cover
Contact Name
Moch. Benny Alexandri
Contact Email
mohammad.benny@unpad.ac.id
Phone
+628122389634
Journal Mail Official
mohammad.benny@unpad.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana FISIP Unpad, Kampus FISIP Dago Bandung Jalan Dago Utara No. 25 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik
ISSN : -     EISSN : 26546035     DOI : 10.24198/responsive
Fokus dan ruang lingkup meliputi pemikiran dan penelitian bidang administrasi, ekonomi, sosial, humaniora dan kebijakan publik
Articles 129 Documents
Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan Dan Pola Komunikasi Terhadap Tingkat Loyalitas Nasabah Premier Wealth Pada PT Bank Maybank Indonesia Tbk Cabang Thamrin Meita Pragiwani; Moch. Benny Alexandri; Siti Hadijah
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 4 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.255 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i3.26187

Abstract

Hasil Penelitian yaitu variabel budaya organisasi, kualitas pelayanan dan pola komunikasi mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat loyalitas nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik budaya organisasi, kualitas pelayanan dan pola komunikasi PT. Bank Maybank Indonesia,Tbk Cab Thamrin, maka akan meningkatkan loyalitas nasabah premier wealth PT. Bank Maybank Indonesia,Tbk Cab Thamrin. Begitu pun sebaliknya, semakin buruk budaya oragnisasi, kualitas pelayanan dan pola komunikasi maka tidak akan meningkatkan loyalitas nasabah premier wealth PT. Bank Maybank Indonesia,Tbk Cab Thamrin. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi bagaimana analisis budaya organisasi, kualitas pelayanan dan pola komunikasi terhadap tingkat pelayanan nasabah premier wealth yang masih kurang perlu di perbaiki dan yang sudah baik perlu ditingkatkan.
KEBIJAKAN PENDAPATAN DESA YANG BERSUMBER DARI ALOKASI APBN (DANA DESA) DI INDONESIA MASA REFORMASI 1999-2015 (Studi tentang Perubahan Kebijakan Pendapatan Desa yang Bersumber dari Alokasi APBN/Dana Desa) Rosita Novi Andari
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 1, No 1 (2018): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.523 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v1i1.19096

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana (isi dan proses) dan mengapa perubahan kebijakan pendapatan desa yang bersumber dari alokasi APBN (Dana Desa) pada masa Reformasi (1999-2015) terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan wawancara semi terstuktur, teknik analisis data melalui teknik análisis isi dan teknik analisis interaktif, dan validitas data melalui strategi triangulasi dengan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kebijakan pendapatan desa yang bersumber dari alokasi APBN pada masa Reformasi (1999-2015) terjadi pada tingkat perubahan ketiga (perubahan paradigma kebijakan) dari rezim pemerintahan Presiden B.J Habibie dan Presiden Megawati Soekarno Putri melalui konsep bantuan pemerintah dari APBN dengan asas desentralisasi dan keanekaragaman ke rezim pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan konsep alokasi 10% dari APBN dengan asas rekognisi dan subsidiaritas. Alasan perubahan kebijakan tersebut antara lain karena adanya: (1) perubahan ide dan kepentingan dari rezim pemerintahan yang berkuasa, (2) peran lembaga pemerintah yaitu Kementrian Dalam Negeri dan DPR sebagai arena instrumen kebijakan, (3) peran individu yaitu Menteri Dalam Negeri, Ketua Panitia Khusus RUU Desa, Ketua Panitia Kerja RUU Desa, dan para staf ahli dari luar DPR sebagai agen utama perubahan kebijakan dan (4) waktu (periode) kejadian mulai dari masa awal reformasi (tahun 1999) hingga tahun 2014 sebagai elemen kunci proses perubahan kebijakan.  ABSTRACT This study aims to examine how (contents and processes) and why to change the village income policy sourced from the APBN allocation (at the Reform Fund) during the Reformation (1999-2015). The research method used is qualitative approach and descriptive research type with data technique and semi structured study, data analysis technique through content analysis and interactive analysis, and data validity through triangulation strategy with data source. The result of the research indicates that the change of village income policy which comes from the allocation of APBN during the Reformation period (1999-2015) occurred at the third level of change (change of policy paradigm) from the government regime of President BJ Habibie and President Megawati Soekarno Putri through the concept of government assistance from APBN with the principle of decentralization and diversity to the government regime of President Susilo Bambang Yudhoyono with the concept of allocation of 10% of APBN with the principle of recognition and subsidiarity. The reasons for this policy change are: (1) change of ideas and interests of the ruling government regime, (2) the role of government institutions, namely the Ministry of Home Affairs and the House of Representatives as the policy instrument arena, (3) the individual roles of the Minister of Home Affairs, The Special Committee of the Village Bill, the Chairman of the Village Bills Working Committee, and the outside expert staff of the House of Representatives as the main agents of policy change and (4) the time (period) of events from the beginning of the reform period (1999) to 2014 as key elements of the policy change process .
PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PEMERIKSA FORENSIK PUSLABFOR BARESKRIM POLRI Yuswardi Yuswardi
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 2 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.307 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i2.23058

Abstract

Tugas pokok Puslabfor Bareskrim Polri adalah melakukan pemeriksaan barang bukti dan melaksanakan Olah Tempat Kejadian Perkara, tidak dapat dilepaskan dari kinerja Pemeriksa Forensik Puslabfor Bareskrim Polri. Kinerja menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap motivasi dan dampaknya pada kinerja pemeriksa Forensik Puslabfor Bareskrim Polri. Metode sensus dipergunakan dalam penentuan sampel. Pengumpulan data primer melalui kuesioner disebar kepada 78 orang responden. Penelitian dianalisis menggunakan regregi linier berganda dengan uji path dan uji Sobel dengan menunjukkan hasil : 1) Kompetensi berpengaruh secara langsung terhadap kinerja, 2) Disiplin kerja berpengaruh secara langsung terhadap kinerja, 3) Kompetensi berpengaruh secara langsung terhadap motivasi 4) Disiplin kerja berpengaruh langsung terhadap motivasi, 5) Motivasi berpengaruh langsung terhadap kinerja, 6) Kompetensi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja melalui motivasi, 7) Disiplin kerja tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja melalui motivasi, 8) Kompetensi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap motivasi, 9) Kompetensi, disiplin kerja dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemeriksa Forensik Puslabfor Bareskrim Pori. 
TUGAS PEMERINTAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH – MASALAH SOSIAL: TINJAUAN MENGENAI MASALAH BADAN USAHA MILIK DESA Eka Nurcahya
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 1 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.165 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i1.23015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tugas pemerintah dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial tinjauan mengenai masalah BUMDes. meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi. Disamping itu, keberadaan BUMDes juga membawa dapak terhadap peningkatan sumber pendapatan asli desa (PAD) yang memungkinkan desa untuk mampu melakukan sebuah pembangunan dan juga untuk peningkatan kesejahteraan secara lebih optimal. Metode penulisan jurnal ini melalui studi literatur melalui berbagai informasi dalam dokumen, buku, jurnalilmiah, koran, majalah, serta sumber informasi dari laman situs/website melalui internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa merupakan agenda prioritas Indonesia. Tujuannya untuk memajukan perekonomian masyarakat desa dan mengatasi kesenjangan pembangunan nasional. Hal ini dapat diwujudkan melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa. Ditinjau dari karakteristik masalah publik menurut Dunn, BUMDes ini termasuk dalam masalah publik. Analisis dari karakteristik saling bergantung (interdependence) dan akibat penilaian subjektivitas pemerintah untuk turut andil mengatasi masalah sosial terkhusus faktor ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan sebagaimana diatur pada Bab X Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 dan Permendes PDTT Nomor 4 tahun 2015. This research aims to describe the government's task in resolving social issues of the review regarding BUMDes problem. Increase the economic welfare of villagers through the development of economic efforts. In addition, the existence of BUMDes also brings to the improvement of the original source of income of the village (PAD) that allows the village to be able to do a development and also to improve the welfare more optimally. This method of journal writing through literature study through various information in documents, books, journalism, newspapers, magazines, as well as the source of information from the site/website through the Internet. The results of this research show that building Indonesia from the periphery by strengthening the region and village is Indonesia's priority agenda. The goal is to advance the village community economy and overcome the national development gap. It can be realized through the formation of village owned enterprises. Reviewed from the characteristics of a public problem according to Dunn, this BUMDes is included in public issues. Analysis of characteristics of interdependence (interdependence) and due to the judgment of the subjectivity of the Government to participate in addressing the social problems of the specific economic factors perceived by the community. So the government issued a policy as stipulated in chapter X Undang-Undang No 6 Tahun 2014 and Permendes PDTT Nomor 4 Tahun 2015.
Kesiapan Perubahan Para Karyawan dalam Rangka Perubahan Kepemimpinan di ISS Indonesia Nurillah Jamil Achmawati Novel
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 3 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.145 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i3.26311

Abstract

ISS Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan fasilitas terpadu, yang berdiri di Indonesia sejak tahun 1996, berbagai fasilitas layanannya termasuk cleaning, property, catering, support, security, facility management dan integrated facility services. Pada tahun 2015 ISS Indonesia mengalami perubahan kepemimpinan setelah sebelumnya dipimpin oleh CEO pertamanya sejak tahun 1996. Perubahan tersebut sekaligus perubahan pada gaya kepemimpinan di perusahaan tersebut.Penelitian ini memiliki tujuan kesiapan karyawan untuk berubah akibat perubahan kepemimpinan di ISS Indonesia. Pengumpulan data secara kuantitatif melalui kuesioner dan didukung oleh data kualitatif melalui wawancara mendalam kepada karyawan yang dalam pekerjaannya berhubungan langsung dengan CEO.Hasil penelitian menunjukkan pengukuran terhadap tujuh dimensi kesiapan karyawan dalam mengikuti perubahan. Hanya dimensi “confident” yang menunjukkan hasil optimal, dua dimensi yaitu “resourcefulness” dan “passion/drive” menunjukkan keadaan over dan sisanya masih kurang.
IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU NON-PERIZINAN DI UKUR DARI KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT Lia Melanie Ginting; Elisa Susanti; Asep Sumaryana
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 1, No 2 (2018): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.716 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v1i2.20674

Abstract

Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai salah satu wujud dari keinginan pemerintah untuk merubah kinerja pelayanan yang selama ini tidak memberikan layanan yang prima. Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan merupakan pelayanan terpadu satu pintu yang memberikan layanan non-perizinan. Penelitian ini menggunakan metode SMS (System Mapping Study) dan SLR (System Literatur Review) untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan pada Peraturan Kemenpan R&B No 25 Tahun 2004, tentang  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).  One Stop Integrated Service as a form of the government's desire to change the service performance that has not provided excellent service. One Stop Integrated Service in the Integrated Service Unit of the Ministry of Education and Culture is a one-stop integrated service that provides non-licensing services. This research uses the method of SMS (System Mapping Study) and SLR (System Literature Review) to know Satisfaction of Society by using Satisfaction Index of Community based on Regulation of Kemenpan R & B No. 25 Year 2004, about Satisfaction Index (IKM). 
DAMPAK UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TENTANG PANGAN TERHADAP KETAHANAN PANGAN INDONESIA Ahmad Hadi; Budiman Rusli; Mohammad Benny Alexandri
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 4 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.649 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i3.26085

Abstract

ABSTRAKPangan adalah kebutuhan yang mendasar bagi manusia dan pemenuhannya merupakan hak asasi manusia yang di jamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 dan negara berkewajiban untuk mewujudkan ketersedian, keterjangkauan, dan pemenuhan pangan yang cukup, aman, bermutu. Undang – Undang 18 Tahun 2012 Tentang Pangan adalah kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mewujudkan tugas negara untuk mewujudkan ketahanan pangan. Artikel ini mencoba untuk memahami bagaimana dampak dari UU 18 Tahun 2012 dalam menciptakan ketahanan pangan di Indonesia yang dinilai dari pilar ketahanan pangan, yaitu ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan, dan stabilitas pangan. Artikel ini menyimpulkan bahwa kebijakan harus di revisi dengan memperhatikan pilar pilar ketahanan pangan.
KOLABORASI PENGEMBANGAN KAWASAN GEOPARK DALAM MEWUJUDKAN DESTINASI PARIWISATA BERKELAS DUNIA DI PROVINSI JAWA BARAT Shafira Mediana Putri
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 2 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.554 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i2.23053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kolaborasi di antara para pemangku kepentingan dalam rangka pengembangan Pariwisata Geopark Ciletuh dalam mewujudkan destinasi pariwisata berkelas dunia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UNESCO yang menetapkan Kawasan Geopark Ciletuh sebagai Global Geopark dimana hal tersebut dapat menjadi magnet menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk berkunjung, oleh karena itu pemerintah daerah melakukan pengembangan wisata daerah ciletuh dapat menjadi destinasi wisata berkelas dunia. Metode penulisan jurnal ini melalui studi literatur melalui berbagai informasi dalam dokumen, buku, jurnalilmiah, koran, majalah, serta sumber informasi dari laman situs/website melalui internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemangku kepentingan dalam pengembangan wisata geopark Ciletuh yang berperan adalah departemen pariwisata dan budaya, pemerintah provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi sebagai pembuat kebijakan dan koordinator (2) kolaborasi antara pemangku kepentingan dalam upaya mengembangkan objek wisata geopark Ciletuh yang menunjukkan arah dalam kelembagaan yang dirancang di mana peran pemangku kepentingan tidak saling mengganggu. Dimensi proses kolaborasi ditemukan hasil dalam bentuk rencana kerja target untuk pengembangan geopark Ciletuh.The present research aims to describe collaboration among stakeholders in the context of developing Ciletuh Geopark Tourism in realizing classy tourism destinations. This research was motivated by UNESCO who developed the Ciletuh Geopark Region as a Global Geopark, this magnet can be used. Visiting, therefore the local government to develop ciletuh regional tourism can become a world-class tourist destination. The method of selecting this journal is through literature studies through various information in documents, books, scientific journals, newspapers, magazines, and sources of information from the website / website through the internet. The results of this study indicate the fact that (1) stakeholders in the development of Ciletuh geopark tourism related are the department of sports and culture, the provincial government of West Java and Sukabumi Regency Government as policy makers and coordinators (2) participation of researchers related to involvement in the construction of the Ciletuh geopark tourist resort which shows directions in institutions designed where the desired role is not interdependent.The dimensions of the collaboration process found results in the form of a target work plan for the development of the Ciletuh geopark.
SITUASI BAHASA SEBAGAI ALAT UNTUK PERENCANAAN BAHASA NASIONAL Muhammad Ridlo; Rosaria Mita Amalia; Mudiyati Rahmatunnisa
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 1, No 3 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.772 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v1i3.20743

Abstract

Analisis situasi bahasa merupakan proses untuk menentukan perencanaan bahasa di sebuah negara. Selain dengan menggunakan hasil analisis situasi bahasa di dalam negeri, hasil analisis situasi bahasa di luar negeri pun dapat dimanfaatkan sebagai informasi tambahan dan juga referensi dalam perencanaan bahasa. Makalah ini akan menggambarkan bagaimana situasi bahasa di berbagai negara dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai situasi bahasa yang berlaku di negara maju dan berkembang. Pendeskripsian situasi bahasa di berbagai negara pun dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam perencanaan bahasa sehingga hasil yang dapat diperoleh dari makalah ini yakni diharapkan dapat bermanfaat dalam perencanaan bahasa di Indonesia sehingga kebijakan mengenai bahasa Indonesia dapat ditingkatkann dan sesuai dengan situasi bahasa yang terjadi saat ini.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIUKUR DENGAN METODE BSQ (BANK SERVICE QUALITY) PADA PT BANK CENTRAL ASIA TBK KCU WISMA MILLENIA Meita Pragiwani; Evi Rosmauli Manurung; Mohammad Benny Alexandri
Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik Vol 2, No 3 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.856 KB) | DOI: 10.24198/responsive.v2i3.26307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan yang diukur dengan metode BSQ (Bank Service Quality)  (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan yang diukur dengan metode BSQ (Bank Service Quality) (3)  Mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan yang diukur dengan metode BSQ (Bank Service Quality) (4)  Mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan yang diukur dengan metode BSQ (Bank Service Quality) pada PT Bank Central Asia Tbk KCU Wisma Millenia. Metodologi yang digunakan This study aims to: (1) Know and analyze the influence of leadership on employee performance as measured by the BSQ (Bank Service Quality) method (2) Know and analyze the influence of the work environment on employee performance as measured by the BSQ (Bank Service Quality) method (3 ) Knowing and analyzing the effect of training on employee performance measured by the BSQ (Bank Service Quality) method (4) Knowing and analyzing the effect of work motivation on employee performance as measured by the BSQ (Bank Service Quality) method at PT Bank Central Asia Tbk KCU Wisma Millenia . The methodology used

Page 1 of 13 | Total Record : 129


Filter by Year

2018 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 3 (2023): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 6, No 2 (2023): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 6, No 1 (2023): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 5, No 4 (2022): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 5, No 3 (2022): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 5, No 2 (2022): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 5, No 1 (2022): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 4, No 4 (2021): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio Vol 4, No 3 (2021): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio Vol 4, No 2 (2021): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio Vol 4, No 1 (2021): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio Vol 3, No 4 (2020): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 3, No 3 (2020): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 3, No 2 (2020): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 3, No 1 (2020): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 2, No 4 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 2, No 3 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 2, No 2 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 2, No 1 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Vol 1, No 3 (2019): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio Vol 1, No 2 (2018): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio Vol 1, No 1 (2018): Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humanio More Issue