cover
Contact Name
Muhammad Ulul Albab
Contact Email
stitrsg@gmail.com
Phone
+623139923805
Journal Mail Official
stitrsg@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dermaga Sungaiteluk Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman
ISSN : 26158477     EISSN : 26203057     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
the aim is how to share the idea in all paper into international. Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman, This journal was published by the STIT Raden Santri Gresik Islamic Education Study Program (PAI) twice a year in April and September with the concentration of Islamic Education and Islamic Studies. This journal contains internal papers from the campus as well as external papers from other universities.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020" : 6 Documents clear
Peran Musyrif terhadap Kualitas Pendidikan Santri Umi Salamah; Bulan Purwanto
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran musyrif sangat penting bagi kualitas pendidikan santri karena keberadaan mereka sebagai ujung tombak pesantren. Musyrif didefinisikan sebagai ustadz atau guru di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh yang berfungsi untuk mengendalikan dan membimbing perilaku sehari-hari siswa di asrama yaitu, aspek ibadah, sosial, spiritual, dan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran musyrif, termasuk faktor pendukung dan penghambat, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berpengaruh terhadap peningkatan lembaga dan kualitas pendidikan santri. Penelitian kualitatif ini, berlangsung di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang, sedangkan datanya dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan data kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuannya adalah untuk menganalisis data yang diperoleh dari objek lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori yang relevan. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa musyrif berperan sebagai orang tua kedua, guru, pemimpin, pembimbing dan panutan bagi siswa. Faktor pendukung terkait dengan dukungan pengasuh, manajemen sekolah asrama, asrama dan infrastruktur yang memadai, serta prospek lulusan. Sementara itu, kurangnya perhatian wali santri, sumber daya manusia, dana anggaran dan masalah siswa berkontribusi pada faktor penghambat. Dapat disimpulkan bahwa peran musyrif di Pondok Pesantren Bahrul Mahgfiroh sangat menentukan keberhasilan santri, terutama dalam hal kualitas pendidikan.
Kegiatan Keagamaan Dalam Menunjang Pembelajaran PAI Peserta Didik Di SD Yimi Ni’ Matuz Zahroh; Akhmad Khamdani
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran PAI di setiap sekolah memiliki ciri dan akrakteristik tersendiri. Banyak cara dan aktivitas yang dilakukan sekolah untuk mendukung ketuntasan pembelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah. Penelitian ini hendak menjabarkan bagiamana kegiatan-kegiatan Keagamaan di sekolah dapat menunjang pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan mengambil obyek penelitian di Sekolah Dasar Yayasan Malik Ibrahim (YIMI) penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan angket. Penelitan ini berupaya menjawab pertanyaan terkait permasalahan 1) pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam menunjang pembelajaran PAI, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan keagamaan, 3) kegiatan keagamaan apa saja yang dapat menunjang pembelajaran PAI di SD YIMI Gresik?
Kecerdasan Spiritual Perspektif Al Qur’an (Telaah Kritis Konsep Kecerdasan Spiritual dalam Surat Luqman Ayat 12-19) Noer Rohma
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas. Orang yang masuk dalam kategori memiliki kecerdasan spiritual biasanya memiliki kepedulian terhadap sesama. Seperti tokoh Islam Luqman Hakim yang selalu mengajarkan kepada anaknya tentang amar ma’ruf nahi munkar. Dalam Al-Quran ada satu surat yang di dalamnya terdapat beberapa aspek kecerdasan spiritual yaitu surat Luqman ayat 12 sampai 19. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, karena data yang diteliti berupa kitab-kitab tafsir dan Al-Quran. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu mencari data tentang pandangan Luqman mengenai aspek kecerdasan spiritual, sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan metode maudlu’i atau tematik dengan membahas ayat Al-Quran sesuai tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Aspek kecerdasan spiritual yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12 sampai 19 memiliki beberapa aspek: a. aspek ruhani: syukur, tidak menyekutukan Allah, amar ma’ruf nahi munkar, sabar. b. aspek biologis: sholat. c. aspek sosial: berbuat baik kepada orang tua, sholat, amar ma’ruf nahi munkar, etika bergaul dengan sesama, 2. Aktualisasi kecerdasan spiritual dalam surat Luqman adalah: a. Melalui rukun Islam, syahadat dan sholat. b. Melalui rukun Iman, Iman kepada Allah dan Iman kepada ketentuan Allah. c. melalui Ihsan, tanggung jawab, sikap disiplin dan peduli.
Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren: Perspektif KH. Abdul Wahid Hasyim Asnawan
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini tentang transformasi pendidikan pesantren merupakan salah satu pendekatan untuk penyelesaian jangka panjang atas berbagai persoalan umat Islam di masa-masa yang akan datang dan diyakini akan melahirkan suatu peradaban Islam yang modern. Moderniasasi pendidikan pesantren ini diharapkan mampu menjawab tantangan yang dihadapi dan yang akan dihadapi di masa-masa yang akan datang, terutama persoalan yang bersangkuatan dengan sumber daya manusia (SDM) yang jauh tertinggal dengan dunia Barat. Mengingat pentingnya transformasi dan merupakan sebuah keniscayaan di dalam hidup ini, maka transformasi pendidikan pesantren sangat penting untuk mendapat perhatian dan penanganan yang serius. Pandangan KH. Abdul Wahid Hasyim memberikan gambaran tetang tranformasi nilai-nilai pendidikan pesantren.
Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Muhammad Zamroji
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

If the quality and responsibility of lecturers increases, the education process will become more qualified. If the quality education process is certainly the result of quality education. Quality education by itself will give birth to quality students as well. The strategy to improve the quality and responsibility of lecturers is to try to fulfill the rights of lecturers and create a management climate in the Higher Education Quality Improvement Strategy where he serves to support his career development. It must be underlined that the responsibility of lecturers is not only to educate Student intellectuals but also how to educate students' spiritual lives. A very noble task, but it's not easy.
Kontribusi Majelis Dzikir Al Khidmah Dalam Meningkatkan Moral Remaja Di Desa Tlogopojok Gresik Tri Cahyono Putro; Ida Rochmawati
Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman Vol. 3 No. 1 (2020): March 2020
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah Raden Santri Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana kegiatan agama dapat meningkatkan moralitas Remaja di Desa Tlogo patut Gresik. Adanya kekhawatiran tentang merosotnya moralitas remaja karena pengaruh lingkungan sedang melanda masyarakat saat ini. Lingkungan yang tidak kondusif ini sering memicu remaja terjerumusa dalam pergaulan yang buruk. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa sebelum adanya Majelis Dzikir Al Khidmah di Desa Tlogo pojok sebagian besar remaja di desa tersebut terjerat dalam pergaulan buruk, minum-minuman keras, menjadi preman, dan membentuk genk-genk. Setelah Majelis Dzikir Al Khidmah masuk dan mewarnai aktivitas keagmaan desa Tlogo Pojok secara berangsur-angsur, remaja di desa tersebut mulai mengikuti kegiatan Majelis Dzikir dan meninggalkan kebiasaan buruk mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif sekaligus untuk memperdalam analisis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6