cover
Contact Name
Novita Eka Muliawati
Contact Email
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Phone
+6282232308788
Journal Mail Official
novita@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
STKIP PGRI Tulungagung Jl. Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang, Tulungagung, Jawa Timur, Kode Pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : 24607800     EISSN : 25803263     DOI : 29100
Core Subject : Education,
JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics education and their applications in learning by researchers, academicians, professional, practitioners and students from all over the world. Start from this year (September 2015), this journal will be published two times a year, in March and September.
Articles 283 Documents
ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DAN PRAKTIK PEMBELAJARANNYA Maryono, Maryono
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.286 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v1i2.200

Abstract

Pedagogical Content Knowledge (PCK), dikenalkan pertama kali oleh Lee Shulman pada tahun 1986. PCK terdiri dari 2 bagian besar yaitu Pedagogical Knowledge (Pengetahuan Pedagogis/kompetensi pedagogis) dan Content Knowledge (Pengetahua Konten/kompetensi profesional). Penelitian sebelumnya lebih banyak mengkaji tentang pengetahuan guru saja dan masih sedikit yang mengkaitkannya dengan praktik pembelajaran guru di kelas. Oleh karena itu penelitian ini akan menganalisis PCK yang dikaitkan dengan praktik pembelajaran di kelas yang disebut dengan Pedagogical Content Practice (PCP). Secara sederhana PCP didefinisikan dengan praktik mengajar guru yang disesuaikan dengan PCK-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara PCK dengan PCP guru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah 3 guru (dengan variasi lama mengajar yang berbeda). Hasil dari penelitian ini secara umum adalah: (1) guru pertama menunjukkan PCK dan PCP yang cukup; (2) guru kedua menunjukkan PCK dan PCP yang baik; (3) sedangkan guru ketiga juga menunjukkan PCK dan PCP yang baik.
PENGARUH PROBLEM POSING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA pradanika, siti nur; ulum, badriyatul
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 September 2018
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.726 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v4i2.952

Abstract

This study aims to determine the effect of learning model problem posing using props to motivation and mathematics learning outcomes in the geometry subject matter on students VIII grade SMPN 1 Sendang. The approach used is quantitative in the form of experimental research. The results of this study include: (1) results of mathematics learning with conventional learning outcomes in the geometry subject matter on grade VIII students an average of 71.6; (2) the result of learning mathematics with problem posing learningin the geometry subject matter on grade VIII students an average of 77,8; (3) there is influence of problem posing learning model to the result of students learning mathematics which magnitude of 10,3%. Keywords: problem possing, learning mathematics outcomes
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI LOGIKA MATEMATIKA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP PGRI BOJONEGORO Novianti, Dwi Erna
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.603 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v1i2.191

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 15 dari 40 mahasiswa Tingkat IA Prodi Pendidikan Matematika. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi logika matematika beserta penyebabnya adalah kesalahan terjemahan (84%) dengan penyebab mahasiswa kekurangan waktu, kurang teliti, lupa, bingung dengan simbol matematika; kesalahan konsep (68%) dengan penyebab mahasiswa belum memahami betul konsep yang terkandung dalam materi logika matematika; dan kesalahan tanda (48%) dengan penyebab mahasiswa lupa dan tidak teliti. (2) Cara mengatasi terjadinya kesalahan mahasiswa adalah: (a) Penggunaan media pembelajaran yang tepat pada proses perkuliahan, (b) Menekankan konsep-konsep dasar yang harus dikuasai mahasiswa, (c) Ketelitian dalam mengkoreksi jawaban mahasiswa, (d) Menekankan pentingnya banyak latihan soal dan memperhatikan penggunaan simbol dengan benar, (e) Memberikan latihan soal secara berulang, dengan tipe soal yang hampir sama, (f) Mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dan konsisten dalam penggunaan simbol matematika.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI PEMBERIAN BALIKAN Sunarto, Sunarto
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v3i1.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyektif peningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi bilangan romawi melalui penerapan pendekatan pemberian balikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya mengacu pada desain penelitin Kemmis dan Mc. Tagart, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gador 2 tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 71,25 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% meningkat pada siklus II menjadi 81,25 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 87,25%. 
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADDIE DAN MEDIA MIND ORGANISER Wijayanti, R.A Rica
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.533 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v2i1.214

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan bantuan media mind organiser. Subyek pada penelitian ini adalah 37 siswa kelas XII SMA YASI Kab. Bangkalan pada tahun pelajaran 2015-2016. Materi matematika yang digunakan pada penelitian ini adalah materi barisan dan deret. Tahapan penelitian ini menggunakan 2 siklus. Setiap siklus ada 4 tahap sesuai dengan tahapan pada penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil prestasi belajar siswa yang didapat dari penelitian ini yaitu pada pra penelitian sebesar 51, 08%, pada siklus 1 sebesar 65,54%, dan pada siklus 2 sebesar 78, 38%. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa model pembelajaran ADDIE dengan bantuan media mind organiser dapat membantu seorang guru khususnya guru matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DENGAN MEDIA FLASH SWISHMAX PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP Farahsanti, Isna; Exacta, Annisa Prima
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.12 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v2i2.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran metakognitif dengan media flash swishmax terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/ 2016, sedangkan kelas sampel adalah VIII I dan VIII B. Dari hasil penelitian mengindikasikan bahwa pada kelas dengan pendekatan pembelajaran metakognitif terlihat lebih hidup dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional, karena siswa diharuskan selalu aktif dan berinteraksi dengan teman untuk memecahkan masalah yang diberikan. Selain itu penggunaan media flash swishmax untuk menyampaikan materi membuat siswa terlihat lebih antusias dan tertarik. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan metakognitif dengan media flash swishmax memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF IMPULSIF Minrohmatillah, Nilna
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 September 2018
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.366 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v4i2.957

Abstract

This research is aimed analyze how mathematical communication skills of students are reflective and impulsive cognitive style. This descriptive qualitative research is conducted using test method which has been adjusted to certain indicators. The subjects in this study were class students VII C in SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. The data analize with data reduction techniques, data presentation, and conclusion. The result shows that that students with reflective cognitive style are better at processing information and have mathematical communication skills better and superior to students with impulsive cognitive styles. Keywords: mathematics communication, reflective-impulsive
ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA Nafi'an, Muhammad Ilman
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.493 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v1i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan kognitif yang dimiliki siswa secara lengkap dan terstuktur dalam memecahkan masalah yang timbul dalam matematika yang menggunakan sebuah tes yang disebut tes superitem. Penggunaan tes ini sebagai pilihan alternatif untuk mempersingkat waktu guru dalam melakukan penilaian di kelas, dengan mengidentifikasi tingkatan kemampuan ranah kognitif siswa yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, kreasi. Digolongkan kembali level kemampuan siswa menurut 5 tingkatan penalaran taksonomi SOLO prastuktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak diperpanjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Khadijah Surabaya. Subjek penelitian dipilih berdasarkan data nilai ulangan selama pembelajaran dikelas serta tingkat keaktifannya, maka diperoleh 1 siswa dengan rata- rata tinggi, 1 siswa rata- rata rendah.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD Yuniarti, Yuniarti
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/jp2m.v3i1.292

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyektifpeningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi operasi hitung bilangan cacah melalui penerapan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Kamulan Trenggalektahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 75,83 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% meningkat pada siklus II menjadi 85,00 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Wahyuni, Sri
JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.301 KB) | DOI: 10.29100/jp2m.v2i1.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini mencakup: hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dan observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I sebesar 68,4%, menjadi 94,7% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,5%, meningkat menjadi 90,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi tes terjadi peningkatan sebesar 70,8% yaitu 19% pada pre test meningkat menjadi 54% pada siklus I, 91,8% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan pembelajaran matematika pada materi pokok trigonometri, sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran matematika.

Page 1 of 29 | Total Record : 283