cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gaharu no. 147 Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
ISSN : 20899467     EISSN : 26215616     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang Bahasa Indonesia. Artikel yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)" : 5 Documents clear
KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Sudarman Gulo; M. Ali Sidiqin
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v17i1.258

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran terpenting di sekolah. Fokus pembelajaran  ini adalah  memusatkan  agar terwujudnya keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek yaitu menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Keterampilan menulis ialah bagian kegiatan bahasa yang berupa tulis menulis dalam rangka menyampaikan atau mengungkapkan gagasan terhadap pembaca. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarny. Ada tujuan dalam penelitian ini yaitu  untuk mengetahui Kemampuan Siswa Dalam menulis Teks Andekdot dengan menggunakan Media Gambar Oleh Siswa  Kelas X SMK YPIS Maju Tahun Pelajaran 2019/2020”. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptip, dengan jumlah populasi 108 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 21 siswa kelas X . Berdasarkan pembahasan di atas dapat dilihat bahwa kemampuan sisiwa dalam menulis teks anekdot dengan mengunakan gambar adalah dengan kategori baik dengan nilai rata rata 82.14. Hal ini dapat dilihat dari  perhitungan rata rata nilai yang diperoleh siswa menunjukkan rata rata yang dipeoleh adalah 82,14, Siswa yang memperoleh nilai sangat baik 92-100 berjumlah 1 siswa dengan persentase 4,77%, Siswa yang memperoleh nilai baik  83-92 berjumlah 11 siswa dengan persentase 52,38  %, Siswa yang memperoleh nilai cukup 75-83  berjumlah 7 siswa dengan persentase  33.33 %, Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75  berjumlah 2 siswa dengan persentase 9,52 %Dengan mengetahui hasil pengolahan data dalam menentukan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot oleh siswa kelas  X TBSM dengan menggunakan media gambar tahun pembelajaran 2019/2020 dengan kategori cukup dengan nilai rata rata 82, 14.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMK SATRIA NUSANTARA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Syafrizal -; M. Ali Sidiqin; Sawaludin Siregar
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v17i1.259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Satria Nusantara Binjai pada kelas X SMK  Satria Nusantara Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dan sampel yang dipilih adalah kelas X SMK yang berjumlah 30 siswa. Kelas yang dijadikan sampel untuk menentukan kelas yang diberi perlakuan (treatment ) menggunakan sistem pembelajaran dengan media Audio Visual. Pada tahap awal digunakan metode ceramah sebelum dikenakan perlakuan (treatment) untuk mengetahui tingkat penguasaan kemampuan menulis teks eksposisi siswa, kemudian tahap selanjutnya kelas eksperimen akan dikenakan perlakuan (treatmen) menggunakan media Audio Visual dalam jangka waktu tertentu.  Kemudian perlakuan tersebut diukur. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest dengan menggunakan metode Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian  eksperimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini melibatkan dua jenis instrumen yaitu tes uraian dan tes menulis eksposisi. Instrumen dalam bentuk tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan dalam penyelesaian soal. Sedangkan instrumen dalam bentuk tes menulis terdiri dari skala pemahaman siswa terhadap kemampuan menulis eksposisi. Dari hasil perhitungan diperoleh = 3,52 Sedangkan   = 2,0399 pada taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat kebebasan = 58, Berarti    yang menyatakan  ditolak dan  diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran menggunakan media Audio Visual siswa kelas X SMK Satria Nusantara Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Rika Manik; Sawaluddin Siregar
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v17i1.260

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Melati Binjai dengan alamat Jalan MT. Haryono No. 314 Kecamatan Binjai Utara. Waktu penelitian adalah pada bulan Oktober 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 80 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sedangkan kelas kontrol digunakan metode konvensional. jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pretest posttest two group desain. Desain ini menentukan pengaruh perlakukan dengan hanya membandingkan rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol atau kelompok pembanding. Instrumen yang dugunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes bentuk uraian, yaitu menugaskan siswa menulis cerpen. Data yang diperoleh menggunakan rumus t adalah : thitung 3,13 pada tingkat kebebasan 78 (n1 + n2 – 2 = 39 + 41 – 2 = 78). Pada baris 78,  thitung adalah 2.00 = 0.05. Hasil ini menunjukkan  bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,13 >2.00. Dengan demikian hipotesis diterima, yaitu : “Terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap keterampilan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran berbasis masalah (PBM) disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi guru bahasa.
ANALISIS ANDROGINI PADA NOVEL “AMELIA” KARYA TERE-LIYE Fheti Wulandari Lubis
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v17i1.256

Abstract

Adrogini merupakan gambaran sifat maupun perilaku yang menunjukkan pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminism pada saat yang bersamaan. Karakterdan kepribadian seseorang tidah hanya muncul dari lahir, tetapi bisa dibentuk oleh lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran androgini pada novel “Amelia” karya Tere- Liye. Androgini dalam novel yang menjadi objek dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik kajian pustaka. Hasilnya, terdapat peran feminim dan maskulin secara bersamaan dalam novel “Amelia” karya Tere- Liye. Di mana seorang wanita bisa melakukan peran sebagai wanita dalam keadaan secara tiba-tiba.
HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK SWASTA MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Kharisma Ahmad; Sri Ulina Br Ginting; M.Ali Sidiqin
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 17, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA 2020 ( EDISI MARET)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v17i1.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas kelas XI SMK Swasta Maju Binjai yang berjumlah 86 orang dengan sampel 24. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Alat pengumpulan data  pada penelitian ini berupa tes objektif pilihan berganda untuk unsur intrinsik cerpen dan untuk kemampuan menulis cerpen berupa tes uraian. Setelah dianalisis, diketahui bahwa nilai yang diperoleh siswa dalam tes penguasaan unsur intrinsik cerpen dalam katagori baik dengan nilai rata-rata siswa 81 sedangkan nilai kemampuan menulis cerpen siswa berada dalam katagori baik dengan nilai rata-rata siswa 71. Sedangkan hubungan (rxy) diperoleh sebesar 0,86 Setelah dikonsultasikan dengan r.tabel tingkat kepercayaan 95% diketahui r. hitung (0,86) > r. tabel (0,279). Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Swasta Maju Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020”diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 5