cover
Contact Name
Anni Yudiastuti
Contact Email
akubis@widyakarya.ac.id
Phone
+62341-553171 ext. 110
Journal Mail Official
akubis@widyakarya.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Karya Malang Jln. Bondowoso No. 02, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang 65115
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
ISSN : 25034618     EISSN : 27213099     DOI : 10.37832
Core Subject : Economy,
AKUBIS merupakan jurnal yang memuat artikel hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi serta artikel eksternal (dari luar lingkungan Universitas Katolik Widya Karya) yang memfokuskan pada bidang ekonomi dan bisnis termasuk didalamnya bidang manajemen, akuntansi, perbankan, dan isu-isu lain terkait dengan ekonomi dan bisnis.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGARUH JANUARY EFFECT TERHADAP RETURN SAHAM LQ 45 PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2009 Saiful
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.622 KB)

Abstract

Pasar yang efesien, pasar akan cepat bereaksiterhadap informasi baru yang masuk akan tercapai hargakeseimbangan yang baru. Pada prakteknya, di pasar modalmuncul fenomena yang menunjukan penyimpangan yangbertentangan dengan konsep pasar modal yang efesien(Market Anomaly). Anomali-anomali tersebut antara lain EfekJanuari. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek januari diBursa Efek Indonesia Priode 2006-2009. Penelitian inibersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah datasekunder dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar padaBursa Efek Indonesia (LQ45) selama januari 2006 s.ddesember 2009. Sampel yang diambil sebanyak 16 emitenmelalui sampel purposive. Data analisis dengan analisisRegresi dengan Variabel Dummy.Hasil penelitian melalui ujiregresi variable dummy menunjukan hanya pada bulanoktober mempunyai rata-rata return berbeda lebih kecil daribulan januari dan bulan januari bukan merupakan bulandengan return tertinggi sehingga tidak terbukti adanya efekjanuari.
PERAN SOSIAL MEDIA DALAM PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF REMAJA PEREMPUAN Fitri Anggreni Kusuma
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1027.225 KB)

Abstract

In the modern era, internet users and social mediaincreased substantially. All the information can be easilysearched. Thus, teenage girls can be easily influenced by thelifestyle of contemporary trends while accessing social media. Itis used by many people to sell online. Teenage girls can easilybuy goods or just supporting current lifestyle. The purpose ofthis article is to determine the role of social media in thechanging consumer lifestyle adolescent girls. This article iswritten from the six previous journal within the last 10 years.With the ease of accessing the internet and the ease of socialmedia , young women can easily view the latest trend ofIndonesian artists and foreign artists dann it meimbulkanteenage girls want to keep abreast of current lifestyle . Thisshows that the role of social media in the changing consumerlifestyle teenage girls. Adolescent girls should be taught to usesocial media wisely and to avoid behavior directed konumtif
Masih Efektifkah City Branding terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan Gideon Christopher Hamzah
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.662 KB)

Abstract

Currently, the development of technology andknowledge developed with very fast and unlimited, this makesall forms of information can be easily accessed or in the know.This convenience makes all the people getting interested toknow a variety of new information and also share a variety ofinformation and experience. Similarly happens to the world oftourism, see the greater opportunities that exist to makecompetition in the world tourism is increasingly rapidlydevelops, it can be seen by many different cities who do theactivities of city branding or activities promoting and makingthe city as a tourist destination with a wide range of ways thatprovide a wide range of permissions that facilitate a variety oftourism activities more rapidly evolving improvements, avariety of public facilities and infrastructure, and various otherpromotional way. But in reality not all city branding goes inaccordance with the expectations that existed, in some citytours that the influence of city branding is not running or failed.Yet the number of conceptual research which deals with theeffectiveness of city branding in an increasing number oftourists, as well as to examine theoretically about effectivenesscity branding against an increase in tourists.
EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN REKOMENDASI YANG TEPAT TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA HOTEL XYZ DENGAN METODE COSO FRAMEWORK Chyntia Marcelina Hadi Prayitno
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.984 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahui efektivitas sistem pengendalian internalterhadap penerimaan dan pengeluaran kas pada Hotel XYZMalang dan rekomendasi yang tepat dengan menggunakanmetode COSO framework. Jenis penelitian yang digunakanadalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan datamelalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkanhasil evaluasi yang telah dilakukan, pengendalian internalterhadap sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada HotelXYZ Malang kurang efektif karena perusahaan masih belummemenuhi beberapa komponen COSO antara lain lingkunganpengendalian, aktivitas pengendalian, pengawasan kinerja.Akibat dari permasalahan tersebut memungkinkan terjadiketidakjelasan kedudukan dan koordinasi oleh posisi yangtidak tercantum, karyawan tidak mengerti tugas dantanggung jawab secara jelas dan terperinci, departemen frontoffice tidak memiliki dokumen guest folio sebagai arsip,terjadi kecurangan, manipulasi dan penggelapan asetperusahaan oleh karyawan yang tidak bertanggungjawab,tidak ada pertanggungjawaban oleh pihak manajemen kepadaowner, tidak ada kepastian dan penilaian kinerja setiapkaryawan berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan, fungsipurchasing tidak memiliki dokumen advance form sebagaiarsip. Perusahaan perlu melakukan perbaikan strukturorganisasi, membagikan job description secara tertulis,menambah dokumen pada departemen front office,melakukan pemisahan dan penambahan karyawan,mengadakan otorisasi terhadap laporan keuangan, mengisiposisi general manager dan general secretary yang kosong,memperbaiki sistem dan prosedur pengeluaran kas melaluidana kas kecil.
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, INSTITUSI DAN KELUARGA TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI Christian Timotius Peilouw; Galuh Budi Astuti
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.029 KB)

Abstract

This research is an explanatory research, intendingto find the effect of share ownership by management,institutions, and families, on debt policy which use agencytheory, with variables of profitability intervening. The studypopulation is the IDX companies other than banks andfinance, which were registered in the 2015-2016 period. Thesampling technique used purposive sampling so as many as330 companies were obtained. Data analysis technique usedis Partial Least Squares (PLS) by testing the hypothesisstatistically.The result is there is no effect of management ownership onprofitability, there is an influence of management ownershipon debt policy, there is an influence of institutionalownership on profitability, there is no effect of institutionalownership on debt policy, there is no influence of familyownership on profitability, there is no influence of ownershipof family ownership on debt policy , there is an effect ofprofitability on debt policy, there is no effect of managementownership on debt policy through profitability, there is aninfluence of institutional ownership on debt policy throughprofitability, there is no influence of family ownership ondebt policy through profitability.
INTELLECTUAL CAPITAL, CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN Lis Lestari Sukartiningsih; Novilia Kareja
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.958 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruhintellectual capital dan corporate governance terhadap kinerjaperusahaan. Penelitian ini merupakan bentuk penelitianeksplanatori yang menggunakan perusahaan manufakturyang terdaftar di BEI sebagai objek penelitian. Penelitian inimenggunakan pendekatan Partial Least Square di mana setiapvariabel dalam penelitian ini merupakan variabel laten.Muatan untuk intellectual capital terdiri atas human capital,structural capital dan customer capital. Muatan untukcorporate governance tersusun atas kepemilikaninstitusional, kepemilikian manajerial, proporsi dewankomisaris dan komite audit independen. Sementara itu, untukkinerja perusahaan terdiri atas return on net asset, asset turnover, return on equity dan tobin's q. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa intellectual capital memiliki pengaruhsignifikan terhadap kinerja perusahaan. Sementara, corporategovernance tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadapkinerja perusahaan.
ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Pada BEI Pada Tahun 2011-2015) Claudia Christania Maria
Jurnal AKUBIS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 (2018): vol 3 no 1 Desember 2018
Publisher : Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.715 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis danmengetahui apakah ada pengaruh dari rasio profitabilitasyang diroksikan dari Gross Profit Margin (GPM), Net ProfitMargin (NPM), Return On Investment (ROI), dan ukuranperusahaan terhadap harga saham pada perusahaanpertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2011-2015.Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data yangdigunakan adalah data sekunder yaitu dari laporan keuanganperusahaan yang telah dipublikasikan pada Bursa EfekIndonesia. Metode pengumpulan data dengan studikepustakaan dan teknik pengumpulan data dengandokumentasi. Variabel yang diuji adalah rasio profitabilitasyang diproksikan dengan GPM, NPM, ROI, ukuran perusahaanyang diproksikan dengan total Aset, dan harga saham.Pemilihan sampel dengan purposive sampling danmendapatkan 3 perusahaan yang sesuai dengan kriteriatersebut. Analisis data dilakukan dengan analisis regresiberganda sedangkan hipotesis dilakukan dengan Uji F dan Ujit.Hasil Uji F menyatakan bahwa rasio profitabilitas dan ukuranperusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadapharga saham. Berdasarkan hasil uji t menyatakan bahwa GPMsecara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga sahamNPM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hargasaham, ROI secara parsial berpengaruh signifikan terhadapharga saham, dan ukuran perusahaan secara parsialberpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 7