cover
Contact Name
Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd
Contact Email
jipp_info@unram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipp_info@unram.ac.id
Editorial Address
Mailing Address Jl. Majapahit No. 62 Mataram Principal Contact Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram Jl. Majapahit No. 62 Mataram, Lombok, Indonesia Phone: 082191356473 Email: lalu_muhaimi16@unram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Published by Universitas Mataram
ISSN : 25027069     EISSN : 26208326     DOI : https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.99
Core Subject : Education,
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the field of teaching and learning theories and activities focusing on science education, social science education, linguistics and literature education, language teaching and the like. This journal is published in both printed and online versions. JIPP is in the processes of being accredited and then become a member of cross-reference so that all the articles being published by JIPP will automatically have unique DOI number.
Articles 1,177 Documents
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN SMK NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT Zaenal Abidin; Agus Ramdani; Untung Waluyo
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.01 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.37

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 304. Sampel penelitian berjumlah 46 tenaga kependidikan yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat pengaruh motivasi sebesar 27,7% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat, 2) terdapat pengaruh kepuasan kerja sebesar 13,1% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat, 3) terdapat pengaruh motivasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama sebesar 28,0% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik motivasi dan kepuasan kerja, kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat akan semakin meningkat. Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Tenaga Kependidikan.
Pengaruh Permainan Warna Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kota Mataram I Made Suwasa Astawa
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.761 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v3i1.53

Abstract

Kecerdasan naturalis memiliki peran yang besar dalam kehidupan, tapi tidak diikuti dengan pemberian stimulus yang baik untuk anak. Anak lebih sering dibebankan untuk mengasah kecerdasan intelektual dibanding kecerdasan naturalis. Sehingga rendahnya kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram dimana pada kenyataannya sebagian besar anak suka membuang sampah sembarangan, corat-coret tembok, dan kurang peduli terhadap  lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan warna terhadap kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experiment Design dengan One Group Pre-test and Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah participant observation dimana peneliti juga ikut menjadi pengamat dalam jalannya penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah statistik Non-parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil perhitungan menunjukkan Z hitung ≤ Z table (-2,809 ≤ 1,645) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima,sehingga hipotesis yang berbunyi “ Ada pengaruh permainan warna  terhadap kecerdasan naturalis anak anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram.
Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Perencanaan Administrasi Guru MTs Negeri Di Kota Mataram Tahun 2017 Siti Rubianingsih; Wildan Wildan; Hamidssyukri Hamidssyukri
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.387 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v3i2.25

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala madrasah dengan manajemen administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MTs Negeri di Kota Mataram yang berjumlah 120 guru. Sampel penelitian berjumlah 92 guru yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan tiga tahap pengujian, berupa dua kali uji signifikansi parsial dengan uji t dan sekali uji simultan dengan uji F. Proses uji signifikansi tersebut sebagai bagian secara utuh dari penggunaan analisis regresi linear berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji asumsi klasik serta pemanfaatan parameter lainnya agar tidak menyesatkan dalam proses uji hipotesis dan pengambilan keputusan berdasarkan model yang terbentuk. Temuan dalam penelitian ini bahwa tiga hipotesis yang dirancang diterima, seluruh pengujiannya berada pada kriteria Ha diterima. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 18,90%, artinya bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas, maka perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik, 2) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala Madrasah dengan dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 10,56%, artinya bahwa semakin meningkat kepemimpinan kepala Madrasah, perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik, 3) terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan kepemimpinan kepala Madrasah secara bersama-sama dengan perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram dengan kontribusi sebesar 28,19%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas dan semakin baiknya kepemimpinan kepala Madrasah, maka perencanaan administrasi guru MTs Negeri di Kota Mataram juga semakin baik.
KONTRIBUSI PARTISIPASI ORANGTUA DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR GUGUS 01 KECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM Dian Yanuartri; A. Wahab Jufri; Muhammad Zulfikar Syuaib
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1218.35 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v1i1.8

Abstract

ABSTRAK: Mutu pendidikan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru. Sekolah dan masyarakat merupakan dua kelompok yang tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi partisipasi orangtua dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. (3) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada kontribusi positif partisipasi orangtua dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 86,5%. (2) Ada kontribusi positif kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 30,5%. (3) Ada kontribusi positif partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus 01 Kecamatan Ampenan yakni sebesar 86,5%. Dengan terbukti adanya hubungan yang positif partisipasi orangtua dan kompetensi sosial guru dengan mutu pendidikan memberikan masukan bahwa kerja sama orangtua dan sekolah sangatlah penting demi mencapai mutu pendidikan yang sesuai dengan harapan. Kata kunci: partisipasi orangtua, kompetensi sosial guru, mutu pendidikan
Sociolinguistic Variation in Learners’ Classroom Discourse Syahdan Syahdan; Lalu Muhaimi; M. Fadjri; Untung Waluyo
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Mei
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.878 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v4i1.80

Abstract

Abstract : This study investigates the use of the sociolinguistic variation in classroom discourse by learners of English as a foreign language. By using qualitative descriptive method, this study finds out that (a) sociolinguistic variation tends to be used more in informal speech than in formal settings; (b) higher English proficiency and frequent interaction with peers in the classroom and with native speakers of English promote the appropriate contextual usage of sociolinguistic variation; and (c) females tend to adopt more formal language style than males. This study also finds that learners’ patterns of sociolinguistic variation closely follow those of their teachers and textbooks, suggesting the necessity of explicit instruction in sociolinguistic variants in classrooms.Keywords : sociolinguistics; sociolinguistic variation; inter-language; language acquisition.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PADA MATERI SEL DI SMA YOS SUDARSO METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Rasuane Noor; Agus Sujarwanta; Dewi Pribadi
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2020): Mei
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.849 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v5i1.99

Abstract

Abstrak: Penilaian terhadap hasil belajar psikomotor peserta didik dibuat dengan memberikan nilai pada setiap butir kegiatan keterampilan yang dilakukan oleh peserta didik melalui serangkaian instrumen psikomotor nontes berupa lembar pengamatan. Instrumen yang dibuat harus memiliki nilai akuntabilitas dengan menggunakan validitas dan reliabilitas.Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan instrumen psikomotor pada materi sel. Metode untuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model Plomp yang terdiri dari 5 (lima) fase. (1) Fase investigasi awal (preliminary investigation), (2) Fase desain (Design), (3) Fase realisasi/konstruksi (realization/construction), (4) Fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation, and revision), (5) Fase implementasi (implementation). Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMA Yos Sudarso Metro kelas XI IPA pada Senin, 08 Januari 2018. Hasil penelitian instrumen hasil belajar psikomotor pada materi sel di SMA Yos Sudarso Metro dianalisis menggunakan aplikasi ANATES uraian versi 4.0.5 untuk menganalisis data uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data instrumen psikomotor yakni berupa analisis deskripsi signifikansi korelasi butir soal dengan skor total instrumen dari soal psikomotor.Hasil penelitian instrumen psikomotor menunjukkan nilai realibilitas tes 0,70 dengan interprestasi “tinggi”.Kata kunci : Pengembangan instrumen, psikomotor, hasil belajar, materi selAbstract: Assessment of result learning psychomotor the student made with to give value on each item skills activities by student through series instrument psychomotor non test form observation sheet. Instrument created must to value accountability by using validity and reliability. The aims of this study to determine feasibility development of result instrument psychomotor on the cell material. This method of the study is research development with development model to use Plomp Model trough the stages of (1) Phase Preliminary Investigation, (2) Phase Design, (3) Phase Realization/ Construction, (4) Phase Test, Evaluation, and Revision, (5) Phase Implementation. This research and development done in high school Yos Sudarso Metro in the class XI IPA on Monday, 08 January 2018. Research result of instrument psychomotor learning on the cell material in high school Yos Sudarso Metro analyzed using the application ANATES description versi 4.0.5 for data analysis small group trials can be conclude that data analysis result instrument psychomotor of description analysis significance correlation item with total instrument score from psychomotor problem. Result of the study showed the value reliability 0,70 with the interpretation of “high”.Keywords : Instrument development, psychomotor, result learning, cell material 
Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21 Annisa Zikri Robbia; Husnul Fuadi
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2020): November
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v5i2.125

Abstract

Pendidikan sains saat ini diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik agar sukses hidup di abad 21. Pendidikan di Indonesia salah satunya jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bertanggung jawab untuk mencetak lulusan yang mempunyai sumber daya manusia berkualitas yang nantinya mampu menjawab tantangan zaman. Hal tersebut mengakibatkan pembangunan literasi siswa-siswi yaitu membaca dan menulis harus diperluas melalui multimedia dan TI (teknologi informasi). Peserta didik harus mampu menghadapi tantangan di era global. Oleh karena itu, cara pembelajaran yang dapat menyiapkan peserta didik berupa multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA di sekolah terutama pada abad 21 ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan cara mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, artikel-artikel, catatan-catatan, dan laporan-laporan dan sumber informasi lainnya yang berkaitan. Data yang diperoleh dari hasil studi literatur tersebut kemudian dikompilasi dan dianalisis berdasarkan kajian tema. Adanya literasi sains dalam pembelajaran, diharapkan peserta didik memiliki kemampuan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep ilmiah, kemampuan dalam mencari atau menentukan jawaban pertanyaan yang berasal dari rasa ingin tahu dari pengalaman sehari-hari, memiliki kemampuan menjelaskan fenomena yang ada, dapat mengindentifikasi masalah-masalah ilmiah dan teknologi informasi. Seorang pendidik dalam mengembangkan literasi sains peserta didiknya untuk meningkatkan: 1) pengetahuan dan penyelidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2) kosa kata lisan dan tertulis yang diperlukan untuk memahami dan berkomunikasi ilmu pengetahuan dan, 3) hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakatKata kunci: Multimedia Interaktif, Pembelajaran IPA, Literasi Sains.
Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Uslan Uslan; Ivo Basri K; Abdul Syahrir Muh
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.306 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v3i1.58

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi perkembangbiakan tumbuhan untuk peserta didik Kelas VIBdi SD Negeri Oeba 3 Kupang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 3-D, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, meliputi: teknik non tes, terdiri atas pengamatan dan penilaian langsung terhadap rancangan perangkat asesmen pembelajaran, pengamatan dan penilaian langsung terhadap keterlaksanaan dari instrumen penilaian yang diberikan dan pemberian angket respon guru untuk mengumpulkan data kelayakan asesmen pembelajaran dan teknik tes memberikan tes butir uraian kepada peserta didik untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat asesmen pembelajaran yang dikembangkan, meliputi RPP, kisi-kisi, rubrik asesmen pembelajaran proyek dan tugas kelompok, lembar angket respon guru, tes butir uraian, lembar observasi keterlaksanaan asesmen pembelajaran proyek, dan lembar kelayakan asesmen pembelajaran proyek. 
IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMK KELAS X Baik Nurul Husna
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2016)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.533 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v1i2.13

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi Permendikbud Kurikulurn 2013 yang berisi aturan pelaksaanaan kurikulum 2013 dalam pelajaran bahasa Indonesia. Permendikbud yang rnenjadi bahan kajian adalah Permendikbud nomor 54 tahun 2013, nomor 64 tahun 2013, nomor 103 tahun 2014, dan nomor 104 tahun 2014. Penelitian ini dilaksanakan pada Guru Bahasa Indonesia Kelas X di SMKN 5 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini rnenggunakan purposive sampling dengan metode wawancara terstruktur dan analisis isi dokumen-dokumen yang relevan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dimulai dengan reduksi data, yaitu pengumpulan data yang berlangsung selama penelitian sampai tahap pelaporan hasil penelitian selesai. Display data atau penyajian data berupa data deskriptif. Hasil penelitian rnengungkapkan bahwa Implernentasi Permendikbud tentang Kurikulurn 2013 pada pembelajaran Bahasaa Indonesia Kelas X di SMKN 5 Matararn pada Permendikbud Nomor 54 dan 64 tahun 2013 sudah sangat baik, Permendikbud nomor 103 dan Permendikbud nomor 104 baik.Kata kunci : Implementasi, Permendikbud, Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR Helmi Astuti; Joni Rokhmat; Sudirman Sudirman
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1647.113 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.42

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi. Metode penlitian yang digunakan adalah kuantitaif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis static deskriptif dan diuji dengan uji normalitas, homogenitas, multicollinearity, dan heteroskedastisitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linieritas sederhana dan uji regresilinieritas ganda. Hasil penelitian pada hipotesis pertama adalah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru yakni thitung =3,784 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar hubungan atau pengaruh interpretasi ® 0,445 dengan determinasi R2 0,198 atau 19,8%. Hipotesis kedua adalah ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru yakni thitung= 4,580 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar hubungan atau pengaruh interpretasi (R) 0,515 dengan determinaso R2 0,266 atau 26,6%. Hipotesis ketiga adalah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Aikmel yakni fhitung 15,959>ftabel 3,16, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Besar hubungan atau pengaruh berada pada kategori “cukup” mengacu pada interpretasi (R) 0,599 dengan determinasi R2 0,359 atau 35,9%. Dapat dikatakan bahwa lingkungan kerja dan motivasi berprestasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.

Page 1 of 118 | Total Record : 1177