cover
Contact Name
Astri Ayu Purwati
Contact Email
astriayu90@gmail.com
Phone
+6282283109433
Journal Mail Official
msej.yrpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amanah, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau - Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
ISSN : 27157911     EISSN : 2715792X     DOI : https://doi.org/10.37385/msej
Core Subject : Science,
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, Marketing, Operational, and other management areas) and entrepreneurship. First publish in Januari 2020. The Editorial Team invites scientists, scholars, professionals, and researchers to publish the results of their research after the selection of manuscripts, with the peer review and the editing process.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)" : 10 Documents clear
Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Pemasaran Paving Block Pada Usaha Dagang Suherwin Pekanbaru Hamsal Hamsal
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.201

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada usaha dagang Suherwin Pekanbaru. Yang berlangsung pada bulan Januari 2019 hingga selesai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian jumlah paving block usaha dagang Suherwin Pekanbaru . obyek penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan tempat Usaha dagang Suherwin rendahnya tingkat pertumbuhan dan penjualan rata-rata pertahun. Populasi dalam penelitian ini menggunakan metode Simpel random Sampling (RPS), dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan mengajukanpertanyaan kepada responden atau konsumen dengan menggunakan statistik metode regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antar hipotesis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS hasil penelitian ini menyarankan agar perusahaan/organisasi menunjukkan keunggulan produk yang dipasarkan dari daya tahan dan desain hingga menciptakan keunggulan yang menarik minat konsumen seperti melalui pelayanan dan penawaran harga supaya meningkatkan jumlah penjualan sebesar-besarnya. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi dan Tempat.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Kuliah Di STIE Prabumulih Samron Akhiri
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.202

Abstract

Beberapa aspek yang kemungkinan besar berpengaruh pada pengambilan keputusan mahasiswa seperti biaya pendidikan, citra prodi, fasilitas pendidikan. Biaya pendidikan merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan oleh calon mahasiswa. Memperhitungkan kemampuan dirinya sendiri maupun orang tua dalam membayar dan membiayai kebutuhan selama menempuh pendidikan. Biaya pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan, tanpa dukungan biaya maka proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa Mahasiswa kuliah di STIE Prabumulih. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan manajemen dan akuntansi sebanyak 270 mahasiswa, dan diambil 73 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor biaya pendidikan, citra prodi, fasilitas pendidikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa dalam Mahasiswa kuliah Ekonomi, di STIE Prabumulih baik. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama biaya pendidikan, citra prodi dan fasilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan Mahasiswa. Kata kunci: Biaya Pendidikan, Citra Prodi, Fasilitas Pendidikan dan Keputusan Kuliah
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Prabumulih Amandin Amandin
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.203

Abstract

Pemasaran e-commerce konsumen akan berdampak pada terjadinya pembelian berulang-ulang yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran e-commerce terhadap keputusan pembelian online di Kota Prabumulih.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, karena pada penelitian ini menggambarkan suatu variabel, gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya dan menggunakan data yang bersifat angka yang diperoleh dari angket atau kuesioner, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 96 orang. Hasil untuk pengujian diperoleh nilai t untuk variabel pemasaran e-commerce menunjukan nilai thitung = 1.039 > ttabel = 1.987 maka Ho diterima. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan dengan nilai dibawah 0,05 tersebut menunjukan bahwa pemasaran e-commerce memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap Keputusan pembelian. Koefisien regresi dari pemasaran e-commerce adalah sebesar 0,506. Maksudnya adalah bahwa setiap kenaikan tingkat pemasaran e-commerce sebesar satu poin maka keputusan pembelian akan mengalami kenaikan sebesar 0,506. Arah koefisien regresi positif berarti bahwa pemasaran e-commerce memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Keputusan pembelian. Semakin baik pemasaran e-commerce yang ada akan semakin tinggi pula Keputusan pembelian, sebaliknya semakin tidak baik pemasaran e-commerce yang ada semakin rendah pula Keputusan pembelian. Kata Kunci: Pemasaran E-commerce dan Keputusan Pembelian
Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta Salsabila Fitrimalda Kalputri
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi, persepsi, sikap konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakrta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsumen dari Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta yang berjumlah 110 orang. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Teknik pengumpulan dat menggunakan kuesioner atau angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan SPSS for Windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sikap Konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata-kata kunci: motivasi, persepsi, sikap konsumen, dan keputusan pembelian.
Kualitas Produk dan Harga Mempengaruhi Konsumen Dalam Memasang Jaringan Gas Rumah Tangga Di Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih Sri Suparni
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.208

Abstract

The development of gas distribution networks for households is one of the national priority programs aimed at energy diversification, reducing subsidies, providing clean and cheap energy as well as a complementary program for the conversion of kerosene to Liquefied Petroleum Gas (LPG) to accelerate the reduction of petroleum use. Through this program, people are expected to get cleaner, safer, and cheaper fuel. With the realization of the household gas network in Prabumulih City, the community can use the household gas network. The success of the natural gas network program for households cannot be separated from the hard work of the City Government to socialize the household natural gas network. To solve the main problems faced by the company, a descriptive analysis method is used. Total customer population 2443 customers. Then the sample obtained using the formula is 340. Based on the results obtained, it can be seen that product quality and price have a positive and significant effect on the consumer's decision to install a gas network in Wonosari Village, Prabumulih Utara District, Prabumulih City, Prabumulih City, this can be seen from the value of F count which can be F counted 386,255> F table 3.04 with a significance value (sig) of 0,000, much smaller than 0.05, then the hypothesis H3 in this study is proven, accepted. Keywords: Product Quality, Price and Consumer Decisions
Pengaruh Beban Kerja, Pengalaman Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tannery Sejahtera Mandiri Pekanbaru Silvia Sari Sitompul; Feronika Simamora
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja, pengalaman kerja, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. Tannery Sejahtera Mandiri Pekanbaru dengan sampel sebanyak 47 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda, uji F, dan uji t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, pengalaman kerja tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Tannery Sejahtera Mandiri Pekanbaru. diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi suatu acuan bagi perusahaan agar lebih memperhatikan masalah beban kerja yang dialami oleh karyawan sehingga kinerja karyawan semakin meningkat diperusahaan, memilih terlebih dahulu karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja agar terciptanya kinerja yang lebih baik, dan meningkatkan agar terciptanya kinerja yang lebih baik, dan meningkatkan kompensasi untuk menciptakan tenaga kerja berkualitas dan kinerja yang baik di PT. Tannery Sejahtera Mandiri Pekanbaru. Kata Kunci : Beban Kerja, Pengalaman Kerja, Kompensasi, Terhadap Kinerja Karyawan
Penerapan Akuntansi Zakat, Infak/Sedekah Berdasarkan PSAK 109 Pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yakesma Medan Debbi Chyntia Ovami
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.214

Abstract

This study aims to determine the application of zakat, infaq / alms accounting based on PSAK 109 at the LAZNAS Yakesma Medan. This type of research is qualitative. The subject of the study was the national amil zakat institution Yakesma Medan. The object of research used is the application of PSAK 109 on zakat accounting. infak/ alms. The data analysis technique used is descriptive qualitative. The results of the study that the application of accounting required by PSAK No. 109 includes recognition, measurement, presentation, and disclosure. In terms of recognition of measurement, and presentation of LAZNAS Yakesma Medan has implemented in accordance with PSAK NO.109, while in terms of disclosure LAZNAS Yakesma Medan has not fully disclosed. Keywords: Application of Zakat Accounting, Infaq / Alms, PSAK 109
Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Furniture Pada CV. Dua Putri Di Tanjung Raman Prabumulih Resi Marina
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.225

Abstract

Perusahaan sebagai suatu unit kerja selalu berusaha untuk mengorganisir segala sumber daya yang ada agar dalam aktivitas produksinya tercapai hasil yang maksimal, yang akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan. Salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan dapat dilakukan dengan pemasaran melalui promosi. Sampel menggunakan sumber data sekunder yaitu data penjualan dari tahun 2017. Metode penelitian menggunakandeskriptif kualitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana, tujuan penelitian untuk mengetahui analisis biaya promosi terhadap volume penjualan pada CV. Dua Putri Prabumulih. Persamaan regresi sederhana dalam penelitian ini menggunakan metode kuadrat terkecil, Dari hasil perhitungan menggunakan rumus regresi linear sederhana maka di dapatkan hasil nilai konstanta a sebesar – 61,34 yang menyatakan bahwa jika tidak ada biaya promosi yang dikeluarkan oleh CV. Dua Putri Prabumulih maka volume penjualan furniture yang di hasilkan sebesar – 61,34 ini berarti bahwa jika tidak ada biaya promosi maka volume penjualan furniture sebesar – 61,34. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan ada pengaruh positif biaya promosi terhadap volume penjualan, akan tetapi perlu dilakukan evaluasi kegiatan promosi di tahun-tahun mendatang untuk mengetahui efektivitas media promosi yang dilakukan perusahaan. Kata kunci: Biaya Promosi, Peningkatan Volume Penjualan
Analisis Pendapatan Usaha Industri Rumah Tangga Roti Mini Bakery Di Kota Palembang Rika Fitri Ramayani
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan, usaha roti mini bakery termasuk industri rumah tangga yang berlokasi jalan Bambang utoyo lrg family no 987 Kecematan Ilir timur 2 Kota Palembang. Berdasarkan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling merupakan teknik untuk menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representative. Perhitungan dengan data laporan laba rugi tahun yang menentukan penelitian dari laporan laba/rugi diambil dari data yang diolah pada tahun 2019 dan tahun 2020 untuk mengetahui tingkat laba/rugi Tingkat laba bersih roti mini bakery pada tahun 2019 hasil laba bersih memperoleh sebesar Rp 12.959.000 sedangkan pada tahun 2020 hasil laba bersih memperoleh sebesar Rp 10.879.000. Hal ini bisa di lihat tingkat laba pada usaha roti mini bakery mengalami penurunan , dimana tahun 2020 Rp 12.959.000 pada tahun 2019 sebesar Rp 10.879.000 penurunan laba bersih sebesar Rp 2.080.000 di hitung laba peroleh tahun 2019 dikurangi laba bersih yang diperoleh pada tahun 2020. Kata kunci : Pendapatan , Laba, Rugi
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pendampng Desa Program Pembangunan dan Pembedayaan Masyarakat (P3MD) Kota Prabumulih Romsa Endrekson
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 2 No. 2 (2021): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v2i2.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Pendamping Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Prabumulih serta memberikan solusi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Pendamping Desa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode Focus Group Disscusioan (FGD) terhadap 17 orang Pendamping Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Kota Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dekriptif kualitatif. Pada penelitian dengan pendekatan kualitatif, fokus masalah penelitian menuntut peneliti melakukan pengkajian secara sistematik, mendalam, dan bermakna Fokusnya adalah penggambaran secara menyeluruh tentang bentuk, fungsi, dan makna kinerja pendamping desa.Populasi yang menjadi sumber dari data penelitian ini adalah 17 orang Pendamping Desa pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa(P3MD) di Kota Prabumulh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah fishbone analysis dan force field analysis. Fishbone Analysis merupakan alat sistematis yang menganalisis persoalan dan faktor-faktor yang menimbulkan persoalan tersebut. Force Field Analysisadalah metoda yang sangat ampuh untuk memperoleh gambaran lengkap yang menyeluruh berbagai kekuatan yang ada dalam isu utamasuatu kebijakan juga untuk memperkirakan sumber dan tingkat kekuatan kekuatan tersebut. Force Field Analysis bermanfaat untuk memberikan gambaran permasalahan dan keadaan-keadaan yang tidak dapat diubah serta memberikan analisa tentang cara menghapuskan hal-hal yang menghambat tercapainya tujuan. Hasil analisa data dengan teknik fishbone analysis dan force field analysis menunjukan ada lima faktor yang mempengaruhi kinerja Pendamping Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Desa di Kota Prabumulih, 1) kompensasi, 2) kepemimpinan, 3) disiplin, 4) motivasi dan 5) supervisi. Kata kunci: Pendamping Desa, Kinerja

Page 1 of 1 | Total Record : 10