cover
Contact Name
Fitrah al anshori
Contact Email
biogenerasi@uncp.ac.id
Phone
+6285226476819
Journal Mail Official
biogenerasi@uncp.ac.id
Editorial Address
Kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo. Jl.Latamacelling No. 19
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Biogenerasi
ISSN : 25795163     EISSN : 25797085     DOI : -
Core Subject : Education,
Biogenerasi focuses on the publication of the results of biology education,Biology learning model, Biology learning media, Biology Education Development, The article published on the internal and external academic community Universitas Cokroaminoto Palopo especially in Biology Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 162 Documents
Jenis-Jenis Tumbuhan Mangrove di Kelurahan Takalala Kecamatan Wara Selatan Kota Palopo Akhmad Syakur
Jurnal Biogenerasi Vol. 4 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1332.9 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis mangrove apa saja yang terdapat di Kelurahan Takalala Kota Palopo. Metode yang digunakan adalah line transect, metode ini menggunakan plot yang disejajarkan pada garis yang telah ditentukan, terdapat 4 stasiun utama di sepanjang area penelitian, setiap stasiun terdapat 4 plot, dengan jumlah total plot sebanyak 16 plot, selanjutnya tumbuhan mangrove yang dijumpai diidentifikasi berdasarkan ciri morfologinya dengan melihat akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa di Kelurahan Takalala Kota Palopo terdapat 4 jenis mangrove sejati yaitu Aegiceras floridum, Avicennia alba, Rhizopora apiculata, Sonneratia alba dan 1 jenis mangrove ikutan yaitu Ipomea pes-caprae.
Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Menggunakan E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Yang Tidak Menggunakan E-Learning Fitrah Al Anshori; Sukmawati Syam
Jurnal Biogenerasi Vol. 4 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.317 KB)

Abstract

E-learning saat ini sedang banyak diworkshopkan agar dapat digunakan baik di tingkat perguruan tinggi maupun tingkat sekolah menengah dan atas. Namun kondisi di sekolah yang belum semua memungkinkan untuk pelaksanaan total E-learning. Hal ini bisa dilihat pada saat pelaksanaan UNBK di daerah yang hanya melibatkan beberapa sekolah yang tersedia computer dan jaringan internet yang bagus, sehingga berdampak pada waktu pelaksanaan yang harus dilaksanakan beberapa sesi. Beberapa masalah yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan E-learning disekolah adalah, kurangnya pengetahuan tentang software e-learning, sulit dalam membangun system e-learning dan kekurangan computer/laptop yang digunakan oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap mulai Juni – Juli 2019 dan dilaksanakan di 2 kelas mahasiswa semester VI prodi pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan komparatif. Berdasarkan data perbandingan hasil belajar terlihat bahwa nilai tertinggi diperoleh pada kelas E-learning, dan juga rata – rata nilai mahasiswa lebih pada kelas E- learning. Demikian pula pada nilai terendah mahasiswa terlihat bahwa kelas E- Learning memiliki skor nilai terendah hasil belajar yaitu 60, sedangkan pada Kelas tanpa E- learning terlihat skor terendah yaitu hanya 34. Berdasarkan data perbandingan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang menggunakan E-learning berbasis Edmodo mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mahasiswa yang belajar tanpa e-learning walaupun hasilnya tidak begitu jauh.
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SLIDE TERHADAP MINAT BERTANYA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI Fitrah Al Anshori; Sukmawati Syam
Jurnal Biogenerasi Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.226 KB)

Abstract

Media pembelajaran membantu guru dan siswa dalam transfer ilmu, terlebih era industri 4.0 dimana kondisi mengharuskansegalanya menggunakan teknologi, termasuk di dalam duniapendidikan harus bisa mengintegrasikan teknologi. Terdapat banyakmedia pembelajaran yang berbasis teknologi. Terdapat sebuah mediapembelajaran yang disediakan oleh google yang bernama google slideyang bisa dipakai untuk membantu pembelajaran di dalam kelasterutama untuk presentasi dan sesi tanya jawab dengan lebih praktis.Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa yang belajarperkembangan psikologi sebanyak 1 kelas. Hasil penelitian terdapatperbedaan signifikan jumlah mahasiswa yang mengajukan pertanyaanpada saat sebelum menggunakan aplikasi google slide dan setelahmenggunakan aplikasi google slide sehingga aplikasi inidirekomendasikan untuk meningkatkan keterampilan bertanyamahasiswa.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester V Universitas Cokroaminoto Palopo eva sohriati; Mutmainna Ekawati
Jurnal Biogenerasi Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1055.401 KB)

Abstract

EVA SOHRIATI. Pengaruh Penerapan model pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Biologi Mahaiswa semester V pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Model pembelajaran PBL yaitu orientasi mahaiswa pada masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar biologi mahaiswa yang diajar dengan penerapan model kooperatif, (2) hasil belajar biologi mahaiswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran PBL,. (3) pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi mahaiswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahaiswa semester V semester ganjil Universitas Cokroaminoto Palopo tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar biologi mahaiswa di kelas control mengalami peningkatan sebesar 74,16;(2) hasil belajar biologi mahaiswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 85,34; (3) penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi mahaiswa. Kata kunci: Strategi ARIAS, Motivasi, Hasil Belajar
ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI sukmawati syam
Jurnal Biogenerasi Vol. 4 No. 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.679 KB) | DOI: 10.30605/biogenerasi.v4i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum pada mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi mahasiswa Pendidikan Biologi semester IV di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi, kelas IVA dan kelas IVB yang diambil secara simple random sampling hingga mencapai jumlah sampel secara keseluruhan 40 mahasiswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Frekuensi pelaksanaan praktikum sebesar (78%); 2) Minat mahasiswa terhadap praktikum sebesar (76%); 3) Waktu pelaksanaan praktikum sebesar (70%) dan; 4) Persiapan dan pelaksanaan praktikum sebesar (75%). Jumlah rata-rata persentase pelaksanaan praktikum pada pembelajaran biologi (75%) dengan kriteria diterapkan dengan baik.
Observasi Penggunaan Media Pembelajaran Biologi pada Tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat Se-Kota Palopo eva sohriati
Jurnal Biogenerasi Vol. 4 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.618 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru SMA/Sederajat di Kota Palopo. Metode pengumpulan data penggunaan media pembelajaran yaitu dengan pengisian angket yang dibagikan pada masing-masing subjek penelitian. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh informasi bahwa dari lima media pembelajaran yang ada (audio, visual, audiovisual, multimedia, dan elearning), media audiovisual adalah yang paling sering digunakan dengan persenase 76% berada dalam kategori “baik”.
PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 3 PALOPO ridha yulyani wardhi
Jurnal Biogenerasi Vol. 4 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.76 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto.Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh perhatian orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palopo tahun ajaran 2018/2019.Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel penelitian 71 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan gaya belajar serta tes tertulis materi sistem reproduksi untuk hasil belajar biologi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh data bahwa gaya belajar dikategorikan tinggi dengar skor rata-rata 65,86 dan standar deviasi sebesar 3,292 dari skor ideal 80. Sedangkan untuk hasil belajar dikategorikan sangat tinggi dengan skor rata-rata 85,83 dan standar deviasi 3,304 dari skor ideal 100. Dari hasil diatas, maka dapat disimpulkan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi kelas XI SMA Negeri 3 Palopo.
Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Mendapatkan Beasiswa Dengan Yang Tidak Mendapatkan Beasiswa Pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan Universitas Cokroaminoto Palopo Fitrah Al Anshori
Jurnal Biogenerasi Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1783.279 KB)

Abstract

Solusi agar mencegah mahasiswa tidak putus kuliah ditengah jalan yakni dengan pemberian beasiswa. Beasiswa yang diterima mahasiswa berasal dari pemerintah, perusahaan maupun kampus. Beasiswa dapat diterima setelah mahasiswa menyelesaikan administrasi yang sesuai ketentuan dari pemberi beasiswa. Beasiswa tersebut akhirnya digunakan mahasiswa untuk menunjang studi mahasiswa yang bersangkutan. Beasiswa yang tersedia juga sangat beragam mulai dari jenjang S1 hingga S3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perkembangan hewan yang mendapatkan beasiswa. Mengetahui bagaimana hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perkembangan hewan yang tidak mendapatkan beasiswa. Mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dengan mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa pada mata kuliah perkembangan hewan . Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Biologi Angkatan 2016 yang berjumlah 124 orang. Pada penelitian ini digunakan teknik random sampling untuk kedua objek penelitian. Random sampling digunakan apabila jumlah populasi dianggap homogen menurut karakteristik tertentu. Random sampling pada penelitian ini adalah 20 siswa dimana yang mendapatkan beasiswa sebanyak 10 mahasiswa dan yang tidak mendapatkan beasiswa adalah 10 mahasiswa.Nilai Signifikansi 0,011 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Bedasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan biologi ditemukan bahwa akvitas harian mahasiswa antara yang mendapatkan beasiswa dengan yang tidak mendapatkan beasiswa hamper sama. Sehingga tidak ada perbedaan mencolok antara yang menggunakan uang beasiswa dengan yang tidak mendapatkan beasiswa.
OBSERVASI PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 3 PALOPO sohriati, eva; Syakur, Akhmad
Jurnal Biogenerasi Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal Biogenerasi Volume 3 terbitan pertama
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.685 KB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis karakter dan kompetensi yang tidak hanya menekankan kepada pengusaan kompetensi siswa, melainkan juga pembentukkan karakter. Sesuai dengan kompetensi inti (KI) yang telah ditentukan oleh Kemendikbud, KI 1 dan KI 2 berkaitan dengan tujuan pembentukkan karakter siswa sedangkan KI 3 dan KI 4 berkaitan dengan penguasaan kompetensi siswa. Observasi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 baik dalam hal penyusunan perangkat dan bahan ajar maupun cara mengajar yang baik. kegiatan observasi ini dilakukan di SMAN 3 Palopo. langkah dalam penelitian ini adalah 1. Mendatangi sekolah SMA Negeri 3 Palopo 2.Menyerahkan surat izin melakukan wawancara dengan guru biologi diruang tata usaha dan disetujui oleh kepala sekolah 3. merekam aktifitas kegiatan proses pembelajaran dalam kelas 3. melakukan wawancara dengan guru biologi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMAN 3 Palopo kelas XIIA dengan cara pengambilan sample Quasi Eksperimen Semu Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan kurikulum 2013.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN LIFE SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI sukmawati syam
Jurnal Biogenerasi Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (905.04 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Berbasis Proyek terhadap pengembangan life skill mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini diterapkan dalam perkuliahan Botani Tumbuhan Tinggi (BTT), untuk mahasiswa semester IV pada Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 37 mahasiswa. Penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan life skill mahasiswa berupa lembar observasi,. Untuk mengetahui efektivitas pada penelitian ini digunakan uji-t satu sampel. Adapun kriteria dilihat dari perkembangan life skill pada mahasiswa setiap pertemuan dengan skor 70 dengan pertimbangan bahwa skor tersebut berada pada rentang kategori berkembang baik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan life skill mahasiswa pada mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi.

Page 1 of 17 | Total Record : 162