cover
Contact Name
Muhammad Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin28@gmail.com
Phone
+6282316507200
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Manggar 139A Gebang Poreng, Patrang, Jember Jawa Timur Indonesia kode pos 68117
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 27210677     EISSN : 27162079     DOI : -
Core Subject : Education,
CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan di Anak Usia Dini (AUD), dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Juni" : 6 Documents clear
Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Komprehensif Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Full Day School Jember Fajar Abdillah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.72-84

Abstract

Abstract: Students spend most of their time in the classroom. It is therefore not surprising that students feel joy and feel happy when the bell breaks ring. Not to mention the students also need time to play and time to rest his brain. The primary school of al-Baitul Amien jember is a school that implements a full day learning system. If it refers to the reason for the misfortune, depriving the physical and psychological time to play and tired is of course the number of students will decrease, because the guardians do not want their children to experience physical or psychological exhaustion. But the reality on the ground shows that this school more and more demand even now there are two school complex. The students feel enjoy it even though they spend time in class. Therefore, it would be interesting if further explore how the role of teachers in managing the class so that students still enjoy even all day at school. Keywords: Teacher Role, Comprehensive Classroom Management
Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di TK Jogja Green School) Luluk Mukaromah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.85-95

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan pada pendidikan anak usia dini, yang merupakan masa keemasan dimana peluang potensi dan perkembangan anak secara optimal dapat dikembangkan jika difasilitasi sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini juga untuk merealisasikan Undang-Undang RI no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 1 bahwa kesiapan anak usia dini dalam memasuki pendidikan lebih lanjut perlu adanya upaya pembinaan yang ditujukan pada anak sejak lahir sampai umur 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan dalam membantu perkembangan fisik dan psikis anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini dikembangkan secara kreatif melalui pengembangan kurikulum berbasis Alam yang telah dilakukan oleh Jogja Green School. Kurikulum berbasis Alam merupakan pembelajaran yang proses belajarnya lebih banyak menyatu dengan alam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan adanya pembentukan karakter anak dalam masa ke masa. Dari KB hingga TK. Maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum berbasis Alam dapat menstimuli setiap pembentukan karakter anak baik untuk yang KB hingga TK. Oleh karena itu, guru PAUD maupun praktisi PAUD hendaknya memahami kurikulum berbasis alam dan dapat menerapkannya. Kata kunci : Pembelajaran berbasis Alam, Membentuk Karakter Anak.
Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam Syaiful Rizal
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.96-107

Abstract

ABSTRAK Keberadaan alam dan seluruh benda-benda yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Secara keseluruhan saling membutuhkan, saling melengkapi dan memberikan manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Al-Qur’an dan Al-Hadist memandang alam dan manfaat tumbuhan sebagai sumber dan media belajar anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library riset. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya alam sebagai sumber belajar atau ilmu pengetahuan bagi manusia, yaitu : Sumber Astronomi, Geografi, Meteorologi, Oceaographi dan Ilmu Pelayaran, Geologi, Biologi, Botani, Zoologi, dan Sumber Kimia. Tumbuhan selain sebagai salah satu amal Jariyah bagi manusia, tumbuhan bisa menjadi sumber oksigen dan sebagai sumber obat tradisional bagi makhluk hidup. Kata Kunci: Al-Qur’an, Al-Haidst, Alam dan Tumbuhan.
Pendidikan Akhlak Pada Anak “Perspektif Al-Qur’an dan Hadist” Titin Mariatul Qiptiyah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.108-120

Abstract

ABSTRAK Sepanjang sejarah umat manusia masalah akhlak selalu menjadi pokok persoalan, karena pada dasarnya pembicaraan tentang akhlak selalu berhubungan dengan persoalan prilaku manusia dan menjadi permasalahan utama manusia terutama dalam rangka pembentukan peradaban. Prilaku manusia secara langsung maupun tidak langsung masih menjadi tolok ukur untuk mengetahui perbuatan atau sikap manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Akhlak sebagai Pangkal Kecerdasan pada Anak dan Bagaimana Ayat dan Hadist mengenai Pendidikan Akhlak pada Anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library riset. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Manusia yang merupakan makhluk paling sempurna dari sekian banyaknya makhluk-makluk ciptaan Allah SWT serta manusia merupakan sebaik-baiknya mahluk yang diciptakan berakal, berakhlak dan kecerdasaan. Yang masuk dalam kategori kecerdasan disini adalah kecerdasan spritual, kecerdasaran intelektual dan kecerdasan emosional yang memang sudah ada pada diri manusia. Akan tetapi ketiga potensi kecerdasan tersebut tidak akan berkembang apabila orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat tidak mestimulus akhlak anak. Sebab pemicu dasar dari perkembangan ketiga kecerdasasan tersebut adalah akhlak yang terbentuk baik secara langsung dan tidak langsung yang diplopori oleh orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Ayat dan hadist mengenai pendidikan akhlak pada anak. Dalam surah Al-qur’an juga dijelaskan tentang pendidikan akhlak, QS Ali Imran ayat 112, dan 159-160. Hadist mengenai pendidikan akhlak yang diriwayatkan oleh al-Bukhârî tentang ibu atau keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Ayat dan Hadist.
Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak TK Dharma Wanita I Jatimulyo Jenggawah Jember Nurul Anam; Desi Martasari
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.121-136

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat mewujudkan generasi- generasi mudah yang berkualitas, tentunya tidak lepas dari kata pendidikan, lebih lagi pendidikan dari usia dini yang merupakan pondasi utama yang harus segera di bangun. Taman kanak- kanak jalan terbaik untuk mewujudkan itu semua, taman kanak- kanak merupakan area bermain anak yang paling tepat, karna selain bermain di taman kanak- kanak dapat diperoleh berbagai imu pengetahuan. Jika berbicara tentang anak- anak tidak akan asing dengan kata bermain, bermain merupakan dunia anak yang paling menjadi peran utama. Dengan bermain anak- anak akan merasa senang, akan merasa nyaman, akan mempunyai banyak teman dan banyak pengetahuan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Metode Bermain dalam Meningkatkan minat baca anak Tk Dharma Wanita I Jatimulyo? Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan: Kualitatif, yang Jenis penelitiannya menggunakan Field Research, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, dengan analisis data menggunakan reduksi, display data, verifikasi data dan denga keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skrispsi ini adalah Penerapan metode bermain dalam meningkatkan minat baca Tk Dharma Wanita I Jatimulyo tahun 2018/2019 terdiri dari 1). Perencanaan dalam metode bermain seperti menyiapkan media bermain, memberikan petunjuk permainan, menginformasikan tehnik permainan, memberikan contoh permainan dan menilai hasil permainan. 2) Pelaksanaan, dalam pelaksanaan terdapat beberapa kegiatan seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dan yang ke 3) Evaluasi, evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi diagnotstik, sehingga hasil yang di peroleh menjadi lebih maksimal dan berprestasi. Kata Kunci: Metode Bermain, Minat Baca.
Integrasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH. Shiddiq Jember Siti Hamidahtur Rofi’ah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.137-148

Abstract

Abstract: The dichotomy of science between religion and science makes a person only intellectually intelligent, he does not know God, and the role of science is solely for practical purposes. Therefore it is necessary to instill the principles of monotheism in the teaching of general sciences including science, so that religion and science can go hand in hand. The focus of research to be studied is How to integrate Islamic values ​​in science learning in Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif 01 KH. Shiddiq Jember. The purpose of this study is to describe the integration of Islamic values ​​in the study of science in Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif 01 KH. Shiddiq Jember. This research uses a qualitative approach to the type of case study. Data collection techniques using passive participation observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis techniques using interactive analysis Miles, Huberman, and Saldana. The results of the study that the method of integrating Islamic values ​​in science learning in MIMA 01 KH. Shiddiq Jember by making the Koran and Hadith as a source of knowledge, tracing the verses of the Koran related to Science material. When learning takes place the method used is scientific literacy and discussion to form students who are Ulul Albab. Keyword: Integration, Islamic Values And Science Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 6