cover
Contact Name
Astri Ayu Purwati
Contact Email
astriayu90@gmail.com
Phone
+6282283109433
Journal Mail Official
msej.yrpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Amanah, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau - Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
ISSN : 27157911     EISSN : 2715792X     DOI : https://doi.org/10.37385/msej
Core Subject : Science,
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, Marketing, Operational, and other management areas) and entrepreneurship. First publish in Januari 2020. The Editorial Team invites scientists, scholars, professionals, and researchers to publish the results of their research after the selection of manuscripts, with the peer review and the editing process.
Articles 91 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal" : 91 Documents clear
Peleburan Diri Pebisnis Jaringan Pemasaran (Studi Kasus: Pemilik Bisnis Independen) Mulawarman Awaloedin
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.904

Abstract

Kondisi pandemi C-19 telah mengubah cara berbisnis dari para pebisnis dalam jaringan pemasaran. Sejak tahun 2016, mereka membentuk komunitas yang menghimpun orang-orang yang berkeinginan untuk berubah menjadi wirausahawan yang terlatih guna menjalankan bisnis berjaringan melalui  ranah digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan dan menjelaskan fenomena yang terjadi tersebut. Menjadi wirausahawan atau pemilik bisnis independen merupakan impian banyak orang, terutama mereka yang menginginkan kebebasan waktu dan tempat. Guna mewujudkan keinginan itu, mereka harus mampu membebaskan diri dari keterikatan dalam menjalankan usaha. Menggunakan metode kualitatif fenomenologi, dikumpulkan subjek penelitian sebanyak 14 orang oleh peneliti. Mereka adalah orang-orang yang telah sukses menjalankan bisnis berjaringan ini dalam ranah digital. Informasi yang diperoleh dari mereka, kemudian diolah, ditafsirkan dan dibuat menjadi serangkaian tema. Berdasarkan sejumlah tema itu, didapatkan hasil bahwa mereka telah mampu mengubah pola pikir, menerapkan pola pikir mencipta dan berkelanjutan dan melebur ke dalam jaringan. Hasilnya adalah mereka mampu mencapai peringkat mulai dari produser perak hingga emerald. Mereka berasal dari beragam pendidikan dan pekerjaan. Kata kunci : wirausaha, pola pikir, pemasaran berjenjang, bisnis berjaringan
Pengaruh Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Beban Kerja Karyawan PT Sari Abadi Mas Medan Feronika Feronika; Syawaluddin Syawaluddin; Aidil Putra; Thomas Sumarsan Goh
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.906

Abstract

Beban kerja karyawan perusahaan terus mengalami peningkatan sehingga hal tersebut menjadi berada diluar kemampuannya saat ini. Adanya karyawan yang masih canggung atau malu-malu untuk berkomunikasi dengan rekan kerjanya sehingga sering membuat ruang kerja karyawan menjadi terasa sepi dan canggung. Karyawan juga tidak terlalu mudah untuk melakukan adaptasi terhadap kondisi-kondisi baru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian sebanyak 106 karyawan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin didapatkan sebanyak 84 sampel. Secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel komunikasi dan kecerdasan emosional terhadap beban kerja karyawan. Sedangkan secara parsial ditemukan variabel komunikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap beban kerja karyawan. Secara parsial ditemukan variabel kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap beban kerja karyawan. Kata Kunci: Komunikasi, Kecerdasan Emosional, Beban Kerja
Pemasaran Holistik Untuk Meningkatkan Citra Industri Perbankan Nur Laely; Angga Rizka Lidiawan; Moh. Arifin; Lusia Lapir Atamina
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1003

Abstract

Pemasaran holistik memungkinkan suatu organisasi untuk menghasilkan laba yang dicapai dengan mempertahankan keloyalan pelanggan. Salah satunya, Bank BSI saat ini, telah beroperasi di lingkungan kompetitif dan dinamis, termasuk di Kediri. Lingkungan kompetitif berfungsi untuk mempertahankan pelanggan, karena menjadi lebih sulit untuk memperoleh pelanggan baru, mengingat kurangnya likuiditas di pasar yang akan mencapai nilai pemasaran holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui aspek holistic marketing yaitu peran internal marketing, sociality responsible marketing, integrated marketing dan relationship marketing dalam meningkatkan citra BSI Kediri. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 200 responden sebagai pelanggan. Metode olah data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internal marketing sebesar 3,356, Sociality Responsible Marketing sebesar 2,536, Integrated Marketing sebesar 3,218 dan Relationship Marketing sebesar 2,904 secara parsial dan pengaruh sebesar 3,249 satuan untuk meningkatkan Citra BSI Kediri secara simultan. Kata Kunci : BSI Kediri, Citra, Pemasaran Holistik
Pengaruh Pelatihan Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Kerja Karyawan Di Era 4.0 Studi Kasus Terhadap Karyawan PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Rina Apriyani; Megasari Megasari; Widwi Handari Adji
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1013

Abstract

Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan untuk mendapatkan tujuannya, supaya perusahaan memperoleh karyawan yang kompeten maka perusahaan mesti melakukan pelaksanaan pelatihan kerja yang bertujuan supaya meningkatkan Kompetensi Karyawan dalam bekerja. Dengan adanya kemajuan tekonologi yang cepat diharapkan pelaksanaan pelatihan karyawan bisa mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) Bandung untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya suatu Pelatihan Kerja terhadap karyawan PT. Industri Telekomunikasi Indonesia. Peneliti menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif dengan teknik mengumpulkan data berupa informasi dari wawancara, observasi, studi Pustaka, kuesioner dengan sampel sebanyak 52 responden karyawan PT. Industri Telekomunikasi Indonesia dan data diolah menggunakan Software SPSS versi 26. Hasil Koefisien diketahui jika R Square memiliki nilai yaitu 39% atau 0,390 yang dapat dinyatakan bahwa pelatihan berbasis digital mempengaruhi Kemampuan Kerja Karyawan di era 4.0 sebesar 39%, dan sisanya yaitu sebesar 61% adalah pengaruh atas variabel dan tidak termasuk dalam penelitian ini di PT. Industri Telekomunikasi Indonesia.Kata Kunci : Pelatihan digital, Kemampuan kerja
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Di Fullmoon Coffee Bandung Reynaldi Ramadhan; Prihartono Prihartono
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi (x) terhadap proses keputusan pembelian (y) di Fullmoon Coffee Bandung. Populasi penelitian adalah 382 konsumen Fullmoon Coffee Bandung yang terdata dalam aplikasi UR. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, penetapan ukuran sampel dengan rumus Slovin yaitu sebanyak 79 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bauran promosi teruji berpengaruh segnifikan secara parsial terhadap proses keputusan pembelian, hasil ini didasarkan pada nilai thitung 16.917 > ttabel 1.664, memiliki nilai sig < 0.05 serta koefisien determinasi nilai adjusted r square menunjukan hasil 0.888 atau 88.8%, yang artinya proses keputusan pembelian 88.8% dipengaruhi oleh bauran promosi. Kata kunci : Bauran promosi, Proses keputusan pembelian
Pengaruh Liabilitas Dan Ekuitas Terhadap Profitbilitas Bank Syariah Nasional Di Indonesia Halimatus Sa’diyah; Marista Oktaviani; Adhar Putra Setiawan
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1068

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kewajiban dan ekuitas terhadap profitabilitas bank syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi adalah bank umum syariah nasional yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diterbitkan oleh OJK dan dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewajiban tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kewajiban (X1) memiliki nilai t hitung sebesar -0,328 yang lebih kecil dari nilai t tabel pada taraf signifikan ± 2,003 sedangkan pada kolom Sig (Significance) dari tabel diatas menunjukkan bahwa variabel kewajiban (X1) memiliki angka yang signifikan di atas 0,05. Kemudian untuk pengaruh ekuitas menunjukkan bahwa ekuitas (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 0,062 yang lebih kecil dari nilai t tabel pada taraf signifikan ± 2,006 sedangkan pada kolom Sig (Significance) dari tabel diatas menunjukkan bahwa variabel Ekuitas (X2) memiliki angka signifikan diatas 0,05. Sehingga hipotesis nol ditolak yang berarti Ekuitas (X2) tidak berpengaruh terhadap variabel dependen Profitabilitas (Y). Sedangkan untuk pengaruh secara simultan antara kewajiban dan ekuitas terhadap profitabilitas tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Hasil F hitung adalah 0,349 < F tabel 3,262 artinya pada taraf nyata a = 0,05 variabel faktor Liabilitas (X1) dan Ekuitas (X2) secara simultan berpengaruh tidak signifikan (signifikan) terhadap Profitabilitas (Y) dapat diterima atau diuji pada tingkat yang signifikan. = 0,05. Kata kunci : Bank syariah, Liabilitas, Ekuitas, Profitabilitas
Analisis Peran Motivasi Diri Dan Kebutuhan Pelatihan Produk Terhadap Kinerja Karyawan Irwan Moridu; Imam Jayanto; Susatyo Adhi Pramono; Pandu Adi Cakranegara; Abdurohim Abdurohim
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1071

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Kebutuhan Pelatihan Produk dan Motivasi Diri Terhadap Kinerja KerjaKaryawan di BCA Cabang KCU Sunter. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, dan uji t denganbantuan program SPSS versi 20. Sampel yang diambil sebanyak 110 responden. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert untuk mengukur setiappernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara terpisah antara Kebutuhan Pelatihan Produkdan Motivasi Diri Terhadap Kinerja Kerja Karyawan di BCA Cabang KCU Sunter. Kata     kunci : Pelatihan   Produk, Motivasi  Diri,  Kinerja  Kerja  Karyawan
Penerapan Teacherpreneur Pada Guru Produktif Di SMK Di Kabupaten Grobogan Selama Masa Pandemi Covid-19 Zaenul Wafa; Etika Dewi Kusumaningtyas; Faisal Arkhan
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1086

Abstract

Guru sekolah kejuruan adalah guru yang mengajar pada sekolah kejuruan yang memiliki kompetensi dan keahlian pedagogis, kepribadian, profesional dan sosial. Guru SMK dikelompokkan menjadi tiga yaitu guru normatif, guru adaptif dan guru produktif. Teacherprenuer memiliki tiga komponen utama yaitu komponen kompetensi, komponen kreatifitas serta komponen efektifitas. Sedangkan kebanyakan guru belum memahami komponen-komponen tersebut sehingga mereka tidak bisa secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran maupun aktualisasi diri yang sesuai dengan profesinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan teacherpreneur dan apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan teacherpreneur pada guru produktif SMK di Kabupaten Grobogan selama masa Pandemi Covid-19. Peneliti memutuskan penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori level 1 tidak ditemukan pada guru produktif SMK di Kabupaten Grobogan, sedangkan kategori level 2 ditemukan pada subjek G2 sedangkan untuk subjek G1, G3, G4 dan G5 termasuk dalam level 3. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi penerapan teacherpreneur pada guru produktif di Kabupaten Grobogan yaitu faktor internal yang terdiri dari motivasi diri, time management, dan misconception. Sedangkan untuk faktor eksternal terdiri dari sumber daya siswa, lingkungan kerja dan kebijakan pemerintah. Kata Kunci : Guru Profuktif, Teacherpreneur, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Pengaruh Online Customer Review Terhadap Persepsi Konsumen Pada Produk Scarlett Whitening di Marketplace Shopee Devayana Simbar Kencana Putri; Berlian Primadani Satria Putri
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1095

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online customer review terhadap persepsi konsumen. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pengujian analisis regresi, koefisien determiasi, hipotesis, validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa online customer review berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi konsumen. Hasil perhitungan tabel t (0,025; 398) diperoleh hasil 1,966. Sedangkan hasil dari perhitungan t hitung sebesar 15,953, sehingga dapat diketahui t hitung (15,953) > ttabel (1,966). Sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh antara online customer review terhadap persepsi konsumen. Dan hasil koefisien determinasi menunjukkan hasil bahwa R sebesar 0,624 dan R square (R2) sebesar 0,389. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa online customer review berpengaruh sebesar 39% terhadap persepsi konsumen dan sisanya 61% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci:  Online Customer Review, Persepsi Konsumen, Scarlett Whitening, Shopee
Standar Operasional Prosedur (SOP) Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Pelayanan Di Defaros Barbershop Kota Kediri Budi Rahayu; Wahyu Dede Gustiawan
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal
Publisher : Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37385/msej.v3i6.1100

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan harus dijaga agar mampu bertahan dalam persaingan yang ketat. Salah satu bisnis atau bisnis yang juga harus menerapkan SOP dalam pelayanan pelanggannya adalah bisnis barbershop atau yang sekarang lebih populer dengan sebutan barbershop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Responden yang dipilih adalah pemilik dan juga karyawan pangkas rambut defaros Kota Kediri. Pembuatan SOP defaros barbershop meliputi unsur efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, pemecahan masalah, perlindungan tenaga kerja, peta kerja, batasan pertahanan. Hasil dari penelitian ini berupa SOP yaitu a) Pengunjung datang dan diberikan nomor antrian. Jika pemesanan online harus tepat waktu agar tidak mengganggu antrian yang berjalan di defaros barbershop; b) Karyawan diharuskan mengikuti pola atau model yang telah ditentukan; c) Bercukur dengan hati-hati; d) Komunikasi adalah hal terpenting dalam bekerja; e) Kemalangan pekerja dan konsumen menjadi tanggung jawab barbershop defaros;f) Gunakan alat pemotong yang sesuai bekas dan tempatkan kembali ke tempat asalnya;g) Breafing setiap minggu pada hari jumat pagi Kata kunci : Barbershop, Kualitas pelayanan, Prosedur Operasi Standar

Page 1 of 10 | Total Record : 91