cover
Contact Name
Yustina Heny Tantrasary
Contact Email
yustina.heny@starki.id
Phone
+6281294858225
Journal Mail Official
yustina.heny@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
ISSN : 2541075X     EISSN : 25982451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan administrasi dan kesekretarisa
Articles 89 Documents
Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Daryoto, Daryoto
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.77 KB) | DOI: 10.36914/jak.v3i2.162

Abstract

This research was conducted to find out and understand between leadership and motivation on employee performance. The study was conducted at the Transportation Service Office of Serang Regency, Banten Province. The research method is carried out using the survey method. With the number of respondents played 30 people. Data collection techniques are carried out using field studies and literature studies. There are also data analysis techniques using multiple regression coefficients and F tests and tests for research hypotheses, while the results of this study are variables that have a joint and significant influence on leadership and positive and significant appropriateness on the performance of employees at the Serang District Transportation Office of Banten Province as evidenced by the F-statistic value 1.058 < F-table value 2,845. The magnitude of the multiple coefficient of determination R2 = 0.73  which is indicated by the variable performance and motivation 26%, the Government of Serang Regency must be able to develop good service. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami pengaruh antara kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Propinsi Banten. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei. Dengan jumlah responden berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Adapapun teknik analisis data dengan menggunakan koefisien regresi linier berganda dan  uji F dan uji t untuk menguji hipotesis penelitian, adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh variable secara bersama-sama menunjukan bahwa kepemimpinan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Propinsi Banten yang dibuktikan oleh nilai F-statistik 1.058 < nilai F-tabel 2,845. Besarnya nilai koefisien determinasi berganda R2 = 0.73 menunjukkan besarnya perubahan kinerja pegawai sedangkan variable kepemimpinan dan motivasi bernilai 26% sehingga Pemerintah Kabupaten Serang harus mampu mempertahankan agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan dengan baik.
PRODUKTIVITAS KERJA SEKRETARIS DAN PENINGKATAN KOMPETENSI SEKRETARIS PADA PT INDOSAT (TBK.) JAKARTA Ismono, Kartini
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.312 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i1.195

Abstract

Penelitian ini untuk memproleh data empiris dan fakta yang sahih (valid), benar dan dapat dipercaya, tentang apakah terdapat hubungan yang positif antara Kompetisi Sekretaris dengan Produktivitas Kerja pada PT Indosat (Tbk.), yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan, terhitung mulai bulan Januari 2006 sampai dengan Maret 2006. Metode penelitian yang digunakan adalah, metode Expost Facto Research dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah, seluruh sekretaris PT Indosat (Tbk.) yang bertugas diseluruh wilayah Indonesia, sedangkan populasi terjangkau sebanyak 187 (seratusdelapanpuluhtujuh) orang yang bertugas di wilayah Kantor Pusat, Jakarta dan Medan untuk sampel penelitian sebanyak 40 (empatpuluh) orang sekretaris. Teknik pengambilan sampel yang dia mbil, secara Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling Technique). Persamaan model regresi linier sederhana menghasilkan bentuk regresi Ŷ = 67,30 + 0,23 X. Selanjutnya uji persyaratan data, yaitu normalitas data Y dan X dengan uji Lilliefors, diperbolehkan Lhitung  sebesar 0,1340 dan Ltable  dengan N = 40 sebesar 0,140, dengan demikian Lhitung  (0,1340) < Ltable  (0,140) yang berati data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 10,24, jika dibandingkan dengan Ftable sebesar 4,10, maka Fhitung (10,24) > Ftable (4,10) yang menunjukan regresi berarti atau signifikan, sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung sebesar 0,90, jika dibandingkan dengan Ftable sebesar 2,26, maka Fhitung (0,90) > Ftable (2,26), ini berarti bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Uji koefisien korelasi dengan rumus r Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,463, kemudian uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t (thitung) menghasilkan 3,22, sedangkan untuk ttable sebesar 1,68, jika dibandingkan thitung (3,22) > ttable (1,68), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kompetensi Sekretaris dengan Produktivitas Kerja. Uji koefisien determinasi menghasilkan 21,44 %, ini menunjukkan bahwa 21,44 % variansi variable Y dipengaruhi oleh variable X.This study for memproleh empirical data and facts (valid), correct and reliable, whether there is a positive relationship between the Competition Secretary of the Work Productivity in PT Indosat (Tbk.), Which lasts for 3 (three) months, starting from January 2006 to March 2006. the method used is, ex post facto method research with the correlational approach. The population in this study is, throughout secretary PT Indosat (Tbk.) Who served throughout the territory of Indonesia, while the population is affordable 187 (seratusdelapanpuluhtujuh) persons who served in the Central Office, Jakarta and Medan to sample as many as 40 (forty) secretaries. The sampling technique that he mbil, as a Random Sample Simple (Simple Random Sampling Technique). Simple linear regression model equation produces a form of regression y = 67.30 + 0.23 X. Further test data requirements, the normality of the data Y and X with Lilliefors test, allowed Lhitung at 0.1340 and Ltable with N = 40 amounted to 0.140, with thus Lhitung (0.1340) <Ltable (0.140) which means the normal distribution of data. Testing the hypothesis with a significance test of regression produces Fhitung 10.24, compared with Ftable of 4.10, then Fhitung (10.24)> Ftable (4.10) which shows significant or significant regression, regression linearity test while generating Fhitung 0.90, compared with Ftable by 2.26, then Fhitung (0.90)> Ftable (2.26), this means that the regression model used is linear. Correlation coefficient with the formula r Product Moment yield of 0.463 r xy, then the correlation coefficient significance test by using t-test (thitung) resulted in 3.22, while for TTable of 1.68, compared thitung (3.22)> TTable ( 1.68), it can be concluded that there is a positive relationship between competence Secretary of the Work Productivity. Coefficient determination resulted in 21.44%, 21.44% shows that the variance of variable Y is influenced by the variable X.
PENGARUH MINAT MAHASISWA DAN PROSPEK LAPANGAN KERJA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM D3 KESEKRETARIATAN FEB UNSOED naufalin, lina rifda
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.435 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa dan prospek lapangan kerja terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program D3 Kesekretariatan FEB UNSOED. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa D3 Kesekretariatan angkatan 2017 dan 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 1-5.  Instrumen pengumpulan data yang menggunakan  kuesioner. Pengujian data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi, 2) prospek lapangan kerja berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi.
TANTANGAN ERA GLOBALISASI TERHADAP MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI Maturbongs, Yoseph Hendrik
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.542 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i2.254

Abstract

Education as a basic milestone in the development of human resources in the current era of globalization, must be a mainstay to produce competitive intellectuals. Compared to other countries in ASEAN, Indonesia still has a high unemployment rate and a low level of work productivity. Globalization, which is supported by accelerating rapid technological development, has eliminated the limits of the economy, trade, and displacement of human resources. How higher education faces the challenges of globalization is important to anticipate. This study will examine this through the literature review by reviewing the facts, describing the theories involved, analyzing and then concluding. Management of tertiary education as a major component of management of educational institutions must be carried out in an integrated manner towards the institution and its activities. Planned, organized, directed, and measurable management must always be aligned with the acceleration and challenges of globalization from all aspects. Generation characteristics, organizational performance and culture, flexibility and innovation, as well as information technology adaptability are critical factors that must always be developed and harmonized. The challenges identified for higher education management in facing the globalization era are, renewal, organizational communication, strategy, innovation and investment in physical and non-physical assets. In facing these challenges, the issue of globalization must always be aligned with the vision and mission, a clear and focused future orientation, developing people as a whole, consistently, serving the community as a whole, and aligning technology to human resources and business processes.Pendidikan sebagai tonggak dasar pengembangan sumber daya  manusia dalam era globalisasi saat ini, haruslah menjadi andalan untuk menghasilkan insan-insan cendikia yang kompetitif. Dibandingkan dengan beberapa negara di ASEAN, Indonesia masih memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi, serta tingkat produktivitas kerja yang rendah. Globalisasi yang didukung dengan percepatan perkembangan teknologi yang sedemikian cepat telah meniadakan batas-batas ekonomi, perdagangan, dan perpindahan sumber baya manusia. Bagaimana pendidikan tinggi menghadapi tantangan globalisasi tersebut menjadi hal yang penting untuk diantisipasi. Telaah ini akan mengkaji hal tersebut melalui literatur review dengan mengkaji fakta yang ada, memaparkan teori yang berkaitan, menganalisa dan kemudian menyimpulkan. Manajemen pendidikan tinggi sebagai komponen utama pengelolaan institusi pendidikan, harus dilakukan secara terintegrasi terhadap kelembagaan maupun aktivitasnya. Pengelolaan secara terencana, terorganisir, terarahkan, dan terukur, harus selalu diselaraskan dengan percepatan dan tantangan globalisasi dari segala aspek. Karakteristik generasi, kinerja dan budaya organisasi, fleksibilitas dan inovasi, serta adaptibilitas teknologi informasi menjadi faktor-faktor kritis yang harus selalu dikembangkan dan diselaraskan. Tantangan yang teridentifikasi bagi manajemen pendidikan tinggi dalam menghadapi era globalisasi adalah, pembaharuan, komunikasi organisasi, strategi, inovasi dan investasi terhadap aset fisik maupun non-fisik. Dalam menghadapi tantangan tersebut maka isu globalisasi harus selalu diselaraskan dengan visi misi, orientasi masa depan jelas dan terarah, mengembangkan manusia secara utuh, konsisten, melayani masyarakat secara menyeluruh, serta penyelarasan teknologi terhadap sumber daya manusia dan proses bisnis.
Self-Awareness Creates Job Satisfaction in PT Indosat, Tbk., Jakarta Ismono, Kartini
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.199 KB) | DOI: 10.36914/jak.v5i1.342

Abstract

Kepuasan kerja adalah perasaan positif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari evaluasi karakteristiknya. Kepuasan kerja yang tinggi memiliki perasaan positif tentang pekerjaannya, sementara orang yang tidak puas memiliki perasaan negatif tentang pekerjaannya. Ketika ada perbincangan antar teknisi, yang sering dibahas adalah kepuasan karyanya. Adanya fakta bahwa teknisi yang puas jauh lebih produktif jika dibandingkan dengan teknisi yang tidak puas telah menjadi alasan yang tak terbantahkan dalam aktivitas kerja sehari-hari. PT Indosat, Tbk. yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi untuk publik internasional, dan merupakan bentuk Investasi Asing (PMA / swasta) sejak tahun 1967, yang pada awalnya dikelola oleh PT Telkom. Saat itu, PT Indosat, Tbk. adalah salah satu pelopor bisnis Investasi Asing yang didirikan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai prosedur penyelesaian masalah dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat tertentu (sebagaimana adanya), atau aktivitas penelitian pada aspek (variabel) yang diteliti dengan 2 (dua) variabel menggunakan metode sederhana. perhitungan, yaitu kesadaran diri dan kepuasan kerja. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh py = 0,238 dengan t = 2,586, sedangkan nilai ttabel = 1,99 ( = 0,05, dk = 80), karena thitung> ttabel ( = 0,05), Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti koefisien Kesadaran Diri (X) tentang Kepuasan Kerja (Y) signifikan. Temuan ini berarti Kesadaran Diri memiliki efek positif langsung pada Kepuasan Kerja, dengan kata lain peningkatan Kesadaran Diri akan mengarah pada peningkatan kualitas Kepuasan Kerja.
TINJAUAN JOB DESCRIPTION HR-GA MANAGER DALAM MENANGANI PERJALANAN DINAS MANAGING DIRECTOR KE LUAR NEGERI DI PT BRIDON CIBITUNG – BEKASI Widiawati, Kristiana
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.269 KB) | DOI: 10.36914/jak.v2i2.41

Abstract

Some of the activities carried out by HR-GA Manager in handling The official travel of executive leadership include searching information by accepting form request for travel from the Managing Director. Preparing the official travel plan, HR-GA Manager does not assist the Managing Director in making the official travel plan. Managing Director develops his official travel plan based on the contents of the request for travel form. HR-GA Manager prepares transportation, accommodation and documents. Preparation of documents HR-GA Manager only prepares documents related to official travel only, and is followed up by travel agents, if passport, exit permit, and visa are no longer valid. The Managing Director takes care of his own official travel budget. During implementation official travel of executive leadership, HR-GA Manager helps the Managing Director remotely during business trips until the time of his return. The Managing Director reports the results of the official travel and financial reports performed on their own, and does not have any specific templates for reporting.
Strategi Manajemen Bintang Tamu Pada Program Stasiun Televisi Berbayar Hutomo, Edwin Joyo; Isanawikrama, Isanawikrama; Kurniawan, Yohanes Jhony
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.197 KB) | DOI: 10.36914/jak.v3i1.135

Abstract

The purpose of this research is to know guest star management strategy in program on paid TV station. This research combines between management theory and television production theory. The theory management involve planning, organizing, actuating, and controlling. While the television production theory involves pre-production, production, and pasca production. The research method is qualitative with data collection technique by semi-structured interview, observation participant, and documentation. The results of this study indicate that the program has a strategy in the management of a guest star by providing treatments that is featured on the program with well-preparation content. So that, with guaest star that are already famous or not famous yet, program still can make impression of quality and entertaining event. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan bintang tamu dalam program di sebuah stasiun televisi berbayar. Penelitian ini menggabungkan antara teori manajemen dengan teori produksi televisi. Teori manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Sedangkan produksi televisi meliputi pra produksi, produksi, dan pacsa produksi. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semistruktur, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program memiliki strategi dalam pengelolaan bintang tamu dengan cara memberikan treatment-treatment unggulan yang ada di dalam program dengan persiapan konten yang matang. Sehingga, dengan bintang tamu yang sudah terkenal maupun belum terkenal program tetap bisa membuat tayangan acara yang menghibur dan berkualitas.
Teknik Perencanaan Penjualan Dengan Menggunakan Aplikasi Metoda Trend “Least Square” Darmadi, Bambang
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.3 KB) | DOI: 10.36914/jak.v3i2.151

Abstract

For sales managers, planning the amount of product or services is a very crucial aspect. It is related to the planning of services for the marketplace needs. In a relatively stable economic environment. ‘ Least Square” approach is one of the methods of selling product or services that can still be implemented as a simple reference to predict the planning of the nex sales.
Kesantunan Tuturan Direktif Bahasa Jepang Menurut Persepsi Mahasiswa Sastra Jepang Ubinus Semester Empat: Tinjauan Pragmatik Astami, Timur Sri; Hendrawan, Wawan
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.73 KB) | DOI: 10.36914/jak.v3i2.179

Abstract

Penggunaan tuturan direktif dalam lingkungan kampus merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan tuturan direktif menurut persespsi mahasiswa Ubinus semester empat berdasarkan skala kesantunan. Metodologi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif, metode kuantitatif dipergunakan untuk memperjelas analisis data secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif dengan fase pengumpulan data, pengolahan, analisis dan penyajian data. Berdasarkan hasil analisis urutan kesantunan tuturan direktif dari santun ke tidak santun menurut persepsi mahasiswa adalah 1) pernyataan berpagar, 2) permohonan eksplisit, 3) isyarat kuat, 4) modus imperatif, 5) pernyataan keinginan implisit, 6) tuturan ajakan, 7) pernyatan keinginan eksplisit, dan 8) modus imperatif langsung.
PENGELOLAAN REKAM MEDIS PADA FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN Suraja, Yohannes -
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.677 KB) | DOI: 10.36914/jak.v4i1.191

Abstract

Setiap fasilitas pelayanan kesehatan harus mengelola rekam medis dengan baik dan benar. Rekam medis mempunyai nilai guna sebagai sumber informasi pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien; alat bukti dalam proses penegakan hukum,  membina disiplin tenaga medis;  penegakan etika kedokteran; untuk keperluan pendidikan dan penelitian; dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan; dan untuk menyusun data statistik kesehatan. Pengelolaan rekam medis terdiri dari pembuatan,  penyimpanan, penjagaan, pemeliharaan, pelayanan,  penyajian, dan pemusnahan rekam medis.  Tujuan pengelolaan rekam medis yaitu untuk memudahkan, meringankan, dan melancarkan tenaga medis  memberikan pelayanan kesehatan. Pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan harus mengendalikan sistem pengelolaan rekam medis, agar dapat memberikan manfaat optimal. Every health care facility must manage medical records properly and correctly. Medical records have usefull values as a source of information on health care and treatment; evidence in the law enforcement process, fostering discipline of medical personnel; enforcement of medical ethics; for education and research purposes; the basis for payment of health care costs; and to compile health statistics. The management of medical records consists of making, storing, maintaining, servicing, presenting, and destroying medical records. The purpose of managing medical records is to facilitate, and ease medical personnel to provide health services. The head of the health care facility must control the medical record management system, so that it can provide optimal benefits.