cover
Contact Name
Anni Yudiastuti
Contact Email
akubis@widyakarya.ac.id
Phone
+62341-553171 ext. 110
Journal Mail Official
akubis@widyakarya.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Karya Malang Jln. Bondowoso No. 02, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang 65115
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
ISSN : 25034618     EISSN : 27213099     DOI : 10.37832
Core Subject : Economy,
AKUBIS merupakan jurnal yang memuat artikel hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi serta artikel eksternal (dari luar lingkungan Universitas Katolik Widya Karya) yang memfokuskan pada bidang ekonomi dan bisnis termasuk didalamnya bidang manajemen, akuntansi, perbankan, dan isu-isu lain terkait dengan ekonomi dan bisnis.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis" : 7 Documents clear
ANALISIS PENGARUH JANUARY EFFECT TERHADAP RETURN SAHAM LQ 45 PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2009 Saiful
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3532.249 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.42

Abstract

Pasar yang efesien, pasar akan cepat bereaksi terhadap  informasi  baru  yang  masuk akan  tercapai  harga keseimbangan yang baru. Pada prakteknya, di pasar modal muncul fenomena yang menunjukan penyimpangan yang bertentangan dengan konsep pasar modal yang efesien (Market Anomaly). Anomali-anomali tersebut antara lain Efek Januari. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek januari di Bursa   Efek   Indonesia   Priode   2006-2009.   Penelitian   ini bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (LQ45) selama januari 2006 s.d desember 2009. Sampel yang diambil sebanyak 16 emiten melalui sampel purposive. Data analisis dengan analisis Regresi dengan Variabel Dummy.Hasil penelitian melalui uji regresi variable dummy menunjukan hanya pada bulan oktober mempunyai rata-rata return berbeda lebih kecil dari bulan januari dan bulan januari bukan merupakan bulan dengan return tertinggi sehingga tidak terbukti adanya efek januari.
PERAN SOSIAL MEDIA DALAM PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF REMAJA PEREMPUAN Anggreni Kusuma, Fitri
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1091.045 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.43

Abstract

In the modern era, internet users and social media increased substantially. All the information can be easily searched. Thus, teenage girls can be easily influenced by the lifestyle of contemporary trends while accessing social media. It is used by many people to sell online. Teenage girls can easily buy goods or just supporting current lifestyle. The purpose of this article is to determine the role of social media in the changing consumer lifestyle adolescent girls. This article is written from the six previous journal within the last 10 years. With the ease of accessing the internet and the ease of social media , young women can easily view the latest trend of Indonesian artists and foreign artists dann it meimbulkan teenage girls want to keep abreast of current lifestyle . This shows that the role of social media in the changing consumer lifestyle teenage girls. Adolescent girls should be taught to use social media wisely and to avoid behavior directed konumtif
MASIH EFEKTIFKAH CITY BRANDING TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN Christopher Hamzah, Gideon
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1215.031 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.44

Abstract

Currently, the development of technology and knowledge developed with very fast and unlimited, this makes all forms of information can be easily accessed or in the know. This convenience makes all the people getting interested to know a variety of new information and also share a variety of information and experience. Similarly happens to the world of tourism, see the greater opportunities that exist to make competition in the world tourism is increasingly rapidly develops, it can be seen by many different cities who do the activities of city branding or activities promoting and making the city as a tourist destination with a wide range of ways that provide a wide range of permissions that facilitate a variety of tourism activities more rapidly evolving improvements, a variety of public facilities and infrastructure, and various other promotional way. But in reality not all city branding goes in accordance  with  the  expectations  that existed,  in  some  city tours that the influence of city branding is not running or failed. Yet the number of conceptual research which deals with the effectiveness of city branding in an increasing number of tourists, as well as to examine theoretically about effectiveness city branding against an increase in tourists.
EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN REKOMENDASI YANG TEPAT TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA HOTEL XYZ DENGAN METODE COSO FRAMEWORK Marcelina Hadi Prayitno, Chyntia; Budi Astuti, Galuh
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.641 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.45

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas sistem pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas pada Hotel XYZ Malang dan rekomendasi yang tepat dengan menggunakan metode COSO framework. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, pengendalian internal terhadap sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada Hotel XYZ Malang kurang efektif karena perusahaan masih belum memenuhi beberapa komponen COSO antara lain lingkungan pengendalian, aktivitas  pengendalian, pengawasan kinerja. Akibat  dari  permasalahan tersebut  memungkinkan terjadi ketidakjelasan kedudukan dan koordinasi oleh posisi yang tidak tercantum, karyawan tidak mengerti tugas dan tanggung jawab secara jelas dan terperinci, departemen front office tidak memiliki dokumen guest folio sebagai arsip, terjadi kecurangan, manipulasi dan penggelapan aset perusahaan oleh karyawan yang tidak bertanggungjawab, tidak ada pertanggungjawaban oleh pihak manajemen kepada owner, tidak ada kepastian dan penilaian kinerja setiap karyawan berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan, fungsi purchasing tidak memiliki dokumen advance form sebagai arsip. Perusahaan perlu melakukan perbaikan struktur organisasi, membagikan job description secara tertulis, menambah dokumen pada departemen front office, melakukan pemisahan dan penambahan karyawan, mengadakan otorisasi terhadap laporan keuangan, mengisi posisi general manager dan general secretary yang kosong, memperbaiki sistem dan prosedur pengeluaran kas melalui dana kas kecil
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, INSTITUSI DAN KELUARGA TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI Timotius Peilouw, Christian; Budi Astuti, Galuh
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.631 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.46

Abstract

This research is an explanatory research, intending to find the effect of share ownership by management, institutions, and families, on debt policy which use agency theory, with variables of profitability intervening. The study population  is  the  IDX  companies  other  than  banks  and finance, which were registered in the 2015-2016 period. The sampling technique used purposive sampling so as many as 330 companies were obtained. Data analysis technique used is Partial Least Squares (PLS) by testing the hypothesis statistically. The result is there is no effect of management ownership on profitability, there is an influence of management ownership on debt policy, there is an influence of institutional ownership on profitability, there is no effect of institutional ownership on debt policy,  there is no influence of  family ownership on profitability, there is no influence of ownership of  family ownership on debt policy , there is an effect of profitability on debt policy, there is no effect of management ownership on debt policy through profitability, there is an influence of institutional ownership on debt policy through profitability, there is no influence of family ownership on debt policy through profitability.
INTELLECTUAL CAPITAL, CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN Lestari Sukartiningsih, Lis
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1277.524 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.47

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh intellectual capital dan corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian eksplanatori  yang  menggunakan  perusahaan  manufaktur yang terdaftar di BEI sebagai objek penelitian.  Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square di mana setiap variabel dalam penelitian ini merupakan variabel laten. Muatan untuk intellectual capital terdiri atas human capital, structural capital dan customer capital. Muatan untuk corporate  governance  tersusun  atas  kepemilikan institusional, kepemilikian manajerial, proporsi dewan komisaris dan komite audit independen. Sementara itu, untuk kinerja perusahaan terdiri atas return on net asset, asset turn over, return on equity dan tobin's q. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sementara, corporate governance tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan.
ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR PADA BEI PADA TAHUN 2011-2015) Christania Maria, Claudia
Akubis: Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol. 3 No. 02 (2018): AKUBIS: Jurnal Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Widya Karya Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.49 KB) | DOI: 10.37832/akubis.v3i02.48

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah  ada  pengaruh dari  rasio  profitabilitas yang diroksikan dari Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI), dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu dari laporan keuangan perusahaan  yang   telah   dipublikasikan  pada   Bursa   Efek Indonesia. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Variabel yang diuji adalah rasio profitabilitas yang diproksikan dengan GPM, NPM, ROI, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan total Aset, dan harga saham. Pemilihan sampel dengan purposive sampling dan mendapatkan 3 perusahaan yang sesuai dengan kriteria tersebut. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda sedangkan hipotesis dilakukan dengan Uji F dan Uji T. Hasil Uji F menyatakan bahwa rasio profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji t menyatakan bahwa GPM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham NPM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham, ROI secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 7