cover
Contact Name
Muhammad Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin28@gmail.com
Phone
+6282316507200
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Manggar 139A Gebang Poreng, Patrang, Jember Jawa Timur Indonesia kode pos 68117
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 27210677     EISSN : 27162079     DOI : -
Core Subject : Education,
CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan di Anak Usia Dini (AUD), dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Januari" : 7 Documents clear
Penggunaan Permainan Plastisin Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah Hamzia Marie; Febi Nursafitri
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.32-46

Abstract

Abstrak: Bermain merupakan salah satu kebutuhan yang dapat menstimulasi perkembangan anak, salah satunya yakni perkembangan motorik halus anak, kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak yakni melalui permainan plastisin. Tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana penggunaan permainan plastisin dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, dan keabsahan data diperkuat dengan melakukan teknik pemeriksaan. Penelitian di laksanakan di Tk Rahmat Sigi Sidera. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengikuti waktu kegiatan pembelajaran berlangsung, dengan melakukan pengamatan terhadap anak didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: penggunaan permainan plastisin dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah, senantiasa berorientasi pada kebutuhan anak, terdapat 3 tahap sebelum pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kata kunci: permainan plastisin, motorik halus, anak usia dini Abstract: Play is one of the needs that can stimulate children's development, one of which is the development of children's fine motor skills, activities that can improve children's fine motor development, namely through plasticine games. The purpose of this study was to find out how the use of plasticine games in improving fine motor skills in early childhood at Rahmat Sigi Sidera Kindergarten, Central Sulawesi. The research method used is a qualitative approach, data collection techniques through observation, interviews, and documentation, data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The research was carried out at Rahmat Sigi Sidera Kindergarten. The implementation of activities is carried out by following the time the learning activities take place, by observing the students. The results of this study indicate that: the use of plasticine games in improving fine motor skills in early childhood at Rahmat Sigi Sidera Kindergarten, Central Sulawesi, is always oriented to the needs of children, there are 3 stages before learning, namely: planning, implementation, and evaluation. Keywords: plasticine game, fine motor, early childhood
Studi Literatur Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase Siti Syaropah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.47-52

Abstract

ABSTRAK Kolase merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Adapun aspek mototrik halus anak usia 5-6 tahun, diantaranya menggambar, menitu bentuk, melakukan eksplorasi, menggunakan alat tulis, menggunting, menempel dan mengekpresikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan kolase. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data dari karya tulis ilmiah yang telah dilakukan sebelumnya. Metode pengumpulan data pustaka yaitu dengan membaca dan mencatat lalu menyimpulkan hasil penelitiannya. Hasil penelitian yang didapat bahwa kegiatan kolase dapat melatih perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun karena kegiatan kolase memerlukan koordinasi tangan dan mata. Dan dengan kolase proses pembelajaran anak menjadi lebih menyenangkan. Kata kunci : kolase, motorik halus.
Pemanfaatan Papan Pintar Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di RA-Al Jihad Lubuk AUR Kec. Bayang Kab. Pesisir Selatan Prov. Sumatera Barat Anysha Pratiwi Yuliska Candra
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.16-20

Abstract

Pada masa pandemic ini anak-anak jadi terkendala pada proses pembelajaran dengan anak tidak mengikuti pembelajaran pastiny auntuk perkembangan anak nnatinta akan terhambat atau tidak sesuai dengan usia anak. Maka dengan itu kita sebagai guru ataupun orang tua juga harus bisa memberikan pembelajaran untuk anak supaya perkembangan anak nantinya akan sesuai dengan usia anak. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Dengan itu peneluis menggunkan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi terhadap 8 orang anak kelas B di RA-AL JIHAD Lubuk Aur Kec. Bayang Kaab. Pesisir Selatan Prov. Sumatera Barat. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media papan pintar dapat membantu meningkatkan perkemabngan kognitif anak usi adini seperti dengan mengenalkan warna dan bangun datar.
Impelementasi Program Parenting di Lembaga KB Al Baitul Amien Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Fajar Abdillah; Husnul Khotimah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.1-15

Abstract

Abstract: Family is one of the elements of the golden triangle of the education center or tri education center. Parents as representatives of the family have a very decisive role. The parenting program is the right solution in optimizing all educational processes in schools. The purpose of this study is to describe how the planning, implementation and evaluation of the Parenting Program at KB Al Baitul Amien. This research uses descriptive qualitative method. The technique of determining the informants in this study used purposive sampling. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data analysis using Miles and Huberman. The results of this study indicate that the implementation of the parenting program at KB Al Baitul Amien is divided into 3 stages, namely, planning, implementation and evaluation stages. The planning stage includes the formation of a committee, determining learning needs, determining programs, determining facilities and infrastructure and arranging a schedule for implementing activities. The implementation stage of the parenting program includes the preparation stage for parenting program facilities and infrastructure, and the activity stage consisting of remarks, delivery of material by resource persons, followed by questions and answers then closed with conclusions and prayers. The evaluation stage uses the group discussion method. The components that are assessed are the process and the results.
Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Anak Kelas B di TK Syifaul Qulub Sumberjambe Jember Umah Amrela
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.62-85

Abstract

The aim of this research is to explain the effect of the 2013 program on B grade children's development at Syifaul Qulub Kindergarten. The first step is for the instructor to attend outreach training and seminars; the second step of the research reveals that the 2013 child development program is implemented in a planning, implementing, and reviewing process. Using a scientific method to develop all future innovations. The third stage is to create enjoyable activities to promote religious moral growth, as well as motor, social mental, cognitive, language, and artistic development.
Strategi Peningkatan Kompetensi Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa TK Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Badrun Fawaidi
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.21-31

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang cara membaca dan menulis al-Qur`an merupakan kitab suci umat Islam yang perlu dipelajari dan ditransferkan untuk umat Islam. Baca tulis Al-Qur`an ini merupakan hal yang wajib dipelajari oleh semua umat Islam terutama generasi muda dan anak-anak. Lembaga taman pendidikan anak-anak merupakan lembaga yang memberikan pembelajaran baca tulis Al-Qur`an di TK Al Falah, Kecamatan kaliwates Kabupaten Jember, dengan mengedepankan kegiatan belajar membaca al-Qur`an yang menjadikan anak-anak di TK Al Falah bisa pandai dan fasih membaca Al-Qur`an ketika masih duduk di bangku lembaga Taman Kanak-kanak, menjadikan anak mampu menghafal surat-surat pendek yang banyak agar bisa mengaplikasikan bacaan sholat. Kata Kunci : Strategi, Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an
Evaluasi Metode Yanbu’a Pada Pendidikan Anak Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidzul Qur’an Yasinat Keselir Wuluhan Kabubaten Jember Ahmad Rosidi
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2022): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2022.3.1.1-15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan evaluasi metode yanbu’a di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidzul Qur’an Yasinat Keselir Wuluhan Kabubaten Jember. Untuk mendiskripsikan tujuan tersebut, maka dalam penelitian ini menggunakan pendekan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi implementasi metode yanbu’a pembelajaran membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidhul Qur’an Yasinat telah berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang telah diatus. Ada tiga jenis dalam mengevaluasi pembelajaran yanbu’a yang dilakukan oleh guru yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi akhir

Page 1 of 1 | Total Record : 7