cover
Contact Name
Sintia Safrianti
Contact Email
CRMJF3@gmail.com
Phone
+6289676056812
Journal Mail Official
CRMJF3@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Univ Prof.Dr.Hazairin.,SH Bengkulu Jalan Ahmad Yani No 1 Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Creative Research Management Journal
ISSN : -     EISSN : 26211092     DOI : 1032663
Jurnal Ilmiah CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL dikelola dan diterbitkan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unihaz merupakan media publikasi hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis, termasuk aplikasinya, baik marketing, finance, operational, management information system, human resource & strategic. Redaksi menerima tulisan berupa hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan dan jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun. Selanjutnya jurnal ini terbuka bagi masyarakat ilmiah tidak terbatas pada civitas akademika Fakultas Ekonomi Unihaz saja tetapi terbuka bagi dosen, peneliti dari perguruan tinggi lain, dan professional
Articles 86 Documents
PENGARUH IKATAN SOSIAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPERCAYAAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI Juharsah Juharsah; Yusuf Yusuf; Hartini Hartini
Creative Research Management Journal Vol 1 No 2 (2018): December
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.59 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v1i2.628

Abstract

The present research intends to identify and analyze the effects of social bonding on customers loyalty, and analyze the effects of social bonding on customers loyalty with customer trust as a moderating variable. Population is the all customer product deposit of the Bank Sultra Branch Konawe, with a total sample of 100 respondents. Respondents were taken by convenience sampling method. Data is obtained by the questionnaire method. The data is then analyzed by structural equation modeling method using AMOS software version 24.0. Results reveal that; Social bonding has a significant effect on customer loyalty; and customer trust moderates the effect of social bonding on customer loyalty, with a position as a quasi moderator.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN Pakri Fahmi; Karnadi Karnadi
Creative Research Management Journal Vol 2 No 2 (2019): December
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.038 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v2i2.1109

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh net profit margin, price book value dan likuiditas terhadap harga saham. Sifat pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang go-public tahun 2013-2015 yang berjumlah 5 perusahaan. Korelasi ( r ) sebesar 0,898 ,menjelaskan bahwa korelasi variabel net profit margin, price book value dan likuiditas terhadap harga saham adalah sebesar 0,898 yang pada tabel interpretasi berada pada 0,81 – 0,99, sehingga dapat disimpulkan pengaruh atau hubungan dari ketiga variabel independen terhadap variabel dependen adalah tinggi. Koefisien Determinasi sebesar 0,807, yang menunjukkan bahwa 80,7% dari variabel harga saham (HS) dapat disumbangkan dan dijelaskan oleh variabel net profit margin (NPM), price book value (PBV) dan Likuiditas. sedangkan sisanya 19,3% dijelaskan oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil perhitungan uji F menunjukkan bahwa net profit margin,price book value dan likuiditas secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap harga saham (HS) dengan diperoleh F hitung yaitu sebesar 1,390 yang lebih kecil dari F tabelnya 216 dengan signifikan hitung 0,541 < 0,05. Sedangkan perhitungan uji t, nilai signifikansi variabel net profit margin / NPM sebesar 0,897 diatas ? = 0,05 serta t hitung berada pada -0,163 < t tabel 2,570, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel net profit margin / NPM tidak berpengaruh terhadap harga saham. Nilai signifikan variabel price book value / PBV sebesar 0,433 diatas ? = 0,05 dan t hitung berada pada -1,235 < t tabel 2,570, disimpulkan bahwa variabel price book value / PBV tidak berpengaruh terhadap harga saham. Nilai signifikan variabel likuiditas sebesar 0,719 diatas ? = 0,05 dan t hitung berada pada 0,473 < t tabel 2,570, disimpulkan bahwa variabel likuiditas tidak berpengaruh terhadap harga saham.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MOBIL MITSUBISHI PADA PT. LAUTAN BERLIAN UTAMA MOTOR BENGKULU Hermawati Sulaiman
Creative Research Management Journal Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.175 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v1i1.623

Abstract

The purpose of this study was to determine whether design, quality and service had an effect on consumer decisions in buying Mitsubishi cars at PT. Lautan Berlian Utama Motor. In this study the methods used are quantitative analysis and qualitative analysis. The technique of sampling this study was used by accidental sampling. To facilitate the measurement of scores from the questionnaire so that the calculation is correct, then each item is given a score based on the Likert scale. From the multiple linear regression equation it was found that design (X1), quality (X2), and service (X3) had a positive influence on consumer decisions so that buying a Mitsubishi car at PT. Ocean of Berlian Utama Motor Bengkulu.
PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), PRICE EARNING RATIO (PER), DAN BOOK VALUE PER SHARE (BVS) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017 Victoria Monica Rosana; Karnadi Karnadi; Idham Lakoni
Creative Research Management Journal Vol 2 No 1 (2019): June
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.393 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v2i1.848

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), dan Book Value per Share (BVS) baik secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada sektor perbankan yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan yang terdaftar di BEI, sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan sampling purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perbankan. Metode analisis dalam pengujian ini menggunakan analisisi regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ROE dan PER berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan DER dan BVS berpengaruh negativ signifikan terhadap nilai perusahaan. Tetapi secara simultan ROE, DER, PER, dan BVS berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaa
COVER VOL. 2 NO.1 SAMPUL SAMPUL
Creative Research Management Journal Vol 2 No 1 (2019): June
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1164.559 KB)

Abstract

Merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (Unihaz), merupakan media publikasi hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis, termasuk aplikasinya, baik marketing, finance, operational,management information system, human resource & strategic. Redaksi menerima tulisan berupa hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan dan jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun. Selanjutnya jurnal ini terbuka bagi masyarakat ilmiah tidak terbatas pada civitas akademika Fakultas Ekonomi Unihaz saja tetapi terbuka bagi dosen, peneliti dari perguruan tinggi lain, dan professional.
PENGARUH DISIPLIN DAN KEPRIBADIAN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG Deasy Idariany
Creative Research Management Journal Vol 1 No 2 (2018): December
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.712 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v1i2.629

Abstract

This research aim to know Influence of Personality and Dicipline and Dicipline toward Official Performance at Siti Khadijah Hospital’s Palembang. Raised hypothesis (1) Anticipated there are positive and significant influence of Personality toward Official Performance at Siti Khadijah Hospital’s Palembang (2) Anticipated there are positive and significant influence of Dicipline toward Official Performance at Siti Khadijah Hospital’s Palembang (3) Anticipated there are positive and significant influence of Personality and Dicipline toward Official Performance at Siti Khadijah Hospital’s Palembang. This research population is officer at Siti Khadijah Hospital’s Palembang amounting 426 people, sample taken 85 people divice while test drive instrument sample taken 30 people and research sample taken 55 people. Data collected by questionare distribution. This research used descriptive statistic analysis and inferential statistic. The data processing used SPSS Program, 12.0 released. Based on t-test at first hypotesis, t-counting 6,437 with significant degree 0,000 less than 0,05, that Personality positive and siginficant influence toward Official Performance. Second hypotesis, t-counting 7,760 with significant degree 0,000 less than 0,05, that Dicipline positive and siginficant influence toward Official Performance.While third hypotesis,F-test, F-counting 30,385 with significant degree 0,000 less than 0,05, there are positive and siginficant influence of Personality and Dicipline toward Official Performance at Siti Khadijah Hospital’s Palembang. Result of analysis data there are correlation (R) between Personality and Official Performance are 0,662 and coefficient determination (R-sequare) 0,439. Correlation (R) value between Dicipline and Official Performance are 0,729 and coefficient determination (R-sequare) 0,532. Multiple correlation between Personality and Dicipline by simultan 0,734 and coefficient determination (R-sequare) 0,539. R-sequare 0, 539, meaning that 53,90% Official Performance at Siti Khadijah Hospital’s Palembang can be explained by variable personality dan employee dicipline, the rest (46,10%) explained or influenced by another factors like leadership, competency, motivation, and facilities. Double regression egurva was : Ŷ = 12,526 + 0,210X1 + 0,580X2 + e.
REAKSI PASAR MODAL SYARIAH DAN KONVENSIONAL TERHADAP EVENT POLITIK DI BURSA EFEK INDONESIA Idham Lakoni; Melvi Yansi
Creative Research Management Journal Vol 2 No 2 (2019): December
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.782 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v2i2.1112

Abstract

Penelitian ini membahas reaksi pasar modal syariah dan konvensional terhadap event politik di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui reaksi pasar modal syariah dan konvensional Indonesia terhadap event politik di BEI serta menguji perbedaan kinerja saham syariah dengan saham konvensional. Penelitian bersifat diskriptif dan komparatif. Data kuantitatif dengan sumber data sekunder dalam bentuk harian selama bulan April 2019 serta meggunakan metode purvosive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih indeks pembukaan dan penutupan saat menjelang dan setelah pemilu menunjukkan perubahan yang signifikan terutama pada -3 dan +3. Persentase tertinggi sebesar 93,8% sedangkan pergerakan indek terendah terjadi diakhir bulan sebesar 6,3%. Market return selama periode penelitian yakni -8 dan +8 menunjukkan tidak ada volatilitas yang ekstrim. Indek JII sebelum maupun setelah pemilu serentak begitupun untuk ILQ45 menunjukkan ? lebih kecil dari nilai sig atau {0,05 < 0,11} sedangkan IHSG 0,05 > 0,007 artinya terdapat hubungan signifikan compare means paired sample ttes hasil menunjukkan JII thitung ? ttabel atau 4,814 > 2,447 Untuk ILQ45 0,394 < 2,447 maka Ho diterima dan Ha ditolak, jadi tidak ada perbedaan signifikan dan IHSG 1,732 < 2,447 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi Tidak ada perbedaan signifikan indeks IHSG sebelum maupun setelah pemilu serentak (Pileg dan Pilpres)
PENGARUH PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA Idham Lakoni
Creative Research Management Journal Vol 1 No 1 (2018): June
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.334 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v1i1.624

Abstract

Financial reports are important for investors as decision makers to invest their capital in certain issuers, announcements of financial statements can be good news or bad news for investors, so that at the time the financial statements of investors will react to stock prices which can ultimately affect stock returns that will received. This study aims to see differences in stock returns before and after the financial statements are announced, and to see whether the announcement of financial statements affect stock returns on companies that go public on the Indonesia Stock Exchange. This research was conducted by looking at changes in the average return of shares before and after the financial statements were announced. By using the purposive sampling method, a sample of 10 companies were selected on the Indonesia Stock Exchange. The observation period is carried out for 15 days, which is 7 days before the announcement of the financial statements, when the financial statements are announced and 7 days after the announcement of financial statements as of December 31, 2008 and 2009. In 2008 at the beginning of the observation (stock returns tend to be negative towards the announcement date financial reports there is a positive change because the information received by investors is good news as they expected, whereas in 2009 the initial observation of stock returns tended to be positive changes towards the negative approached the announcement of financial statements and returned to positive again after the announcement of financial statements this is because the information obtained by investors is not as good as expected. From the results of the study it can be seen that the announcement of financial statements is considered good news by investors so that it has a positive effect on stock returns, using tables and graphs. see changes in stock returns before and after the financial statements are announced, that is, after the financial statements are announced, stock returns tend to increase more than before the financial statements were announced
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT TERHADAP RESIKO NON PEFORMING LOAN (NPL) (STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI CABANG S. PARMAN BENGKULU) Venny Puspita
Creative Research Management Journal Vol 2 No 1 (2019): June
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.224 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v2i1.851

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey, sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan data skunder di peroleh dari berbagai literature. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif analisis factor. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa ada 20 variabel yang diuji menunjukkan ada 17 variabel dan lima factor yang mempengaruhi pemberian kredit pada Bank Mandiri S Parman Bengkulu yaitu factor Individu Debitur, Factor Kemampuan Debitur, Factor Income, Factor Kekuatan dan Factor Risiko. Sebagai saran, untuk mengurangi risiko tingginya nilai Rasio Non Peforming Loan (NPL) Pihak Pemberi Kredit dalam hal ini Perbankkan harus memahami dasar perkreditan yang sesuai dengan aturan dan kebijakan dalam penyaluran kredit. Pihak perbankkan harus jeli dalam menganalisa tentang calon debitur yang akan meminjam kredit.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI NEGERI DI BANDAR LAMPUNG, PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PENGURUS KOPERASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Liya Ermawati; Ainul Fitri; Muhammad Thoriq
Creative Research Management Journal Vol 2 No 1 (2019): June
Publisher : Universitas Prof. Dr. Hazairin SH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.601 KB) | DOI: 10.32663/crmj.v2i1.853

Abstract

ABSTRACT Banyaknya koperasi yang tidak aktif dalam menjalankan unit koperasi karena diduga masih memiliki kendala pada masalah keuangan.Kebutuhan individu dan produk finansial yang semakin kompleks menuntut para pengurus koperasi untuk memiliki literasi keuangan yang memadai.Individu membutuhkan pengetahuan keuangan dasar serta kemampuan untuk mengelola sumber daya keuangan secara efektif demi kesejahteraan dan perkembangan koperasi yang lebih baik. Kemampuan seseorang dalam menggunakan uang sangat bergantung pada pengetahuan yang dimiliki, semakin baik literasi keuangan yang dimiliki oleh seseorang maka menunjukkan semakin baik perilaku pengelolaan keuangan yang kemudian akan berdampak pada kinerja keuangannya. total keseluruhan sampel berjumlah 50, dengan metode analisis jalur, Analisis jalur digunakan untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas terhadap variabel terikat Berdasarkan hasil pengolahan data diatas dapat diketahui nilai pengaruh langsung antara variable perilaku pengelolaan keuangan terhadap kinerja keuangan adalah sebesar 0.681 sedangkan pengaruh tidak langsung antara variable x1,x2 dan x3 terhadap kinerja keuangan melalui perilaku pengelolaan keuangan sebesar 0.0051 (0.367 x 0.480 x 0.029). dengan membandingkan kedua nilai tersebut dapatdibuktikan bahwa pengaruh variable pengetahuan X1, pemahaman X2, dan penerapan X3 terhadap kinerja keuangan secara langsung lebih kecil dari pada pengaruh variable pengetahuan X1, pemahaman X2dan penerapan X3 terhadap kinerja keuangan Z melalui perilaku pengelolaan keuangan Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku pengelolaan keuangan merupakan intervening bagi literasi keuangan dengan kinerja keuangan seseorang memiliki literasi keuangan yang baik ditambah dengan perilaku dalam mengelola keuangan yang tepat maka orang tersebut dapat dikatakan sejahtera dalam hal keuangannya, Karena dengan seorang pengurus memiliki skill yang baik dalam mengelola keuangannya, pengurus koperasi tersebut akan terhindar dari masalah keuangan sehingga kinerja keuangan koperasi akan tercapai dengan maksimal.