cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
redaksi.jiip@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
redaksi.jiip@gmail.com
Editorial Address
Jln. STKIP Yapis Dompu, No. 1, Sorisakolo, Dompu, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Published by STKIP Yapis Dompu
ISSN : -     EISSN : 26148854     DOI : -
JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Fisika, dan beberapa pendidikan lainnya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,550 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK: Rizzaludin
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.239 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Pokok Badan Usaha Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Mataran tahun Ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 23 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap peningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Mataram Tahun pelajaran 2018/2019, hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari rtabel ( rhitung ? rtabel = 0,779 ? 0,413) dengan tingkat kategori pengaruhnya sangat kuat.
TYPES OF FREEDOM IN FRANZ KAFKA’S THE METAMORPHOSIS:AN EXISTENTIALIST PERSPECTIVE: Nur Wahyuni JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.702 KB)

Abstract

The purposes of this study are: (1) to identify the types of freedom in the novel, (2) to describe how freedom is depicted in the novel, and (3) to reveal the underlying reason why Franz Kafka addressed individual freedom in the novel. This study uses descriptive qualitative method. This method is intended to get a clear picture of the object to be analyzed. The data was collected in the form of words contained in the novel. The technique of data collection was note-taking. Based on the analysis, there are two types of freedom in the Franz Kafka’s novels, namely Freedom From and Freedom To. Freedom described through characters, through setting and through style. Freedom is something that is expected by every individual without exception, because with the freedom every individual was capable of doing anything in life without the intervention of others. This studies also found that the world view of Kafka in creating The Metamorphosis novel was the of thought arising from the desire to be free from all the authoritarian acts.
ARSIP SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA KULIAH SEJARAH LOKAL DI STKIP YAPIS DOMPU: Sumiyati
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.624 KB)

Abstract

Pembelajaran sejarah saat ini cenderung membosankan dan tidak menarik, hal ini karena pengajaran sejarah hanya terbatas pada buku teks dan tidak ada inovasi dalam pengajaran sejarah. Pemahaman sejarah peserta didik hanya sebatas pada hafalan nama tokoh, tahun, dan peristiwa tidak ada nilai dan makna yang bisa diperoleh dari pembelajaran sejarah yang diterapkan, sehingga menjadikan pembelajaran sejarah kering dan membosankan. Dengan demikian, perlu menghadirkan inovasi baru dalam pembelajaran sejarah, sehingga lebih menyenangkan dan bermakna. Pembelajaran sejarah lokal pada program studi pendidikan sejarah menjadi mata kuliah wajib hal ini sebagai bukti bahwa ada keterkaitan antara sejarah lokal dan sejarah nasional. Pembelajaran sejarah lokal di STKIP Yapis Dompu perlu menggunakan arsip sebagai sumber belajar dengan tujuan agar pembelajaran sejarah lokal lebih bervariasi dan tidak hanya terbatas pada buku teks atau benda-benda peninggalan sejarah. Dengan menjadikan arsip sebagai sumber belajar pada mata kuliah sejarah lokal mahasiswa maupun dosen akan lebih prioduktif dalam menghasilkan karya ilmiah berupa tulisan-tulisan yang berkaitan dengan sejarah lokal atau sejarah daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan adalah arsip bisa digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa khususnya dalam mata pelajaran sejarah lokal, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan yang baik pada proses dan interaksi pembelajaran, mahasiswa menjadi lebih aktif serta meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam mendeskripsikan sejarah lokal. Kata Kunci: Arsip Sejarah, Sejarah Lokal, Pembelajaran Sejarah
PERILAKU KOMUNIKASI NON-VERBAL ANAK PENDERITA AUTIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) PEMBINA KOTA MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020: Eka Yulianti
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.867 KB)

Abstract

Penyandang autistik memiliki karakteristik dan gejala dalam hal, komunikasi, interaksi sosial, gangguan sensoris, pola bermain, berperilaku dan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu tentang Perilaku Komunikasi Non-Verbal Anak Penderita Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Pembina Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalah pendekan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data deyakni dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, 3) analisis dengan langkah-langkah identifikasi, klasifikasi, analisis dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bentuk dan makna perilaku komunikasi non-verbal anak autis sangat beragam, berupa 1) gerakan tubuh yaitu meloncat-loncat maknanya senang, menggoyangkan pensil maknanya bosan, memukul meja maknanya marah, menggaruk kaki maknanya bingung, menaruh tangan ke alis maknanya takut, menutup wajah dengan kedua telapak tangan maknanya malu, kepala menunduk dan memegang dahi maknanya sedih, 2) kontak mata dengan gurunya maknanya konsentrasi, 3) ekspresi wajah tersenyum maknanya senang, bola mata melihat ke atas dengan alis mengkerut dan mulut sedikit terbuka maknanya bingung, dan 4) meraih dan mencium tangan gurunya maknanya menginginkan sesuatu.
HUBUNGAN TINGGI LOMPATAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMASUKAN BOLA DENGAN CARA JUMP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 MATARAM: Erwin
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.8 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan tinggi lompatan terhadap kemampuan memasukkan bola dengan caraJump shoot dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMPN 20 Mataram.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan rancangan penelitian koresional. Penggunaan rancangan penelitian ini karena ingin mencari hubungan tinggi lompatan dengan prestasi jump shoot selama 30 detik di bawah ring. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMPN 20 Mataram dengan Jumlah siswa sebanyak 111 orang.Teknik pengambilan sampel dalam peneltitan ini yaitu teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan tinggi lompatan dengan ketepatan jump shoot dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMPN 20 Mataram, hal tersebut didasari oleh hasil analisis data dengan menggunakan rumus Product Moment rxy hitung sebesar 0,940 dan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N sebesar 15 menunjukkan angka 0,514.
12 Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Negeri 1 Woja Tahun pembelajaran 2017/2018: Nuraini JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.92 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD ) dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia sebagai bahan kajian menyunting ejaan dan tanda baca di Kelas X-TKR SMK Negeri 1 Woja tahun pelajaran 2017/2018. Adapun jenis dalam penelitian adalah jenis Penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus, siklus 1, 2, dan, 3. Dari hasil tindakan yang dilakukan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa, hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi setelah diberi tindakan yakni pada siklus 1 rata-rata nilai siswa adalah 57,76%, pada siklus 2 meningkat menjadi 66,33% ada kenaikan sebesar 8,57%. Begitu juga dari Siklus 2 rata-rata siswa 66,33% menjadi 75,52% pada siklus 3, ada peningkatan sebanyak 75,52% - 66,33% = 9,19%.Ketuntasan secara kelasikal siswa meningkat jika pada siklus 1 sebesar 28,57%, pada siklus 2 menjadi 61,90% dan pada siklus 3 menjadi 90, 47%, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus 1, 2, dan 3) yaitu masing-masing 57,76%, 66,33% , 75,52% Pada siklus 3 ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap Hasil Belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan aktivitas Guru dan siswa dalam Pembelajaran.
10 Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019: Syarifuddin
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.589 KB)

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMKN 1 Woja pada kelas X-TKJ. tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa kelas 37 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 18 perempuan. Pengamatan terhadap siswa-siswa tersebut umumnya memiliki kecepatan pertumbuhan kemampuan akademik yang bervariasi juga rendah dalam ketrampilan sosialnya. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh informasi bahwa Hasil tindakan dengan menerapkan model Pembelajaran Koperatif teknik STAD dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang rata-rata nilainya 60, daya serapnya 68%, Ketuntasan Klasikal 70% dan aktivitas yang kurang aktif pada siklus I, menjadi meningkat hasil belajarnya menjadi rata-rata nilainya 81, daya serapnya 84.45%, Ketuntasan Klasikal 88.37% dan aktivitas yang aktif pada siklus II. peningkatan aktifitas dalam proses penelitian ini dinilai pada keterampilan yang dimiliki siswa yakni: kerja sama,tanggung jawab, mampu mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan dan menghargai pendapat orang lain juga bepengaruh positif bagi perbaikan hasil belajar siswa.
11 Implementasi model Pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Woja: Hanafi JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.047 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-TKR SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Teknik Listrik dasar otomotif melalui implementasi model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution, adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penetapan sampel terdiri atas 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rerata hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 15,21secara kuantitatif meningkat pada siklus II menjadi 22,46. Selain itu aktivitas belajar siswa sesuai dengan hasil pengamatan meningkat dari cukup aktif menjadi aktif pada siklus II. Selain itu Hasil Belajar siswa pada siklus I sebesar 62,43 meningkat menjadi 71,62 pada siklus II. Demikian pula daya serap pada siklus I sebesar 62,43% meningkat menjadi 71,62% pada siklus II dan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 64,86% meningkat menjadi 86,00% pada siklus II. Sesuai dengan hasil penilaian yang diperoleh dalam pelaksanaan Penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem posing pada mata pelajaran Teknik Listrik dasar otomotif kelas X-TKR SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
9 Meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Kooperatif dengan teknik Numbered Head Together pada siswa SMKN 1 Woja Tahun Pembelajaran 2018/2019: Syarifuddin JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.519 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. hasil penelitian diperoleh beberapa informasi terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa antara lain: a). Data aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan I aktivitas guru memperoleh skor 13 (54,16%), pada siklus I pertemuan II sebesar 15 (62,50%), pada siklus II pertemuan I sebesar 20 (83,33%). Dan pada siklus II pertemuan II dengan skor 22 (91,66%). Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan I siklus I memperoleh skor 12 (50,00%), pada pertemuan II siklus II sebesar 14 (58,33%), pada pertemuan I siklus II sebesar 19 (79,17%). Dan pada pertemuan II siklus II sebesar 23 (95,83%). b). Ketuntasan individu dan klasikan klasikal siswa mengalami peningkatan. Pada skor dasar jumlah siswa yang mencapai KKM atau tuntas adalah 9 siswa (40,90%), pada UH I mengalami peningkatan dengan jumlah 17 siswa (77,27%) dan pada UH II mengalami peningkatan dengan jumlah 20 siswa (90,90%). Pada skor dasar hasil belajar siswa memperoleh nilai 51,25 dengan kategori rendah, pada UH I mengalami peningkatan hasil belajar dengan perolehan nilai sebesar 65,76 dengan kategori sedang, dan pada UH II hasil belajar siswa kembali meningkat dengan perolehan nilai sebesar 79,25 dengan kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif dengan teknik numbered head together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelas X-TKJ SMKN 1 Woja pada materi Communication Practice Tahun Pembelajaran 2018/2019.
8 Upaya Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Penerapan model Pembelajaran TGT di SMKN 1 Woja: Siti Nur Hamilah JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.139 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar siswa dengan penggunaan model Pembelajaran TGT Pada Siswa Kelas XII/-TKR Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Woja Semester I Tahun 2017/2018, manfaat secara tidak langsung yang diperoleh dari penelitian ini adalah meningkatkan profesionalisme guru dengan terus berinovasi adag siswa semakin aktif dan termotivasi dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yang ditetapkan Kelas XII-TKR SMKN 1 Woja tahun pelajaran 207/20I8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I yaitu: rata-rata 78,00 menjadi 80,20; daya serap 80,20% menjadi 80,20%; ketuntasan klasikal dari 78,50% pada siklusII mencapai 87,50 %, Berdasarkan uraian dua siklus pembelajaran membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan model TGT di atas dapat dirumuskan beberapa simpulan. Pertama, metode TGT cukup efektif dipergunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa membedakan fakta dan opini dari berbagai laporan lisan. Kedua, metode TGT cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan atau hasil belajar membedakan fakta dan opini dari berbagai laporan lisan. Ketiga, metode TGT cukup efektif meningkatkan partisipasi siswa dalam kelompok belajar. Keempat, metode TGT cukup efektif meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran membedakan fakta dan opini dari berbagai laporan lisan.

Page 1 of 155 | Total Record : 1550


Filter by Year

2018 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 6 No. 5 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 1 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 9 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 6 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 5 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 4 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 1 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 8 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 7 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 6 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 5 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 4 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 3 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 2 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 1 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 3 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 3 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) More Issue