cover
Contact Name
Himawan
Contact Email
himawan@i-tech.ac.id
Phone
+6281519986607
Journal Mail Official
himawan@i-tech.ac.id
Editorial Address
Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JI-Tech
ISSN : 18583938     EISSN : 2721284X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal JI-Tech merupakan terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh LPPM STTI NIIT dan terbit 2 kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember). Ruang lingkup publikasi yang akan diterbitkan dalam jurnal JI-Tech adalah Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Komputer, Aplikasi Mobile, Big Data dan Data Mining, Business Intelligence.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)" : 6 Documents clear
Rancangan Sistem Aplikasi Pelayanan Penduduk Pada Rt.011 Rw.03 Kelurahan Gedong Berbasis Java Netbeans Rauffan, Dio Try
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rukun Tetangga (RT) adalah organisasi yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan penduduk yang ditetapkan oleh pemerintah desa atau Lurah. Dalam suatu organisasi kependudukan, pendataan penduduk sangat penting dilakukan guna menyimpan data penting para penduduk yang tinggal di RT/RW tersebut sebagai sistem informasi dan untuk menerapkan sistem pelayanan penduduk. Namun RT.011 RW.03 Kelurahan Gedong masih melakukan pelayanan penduduk secara manual dan belum terkomputerisasi sama sekali. Maka solusi yang diperlukan untuk mengubah metode sistem pelayanan penduduk RT.011 RW.03 Kelurahan Geding ini, yaitu dengan membuat rancangan sistem aplikasi pelayanan penduduk yang dapat menggantikan metode pembukuan/arsip menjadi sebuah sistem yang lebih terkomputerisasi, agar pelayanan penduduk yang diberikan menjadi lebih efektif, cepat, terkonsep dan up to date. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dalam langkah-langkah pengembangan sistem pelayanan penduduk ini, peneliti menggunakan metodelogi pengembangan waterfall, sehingga penulis dapat menentukan masalah yang terjadi, mengumpulkan data apa saja yang dibutuhkan secara lengkap, melakukan analisis terhadap masalah yang terjadi dengan data yang terkumpul, melakukan perancangan sistem, dan membuat laporan akhir terhadap penelitian ini. Sistem aplikasi pelayanan penduduk ini di rancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans dengan menggunakan MYSQL sebagai database.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN KAS DI KAMPUNG BABAKAN RW.13 BOGOR Jumantara, Shafwan; Yulistyanti, Dwi; Kencanawaty, Gita
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kas merupakan salah satu kegiatan di Kampung Babakan RW.13 kegiatannya meliputi, pencatatan kas masuk, pencatatan kas keluar, simpan kas, dan pinjam kas. Kas masih dicatat secara manual di buku besar, dalam membuat pencatatan di buku besar rentan rusak dan hilang, sehingga beresiko terjadinya kesalahan dalam memasukkan data. Pencarian data membutuhkan waktu lama, mengakibatkan tidak efektif dan efisien dalam melakukan proses pengolahan pencatatan kas. Berdasarkan pada latar belakang dapat merumuskan masalah adalah Bagaimana membuat sistem informasi keuangan yang terkomputerisasi pada Kampung Babakan RW.13. Bagaimana cara menggunakan database sebagai media penyimpanan data pada Kampung Babakan RW.13. Metode pengumpulan data  meliputi data sekunder (observasi, dokumentasi, studi keperpustakaan) dan data primer. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan Sistem informasi adalah aplikasi Netbeans, Xampp, iReport dan MySql sebagai databasenya. Tujuan dari penelitian ini adalah Membuat sistem informasi keuangan yang terkomputerisasi pada Kampung Babakan RW.13. Untuk mengetahui cara menggunakan databe sebagai media penyimpanan data pada Kampung Babakan RW.13.Kata kunci: Perancangan, Sistem Informasi, Keuangan Kas, Kampung Babakan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN BULUTANGKIS DAN FUTSAL PADA GOR BHANTHONG JAKARTA Nurullah, Hadi
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gelanggang Olahraga Bhanthong adalah tempat penyewaan lapangan bulutangkis dan futsal yang berada di Cijantung, Jakarta Timur. Dari survei yang dilakukan, Proses pengelolaan bisnis GOR Bhantong yang dijalankan seperti melakukan penginputan data, melakukan pencarian data, dan pembuatan laporan masih dilakukan secara manual yaitu dengan tulis tangan sehingga belum efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatur penginputan data dalam melakukan booking lapangan dan memberikan informasi terkait jadwal lapangan yang telah dibooking, serta mencatat berbagai transaksi yang dilakukan. Aplikasi ini dikelola oleh operator yaitu penjaga/pengurus lapangan yang bertugas untuk mencatat booking atau penyewaan lapangan, yang dimana operator dapat menggunakannya sebagai tempat penginputan data seperti input data booking, input data pembayaran lapangan, input data member, serta pembuatan laporan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dalam langkah-langkah pengembangan sistem penyewaan ini, peneliti menggunakan metodelogi pengembangan waterfall, sehingga penulis dapat menentukan masalah yang terjadi, mengumpulkan data apa saja yang dibutuhkan secara lengkap, melakukan analisis terhadap masalah yang terjadi dengan data yang terkumpul, melakukan perancangan sistem, dan membuat laporan akhir terhadap penelitian ini. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan pemrograman Java Netbeans IDE 8.2 dengan menggunakan MYSQL sebagai database.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Obat pada Apotek Junia Citayam Novianti, Nurafifah
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Apotek Junia adalah suatu usaha yang bergerak di bidang pembelian dan penjualan obat. Dalam suatu sarana pelayanan kefarmasian dibutuhkan suatu pencatatan dalam kegiatan transaksi dan pendataan obat guna meningkatkan kinerja dan memudahkan karyawan dalam mengolah data pembelian dan penjualan obat yang diperlukan untuk proses pembuatan laporan. Namun pada sistem yang sedang berjalan di Apotek Junia saat ini masih bersifat manual yaitu dalam kegiatan transaksi pembelian dan penjualan obat masih digunakannya pencatatan sederhana pada pembukuan sebagai media dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi pengolahan data dan  transaksi obat yang telah terkomputerisasi. Selain itu penulis berharap agar pengguna dapat memahami tujuan dari sistem informasi ini. Penelitian ini dilakukan di Apotek Junia Citayam. Metode penelitian yang digunakan dalam sistem ini adalah metode grounded research pendekatan kualitatif, yaitu metode penelitian yang diperoleh dengan cara mengumpulkan data secara langsung di tempat melalui proses wawancara dengan pemilik apotek, kemudian mengolah dan menganalisis data tersebut serta membuat laporan hasil penelitian. Sistem pembelian dan penjualan ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans dan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Dengan menggunakan aplikasi ini, semua kegiatan pengolahan data obat, transaksi dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat; 2) Memudahkan pegawai dalam menginput data dan transaksi obat sehingga lebih efektif; 3) Pada aplikasi ini pengolahan data dan transaksi di dalamnya telah terkomputerisasi.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUATAN INVOICE PADA PT PBMT ROWASIA BERBASIS DESKTOP Hidayati, Novita; Irfansyah, Puput; Afrizal, Thomas
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Era Globalisasi ini perkembangan teknologi yang pesat merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh siapapun. Hal tersebut di tandai dengan banyaknya komputerisasi sistem guna mempermudah pekerjaan di berbagai aspek. Faktor keamanan, sentralisasi data, keakuratan, keefektifan dan akses mudah merupakan sedikit dari banyaknya hal yang menjadi latar belakang adanya komputerisasi sistem. PT PBMT Rowasia merupakan salah satu perusahaan baru yang bergerak dalam bidang jasa teknologi dan informasi namun belum memiliki program khusus untuk membuat invoice bagi mitra mereka. Saat ini proses pembuatan invoice masih bersifat manual menggunakan Microsoft Excel, penyimpanan data juga masih pada satu komputer saja dan hardcopy sebagai arsip. Tujuan penelitian ini untuk merancang sebuah sistem informasi pembuatan invoice menggunakan metode waterfall untuk analisis kebutuhan sistem sampai pemeliharaan sistem, UML untuk menggambarkan hubungan sistem dengan penggunanya, MySQL untuk membuat database, Java Netbeans untuk membangun sistem yang akan dibuat dan untuk penghubung dari sistem ke database. Hasil sistem yang dibangun nantinya dapat mempermudah dalam proses pendataan, penyimpanan, pencarian maupun pembuatan invoice yang diperlukan dan dapat membantu kinerja bagian keuangan menjadi lebih baik lagi.
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENJUALAN PADA TOKO SEPATU BTZG mustofa, rachmad
JI-Tech Jurnal JI-Tech Vol.17 No.2 (2021)
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

perancangan sistem aplikasi penjualan pada toko sepatu BTZG yang bertujuan untuk memudahkan transaksi dan laporan yang di butuhkan oleh pemilik toko

Page 1 of 1 | Total Record : 6