cover
Contact Name
Agung Dwi Hangoro
Contact Email
agung@politeknikmuhpkl.ac.id
Phone
+6285641317585
Journal Mail Official
agung@politeknikmuhpkl.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.10, Gardu, Gejlig, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah 51161
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 25986198     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi makalah hasil penelitian dalam bidang teknik dan permesinan yang mencakup mesin otomotif, mesin industri, dan Teknologi Tepat guna. Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, terbit secara berkala, dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Oktober dan April
Articles 32 Documents
PEMBUATAN STAND REM CAKRAM PADA MINI TRUCK DENGAN MESIN PENGGERAK DIESEL 5 PK Pujiono, Akhmad
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.579 KB)

Abstract

ABSTRACT The brakes have a very important role in vehicle engineering and transport engineering for security and safety in driving. Brakes are designed to reduce the speed (slow) and stop the vehicle or allow parking on a downhill road. This equipment is very important in a vehicle and serves as a guarantee for the safety and safe driving. Given the importance of the brake as in the description and in connection with the project of making the Mini Truck is done by one of my professors, as well as the material of my thesis, I intend to assist in the manufacture of brake systems (in particular brake discs) on the Mini Truck. Where the disc brakes used are disc brakes on the cars of Honda Accord 1981. . Keywords : Disc Brakes, Making Stand, Mini Truck
PEMBUATAN ALAT TAMBAL BAN DALAM ELETRICK DENGAN TEKNOLOGI TIMER OTOMATIS Setiawan, Feri; Budiyono, Budiyono; Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.517 KB)

Abstract

ABSTRACT ??MAKING THE ELECTRICAL EQUIPMENT TIRE AUTOMATIC TIMER WITH AUTO TECHNOLOGY?? This final project aims to increase efficiency in filling the tires in the motorcycle and automobile, the function of making this tool in order to provide a level of convenience and security of the person at the time of application of the patch in the tire. For that it is necessary to modify the tire in a manual tool into the tool patched in elektrick and applies automatic timer technology. The modification process , changing tool patched in the manual is a tool tire elektrick technology with automatic timer begins with creating a framework tire, manufacture cradle for the self-timer and on / off, provision of pamanas electrical, supplying rubber to patch / compound, water reservoir, miserly smooth, providing the glue, and the application of the patch. Performance testing tool elektrick tire technology with automatic timers whole can be done by filling a test tube on a motorcycle or a car, the variables are seen is the result of different patches varying perfectly on time. Keywords: Tools tire, electrick and automatic timer. ABSTRAK ? PEMBUATAN ALAT TAMBAL BAN DALAM ELETRICK DENGAN TEKNOLOGI TIMER OTOMATIS ?. Tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam penambalan ban dalam motor maupun mobil, fungsi dari pembuatan alat ini agar memberikan tingkat kepraktisan dan keamanan bagi seseorang pada saat melakukan proses penambalan ban dalam. Untuk itu maka perlu memodifikasi alat tambal ban dalam manual menjadi alat tambal dalam elektrick dan mengaplikasikannya dalam teknologi timer otomatis. Proses modifikasi diantarannya yaitu, mengubah alat tambal dalam manual menjadi alat tambal ban elektrick dengan teknologi timer otomatis dimulai dengan membuat kerangka tambal ban, pembuatan dudukan untuk timer otomatis dan tombol on/off, penyediaan alat pamanas elektrik, penyediaan karet untuk menambal/kompon, penyadiaan bak penampung air, penyadiaan kikir halus, penyediaan lem, dan proses penambalan. Pengujian kinerja alat tambal ban elektrick dengan teknologi timer otomatis keseluruhan dapat dilakukan dengan cara uji penambalan ban dalam pada motor maupun mobil, variabel yang dilihat adalah hasil penambalan yang sempurna pada waktu yang bervariasi. Kata kunci : Alat tambal ban, elektrick dan timer otomatis.
IDENTIFIKASI SISTEM PENDINGIN PADA MESIN DIESEL MITSUBISHI 100 PS Yulianti, Fina; Budiyono, Budiyono; Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 4. No. 1 April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.228 KB)

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi dunia otomotif begitu sangat cepat, itu semua mendorong manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru. Dalam dunia otomotif, khususnya kendaraan bermotor erat kaitannya dengan manusia, karena kendaraan bermotor merupakan alat transportasi yang paling sering digunakan.Pada kendaraan bermotor terdapat beberapa sistem yang saling berhubungan satu dengan lainnya, salah satunya adalah sistem pendingin, yang berfungsi untuk menjaga atau menstabilkan sushu mesin agar selalu pada temperatur kerja. Penulisan laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi troubleshooting pada sistem pendingin beserta cara mengatasinya pada mesin diesel Mitsubishi 100 PS. Proses yang dilakukan diantaranya adalah pembongkaran komponen-koomponen sistem pendingin, seperti radiator, selang radiator, thermostat, water jacket dan water pump. Kemudian dilanjut pada proses pemeriksaan kommponen untuk mengetahui kondisinya apakah menjadi salah satu penyebab terjadinya troubleshooting sistem pendingin. Pada hasil pemeriksaan yang telah dilakukan bahwa, sistem pendingin mesin diesel Mitsubishi 100 PS dalam keadaan baik dan normal, setelah dilakukannya penggantian dibeberapa komponen seperti tutup radiator, dan dilakukan perbaikan pada radiator. Kata kunci : Pendingin, Mesin Diesel, Mitsubishi
OPTIMASI ALAT PENUKAR KALOR DENGAN PEMANFAATAN GAS BUANG PEMBAKARAN KETEL UAP UNTUK PENGERINGAN PAKAIAN Budiyono, Budiyono
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No. 1 Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.744 KB)

Abstract

ABSTRAKSIPotensi energi yang terbuang dari pembakaran  Ketel Uap yang dapat dimanfaatkan untuk proses pengeringan sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas dari hasil ikan yang dikeringkan. Adapun panas yang dihasilkan dari Gas Buang Pembakaran Ketel uap sebesar 250 ?C ? 300 ?C, dimana gas buang yang berasal dari  Ketel Uap tersebut dialirkan ke alat penukar kalor sehingga  Udara panas yang dikeluarkan menuju ke alat pengering mempunyai temperature sebesar 60 0C dan kapasitas dari alat pengering sebesar 36kg/1 jam dan Q= 1098 W dan temperatur  60 oC,Sehingga dilakukan perancangan alat penukar kalor yang dibutuhkan untuk mengalirkan udara panas yang sudah di naikan temperaturnya.Gas buang yang beasal dari PLTD dengan laju aliran massa 2.72 kg/s, perancangan alat penukar kalor dengan tipe cangkang and pipa,dimana aliran panas gas buang melalui shell.dan udara melalui pipa.Kata kunci : gas buang, laju aliran massa, cangkang dan pipa
ANALISA PERFORMA MESIN DAN KADAR EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MEMANFAATKAN BIOETANOL DARI BAHAN BAKU SINGKONG SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF CAMPURAN PERTALITE Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.517 KB)

Abstract

Abstrak Bahan bakar fosil saat ini keberadaannya semakin langka, dan diperlukan langkah-langkah pencarian bahan bakar alternatif yang layak untuk menggantikan bahan bakar minyak, terutama bensin, yang kebutuhannya sangat banyak untuk kendaraan bermotor. Salah satu bahan bakar alternatif pengganti bensin adalah bioetanol (BE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana performa mesin dan kadar emisi gas buang kendaraan dari variasi jenis busi yang paling optimal dengan menggunakan bahan bakar campuran bioetanol dari bahan baku singkong. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar bioetanol, daya dan torsi yang dihasilkan dari mesin semakin meningkat seiring meningkatnya kadar bioetanol dalam campuran bahan bakar. Lalu pada konsumsi bahan bakar semakin hemat dengan menggunakan bahan bakar BE 30%, hal ini didasarkan jarak tempuh dengan memakai bahan bakar BE 30% lebih jauh dari pada memakai bahan bakar pertalite 100%. Sedangkan hasil emisi gas buang pada kendaraan menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar bioetanol emisi gas buang yang dihasilkan semakin menurun seiring meningkatnya kadar bioetanol dalam campuran bahan bakar dari pada emisi gas buang yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar pertalite 100%. Dan dibuktikan melalui metode analisa data statistik dengan Varian ANOVA satu jalan (Uji F) untuk daya, torsi dan kadar emisi HC, didapat nilai F hitung < F tabel, maka Ho diterima, sehingga hasil dari setiap variasi bahan bakar tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun untuk kadar CO, didapat nilai F hitung > F tabel, maka Ho ditolak, sehingga hasil dari setiap variasi bahan bakar ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Bioetanol, Singkong, Performa Mesin, Emisi Gas Buang
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN MESIN HONDA ACCORD TAHUN 1979 Purnomo, Bambang Edi; Prakasa, Prabawa
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No. 1 Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.664 KB)

Abstract

ABSTRACTMesin Honda Accord 1979 merupakan suatu sistem yang bergerak, Dimana sistem tersebut terdiri dari beberapa sub-sub sistem antara lain mekanik penggerak, kelistrikan, bahan bakar, pelumasan dan lain-lainnya.Pada bagian karter terdapat komponen yang merupakan suatu sistem dalam mengatur sirkulasi pelumas, yang disebut sebagai sistem pelumasan beberapa diantara komponen-komponen tersebut yaitu pompa oli, karter, strainer, dan lain-lain.Penggunaan oli yang berkualitas dan perawatan mesin secara teratur dapat menghindari kerusakan maupun keausan pada komponen, sehingga kendaraan bisa berumur panjang. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen sistem pelumasan gantilah komponen tersebut dengan spare part yang asli.
ANALISIS STATIS UNTUK MODIFIKASI OUTER FRONT DOOR MOBIL ESEMKA RAJAWALI 2 Sarwoko, Sri Wahyu
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.602 KB)

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan engineering drawing outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 dengan mengunakan metode reverse engineering. Alat yang diguanakan dalam metode reverse engineering ini adalah mesin ukur koordinat 3D manual dan kamera digital, berfokus pada komponen outer front door. Data koordinat X, Y, dan Z dari mesin ukur koordinat 3D manual dan data yang di dapat dari kamera digital yang berupa foto diolah dengan perangkat lunak solidwoks menjadi engineering drawing kemudian dibandingkan ukurannya dengan menghasilkan selisih ukuran dengan rata ? rata 1,52 mm. Bentuk surface dari outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 yang sederhana bisa menghasilkan selisih ukuran yang kecil. Analisis statis dilakukan pada surface outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 dengan mengunakan perangkat lunak solidworks dengan memberikan pembebanan sebesar 950 kg atau 9500 N, material yang digunakan alloy steel dengan ketebalan 0,8mm untuk mendapatkan desain ulang outer front door yang mempunyai deformasi paling kecil. Hasil desain ulang outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 ini didapatkan hasil deformasi sebesar . 3,32 mm yang jauh lebih kecil dibandingkan hasil deformasi yang terjadi pada desain awal outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 yaitu sebesar 17,99 mm. Kata Kunci: reverse engineering, engineering drawing, outer front door, surface, mobil esemka, mesin ukur koordinat 3D manual. ABSTRACT The objective of the research was to find out the engineering drawing outer front door of Esemka Rajawali 2 Car by using reverse engineering method. The devices used in this reverse engineering method were the manual of 3D coordinate measurement machine and digital camera, focused on outer front door component. The coordinate data of X, Y, and Z from the manual of 3D coordinate measurement machine and the data acquired from the digital camera in the form of pictures were analyzed with solidwok software was changed into engineering drawing and then its size was compared with the result of average size difference of 1,52 mm. The simple surface form of the Esemka Rajawali 2 Car outer front door can produce a little size difference. Static analysis was conducted on Esemka Rajawali 2 Car surface outer front door employing solidwok software by giving the weight of 950kg or 9500N. Meanwwhile, the material used was alloysteel with the thickness of 0,8mm in order to get the modification of outer front door with the smallest deformation. The result of Esemka Rajawali 2 Car outer front door?s modification was 3,32 mm in which it was way smaller compared with the deformation of the Esemka Rajawali 2 Car outer front door?s original design, that was 17,99 mm. Keywords: reverse engineering, engineering drawing, outer front door, surface, esemka car, manual of 3D coordinate measurement machine
RANCANG BANGUN MESIN PENCACAH NANGKA MUDA SEBAGAI BAHAN DASAR UNTUK MEMBUAT MEGONO Anam, Khoirul; Supriyanto, Eriq
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.763 KB)

Abstract

ABSTRACT This plan aims to (1) resulted in the design and construction working drawings thrasher young jackfruit strong, sturdy, safe, and efficient. (2) Getting the results of a performance test Counting Machines young jackfruit better. (3) Getting the calculation analysis Counting Machines Nangka Muda. Three formulation of the problem posed and the third related to planning purposes. The process of designing thrasher young jackfruit is conducted in stages, namely planning and calculation. Analysis techniques include the analysis of power, torque occurring on the shaft and frame construction. Propulsion thrasher young jackfruit is planned to use two electric motors that are tailored to the ability of the electrical power for SMEs which is estimated to average about 900 to 1300 watts. The results of the design produces thrasher young jackfruit with the specifications of length 460 mm, width 360 mm and height 460 mm weight 25 kg. The production capacity thrasher young jackfruit 12 kg / hour. Source of propulsion engine is air-power electric motor of 120 watts and 135 watts with a round of 7500 rpm and 1400 rpm. The power transfer system using a V-belt with a shaft diameter of 12 mm. Frame construction made of angled profiles 30x30mmx2 mm with material St 42 and casing using eyser plate with a thickness of 0.8 mm. Cost is issued to make thrasher young jackfruit is Rp 803,000. Indications of damage that can happen to a thrasher, among others: (1) The chopper blades were in direct contact with the workpiece to be blunt it is necessary to re-sharpening. (2) bearings are subjected to loads on the shaft rotation can occur hilarity. (3) electric motor which imposed exceeds the ability to work, will experience the heat, (4) the belt is experiencing gravity and friction will be loosened and wear. Keywords: Power Analysis, Production Capacity, Construction Frame, Economic Efficiency
TROUBLE SHOOTING SISTEM PENGISIAN PADA MESIN GRANDMAX DAN CARA MENGATASINYA Wicaksono, Bayu; Budiyono, Budiyono; Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 4. No. 1 April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.917 KB)

Abstract

Abstrak Kendaraan merupakan alat transportasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Dalam sebuah kendaraan terdapat beberapa sistem penunjang sebagai pendukung kerja dari kendaraan tersebut. Sistem penunjang tersebut diantaranya adalah sistem pengisian. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui komponen dan fungsi komponen, mengetahui spesifikasi dan dapat memahami cara kerja dari sistem pengisian mesin Daihatsu Grandmax. Dalam Pelaksanaan tugas akhir ini dibagi menjadi beberapa proses diantaranya : pembongkaran, pemeriksaan, dan pemasangan. Dalam proses pembongakaran komponen sistem pengisian ini dilakukan dengan cara melepaskan bagian-bagian alternator terlebih dahulu, kemudian lepaskan komponen-komponen alternator seperti rotor, stator, IC regulator, dioda, sikat arang, drive belt dan pully tersebut. Jika sudah terlepas semua komponen dari alternator kita lanjutkan ke pemeriksaan semua komponen dan mengidentifikasi terhadap troubleshooting yang mungkin terjadi pada komponen sistem pengisian. Dan satu lagi perawatan dalam sistem pengisian ini jangan disepelekan karena hal ini dapat memicu terjadinya sistem pengisian gagal berkerja. Hasil dari identifikasi troubleshooting yang saya lakukan tidak terdapat kerusakaan di dalam sistem pengisian, semua komponen masih bagus dan masih layak untuk di pakai didalam sistem pengisian. Dan lakukanlah perawatan untuk mencegah kerusakan sistem pengisian. Kata kunci : Troubleshooting, Sistem Pengisian, Daihatsu GrandMax
ANALISA GANGGUAN SISTEM PENDINGIN PADA MESIN AVANZA 1300 CC Musa, Musa; Budiyono, Budiyono; Feriansah, Arif
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 4. No. 1 April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.872 KB)

Abstract

ABSTRAK Transportasi adalah sarana bagi manusia untuk memindahkan sesuatu, baik manusia atau benda dari satu tempat ke tempat lain, dengan ataupun tanpa mempergunakan alat bantu. Mobil dapat bergerak karena mempunyai tenaga. Sumbernya berasal dari tenaga panas hasil pembakaran bahan bakar di dalam silinder yang diubah menjadi kerja mekanik. Apabila keadaan ini tidak mendapatkan pendinginan yang baik, maka suhu pembakaran ini akan mempengaruhi suhu kerja mesin secara keseluruhan. Tujuan Tugas Akhir agar mahasiswa dapat mengetahui cara mengidentifikasi, melakukan langkah perbaikan dan mengetahui cara kerja sistem pendingin Toyota Avanza. Pada sistem pendingin mesin Toyota Avanza beberapa komponen yang bekerja antara lain: radiator, water pump, tutup radiator, thermostat, kipas elektrik, selang - selang karet dan penjepit, serta reservoir tank. Dari hasil pemeriksaan komponen pada sistem pendingin Toyota Avanza dalam kondisi baik.

Page 1 of 4 | Total Record : 32