cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
redaksi.jiip@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
redaksi.jiip@gmail.com
Editorial Address
Jln. STKIP Yapis Dompu, No. 1, Sorisakolo, Dompu, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Published by STKIP Yapis Dompu
ISSN : -     EISSN : 26148854     DOI : -
JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Fisika, dan beberapa pendidikan lainnya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2,350 Documents
PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SLIDE PRESENTASI BERBASIS MULTIMEDIA Fathirma'ruf; Abubakar Wahyu
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.426 KB)

Abstract

Prosedur operasi standar Slide Presentasi Powerpoint adalah sebuah standar yang dirancang untuk digunakan sebagai acuan oleh guru maupun siswa dalam mendesign sebuah slide presentasi bahan ajar atau semacamnya. dalam penelitian ini dirancang sebuah standar design slide presentasi powerpoint dengan memperhatikan tiga aspek utama diantaranya, gambar, teks (font) dan warna sebagai elemen dalam multimedia dalam pembelajaran. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pengembangan, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata rata kelayakankan dari 2 (dua) orang ahli design sebesar 85,45% dengan kriteria interpertasi 81% - 100% dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. sedangkan untuk penilaian dari respon siswa sejumlah 10 orang siswa terhadap penerapan SOP yang dimaksud mendapatkan rata rata nilai persentasi sebesar 91,6% dengan taraf interpertsi 81% - 100% dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa rancangan SOP design slide presentasi powerpoint berdasarkan ketentuan sebagai berikut: Standar Gambar dengan ketentuan : Relevan dengan konteks pembahasan, Tanpa Watermark, Ukuran Proporsional. Standar Gambar background dengan ketentuan : HD JPEG Minimal 1280 x 720 Pixel (Minimal 72 dpi, Relevan dengan konteks pembahasan. Standar Text dengan ketentuan : Total Maximal 40 kata per slide, Bullet Point dalam 1 Slide maximal 4 point. Standar Font dengan ketentuan : Maximal 2 Jenis, Font Title 30-60 pt, Font Subtitle 25-50 pt. Standar Warna dengan ketentuan : Tunggal RGB. Kata kunci: SOP, Slide, Presentasi, Multimedia.
PENGARUH MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN KEBAHASAAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 DOMPU: Mind Map erman, Sugerman
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.5 KB)

Abstract

Mind map merupakan teknik pembelajaran yang menggunakan gaya visual dengan kombinasi warna, sehingga memudahkan daya ingat peserta didik, mind map memiliki ciri khas yaitu bagan, warna, bercabang, dan memunculkan gambar. Mind map atau peta pikiran merupakan metode mencatat kreatif yang memudahkan untuk mengingat banyak informasi yang diperkaya dengan warna gambar, kode, untuk menambah minat, keindahan, dan individualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik mind map terhadap pemahaman kebahasaan pada peserta didik SMA Negeri 1 Dompu tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment (eksperimen quasi). Populasi ialah seluruh peserta didik kelas X IA yang berjumlah 237 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IA3 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IA4 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Data diperoleh melalui pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji t-test. Berdasarkan tes awal diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 60 dan kelas kontrol sebesar 60. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas eksperimen sebesar 75 dan kelas kontrol 70. Data tes akhir kelas sampel dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,194 dan dan ttabel sebesar 1,999. Diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf kesalahan 5% dan dk sebesar 62. Berdasarkan hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh penggunaan mind map terhadap pemahaman kebahasaan peserta didik SMA Negeri 1 Dompu pembelajaran 2017/2018. Kata kunci: Mind Map, Pemahaman Kebahasaan
PENGARUH LATIHAN BAYANGAN TERHADAP KEMAMPUANTEKNIK PUKULAN PUSH FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA KLUB PANDUSIWI TAHUN 2014: TEKNIK PUKULAN PUSH FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA Pratama, Sandi achmad
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.433 KB)

Abstract

Cabang olahraga tenis meja adalah olahraga untuk semua umur dan biasa dianggap sebagai olahraga rekreasi maupun sebagai pemacu prestasi . Keduanya bisa dirasakan sekaligus, tetapi untuk memperlakukannya sebagai olahraga perlu dipahami dulu berbagai teknik dan gaya permainan yang ada .Untuk meningkatkan kemampuan para atlet seorang pelatih dituntut untuk membimbing atlet supaya bisa membantu dan memacu perkembangan dalam mencapai hasil belajar. Untuk itu seorang pelatih harus dapat memilih dan menentukan cara atau teknik melatih yang sesuai. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang diajukan adalah “Pengaruh Latihan Bayangan terhadap Peningkatan Teknik PukulanPush Forehand dalam PermainanTenis Meja pada klub Pandusiwi tahun 2014 dan penelitian ini adalah penelitian experiment yang bertujuan untuk mengetahui Ada atau tidak Pengaruh Latihan Bayangan terhadap Peningkatan Teknik Pukulan Push Forehand dalam Permainan Tenis Meja padaklub Pandusiwi tahun 2014.Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.Subyek penelitian yang digunakan berjumlah 26 orang dengan teknik sampling purvosive sampling dan hasil analisa data menggunakan uji t diperoleh nilai t- hitung sebesar 7,710 dan t-tabel sebesar 2,060 sehingga dari hasil penelitian ini dapat ditarik simpulan bahwa ada Pengaruh Latihan Bayangan terhadap Peningkatan Teknik Pukulan Push Forehand dalam Permainan Tenis Meja Pada klub Pandusiwi tahun 2014 Kata kunci: Pengaruh, latihan Bayangan, pukulan Push Forehand
ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN TERHADAP KEBUTUHAN DUNIA USAHA/INDUSTRI DI MAKASSAR: ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN imansyah, nur
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.28 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha/industri pada bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK dan seberapa tinggi relevansi kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan di SMK dengan kompetensi kerja di dunia usaha/industri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 4 dunia usaha/industri. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kompetensi kerja yang dibutuhkan dunia usaha/industri yaitu keamanan sistem operasi jaringan, manajemen traffic dan bandwidth, troubleshooting pada sistem operasi jaringan, tugas dan tanggung jawab admin server, instalasi sistem operasi untuk server, manajemen remote access, konfigurasi DNS server, DHCP server, Web/HTTP server, FTP server, mail server, web mail server, remote server (telnet, SSH), NTP server, proxy server, samba server, VPN server, multimedia streaming server, securing Web/HTTP server, securing FTP server, menghubungan komputer ke jaringan, perencanaan pemutakhiran jaringan, komunikasi client server, layanan dan pengalamatan jaringan, penyambungan internet melalui ISP, eksplorasi infrastruktur jaringan perusahaan, dan switching pada jaringan perusahaan. Tingkat relevansi kurikulum SMK dengan dunia usaha/industri dengan kategori cukup relevan. Kurikulum SMK khususnya mata pelajaran sistem operasi jaringan, administrasi server dan rancang bangun jaringan cukup relevan dengan kompetensi kerja yang ada di dunia usaha/industri. Kata Kunci: Kompetensi, Relevansi, Dunia Usaha/Industri
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MATLAB PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM TELEKOMUNIKASI DI SMK TELKOM MAKASSAR: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MATLAB wati, hasra
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.892 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis MATLAB di SMK TELKOM Makassar, (2) Menghasilkan media pembelajaran berbasis MATLAB yang valid, praktis, dan efektif yang digunakan untuk siswa-siswi di SMK TELKOM Makasssar, (3) Mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran berbasis MATLAB yang dikembangkan di SMK TELKOM Makassar. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam merancang media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK TELKOM Makassar. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa-siswi SMK TELKOM Makassar dan 2 orang pengamat/guru. Pada penelitian ini dilakukan tiga kali uji coba, yaitu uji coba one to one 3 siswa, uji coba kelompok kecil 10 siswa, uji coba lapangan 30 siswa, dan 2 pengamat/guru. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan telah memenuhi kriteri valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon positif oleh siswa dan guru. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan untuk melihat berbagai sinyal modulasi atau materi yang lebih komplex untuk mendapatkan masukan yang lebih luas. Kata Kunci: Media pembelajaran, simulasi, modulasi, MATLAB
Siti Sumarni (Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar AL-Qur’an Hadist): Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar AL-Qur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu. JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.729 KB)

Abstract

Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar Alqur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu dengan. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu: apakah Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar Alqur’an Hadist Tentang menghafal surat-surat pendek Pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri 19 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah format observasi aktivitas belajar dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media TIK yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 81% dan pada siklus II Nilai rata – rata siswa menjadi 91%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar Alqur’an Hadist pada siswa kelas IV MIS AL-Amin Dompu.
Siti Arafah (Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining): Penerapan Model Pembelajaran Student facilitator and Explaining Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akidah siswa kelas V MIS Babussalam Nowa. JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.966 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas V MIS Babussalam Nowa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Masalah utama yang ditentukan adalah Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak Tentang Iman Kepada Hari Akhir Pada siswa kelas V MIS Babussalam Nowa?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Babussalam Nowa yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah format observasi aktivitas belajar dan Format Nilai Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 80,67 dan pada siklus II rata – rata nilai siswa menjadi 91,33. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas VMIS Babussalam Nowa.
Bung Syahrir (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri): Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata pelajaran Penjaskes untuk meningkatkan teknik bermain bola tangan siswa kelas XI-TKJ SMK Negeri 1 Dompu tahun 2017-2018. JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.756 KB)

Abstract

Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan teknik bermain bola tangan bagi siswa dengan model pembelajaran inkuiri? Sedangkan untuk Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa dalam pemanfaatan Model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Dompu. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terjadi peningkatan dalam teknik bermain bola tangan ditunjukan oleh siklus I sampai dengan siklus II, siklus I (49%), siklus II (87%). Simpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan teknik bermain bola tangan pada siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Dompu, serta model pembejalaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam pendidikan jasmani.
Abdul Kadir (Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah): Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X APT Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK Negeri 1 Woja. JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.469 KB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Woja disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor dari siswa dan faktor dari guru. Hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2014/2015 memperoleh nilai rata-rata 5,1 dan tahun pelajaran berikutnya memperoleh hasil belajar dengan rata-rata 5,3. atau dengan kata lain ketuntasan secara klasikal masih dibawah standar yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu minimal 85%. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas, dilakukan dengan 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, angket, dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,5% dengan rata-rata kelas 8,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar pada siswa kelas X APT SMK Negeri 1 Woja dapat terjadi peningkatan.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Datar dengan Pendekatan Open Ended Asmedy
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.155 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran Bangun Datar dengan pendekatan open-ended yang berkualitas baik dan menghasilkan perangkat pembelajaran Bangun Datar dengan pendekatan open-ended yang berkualitas baik. Kriteria perangkat pembelajaran yang berkualitas baik adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan perangkat serta memenuhilima dari enam kategori-kategori berikut dengan catatan THB valid, reliabel, dan sensitif, serta ketuntasan belajar tercapai: (1) valid menurut penilaian pakar, (2) efektif untuk aktivitas siswa, (3) efektif untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran, (4) positif untuk respon siswa terhadap pembelajaran, (5) valid, reliabel, dan sensitif untuk THB, dan (6) tuntas untuk hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran Bangun Datar dengan pendekatan open-ended di kelas VII SMP. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah “model 4-D Thiagarajan” yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Tes Hasil Belajar. Berdaasarkan hasil analisis deskriptif pada tahap pengembangan diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran Bangun Datar dengan pendekatan open-ended berkualitas baik, karena memenuhi kategori: (1) valid berdasarkan penilaian ahli, (2) aktivitas siswa efektif, (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, (4) respon siswa terhadap pembelajaran positif (5) valid, reliabel, dan sensitif untuk THB, dan (6) hasil belajar tuntas secara klasikal.

Page 1 of 235 | Total Record : 2350


Filter by Year

2018 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 6 No. 11 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 9 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 7 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 6 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 5 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 6 No. 1 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 9 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 6 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 5 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 4 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 1 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 8 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 7 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 6 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 5 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 4 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 3 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 2 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 4 No. 1 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 3 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 1 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 2 No. 3 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 2 No. 2 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 3 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2018): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) More Issue