cover
Contact Name
Himawan
Contact Email
himawan@i-tech.ac.id
Phone
+6281519986607
Journal Mail Official
himawan@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JI-Tech
ISSN : 18583938     EISSN : 2721284X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal JI-Tech merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh LPPM STTI NIIT dan terbit 2 kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Ruang lingkup publikasi yang akan diterbitkan dalam jurnal JI-Tech adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Komputer, Aplikasi Mobile, Big Data dan Data Mining, Business Intelligence.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)" : 6 Documents clear
Perancangan dan Implementasi Jaringan Berbasis Mikrotik Pada Mts Fatahillah Jakarta Hadiyanto, Achmad; Harjanti, Trinugi Wira
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MTs. Fatahillah Jakarta adalah salah satu sekolah menengah pertama yang terletak di kawasan Buncit Raya Jakarta Selatan adalah sebuah instasi yang bergerak di bidang pendidikan. Saat ini penggunaan jaringan di sekolah tersebut belum efisien seperti tidak adanya pengaturan bandwidth, pengaturan jaringan yang semuanya serba otomatis, pengaturan block konten yang hanya mengikuti aturan isp, jangkauan sinyal wifi yang hanya terdapat di lantai 1 selain itu untuk password yang digunakan saat ini mudah untuk diketahui user yang tidak seharusnya dapat menggunakan, serta belum adanya akses jaringan di Lab. Komputer yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Pada saat ini akses internet yang digunakan hanya terdapat dari 1 isp dan bandwith yang digunakan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan akses internet di MTs. Fatahillah Jakarta, disisi lain perangkat saat ini tidak tersedianya router menjadikan akses internet di MTs. Fatahillah Jakarta menjadi tidak setabil, oleh karena itu penambahan banwith dan perangkat router dilakukan agar meningkatkan efektifitas, efisiensi kerja serta menghasilkan kepuasan pengguna dalam menggunakan internet tersebut.
Implementasi Sistem Replikasi Database PostgreSQL Master-Slave REPMGR Dengan Auto Promote MasterDB Asriyar, Erwin; Sutendi, Teten
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Replikasi merupakan proses penyalinan dan pemeliharaan objek basis data, seperti tabel-tabel, dalam banyak basisdata yang membentuk suatu sistem basis data terdistribusi. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada satu tempatdicatat dan disimpan secara lokal sebelum diteruskan dan diterapkan pada setiap lokasi lain. Proses replikasi basisdata merupakan sebuah proses yang banyak dilakukan pada sistem basis data terdistribusi. Sistem basis dataterdistribusi terdiri dari kumpulan site-site, masing?masing site ini dapat berpartisipasi dalam pemrosesan transaksiyang mengkases data pada suatu site atau beberapa site. Beberapa alasan untuk membangun basis data terdistribu-si,seperti pemakaian bersama (share), kehandalan (reliability), ketersediaan (availability) dan kecepatan pemrosesanquery. Keuntungan utama dari basis data terdistribusi adalah kemampuan untuk pemakaian dan pengaksesan data se-cara bersama dengan cara yang handal dan efisien. Salah satu metode replikasi data adalah dengan menggunakanreplikasi master-slave. Replikasi master-slave merupakan sebuah metode penduplikasi basis data yangmemungkinkan data untuk disimpan di sejumlah site/node dan di-update dari server master database dan slavestanby. Pada bentuk master-slave master sebagai server aktif melakukan query update delete dan slave berperanserver standby dan mereplikasi update dari server master.
Perancangan Alat Keamanan Kendaraan Menggunakan Arduino Berbasis Mobile Tsauri, Sofyan; Effendi, Yasin
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kasus pencurian kendaraan bermotor seringkali terjadi.Tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor terjadikarena masih kurangnya sistem keamanan kendaraan yang efektif. Didalam penyusunan tugas akhir ini terdapatbeberapa metode langkah yaitu observasi dan studi literature, perancangan perangkat alat, pembuatan alat, danhasil uji. Observasi dimana metode yang dilakukan dengan cara turun langsung kelapangan untuk memperolehdata-data yang diperlukan, studi literature yang merupakan langkah untuk mendapatkan bahan-bahan referensibaik dari buku, paper, makalah, jurnal, ataupun artikel yang berkaitan dengan Arduino, GPS (Global PositioningSystem), Sensor Vibration modul Wifi, serta beberapa referensi lain yang dapat menunjang dalam pembuatanTugas Akhir ini. Kurangnya pengawasan dari pemilik kendaraan menjadi faktor sering terjadinya kasuspencurian.Dengan dibuatnya sistem keamanan kendaraan ini diharapkankendaraan yang terparkir dapatdimonitor dan dikontrol dengan menggunakan smartphone android yang terintegrasi dengan mikrokontroler(Arduino), dimana nantinya kendaraan yang terparkir di depan rumah atau di tempat umum dapat dimonitor olehaplikasi android.Hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa unjuk kerja Perancangan Alat KeamananKendaraan Menggunakan Arduino Berbasis Mobiledengan hasil pengujian keseluruhan alat dapat menampilkandata informasi sesuai dengan yang diharapkan yaitu sebagai peringatan saat kendaraan dicuri dan mengirimkanlokasi koordinat kendaraan ke smartphone pengguna, maka akan secara otomatis melacak posisi kendaraanberada. Hanya saja untuk keadaan posisi GPS dalam keadaan tempat yang tertutup tidak mendapatkan sinyalGPS. Secara keseluruhan, kesimpulan yang didapat dari alat ini adalah 90% alat sudah dapat bekerja denganbaik.
Perancangan dan Implementasi Sistem Penilaian Sidang PKL dan TA Mahasiswa di STTI NIIT I-Tech Karunia, Ananda
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penilaian sidang Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA) yang sudah ada dalam kampus STTI NIIT I-Tech guna membantu dosen danbagian akademik dalam proses input data dan penilaian dengan mudah dan praktis. Karna di era sekarang ini yang serba cepat, proses input data dan penilaian yang sedang berjalan di STTI NIIT I-Tech di rasa kurang efisien karna perlu melalui beberapa tahapan dan tahapan-tahapan tersebut tidak terintegrasi karna sistem yang ada sekarang ini belum seluruhnya terkomputerisasi. Perancangan dan implementasi sistem ini melalui proses analisa sistem yang sedang berjalan yaitu dengan mengambil contoh sampel berupa form penilaian sidang PKL dan TA dan juga mengamati proses input data yang sedang berjalan di STTI NIIT I-Tech. Kesimpulan yang dapat penulis ambil dari analisa tersebut yaitu proses input data mahasiswa, penjadwalan dan penilaian belum seluruhnya terkomputerisasi dan belum terintegrasi. Dengan demikian dibuatlah suatu rancangan implementasi sistem yang baru untuk memperbaiki sistem yang sedang berjalan saat ini.
Sistem Informasi Akademik SMA Nurul Falaah Berbasis Web Rahman, Maulana; Yanto, Juli
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengelolaan dan penyajian data siswa, guru, dan karyawan serta informasi tentang sekolah di SMA Nurul Falaah ini masih berupa file yang tersimpan dalam 2 atau 3 komputer saja jadi membutuhkan untuk mencari data relatif lama yaitu dengan memeriksa setiap berkas yang sangat banyak atau membuka folder-folder di komputer. Diperlukan Sistem informasi akademik yang nanti akan dibangun dengan metode waterfall untuk analisis kebutuhan sistem sampai pemeliharaan sistem, UML untuk menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luarnya, MYSQL untuk membuat database, PHP untuk membangun sistem yang akan dibuat dan untuk penghubung dari sistem ke database, HTML,CSS, serta Javascript untuk pelengkap membangun sistem. Sistem informasi akademik berbasis web ini nantinya akan memudahkan dalam mengolah data dan pembuatan laporan-laporan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi pada Sekolah SMA Nurul Falaah.
Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru dan Ujian Online Pada SMPN 3 Bayah Berbasis Web Awaludin, Awaludin; Setiyani, Hari
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.15 No.2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengelolaan penerimaan siswa baru di SMP Negeri 3 Bayah selama ini masih bersifat manual yaitu calonsiswa diharuskan datang ke SMP Negeri 3 Bayah untuk proses registrasi dengan cara memasukan data secaratertulis pada formulir pendaftaran kemudian diserahkan kepada panitia penerimaan siswa baru disertai berkaskelengkapannya dan melakukan ujian di kemudian harinya. Diperlukan Sistem informasi penerimaan siswa barudan ujian online yang nanti akan dibangun dengan metode waterfall untuk analisis kebutuhan sistem sampaipemeliharaan sistem, UML untuk menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luarnya, MYSQL untukmembuat database, PHP untuk membangun sistem yang akan dibuat dan untuk penghubung dari sistem kedatabase, HTML,CSS, serta Javascript untuk pelengkap membangun sistem. Sistem informasi penerimaan siswabaru dan ujian online berbasis web ini nantinya calon siswa baru dapat mendaftar pada SMPN 3 Bayah denganmudah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6