cover
Contact Name
Faris Faruqi
Contact Email
faris.faruqi@stei.ac.id
Phone
(021) 475 0321
Journal Mail Official
faris.faruqi@stei.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntansi dan Manajemen
ISSN : 16938364     EISSN : 25278320     DOI : https://doi.org/10.36406
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Akuntansi dan Manjemen (JAM) has been published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. JAM published two times a year in April and October. Jurnal Akuntansi dan Manjemen focuses on issues pertaining empirical investigation on Indonesian accounting and management. JAM aimed to tie researchers to share high quality publication at national level through double-blind review process. The article published in JAM are expected to cover wide range topics in accounting and management and employs standard accounting and management analysis tools focusing on Indonesian economy. The topics might include accounting and management, and any others related to economic fields. It is expected that students and researchers are facilitated by JAM to play important role in understanding Indonesian economy especially in the filed of accounting and management,. It should be noted that currently JAM published in Bahasa Indonesia with title and abstract in English provided.Jl. Kayu Jati Raya No. 11A, Rawamangun 13320
Articles 79 Documents
Penerapan Knowledge Management untuk Pencapaian Visi dan Misi pada PT Pertamina Antaiwan Bowo Pranogyo
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.885 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.183

Abstract

Tulisan ini merupakan studi knowledge management (KM) pada PT Pertamina. PT Pertamina berpendapat pengetahuan adalah aset yang berharga bagi perusahaan, semakin banyak pengetahuan yang dimiliki stakeholder akan semakin maju perusahaan tersebut. Knowledge management membantu perusahaan dalam sharing pengetahuan antara karyawan. Manusia (people) merupakan aktor penting dalam implementasi Knowledge Management.Keberhasilan penerapan Knowledge Management membutuhkan komitmen karyawan (employee commitment). Metode penelitian yang dipergunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang berorientasi kepada pemecahan masalah praktis dan menjawab permasalahan yang disajikan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Knowledge Management System PT Pertamina yang dengan portal KOMET berhasil penerapan knowledge sharing dengan mendorong program budaya Continous Improvement Program (CIP).
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Opini Auditor terhadap Audit Delay Apry Linda Diana
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.683 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan opini auditor terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kausal komparatif (sebab-akibat), yamg diukur menggunakan metode berbasis regresi linier berganda dengan SPSS 23. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan pertambangan sehingga total observasi dalam penelitian ini sebanyak 45 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi melalui situs resmi IDX : www.idx.co.id pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015, (2) ukuran perusahaan, umur perusahaan dan opini auditor berpengaruh secara simultan terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015.
Model Corporate Social Responsibility Pt. Astra International, Tbk Bagus Styoko Purwo; Bayu Pratama
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.347 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.185

Abstract

The corporation's current business is no longer prioritize profit as a principal objective. In addition to meeting the business targets, the corporation also must meet eligibility standards as an ethical corporation. Corporate ethics demonstrated by the willingness of corporate conduct sound business. With the presence of the concept of social responsibility for corporations to raising awareness of responsible okum. Implementation of social responsibility that has been initiated by many public companies have a variety of formats. With the enactment of the legal basis for the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) No. legislation. 40/2007 on limited liability companies, which implies the core is the obligation for companies that utilize natural resources to implement CSR using the adjusted cost allocation policy of each company. PT. Astra International, Tbk as one of the largest public company that developed in Indonesia, has been implementing CSR as part of its core activities. Through CSR programs that have been organized Astra certainly have a pattern that needs to be studied scientifically to better administration of the reporting form CSR programs. The question is how the pattern of implementation of Corporate Social Responsibility applied PT. Astra International, Tbk., How activity reports that are used for its Corporate Social Responsibility and how achievement of implementation of Corporate Social Responsibility. The purpose is to study the implementation of Corporate Social Responsibility organized by PT. Astra International, Tbk, to analyze activity reports used to Corporate Social Responsibility program, and to an adequate standard of implementation of Corporate Social Responsibility. The research method used is descriptive qualitative method of data collection techniques through descriptive and focused observation. Data analysis techniques with a qualitative descriptive analysis on the implementation of CSR Astra, reporting CSR activities and CSR benefits. The results of this research form the characteristic pattern of CSR Astra in its execution through foundations established Group Astra, a report prepared Astra sustained economic indicators that show a 10% gain, environmental indicators by 32%, labor practice indicators reached 12.8%, Human rights indicators gained 5.1%, the social indicators by 1.2%, and product responsibility indicators by 5.1%. Revelations of global CSR reports Astra 65%. This shows the suitability of the company's standards of an ongoing report terbatasakuntabilitas, transparency, harmonious relationships with stakeholders, and the achievement of sustainable CSR community perceived the Astra. With the research is expected to be an additional reference on CSR.
Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Kepemimpinan terhadap Organisasi Dedi Kusdinar
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.756 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.186

Abstract

In principle, the progress and development of an organization / company determined among others by the performance or performance of individual work members of the organization / employees. Thus it can be said that the performance / performance of each individual work member organization / employees is very important in an organization / company. An organization / company can run or operate properly among them if followed by performance or good work performance of any human resources that exist within the scope of the organization or company. The relationship between communication and organization lies in a study focused on the people involved in achieving the organization's goals. Communication has four functions that can be used in improving job performance, namely the function of informative, regulative, persuasive, and integrative. Similarly, the role of motivation from the leadership, the higher the motivation given the leadership of the organization / company to subordinates, the higher the productivity of employees. Leaders of the company must be good at managing subordinates, so as to create a conducive working climate. This will encourage employee work productivity. Leadership is the ability and skills of a person who occupies the position as head of the work unit to influence others, especially subordinates, to think and act in such a way that through positive behavior he contributes significantly in achieving organizational goals.
Return Bagi Hasil Deposito Akad Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2010-2013 Elloni Shenurti
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.25 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.187

Abstract

This study the prime factors in the determination of return of mudharabah deposit on Islamic Banks in Indonesia. The independent variable used in this study is the Financing Deposit Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), rate of nisbah, rate of BI, and inflation. While return of mudharabah deposit is the dependent variable. These results indicate that the variable rate of nisbah affect positively and significantly to the return of mudharabah deposit. While the variable Financing Deposit Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), rate of BI and inflation did not significantly affect the return of mudharabah deposit.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jatinegara Juniarti Juniarti; Nadia Septiani
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.113 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang di persepsikan, kondisi keuangan, tax amnesty dan iklim organisasi terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jatinegara. Responden dalam penelitian ini sebanyak 99 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dengan menggunakan uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian dari uji t menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, kondisi keuangan, tax amnesty dan iklim organisasi, berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jatinegara. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, kondisi keuangan, tax amnesty dan iklim organisasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jatinegara.
Pengetahuan dan Kesadaran Wajib Pajak orang pribadi terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak orang pribadi dalam melaksanakan Kewajiban Perpajakan Merliyana merliyana; Asep Saefurahman
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.152 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.189

Abstract

Some factors that can affect taxpayer compliance in fulfilling its tax obligations, including the knowledge and awareness of taxpayers against the provisions of taxation. Knowledge of the tax rules can be caused by the taxpayer's not understanding of the applicable tax law while taxpayer awareness is a factor that comes from within the taxpayer to fulfill his tax obligations sincerely and without coercion. Taxpayer awareness on the taxation function as state financing is necessary to improve taxpayer compliance. Low level of knowledge and awareness of taxpayers will affect taxpayer compliance in fulfilling its tax obligations, because taxpayers tend not to carry out their tax obligations or violate existing tax regulations. The purpose of research in writing this thesis, among others, to determine the effect of tax knowledge on taxpayer compliance level, to determine the effect of tax awareness on taxpayer compliance level and finally to know the influence of tax knowledge and tax awareness on taxpayer compliance level in East Jakarta Rawamangun area. This research uses survey type using quantitative approach which is calculated by using multiple linear regression method using SPSS 21.00 application. The population used in this study is an individual taxpayer who has income above PTKP by using the sample amount of 100 taxpayers. The data used in this study are primary and secondary data, with data collection methods using direct field observation techniques and literature study. The results of this study indicate the tax knowledge does not affect taxpayer compliance., Tax awareness does not affect taxpayer compliance and also shows the tax knowledge and tax awareness do not have an effect on taxpayer compliance.
Pengaruh Kompetensi, Tekanan Ketaatan dan Kompleksitas Tugas terhadap Audit Judgment Muhammad Yusuf
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.894 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh kompetensi, tekanan ketaatan, dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment (studi empris pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif hubungan kausal pendekatan kuantitatif, yang diukur dengan menggunakan metode berbasis regresi linier berganda dengan SPSS versi 23. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden dari 12 Kantor Akuntan Publik di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara langsung ke Kantor Akuntan Publik di Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit judgment, tekanan ketaatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap audit judgment, kompleksitas tugas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap audit judgment. Kompetensi, tekanan ketaatan dan kompleksitas tugas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap audit judgment.
Pengaruh Jumlah Mesin dan Volume Transaksi Mesin Edc terhadap Fee Based Income di Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Jakarta Plaza Indonesia Subekti Singgih; Siti Nurjanah
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.422 KB) | DOI: 10.36406/jam.v14i01.191

Abstract

Dalam perjanjian kerjasama antara pihak merchant dan outlet biasanya ada merchant discount rate atau MDR yang dibebankan pihak bank kepada outlet atau merchant untuk besaran MDR antara satu bank dengan bank lain akan berbeda. Merchant discount rate ini yang akan menjadi pendapatan bagi pihak bank. Sebagian besar outlet atau merchant biasanya membebankan MDR ini kepada pendapatan yang diperoleh. Bank Mandiri memberikan target kepada cabangcabang untuk meningkatkan penggunaan mesin EDC. Semakin banyak jumlah mesin EDC yang digunakan oleh outlet maka semakin besar pendapatan atau fee based income yang dapat diperoleh pihak Bank Mandiri. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah Mesin yang dipasang dan volume transaksi mesin EDC dengan jumlah fee based income yang diperoleh Bank Mandiri Cabang Jakarta Plaza Indonesia pada Tahun 2013-2015. Nilai adjusted R2 pada pengaruh jumlah mesin dan volume transaksi terhadap fee based adalah sebesar 0.967572. Artinya variabel independen mampu menjelaskan varian dari variabel dependen adalah sebesar 96,76%. Hal itu menandakan variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel depeden. Nilai R square = 0.968 menunjukkan bahwa 96.8% dari varians FEE_BASED dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel jumlah mesin dan volume transaksi. Sedangkan 3.2% disebabkan oleh faktor lain di luar model.
Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan-perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Ridwan Maronrong; Riska Setiani
Jurnal Manajemen Vol 14 No 01 (2017): [JAM] Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 14 No 1 (April 2017)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36406/jam.v14i1.235

Abstract

Abstract-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas (CR), financial leverage (DER), profitabilitas (ROA) dan kebijakan dividen (DPR) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif, yang diukur dengan menggunakan metoda berbasis analisis regsresi berganda dengan Eviews 10. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan 2017. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian menggunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 7 perusahaan makanan dan minuman sehingga total observasi dalam penelitian ini sebanyak 35 observasi. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa (1) likuiditas berpengaruh negatif dan singifikan terhadap nilai perusahaan, (2) financial leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan (4) kebijakan dividen tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.