cover
Contact Name
Himawan
Contact Email
himawan@i-tech.ac.id
Phone
+6281519986607
Journal Mail Official
himawan@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JI-Tech
ISSN : 18583938     EISSN : 2721284X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal JI-Tech merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh LPPM STTI NIIT dan terbit 2 kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Ruang lingkup publikasi yang akan diterbitkan dalam jurnal JI-Tech adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Komputer, Aplikasi Mobile, Big Data dan Data Mining, Business Intelligence.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)" : 6 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Pelayanan dan Administrasi Pasien Berbasis User Experience Safitri, Nadila; Irfansyah, Puput; Farkhatin, Naely
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah Sakit Permata Cibubur adalah insitusi yang berada di Jl. Alternatif Cibubur No.6A, Jatikarya, Kec. Jatisampurna, Kota. Bekasi, Jawa Barat. Rumah Sakit Permata Cibubur ini telah menggunakan komputer namun pencatatan secara manual, yaitu dengan menggunakan Microsoft Word sebagai alat bantu dalam proses surat rujukan ke rumah sakit lain sehingga memungkinkan memungkinkan pada proses membuat surat rujukan. Masalah lainnya pada proses pembuatan laporan yang masih manual, yang memungkinkan laporan tersebut mudah hilang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi masalah-masalah yang ada pada penginputan laporan, pencetakan laporan secara terkomputerisasi dan pembuatan surat rujukan secara terkomputerisasi. Karena masalah-masalah tersebut, aplikasi pelayanan dan administrasi rumah sakit dibuat berbasispengalaman pengguna , tujuan dari pengalaman pengguna adalah untuk meningkatkan kemudahan pengguna selama proses desain, dalam konteks ini adalah penggunaan dari suatu sistem informasi agar aplikasi yang dibuat sesuai dengan keinginan pengguna dan memudahkan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian data yang berupa studi literatur, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah aplikasi pelayanan dan administrasi rumah sakit menggunakan sistem berbasis pengalaman pengguna dimana aplikasi tersebut memudahkan pengguna dalam memproses data dan menyediakan penyimpanan data yang lebih baik.
APLIKASI PENGAJUAN CUTI KARYAWAN PT. ELITE PERMAI METAL WORKS BERBASIS WEB Bahrody, Arga Shanca; Radiyah, Ummu; Hidayatulloh, Syarif
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pengajuan cuti pada PT. Elite Permai Metal Works masih dilakukan secara manual walaupun divisi personalia tersedia sebagai fasilitas pendukung kerja namun pengarsipan data cuti yang disimpan dalam filing cabinet masih rentan terselip, rusak atau hilang. Komputerisasi sistem merupakan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada sehingga lebih efektif dan efisien sebagai media pelaksanaan cuti, pengolahan, dan penyimpanan data cuti. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi pengajuan cuti karyawan ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall, bahasa pemrograman PHP digunakan untuk membangun sistem berbasis web serta MySQL sebagai media penyimpanan data. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Aplikasi pengajuan cuti karyawan ini dihasilkan untuk dapat mengatasi masalah pengajuan cuti sehingga lebih efektif dan efisien karena pada saat yang sama tidak terbatas waktu dan tempat dapat dilihat dan disetujui oleh atasan. Penyimpanan data yang teratur, aman dan memberi kemudahan dalam proses pencarian data serta dapat meminimalkan kesalahan yang biasanya terjadi dalam sistem manual.
PENGARUH DOMPET ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS RAHARJA Kusuuma, Verham Teguh
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-Wallet atau dalam bahasa Indonesianya adalah dompet elektronik yang merupakan jenis pembayaran elektronik menggunakan media  smartphone. Akhir-akhir ini, e-wallet menjadi bagian dari gaya hidup Mahasiswa di Universitas Raharja dalam berbagai kegiatan transaksi keseharian di toko kelontong hingga mall atau bahkan dalam aplikasi e-wallet itu sendiri. Salah satu produk e-wallet yang mendapatkan gelar Unicorn di Indonesia adalah OVO (PT. Visionet Internasional). Perusahan PT. Visionet Internasional adalah salah satu perusahaan pembayaran terbesar di Indonesia, yang memiliki produk dompet elektronik, bernama OVO. Merek OVO telah mendapatkan persetujuan secara resmi oleh Bank Indonesia pada 7 Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsumtif terhadap Mahasiswa di Universitas Raharja dalam menggunakan e-wallet pada kesehariannya. Dengan metode penelitian menggunakan kuisioner melalui Google Form dengan kuantitas sampel secara acak sebanyak 50 Mahasiswa Aktif di Universitas Raharja. Data tersebut dapat menjadi landasan ide untuk mengembangkan produk selanjutnya yang sesuai dengan kebutuhan konsumen berdasarkan data mengenai gaya hidup di era digital terhadap pemanfaatan atau penggunaan e-wallet dalam transaksi keseharian Mahasiswa di Universitas Raharja.
SISTEM INFORMASI E_HELPDESK IT BERBASIS WEB PADA BANK BRI KC TANAH ABANG (studi kasus pada Bank BRI Supervisi KC Tanah Abang) Rais, Fitri Latifah; Hasannudin, Andi
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi E_Helpdesk memiliki peranan yang sangat penting dalam menjamin ketersediaan dan kualitas layanan teknologi informasi (TI) pada suatu organisasi atau perusahaan. Sistem pelaporan kerusakan perangkat IT dan E-Channel pada BRI Supervisi KC Tanah Abang saat ini hanya menggunakan telepon dan aplikasi android yaitu WhatsApp. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancang Sistem Informasi Helpdesk IT Berbasis Web dengan menggunakan metode prototipe dimana metode ini user dan pengembang berkomunikasi dari awal rancangan sampai evaluasi sistem bersama-sama . Dengan adanya Sistem Informasi Helpdesk IT Berbasis Web ini maka diharapkan dapat membantu pekerja BRI Supervisi KC Tanah Abang dalam proses pelaporan kerusakan perangkat IT dan E-Channel menjadi lebih baik dan lebih cepat. dapat mengontrol semua pekerjaan IT dalam suatu permasalahan yang berkaitan dengan perangkat Informasi Teknologi, dapat membantu menyusun laporan pekerjaan staff IT, dapat membantu pihak manajemen mengambil keputusan dengan melihat suatu masalah yang berkaitan dengan Informasi Teknologi.Kata Kunci: Helpdesk, Ticketing, Monitoring, Sistem Informasi
ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE SHOPEE DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS: PELANGGAN SHOPEE DI KOTA TANGERANG 2020) Sabila, Adinda Rizki; Kusumaningrum, Lia
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-commerce (jual beli online) berbasis aplikasi mobile  maupun website sudah berkembang di Indonesia, salah satunya Shopee. Sebagai platform e-commerce Singapura yang bernaung dibawah Sea Group, pertama kali diluncurkan tahun 2015 dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Brasil. Sebagai marketplace Shopee berhadapan dengan sejumlah kompetitor sehingga mau tidak mau harus cepat dalam mengalami perubahan. Agar dapat bertahan di ruang lingkup e-commerce, setidaknya tidak mengalami akuisisi atau merger. Dan juga dalam memenuhi kebutuhan para pelanggannya masih terdapat masalah dan keluhan pelanggan terhadap kualitas layanan e-commerce Shopee seperti tidak kesesuaian barang dengan spesifikasi yang diinginkan pelanggan, lambatnya respon penjual untuk membantu pelanggan dalam memberikan pelayanan. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan pengukuran kualitas layanan e-commerce menggunakan metode e-servqual yang berfokus pada lima dimensi, yaitu efisiensi, reliabilitas, responsiveness, fulfillment dan kontak. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui kualitas layanan e-commerce Shopee dan  mengetahui atribut mana yg menerima prioritas primer dalam perbaikan. Sampel yg dipergunakan pada penelitian ini responden pengguna Shopee yang terdapat pada Kota Tangerang. Kata kunci: e-commerce, e-servqual, kualitas layanan, Shopee
Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Membership pada Laras GYM Fadillah, Ahmad; Yulistyanti, Dwi; Sunarmintyastuti, Lies
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.16 No.2 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laras Gym adalah tempat yang bergerak dalam bidang kesehatan. dalam pelaksaan kegiatan seluruh administrasi masih dilakukan secara manual, seperti pembayaran, penginputan data member serta laporan bulanan datamember yang datang bagi para pengguna setia Laras Gym. Sumber daya manusia yang kompeten juga sangat berpengaruh terhadap berkembangnya suatu teknologi. Berdasarkan pada latar belakang dapat merumuskanmasalah adalah Bagaimana merancang sebuah aplikasi penyewaan pada laras gym agar dapat memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia lebih kompeten dan efektif. Bagaimana membuat media penyimpanan dataagar data member dan transakasi penyewaan dapat di laporkan secara akurat dan tepat waktu. Metode pengumpulan data meliputi data sekunder (observasi, dokumentasi, studi keperpustakaan) dan data primer. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan Sistem penginputan data member adalah aplikasi NetBeans, Xampp, iReport dan MySql sebagai databasenya. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang sistem yang teraplikasi sehingga memudahkan pemilik dalam proses penginputan data. Mendeskripsikan aplikasi penyewaan pada larasgym agar dapat memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia lebih kompeten dan efektif. Mengidentifikasikan media penyimpanan data agar data member dan transakasi penyewaan dapat di laporkan secara akurat dan tepat waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 6