmampu meningkatkan kepuasan pasien dan sebaliknya.   Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, rumah sakit
Pengaruh Kepemimpinan, Pelatihan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Keuangan Kabupaten Lima Puluh Kota Dasep Suryanto
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, pelatihan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Badan Keuangan Daerah Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah populasi 65 orang dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh, artinya seluruh populasi menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan model skala likert kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 23.00. Hasil penelitian ini adalah a). Kepemimpinan (X1), Kerja Praktek (X2) dan Motivasi Kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Keuangan Kabupaten Lima Puluh Kota, baik secara parsial maupun simultan. Kata kunci: Kepemimpinan, Kerja Praktek, Motivasi kerja, kinerja
Kajian Kesiapan Desa Logas Kabupaten Kuantan Singingi Menjadi Desa Wisata Hilmah Zuryani; Nobel Aqualdo; Cut Endah Kurniasih; Fakhri Rabialdy
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 1 (2022): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi wisata, kendala wisata dan apakah Desa Logas Kabupaten Kuantan Singingi telah siap memenuhi syarat sebagai desa wisata (tourism village). Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sampel adalah perangkat desa dan masyarakat Desa Logas Hasil kajian ini didapatkan bahwa potensi wisata Desa Logas yang paling menonjol adalah mendulang  ome (emas) di sungai singingi, tarian mendulang ome (emas), Peninggalan sejarah penjajahan jepang, rel kereta api, goa, dan kuburan massal romusha. Sedangkan kendala belum adanya ketersediaan fasilitas penunjang yang cukup dalam pengembangan desa wisata baik itu transportasi ataupun jalan yang memudahkan wisatawan menuju ke sungai singingi untuk melihat proses mendulang emas, belum adanya pengembangan sumber daya manusia (sdm) seperti pelatihan-pelatihan terhadap masyarakat mengenai pemahaman konsep desa wisata, belum adanya pengurus desa yang khusus untuk mengelola pengembangan desa wisata, belum adanya sosialisasi kepada masyarakat desa mengenai konsep desa wisata. Berdasarkan kriteria desa wisata alam, lingkungan fisik, budaya, infrastruktur, kelembagaan, sdm, sikap dan tata kehidupan masyarakat, aksesibilitas Desa Logas Kabupaten Kuantan Singingi telah siap menjadi desa wisata.  Keywords: Desa Wisata, Desa Logas, Ekonomi Kreatif, Pariwisata

Page 1 of 85 | Total Record : 845