cover
Contact Name
Nurul Izzah Lubis
Contact Email
redaksijurnalupu@gmail.com
Phone
+6281260999253
Journal Mail Official
redaksijurnalupu@gmail.com
Editorial Address
Kantor Redaksi PROPORSI Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif
ISSN : 26150247     EISSN : 27152995     DOI : 10.22303
Core Subject : Art, Social,
PROPORSI adalah sebuah jurnal ilmiah dalam bidang desain, multimedia dan industri kreatif. Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Potensi Utama Medan. PROPORSI diterbitkan setahun dua kali yaitu pada bulan November dan Mei. Jurnal ini terbuka untuk umum dan tujuan utamanya adalah untuk berbagi pengetahuan kajian dalam bidang desain, multimedia dan industri kreatif.
Articles 119 Documents
PERANCANGAN BRANDING LOGO DIMSUM DAN BAKSOTAHU TITIANZHUA SEBAGAI MAKANAN CEMILAN KOTA MEDAN Setiawati, Titin
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 1, No 1 (2015): PROPORSI November 2015
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.1.1.2015.104-116

Abstract

Dimsum Titianzhua merupakan olahan makanan berupa bakso, taiso (tahu isi bakso) dan Dimsum yang di buat di rumah, penjualannya melalui media sosial seperti BBM, facebook, intsagram. Pemasanan bebas biaya antar jika pembeli berada di sekitaran daerah produksi. Harga bakso dan taiso lima ribu rupiah perbungkus yang berisi sepuluh buah dan di bungkus dengan plastik setengah kilogram yang memiliki rasa ayam dan ikan. Dimsum isi enam dan satu bungkus saus dengan harga lima belas ribu perbungkus dan dibungkus dengan plastik mika yang memiliki rasa ayam bercampur udang namun lebih terasa udang. Logo sangatlah hal yang akan menjadikan sebuah Brand bias dikenal oleh seluruh masyarakat, oleh karena itu penulis ingin membranding logo tersebut agar produk yang dipasarkan semakin dikenal oleh masyarakat.
PENERAPAN KONSEP BUDAYA NEW NORMAL PADA RUANG KANTOR PELAYANAN Lestari, Siti Indah; Hadi, Muhammad Zulfikri
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 6, No 2 (2021): PROPORSI Mei 2021
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.6.2.2021.145-154

Abstract

ABSTRAKDesain Interior pada kantor merupakan salah satu poin penting dalam pembentuk dan membangun citra dari suatu instansi. Kantor yang interiornya tidak tertata dengan baik pastinya akan memberi suasana kurang nyaman kepada para pegawai bahkan berdampak juga terhadap kesan pengunjung dan berasumsi bahwasanya kinerja kantor itu tidak jauh beda dengan tampilan tata ruangnya.  Oleh karena itu,  penataan ruang pada sebuah kantor tidak hanya bertujuan agar para pekerja nya nyaman menjalankan pekerjaan,  namun juga mampu menampilkan citra diri perusahaan tersebut.Di masa pandemi saat ini kantor yang nyaman adalah tempat yang paling di cari oleh semua pihak yang berada di dalamnya baik pegawai maupun pengunjung yang datang. Sebab di masa pandemi seluruh kegiatan wajib memenuhi protokol kesehatan yang di tetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini dilakukan di kantor administrasi dosen Universitas Potensi Utama, dimana kantor administrasi ini sehari-hari melakukan pelayanan terhadap dosen dan mahasiswa. Untuk itu tujuan penelitian ini memberikan masukan kepada pemilik Universitas untuk dapat menerapkan desain kantor pelayanan dengan menerapkan protokol kesehatan pada saat kegiatan new normal nantinya.Konsep budaya new normal dengan pendekatan futuristic diharapkan mampu mendukung kegiatan administrasi saat pelayanan aktif kembali sehingga tidak ada rasa takut dan cemas untuk bertatap muka oleh orang-orang yang ada di lingkungan tersebut serta dapat meningkatkan gairah para pekerjanya. Pelengkap interior serta peralatan kerja juga dipilih menyesuaikan kebutuhan para pekerja  serta fungsionalitasnya
ANALISIS KARAKTER TOKOH FILM 5 CM SUTRADARA RIZAL MANTOVANI DENGAN KAJIAN SEMIOTIKA Darma, Surya
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 5, No 2 (2020): PROPORSI Mei 2020
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.5.2.2020.184-197

Abstract

Film 5 cm adalah film drama Indonesia, dirilis pada 12 Desember 2012. Film 5 cm disutradarai oleh Rizal Mantovani dengan perusahaan produksi Soraya Intercine Films  merupakan adaptasi dari novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam film 5 cm dengan teori semiotika model Roland Barthes. Objek Penelitian dan Fokus Utama penelitian ini adalah “Analisis Karakter Tokoh Film 5 cm Sutradara Rizal Mantovani dengan Kajian Semiotika”. Sedangkan unit penelitian yaitu analisis karakter tokoh film 5 cm dibedah dengan teori semiotika Roland Barthes. Tahap pemaknaan film 5 cm tidak hanya dilakukan secara denotatif namun juga secara konotatif yaitu sebagai tanda yang muncul pada karakter tokoh pada film 5 cm. Makna tersebut dapat dilihat dalam film 5 cm berdasarkan struktur pembentuk film. Struktur film 5 cm didukung petanda yang dimunculkan pada karakter tokoh. Karakter tokoh film 5 cm yang dianalisis pada penelitian ini yaitu Zafran (Herjunot Ali), Arial (Denny Sumargo), Ian (Saykoji), Riani (Raline Shah), dan Genta (Fedi Nuril). Hasil Analisis Karakter Tokoh Film 5 cm Sutradara Rizal Mantovani dengan Kajian Semiotika yaitu karakter yang ditunjukan dari sosok Arial adalah karakter dengan cowok maskulin, dengan postur tubuh yang proporsional, dan macho, selanjutnya sosok Ian adalah sosok yang humoris, kemudian sosok Arini adalah satu-satunya wanita dalam persahabatan tersebut yang dengan pola pikir dewasa, berjiwa keibuan, dan peduli. Interpretasi dari sosok Genta adalah seorang yang karismatik, bertanggung jawab, pola pikir realistis, dan giat bekerja. Karakter Zafran yaitu seorang yang puitis, humanis, idealis, dan fantastis berdasarkan simbol-simbol yang muncul pada film 5 cm.
REKONTRUKSI SETTING FILM 70-AN PADA IKLAN OVO VERSI “TANGIS TAK BERUJUNG” Syadian, Triadi
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 4, No 2 (2019): PROPORSI Mei 2019
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.4.2.2019.196-206

Abstract

Penelitian ini berjudul Rekontruksi setting film 70-an pada  Iklan OVO versi “Tangis Tak Berujung”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta memaparkan kreatifitas  dan struktur estetik dalam merekontruksi sebuah iklan layaknya film tahun 70-an. Iklan dari OVO menggunakan medium sosial media YouTube dan sempat menjadi trending. Untuk sebuah iklan, iklan ini terbilang sangat berhasil dalam menarik minat khalayak dengan mendapatkan penonton (viewer) sebanyak sembilan juta lebih hanya dalam waktu dua minggu. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan pendekatan teori estetika kreatifitas dari monroe Beardsley yang menekankan kepada kesatuan, kerumitan, dan kesungguhan. Metode pengumpulan data dengan observasi dan studi pustaka serta wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan OVO versi “Tangis Tak Berujung” mampu dengan sangat baik memvisualisasikan setting film 70-an dan telah memenuhi kaidah estetika pada iklan medium sosial media YouTube.
PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PERILAKU MENJIPLAK MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI 2 DIMENSI Sabri, Muhammad; Indraswary, Fuzi
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 4, No 1 (2018): PROPORSI November 2018
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.4.1.2018.71-79

Abstract

Menjiplak merupakan perilaku mencontoh hasil kerjaan orang lain,kemudian ikut menirunya, menjiplak ini tidak hanya di bidang penulisan saja, dibidang karya seni, prosuk fashion, teknologi dan lain sebagainya juga banyak terjadi, Cara menjiplaknya pun semakin lama semakin beragam dan canggih. Perilaku ini tidak hanya dapat merugikan orang pertama yang membuat namun juga dapat merugikan diri sendiri. Maka dari itu pentingnya sosialisai tentang menjiplak ini  dan dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan menjiplak tersebut. Sosialisasi tentang menjiplak ini dibuat dalam bentuk iklan layanan masyarakat dengan media animasi 2 dimensi. animasi tersebut berdurasi 2 menit dengan format video mp4 yang memiliki kapasitas ukuran sebesar 60 MB yang dibuat dengan menggunakan software Adobe After Effects CC 2017.
Nilai Bhineka Tunggal Ika Pada Film Batas (Beda Atau Tak Satu) (Analisis Semiotika Roland Barthes) Darma, Surya; Minawati, Rosta; Jamarun, Novesar
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 3, No 1 (2017): PROPORSI November 2017
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.3.1.2017.79-91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam film Batas (Beda atau Tak Satu) dengan teori semiotika model Roland Barthes. Film Batas (Beda atau Tak Satu) merupakan suatu film garapan sutradara M. Reza Pahlevi yang bercerita bahwa tidak adanya saling menghargai antarumat beragama yang satu dengan yang lain seolah-olah arti “Bhineka Tunggal Ika” sebagai citra bangsa Indonesia telah memudar dalam film ini. Islam terombang-ambing dan dituduh sebagai agama yang memecah belah agama lain tanpa terdapatnya bukti yang jelas. Barthes menggambarkan semiotika menjadi dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung. Makna denotasi yang penulis kaji dalam film ini adalah menggambarkan kondisi disuatu pedesaan yang anti akan Islam, sehingga warga muslim yang menetap di desa tersebut akan dibantai, mereka beranggapan bahwa Islam lah yang memecah belah mereka. Makna konotasinya adalah bahwa Islam berbeda atau tak dapat bersatu dengan agama yang masyarakat setempat yakini dengan kata lain masyarakat setempat harus mengusir paksa, bahkan menganiaya warga muslim yang kedapatan tinggal di desa tersebut. Film ini menegaskan mitos, bahwa “Bhineka Tunggal Ika” harus kita junjung dimanapun berada tak lain adalah kerukunan dalam umat beragama, sehingga agama yang satu saling menghargai dengan agama lainya.
TACTILE DIKAITKAN DENGAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI KASUS WALLPAPER DINDING) Ramadhani, Ivo
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 2, No 2 (2017): PROPORSI Mei 2017
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.2.2.2017.118-130

Abstract

Karya dari suatau desain interior menjadikan ragam karya agar dapat diterapkan dirumah yaitu desain yang memberikan  fasilitas untuk kegiatan hidup hari-hari manusia. Dalam perancangan desian interior manusia menjadi peran penting dalam hal pemikiran desain dan dalam pembuatannya. Membuat desain interior memerlukan tahapan dan prinsip yang berorientasi pada wujud dan ukuran manusia seperti, keadaan jasmani, cara bergerak, bersikap dan tuntutan selera manusia.  Dalam hal penelitian ini permasalahan yang akan diangkat adalah tentang studi kasus wallpaper dinding. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Wallpaper dinding dalam pangsa pasar penjualan, merupakan salah satu produk yang banyak diminati untuk mengisi kebutuhan ruang perkantoran dan rumah disampimg memfungsikan karya seni yang dituangkan dalam sebuah dinding agar terlihat artistik. Berbagai macam desain wallpaper disuguhkan oleh penjual untuk menarik minat konsumen dan merebut pangsa pasar. Adapun jenis-jenis bahan yang digunakan wallpaper dinding adalah kain, heavy duty paper, vinyl, kertas, serat alami foil dan beludru bahan-bahan tersebut memilik tekstur yang berbeda dimasing-masing lapisan. Tekstur yang ditimbulkan dari berbagai macam bahan tersebut, akan menghubungkan indra peraba manusia dengan produk.  Tactile atau segala sesuatu yang berkaitan dengan indra peraba atau sentuh, dapat dirasakan oleh semua permukaan tubuh manusia. Interaksi yang ditimbulkan antara manusia dengan produk bahan akan memunculkan pendapat terhadap produk tersebut. Pendapat yang muncul seketika akan memberikan penilaian khusus ketika konsumen memilih bahan material  (studi kasus wallpaper dinding) sesuai dengan kebutuhan mereka. Pendapat tersebut akan menciptakan sebuah standar sebuah kenyamanan yang muncul dari indra peraba/sentuh. Pada akhirnya penelitian akan memperlihatkan pengaruh karakter material terhadap pilihan konsumen terhadap produk wallpaper.
Perancangan Interior Dapur Perumahaan Citraland Bagyacity Medan Ramadhani, Ivo; Heldiansyah, Heldiansyah
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 6, No 2 (2021): PROPORSI Mei 2021
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.6.2.2021.200-209

Abstract

Infrastruktur pada era modern saat ini berkembang sangat pesat pembangunan besar-besaran merambah disegala bidang baik itu perusahaan, industri, instansi, perkantoran, dan sampai rumah tinggal. Interior memiliki berbagai macam gaya perancangan. Macam-macam gaya tersebut muncul seiring perkembangan zaman, kehidupan sosial, dan teknologi. Dapur merupakan tempat dimana seseorang menyediakan  atau mengolah bahan makanan (memasak), terkadang dapur juga memiliki tempat yang berfungsi sebagai ruang makan juga. Tahap perancangan disusun melalui tiga tahapan kerja yaitu  mulai dari tahap pradesain, desain dan pasca desain.
MISE EN SCENE DALAM FILM LAMARAN SUTRADARA MONTY TIWA Alfathoni, Muhammad Ali Mursid
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 1, No 2 (2016): PROPORSI Mei 2016
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.1.2.2016.165-178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi aspek mise en scene dalam film Lamaran. Film Lamaran di produksi tahun 2015 oleh Rapi Films dengan durasi 1 jam 35 menit 56 detik yang di sutradarai oleh Monty Tiwa. Di tengah popularitasnya sebagai seorang pengacara dalam menyelesaikan kasus seorang koruptor membuat Tiar mendapat ancaman pembunuhan dari seorang bos mafia. Akan tetapi, ancaman tersebut tidak membuat semangat Tiar mundur dari profesinya. Untuk menjaga keselamatan Tiar, dua orang agen mendatangkan seorang pemuda tampan yang menjadi mata-mata sekaligus pacar palsu Tiar. Keluarga Tiar protes terhadap Tiar ketika mereka mengetahui kalau Tiar berpacara dengan orang yang bukan keturunan Batak. Dalam film Lamaran terdapat unsur pembentukan film salah satunya unsur sinematik. Di dalam unsur sinematik terdapat aspek mise en scene yang saling berkesinambungan dalam film Lamaran. aspek mise en scene tersebut meliputi aspek setting (latar), aspek kostum dan tata rias, aspek pencahayaan (lighting), dan aspek pergerakan pemain. Untuk mendeskripsikan aspek mise en scene dalam film Lamaran peneliti menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dan semiotika.
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT DENGAN MACROMEDIA FLASH CS6 UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR John, John
PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif Vol 6, No 1 (2020): PROPORSI November 2020
Publisher : Universitas Potensi Utama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22303/proporsi.6.1.2020.25-34

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (daring) atau online pada masa sekarang ini sangat biasa dilakukan berbagai pihak sekolah dikarenakan masa pandemi virus yang melanda seluruh negara. Oleh karena itu tidak asing banyak para siswa sekolah dasar bahkan orang tua merasa jenuh dalam menghadapi pembelajaran online ini hal ini karena materi yang disampaikan guru terkadang kurang menarik minat siswa dan orangtua bingung membujuk para anaknya untuk belajar. Sebab itu penulis melakukan penelitian :Perancangan Media Pembelajaran Pakaian Adat dengan Macromedia Flash CS6 Untuk Tingkat Sekolah Dasar”, perancangan ini guna meningkatkan minat para siswa dan guru dalam memberikan materi dan menerima pembelajaran secara online. Perancangan media pembelajaran ini hanya sebagai contoh bagi pengembangan media pembelajaran lainnya yang dapat diterapkan dan dikembangkan berbagai bidang mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis 5W+1H. Hasil perancangan berupa video interaktif yang dapat diputar berulang-ulang sehingga siswa dapat mengerti dari materi yang disampaikan. Perancangan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 dan dapat dijalankan pada perangkat android.

Page 1 of 12 | Total Record : 119