cover
Contact Name
Muhammad Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin28@gmail.com
Phone
+6282316507200
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Manggar 139A Gebang Poreng, Patrang, Jember Jawa Timur Indonesia kode pos 68117
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 27210677     EISSN : 27162079     DOI : -
Core Subject : Education,
CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan di Anak Usia Dini (AUD), dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Januari" : 8 Documents clear
Formulasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Multiple Intelligences di Lembaga Pendidikan Nurul Anam
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.12-34

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mendiskripsikan formulasi belajar dan pembelajaran berbasis multiple intelligences di lembaga pendidikan. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) teori belajar berbasis kecerdasan multiple intelligence adalah suatu proses untuk mengembangkan semua potensi kecerdasan majemuk peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kecerdasan multiple intelligence, penelitian Gardner menyebutkan ada delapan jenis kecerdasan yang kemudian berkembang menjadi 10 jenis kecerdasan yang dimiliki setiap individu yang, yaitu: linguistik, matematis logis, spasial, kinestetis, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, spiritual, dan eksistensial, 2) tujuan belajar berbasis kecerdasan multiple intelligence adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki nalar (maju, cakap, cerdas, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab), dan berbadan sehat sehingga menjadi manusia mandiri, 3) pembelajaran berorientasi kecerdasan multiple intelligence di lembaga pendidikan, terdapat banyak strategi yang dapat digunakan guru dalam mengajar dalam pembelajaran berorientasi multiple intellegences ini misalnya mind mapping, brainstorming, diskusi, tanya jawab, presentasi, studi kasus, role play, karya wisata, pengamatan, sosiodrama, eksperiment, dll., dan 4) arah evaluasi dalam konteks pembelajaran berorientasi kecerdasan multiple intelligence di lembaga pendidikan diorientasikan pada tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiganya bisa menjadi satu kesatuan dalam melakukan evaluasi kepribadian dari peserta didik.
Pendidikan Prenatal Pada Ibu Hamil Di Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2020 (Studi Living Qur’an: Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf) Anita Fitriya; Siti Maulidatul Hasanah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.35-51

Abstract

ABSTRAK Al-Qur'an telah menjadi denyut nadi kehidupan social, sebagaimana yang terjadi di desa Karangsono, interaksi Al-Qur'an dengan ibu hamil melalui pembacaan surah-surah pilihan dalam Al-Qur'an, yaitu surah Maryam dan surah Yusuf dalam Pendidikan Prenatal. Kepercayaan masyarakat di desa Karangsono masih kental pemahamannya dengan tradisi pembacaan Surat Maryam dan Surat Yusuf untuk bakal calon anaknya. Berangkat dari itu, fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana konsep Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan Prenatal di desa Karangsono? 2) Apa saja Kendala yang dihadapi dalam Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal di desa Karangsono?, 3) Apa dampak Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal didesa Karangsono?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Konsep Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan Prenatal didesa Karangsono, 2) Kendala yang dihadapi dalam Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal dan 3) Dampak internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal didesa Karangsono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penetuan subyek penelitian secara purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisa deskriptif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Konsep Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan Prenatal yaitu dimulai dari melakukan stimulasi diusia dini, dengan 3 Aspek: a) Memberi pendidikan secara moral yaitu dengan lebih menjaga perkataan, mengontrol emosi, melihat video-video edukasi di Internet. b) Pendidikan secara rohani dengan sering membacakan Al-Qur’an yang dikhususkan pada surat Maryam dan surat Yusuf sebagai bentuk tafa’ulan dari kedua surat tersebut, yang biasanya dibaca setelah sholat magrib, mengikuti Majelis Ta’lim, Dan c) Secara fisik dengan menjaga kesehatan fisik melalui minum susu. 2) Kendala yang dihadapi dalam Internalisasi Pendidikan Prenatal yang lebih dominan adalah 2 Aspek: a) Kondisi fisik mudah lelah, dan rasa malas dari ibu hamil sendiri, b) Kondisi psikis. seperti sedang ada masalah atau pikiran, serta perilaku dari ibu hamil yang kurang mendisplinkan diri dalam kegiatan pendidikan prenatal. 3) Dampak internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan prenatal adalah lebih dominan harapan memiliki anak perempuan dan laki-laki yang sholeh dan sholehah terkabulkan, Memberikan rasa tenang dihati dan juga pikiran, Selain itu juga untuk kesehatan kandungan. kemudahan saat proses persalinan. Kata Kunci: Pendidikan Prenatal Pada Ibu Hamil.
Strategi Peningkatan Motorik Kasar Anak Unsur Kekuatan Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Besar Di RA Darussalam Finadatul Wahidah; Durrotul Muniroh
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.1-11

Abstract

Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Anak memiliki karakterstik yang khas yang tidak sama dengan orang dewasa, anak selalu aktif, antusias dan ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar dan dirasakan, mereka seolah-olah tak pernah berhenti bereksprorasi dan belajar. Anak usia dini merupakan individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat bagi kehidupan selanjutnya. Motorik kasar adalah gerakan yang membutuhkan koordinasi sebagian besar tubuh sedangkan bermain dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar, salah satunya yang dapat dilakukan dengan bermain lempar tangkap bola besar. Adapun fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motorik kasar anak unsur kekuatan melalui permainan lempar tangkap bola besar?; dan 2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan motorik kasar anak unsur kekuatan melalui permainan lempar tangkap bola besar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitiannya menggunakan purposive.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah secara kondensasi data, menyajikan data dan verifikasi/penarikan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan yang dilakukan yakni menentukan pokok bahasan, menyusun Rencana Kegiatan Harian (RPH), menyediakan alat bantu, menjelaskan teknik permainan, menyiapkan lembar evaluasi. 2) Pelaksanaan adalah: a) Gurumemberikan apresiasi dan memotivasi peserta didik serta menjelaskan langkah-langkah permainan; b) Melakakukan pemanasan; c) Anak bisa mengambil, melempar, menangkap dan membawa bola; d) Guru menjelaskan tentang cara bermain lempar tangkap bola besar. Kata Kunci: Strategi, Motorik Kasar, Permainan
Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Evi Maulidah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.52-68

Abstract

Memberikan pembinaan dan pendidikan pada anak usia dini adalah tepat karena dapat meningkatkan kecerdasannya hingga 80%. Pembinaan yang diberikan tidak hanya berupa hard skill, melainkan juga soft skill. Keterampilan 4C, yaitu Critical thinking, Communication, Collaboration/team building, Creativity and Innovation adalah keterampilan mental (soft skill) yang urgen untuk dikembangkan pada pembelajaran di abad 21 ini. Pada tulisan ini akan digali tentang konsep keterampilan 4C, urgensinya bagi kehidupan di masa mendatang dan pengembangannya dalam pembelajaran anak usia dini. Kata Kunci : Anak usia Dini, Keterampilan 4C
Peningkatan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Menggambar Bentuk Di PAUD Nurul Kharomah Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Umi Nurhayati; Siti Burhani
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.69-81

Abstract

Kegiatan menggambar bentuk hadir dengan pendekatan tematik dan beranjak dari tema yang menarik minat anak. Menggambar bentk merupakan salah satu bentuk kegiatan berekspresi yang cukup populer bagi anak-anak usia TK. Fokus penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar bentuk di PAUD Nurul Kharomah kelompok B Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019?. Untuk mendiskripsikan pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian tentang peningkatan motorik halus anak melalui menggambar bentuk di PAUD Nurul Kharomah kelompok B Baratan Kecamatan Patrang, yaitu peningkatan motorik halus anak melalui menggambar bentuk di PAUD Nurul Kharomah kelompok B dengan guru membagikan kertas yang akan digunakan anak, selanjutnya anak-anak mengambil spidol dan krayon. Anak-anak mulai mengerjakan tugas menggambar bentuk. Keyword: Peningkatan, Motorik Halus Anak, Menggambar Bentuk
Manajemen Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Di Pos PAUD Anyelir 31 Jember Syaiful Rizal; Muawanah Muawanah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.82-92

Abstract

ABSTRACT The learning objective is to optimize the overall development of the child and involve interactive communication. One way to implement the above is by providing the most effective and effective learning methods for singing students. Singing has many benefits, one of which is the development of intelligence possessed by children. Of the 9 intelligences, 3 intelligences can be achieved through intelligence methods that have kinesthetic intelligence, musical intelligence, and linguistic verbal intelligence of children. The purpose of this research is to see how the school management is implementing the singing method. Type of research Field research (field research) which is then described qualitatively. The results of the study can be concluded that the singing management of Pos PAUD Anyelir 31 covers: a) planning management as stated in the learning tools and the planning stage of the singing method (determining goals, determining material, selecting models). b) implementation management, including learning media or teaching materials to be delivered, dividing children into small groups, guiding children in the implementation of singing and overcoming problems or obstacles that often occur during singing. c) management evaluation of management and recorded management. Keywords: Singing Method, Intelligence, Students ABSTRAK Tujuan pembelajaran adalah untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh serta terjadinya komunikasi interaktif. Salah satu cara mengimplementasikan hal diatas yakni dengan memberikan metode pembelajaran yang paling efektif dan efesien bagi siswa yakni dengan bernyanyi. Bernyanyi memiliki banyak mamfaat salah satunya terbangunnya kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Dari 9 kecerdasaan, 3 kecerdasaan bisa dicapai melalui metode bernyanyi yakni kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, dan kecerdasan verbal linguistik anak. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana managemen yang dilakukan sekolah dalam hal implementasi metode bernyanyi. Jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan) yang kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa managemen bernyanyi Pos PAUD Anyelir 31 melingkupi : a) managemen perencanaan yang tertuang pada perangkat pembelajaran dan tahap perencanaan metode bernyanyi (menetapkan tujuan, menetapkan materi, memilih model). b) managemen pelaksanaan diantaranya menyiapkan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan, membagi anak dalam suatu kelompok kecil, memandu anak dalam pelaksanaan bernyanyi serta mengatasi problem atau hambatan yang sering terjadi waktu pelaksanaan bernyanyi. c) managemen evaluasi yakni penilaian proses dan penilaian sikap yang didokumentasikan. Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Kecerdasan, Siswa
Integrasi Nilai Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Sains (Studi Kasus Di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember) Siti Hamidahtur Rofiah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.111-126

Abstract

Abstract: The approach of integrating Islam with science and technology places various disciplines (Islamic-Studies, Natural Studies, Social Studies and Humanities) which are interrelated so that they become a complete building of knowledge. RI National Education System Law No. 20 of 2003 article 1 also implies the integration of Islamic character values ​​in learning. Among the values ​​of Islamic character according to Marzuki is the value of responsibility. Responsibility is an important moral value in social life. Responsibility is human awareness of human behavior or actions. Responsibility is human nature, meaning that it has become a part of human life. The integration of Islamic character values ​​in general subjects including science in schools is needed to fortify students to achieve happiness in the world and the hereafter. The focus of this research is how to integrate the value of responsibility in science learning at MIMA 01 KH. Shiddiq Jember ?. This study aims to describe and analyze the integration of the value of responsibility in science learning at MIMA 01 KH. Shiddiq Jember. This research uses a qualitative approach to the type of case study. The technique of determining the research subject was purposive. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The data analysis technique used interactive analysis by Miles, Huberman, and Saldana. Test the validity of the data using triangulation techniques and techniques. The results showed that the integration of the value of responsibility in science learning at MIMA 01 KH. Shiddiq Jember by teaching students to carry out individual / group assignments properly, carry out assignments without prompting and make reports of each activity in oral or written form, the value of this responsibility is integrated in the Basic Science Competency (IPA) class V both Knowledge KD and Skills starting from KD 3.6, KD 4.6, KD 3.7, KD 4.7, KD 3.8, KD 4.8, KD 3.9 and KD 4.9. Keyword: Integration, Value Of Responsibility And Science Learning Abstrak: Pendekatan integrasi Islam dengan sains dan teknologi menempatkan berbagai macam disiplin ilmu (Islamic-Studies, Natural Studies, Social Studies dan Humaniora) yang saling terkait sehingga menjadi satu bangunan pengetahuan yang utuh. UU Sistem Pendidikan Nasional RI No. 20 tahun 2003 pasal 1 mengisyaratkan tentang integrasi nilai-nilai karakter Islam dalam pembelajaran. Di antara nilai-nilai karakter islam menurut marzuki adalah nilai tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan nilai moral penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tanggung jawab ialah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan manusia. Tanggung jawab sudah menjadi kodrat manusia, artinya sudah menjadi bagian hidup manusia. Integrasi nilai-nilai karakter Islam dalam mata pelajaran umum termasuk sains di sekolah sangatlah dibutuhkan untuk membentengi siswa agar mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana integrasi nilai tanggung jawab dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis integrasi nilai tanggung jawab dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai tangung jawab dalam pembelajaran sains di MIMA 01 KH. Shiddiq Jember dengan mengajarkan siswa untuk melaksanakan tugas individu/kelompok dengan baik, melaksanakan tugas tanpa disuruh dan membuat laporan setiap kegiatan dalam bentuk lisan maupun tertulis, nilai tanggung jawab tersebut diintegrasikan dalam Kompetensi Dasar sains (IPA) kelas V baik KD Pengetahuan maupun Keterampilan mulai dari KD 3.6, KD 4.6, KD 3.7, KD 4.7, KD 3.8, KD 4.8, KD 3.9 dan KD 4.9. Kata Kunci: Integrasi, Nilai Tanggung Jawab dan Pembelajaran Sains
Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi Al-Qur’an Dan Hadits Badrun Fawaidi Hasyim
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2021.2.1.93-110

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini melakukan penganalisaan dengan tujuan mendeskripsikan terhadap aspek pendidikan anak usia dini (AUD) dan mendapatkan konsep pendidikan anak usia dini dalam pandangan psikologi dan al-Qur’an Hadits. Sedangankan jenis penelitian library research, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan analisis deskriptif dan content analysis. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama: konsep pendidikan anak dalam perspekstif psikologi memiliki empat dimensi utama yaitu, fisik, psikis, spiritual, dan sosio kultural. Pradigma pola pendidikan anak usia dini (AUD) harus sesuai dengan kondisi psikolog anak artinya melalui pendekatan gaya Autoritatif. Kedua: mendidik dengan pandangan al-Qur’an dan hadits, dapat menjadikan anak dapat bertumbuh kembang secara optimal baik secara fisik maupun mental, dalam artian anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang matang baik secara intelektual, emosional, maupun spiritual berlandaskan islam dan iman. Psikologi dalam pandangan al-Qur’an dan Hadits yaitu menjembatani kegiatan belajar dalam mentrasfer ilmu pengetahuan supaya agar lebih memperhatikan psikologi dari masing-masing individu anak usia dini (AUD), karena hal ini sangat menetukan keberhasilan orang tua atau pendidik dalam mentransfer ilmu yang diberikan kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Pendidika AUD, Psikologi, Al-Qur’an dan Hadits.

Page 1 of 1 | Total Record : 8