cover
Contact Name
Agung Dwi Hangoro
Contact Email
agung@politeknikmuhpkl.ac.id
Phone
+6285641317585
Journal Mail Official
agung@politeknikmuhpkl.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.10, Gardu, Gejlig, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah 51161
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 25986198     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi makalah hasil penelitian dalam bidang teknik dan permesinan yang mencakup mesin otomotif, mesin industri, dan Teknologi Tepat guna. Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, terbit secara berkala, dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Oktober dan April
Articles 32 Documents
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN MESIN HONDA ACCORD TAHUN 1979 Purnomo, Bambang Edi; Prakasa, Prabawa
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No. 1 Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.664 KB)

Abstract

ABSTRACTMesin Honda Accord 1979 merupakan suatu sistem yang bergerak, Dimana sistem tersebut terdiri dari beberapa sub-sub sistem antara lain mekanik penggerak, kelistrikan, bahan bakar, pelumasan dan lain-lainnya.Pada bagian karter terdapat komponen yang merupakan suatu sistem dalam mengatur sirkulasi pelumas, yang disebut sebagai sistem pelumasan beberapa diantara komponen-komponen tersebut yaitu pompa oli, karter, strainer, dan lain-lain.Penggunaan oli yang berkualitas dan perawatan mesin secara teratur dapat menghindari kerusakan maupun keausan pada komponen, sehingga kendaraan bisa berumur panjang. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen sistem pelumasan gantilah komponen tersebut dengan spare part yang asli.
ANALISIS STATIS UNTUK MODIFIKASI OUTER FRONT DOOR MOBIL ESEMKA RAJAWALI 2 Sarwoko, Sri Wahyu
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.602 KB)

Abstract

ABSTRAKSI Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan engineering drawing outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 dengan mengunakan metode reverse engineering. Alat yang diguanakan dalam metode reverse engineering ini adalah mesin ukur koordinat 3D manual dan kamera digital, berfokus pada komponen outer front door. Data koordinat X, Y, dan Z dari mesin ukur koordinat 3D manual dan data yang di dapat dari kamera digital yang berupa foto diolah dengan perangkat lunak solidwoks menjadi engineering drawing kemudian dibandingkan ukurannya dengan menghasilkan selisih ukuran dengan rata ? rata 1,52 mm. Bentuk surface dari outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 yang sederhana bisa menghasilkan selisih ukuran yang kecil. Analisis statis dilakukan pada surface outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 dengan mengunakan perangkat lunak solidworks dengan memberikan pembebanan sebesar 950 kg atau 9500 N, material yang digunakan alloy steel dengan ketebalan 0,8mm untuk mendapatkan desain ulang outer front door yang mempunyai deformasi paling kecil. Hasil desain ulang outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 ini didapatkan hasil deformasi sebesar . 3,32 mm yang jauh lebih kecil dibandingkan hasil deformasi yang terjadi pada desain awal outer front door Mobil Esemka Rajawali 2 yaitu sebesar 17,99 mm. Kata Kunci: reverse engineering, engineering drawing, outer front door, surface, mobil esemka, mesin ukur koordinat 3D manual. ABSTRACT The objective of the research was to find out the engineering drawing outer front door of Esemka Rajawali 2 Car by using reverse engineering method. The devices used in this reverse engineering method were the manual of 3D coordinate measurement machine and digital camera, focused on outer front door component. The coordinate data of X, Y, and Z from the manual of 3D coordinate measurement machine and the data acquired from the digital camera in the form of pictures were analyzed with solidwok software was changed into engineering drawing and then its size was compared with the result of average size difference of 1,52 mm. The simple surface form of the Esemka Rajawali 2 Car outer front door can produce a little size difference. Static analysis was conducted on Esemka Rajawali 2 Car surface outer front door employing solidwok software by giving the weight of 950kg or 9500N. Meanwwhile, the material used was alloysteel with the thickness of 0,8mm in order to get the modification of outer front door with the smallest deformation. The result of Esemka Rajawali 2 Car outer front door?s modification was 3,32 mm in which it was way smaller compared with the deformation of the Esemka Rajawali 2 Car outer front door?s original design, that was 17,99 mm. Keywords: reverse engineering, engineering drawing, outer front door, surface, esemka car, manual of 3D coordinate measurement machine
PEMBUATAN ALAT TAMBAL BAN DALAM ELETRICK DENGAN TEKNOLOGI TIMER OTOMATIS Setiawan, Feri; Budiyono, Budiyono; Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.517 KB)

Abstract

ABSTRACT ??MAKING THE ELECTRICAL EQUIPMENT TIRE AUTOMATIC TIMER WITH AUTO TECHNOLOGY?? This final project aims to increase efficiency in filling the tires in the motorcycle and automobile, the function of making this tool in order to provide a level of convenience and security of the person at the time of application of the patch in the tire. For that it is necessary to modify the tire in a manual tool into the tool patched in elektrick and applies automatic timer technology. The modification process , changing tool patched in the manual is a tool tire elektrick technology with automatic timer begins with creating a framework tire, manufacture cradle for the self-timer and on / off, provision of pamanas electrical, supplying rubber to patch / compound, water reservoir, miserly smooth, providing the glue, and the application of the patch. Performance testing tool elektrick tire technology with automatic timers whole can be done by filling a test tube on a motorcycle or a car, the variables are seen is the result of different patches varying perfectly on time. Keywords: Tools tire, electrick and automatic timer. ABSTRAK ? PEMBUATAN ALAT TAMBAL BAN DALAM ELETRICK DENGAN TEKNOLOGI TIMER OTOMATIS ?. Tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam penambalan ban dalam motor maupun mobil, fungsi dari pembuatan alat ini agar memberikan tingkat kepraktisan dan keamanan bagi seseorang pada saat melakukan proses penambalan ban dalam. Untuk itu maka perlu memodifikasi alat tambal ban dalam manual menjadi alat tambal dalam elektrick dan mengaplikasikannya dalam teknologi timer otomatis. Proses modifikasi diantarannya yaitu, mengubah alat tambal dalam manual menjadi alat tambal ban elektrick dengan teknologi timer otomatis dimulai dengan membuat kerangka tambal ban, pembuatan dudukan untuk timer otomatis dan tombol on/off, penyediaan alat pamanas elektrik, penyediaan karet untuk menambal/kompon, penyadiaan bak penampung air, penyadiaan kikir halus, penyediaan lem, dan proses penambalan. Pengujian kinerja alat tambal ban elektrick dengan teknologi timer otomatis keseluruhan dapat dilakukan dengan cara uji penambalan ban dalam pada motor maupun mobil, variabel yang dilihat adalah hasil penambalan yang sempurna pada waktu yang bervariasi. Kata kunci : Alat tambal ban, elektrick dan timer otomatis.
IDENTIFIKASI SISTEM PENDINGIN PADA MESIN DIESEL MITSUBISHI 100 PS Yulianti, Fina; Budiyono, Budiyono; Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 4. No. 1 April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.228 KB)

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi dunia otomotif begitu sangat cepat, itu semua mendorong manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru. Dalam dunia otomotif, khususnya kendaraan bermotor erat kaitannya dengan manusia, karena kendaraan bermotor merupakan alat transportasi yang paling sering digunakan.Pada kendaraan bermotor terdapat beberapa sistem yang saling berhubungan satu dengan lainnya, salah satunya adalah sistem pendingin, yang berfungsi untuk menjaga atau menstabilkan sushu mesin agar selalu pada temperatur kerja. Penulisan laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi troubleshooting pada sistem pendingin beserta cara mengatasinya pada mesin diesel Mitsubishi 100 PS. Proses yang dilakukan diantaranya adalah pembongkaran komponen-koomponen sistem pendingin, seperti radiator, selang radiator, thermostat, water jacket dan water pump. Kemudian dilanjut pada proses pemeriksaan kommponen untuk mengetahui kondisinya apakah menjadi salah satu penyebab terjadinya troubleshooting sistem pendingin. Pada hasil pemeriksaan yang telah dilakukan bahwa, sistem pendingin mesin diesel Mitsubishi 100 PS dalam keadaan baik dan normal, setelah dilakukannya penggantian dibeberapa komponen seperti tutup radiator, dan dilakukan perbaikan pada radiator. Kata kunci : Pendingin, Mesin Diesel, Mitsubishi
OPTIMASI ALAT PENUKAR KALOR DENGAN PEMANFAATAN GAS BUANG PEMBAKARAN KETEL UAP UNTUK PENGERINGAN PAKAIAN Budiyono, Budiyono
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No. 1 Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.744 KB)

Abstract

ABSTRAKSIPotensi energi yang terbuang dari pembakaran  Ketel Uap yang dapat dimanfaatkan untuk proses pengeringan sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas dari hasil ikan yang dikeringkan. Adapun panas yang dihasilkan dari Gas Buang Pembakaran Ketel uap sebesar 250 ?C ? 300 ?C, dimana gas buang yang berasal dari  Ketel Uap tersebut dialirkan ke alat penukar kalor sehingga  Udara panas yang dikeluarkan menuju ke alat pengering mempunyai temperature sebesar 60 0C dan kapasitas dari alat pengering sebesar 36kg/1 jam dan Q= 1098 W dan temperatur  60 oC,Sehingga dilakukan perancangan alat penukar kalor yang dibutuhkan untuk mengalirkan udara panas yang sudah di naikan temperaturnya.Gas buang yang beasal dari PLTD dengan laju aliran massa 2.72 kg/s, perancangan alat penukar kalor dengan tipe cangkang and pipa,dimana aliran panas gas buang melalui shell.dan udara melalui pipa.Kata kunci : gas buang, laju aliran massa, cangkang dan pipa
ANALISA PERFORMA MESIN DAN KADAR EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MEMANFAATKAN BIOETANOL DARI BAHAN BAKU SINGKONG SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF CAMPURAN PERTALITE Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.517 KB)

Abstract

Abstrak Bahan bakar fosil saat ini keberadaannya semakin langka, dan diperlukan langkah-langkah pencarian bahan bakar alternatif yang layak untuk menggantikan bahan bakar minyak, terutama bensin, yang kebutuhannya sangat banyak untuk kendaraan bermotor. Salah satu bahan bakar alternatif pengganti bensin adalah bioetanol (BE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana performa mesin dan kadar emisi gas buang kendaraan dari variasi jenis busi yang paling optimal dengan menggunakan bahan bakar campuran bioetanol dari bahan baku singkong. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar bioetanol, daya dan torsi yang dihasilkan dari mesin semakin meningkat seiring meningkatnya kadar bioetanol dalam campuran bahan bakar. Lalu pada konsumsi bahan bakar semakin hemat dengan menggunakan bahan bakar BE 30%, hal ini didasarkan jarak tempuh dengan memakai bahan bakar BE 30% lebih jauh dari pada memakai bahan bakar pertalite 100%. Sedangkan hasil emisi gas buang pada kendaraan menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar bioetanol emisi gas buang yang dihasilkan semakin menurun seiring meningkatnya kadar bioetanol dalam campuran bahan bakar dari pada emisi gas buang yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar pertalite 100%. Dan dibuktikan melalui metode analisa data statistik dengan Varian ANOVA satu jalan (Uji F) untuk daya, torsi dan kadar emisi HC, didapat nilai F hitung < F tabel, maka Ho diterima, sehingga hasil dari setiap variasi bahan bakar tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun untuk kadar CO, didapat nilai F hitung > F tabel, maka Ho ditolak, sehingga hasil dari setiap variasi bahan bakar ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Bioetanol, Singkong, Performa Mesin, Emisi Gas Buang
PEMBUATAN STAND REM CAKRAM PADA MINI TRUCK DENGAN MESIN PENGGERAK DIESEL 5 PK Pujiono, Akhmad
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.579 KB)

Abstract

ABSTRACT The brakes have a very important role in vehicle engineering and transport engineering for security and safety in driving. Brakes are designed to reduce the speed (slow) and stop the vehicle or allow parking on a downhill road. This equipment is very important in a vehicle and serves as a guarantee for the safety and safe driving. Given the importance of the brake as in the description and in connection with the project of making the Mini Truck is done by one of my professors, as well as the material of my thesis, I intend to assist in the manufacture of brake systems (in particular brake discs) on the Mini Truck. Where the disc brakes used are disc brakes on the cars of Honda Accord 1981. . Keywords : Disc Brakes, Making Stand, Mini Truck
ANALISA DAN CARA MENGATASI GANGGUAN MEKANISME KATUP PADA MESIN DIESEL MITSHUBISHI PS 100 Firmansyah, Firmansyah; Pujiono, Akhmad; Prasetyo, Imam
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 4. No. 1 April 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.5 KB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin cepat di bidang otomotif mendorong manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia otomotif, kendaraan merupakan alat transportasi yang paling sering digunakan. Dalam kendaraan terdapat beberapa system dan mekanisme yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain sebagai pendukung kerja dari kendaraan tersebut. Mekanisme tersebut diantaranya adalah mekanisme katup.Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui komponen yang terdapat pada mekanisme katup beserta fungsi dan cara kerja mekanisme katup Mesin Diesel Mitshubishi PS 100. Dalam pelaksanaan tugas akhir ini dilakukannya identifikasi gangguan mekanisme katup dibagi menjadi beberapa proses diantaranya : pembongkaran dan pemeriksaan. Dalam proses pembongkaran mekanisme katup ini dilakukan terhadap komponen mekanisme katup seperti katup, dudukan katup, penghantar katup, pelatuk, pegas katup, pengangkat katup, poros nok, batang penekan. Kemudian berlanjut ke proses pemeriksaan terhadap komponen tersebut. Untuk mengetahui kondisinya apakah bisa menjadi penyebab gangguan makanisme katup.Hasil dari pemeriksaan tersebut nantinya dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan tentang analisa dan cara mengatasi gangguan mekanisme katup pada Mesin Diesel Mitshubishi PS 100. .Kata kunci :Mekanisme Katup, Mesin Diesel, Mitshubishi PS 100
MODIFIKASI REM TROMOL PADA YAMAHA JUPITER Z MENJADI REM CAKRAM DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI CBS (COMBI BRAKE SYSTEM) Anam, Khoirul; Triswanto, Juweni
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 1 No. 1 Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.026 KB)

Abstract

ABSTRACT Final project aims to improve the function of brake s in older to provide a level of confort and stability for the rider when braking. For those reasons need to modify drum brakes becames discs on a Yamaha Jupiter Z and apply the technologies CBS (Combi Btake System).Modifications process is among other that, changing the drum brake in to brake discs on the rear brake started by making holes for maunting the discs, the maufacture of the base master rear brakes , changing the lever swinging rear brake, the installation disk, the installaton of brake caliper rear, installation of brake hose, filling brake fluid, and bleeding process. This was followed b y applying technologies in to CBS (Combi Brake System) statrting changing the bolt dealer flurida on the master brake front, installation master clutch as a driving motion of the master flurida front towards the rear brake lever, replacing the hose on the front master and clutch master, and bleeding process.Overal brake performance testing can be done by means of a road test, a variable that is visible is the braking distance at varying speedsKeywords: disk brake, modification, test, Yamaha Jupiter Z.
PENGARUH MODIFIKASI NOKEN AS SUZUKI SATRIA F150 MENGGUNAKAN BEARING (NEEDLE ROLLER BEARING) TERHADAP PERUBAHAN TORSI DAN PUNCAK TENAGA (PEAK POWER) Budiyono, Budiyono; Firmansyah, Aditya
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 2 No. 1 April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.547 KB)

Abstract

ABSTRACT This modification aims to make the camshaft Suzuki Satria F150 standards just riveted on journals made from aluminum alloy, this journalized not use material bearing or no possible way so much friction. This modification process using the NTN bearing HK 1616 code before the paired bearing on the four ends of the camshaft first turner to 16 mm previously 22 mm in order to get into the shaft bearing . Holder on the size of the head 22 mm is the same as the size of the outside diameter is 22 mm bearing so it does not need to be changed, at the end of the shaft to the right contrived cover with a diameter of 22 mm as cover camshaft with stand head and given a 3 mm gap for track lubrication.Tests were carried out which changes the torque and peak power (peak power) before and after using the modified bearing by means of a variable dynometer with 5000 rpm to 11000 rpm. Keywordes :Camshaft, Bearing, Torque and Peak power

Page 1 of 4 | Total Record : 32