cover
Contact Name
MAHIMMA ROMADHONA
Contact Email
jurnalgestalt@upnjatim.ac.id
Phone
+6281280468005
Journal Mail Official
jurnalgestalt@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Pusat Publikasi Gedung Giri Yasa Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60294
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
ISSN : 26571641     EISSN : 26850311     DOI : 10.33005/gestalt
Core Subject : Education,
Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan nopember.
Articles 62 Documents
STUDI ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI KESEHATAN PAYUDARA WANITA PADA SMARTPHONE Diana Aqidatun Nisa
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.141 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i2.43

Abstract

Internet memberikan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan manusia terlebih dalam kapasitas penyedia informasi. Dengan kehadiran internet, kampanye sadar bahaya kanker payudara di Indonesia bisa lebih ditingkatkan tidak hanya dari media kampanye konvensional. Periksa payudara sendiri (SADARI) harus dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, salah satu media yang bisa dipakai adalah aplikasi smartphone. Studi eksisting antarmuka ini menggunakan aplikasi yang sudah ada yaitu Early Detection Plan dan Check Yourself!. Selain untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan juga berguna sebagai pengetahuan mendesain tampilan aplikasi yang menarik dan dipahami oleh pengguna yaitu remaja perempuan usia 15-20 tahun. Tampilan ini berhubungan dengan grafis, icon, tipografi, warna, navigasi, layout dan komposisi yang bisa mempengaruhi usability. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diperoleh dari wawancara, observasi dan kepustakaan. Data tersebut diolah sehingga dapat menghasilkan pertimbangan yang terdiri dari margin konten, warna yang sesuai dengan usia target pengguna, ukuran gambar, jenis dan ukuran font pada halaman aplikasi.
PROMOSI USAHA “FOODY DOLLYS” MENGGUNAKAN TEKNIK FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK Cahyaning Umul Chasanah Nursyifani; Lutfi Tri Atmaji
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.801 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i2.40

Abstract

Photography is one aspect that producers need to consider in promoting their products. Photography can make an object, become more interesting and valuable. Today, buyers can see the product first without having to go to sales outlets. Photos become the main communication that connects producers and consumers in the sale of a product. This initial appearance is very influential in the purchasing decision process by consumers. Product appearance is important because product quality can only be judged by an image. New buyers can assess other aspects when a product has been purchased or come to a sales outlet. Therefore, photography on a product becomes very important to learn. Good photography techniques can increase the value of a product in order to compete with mass producers who have greater resources than them. Keywords: Photography, promotion, product
EVOLUSI IMAJINASI DALAM PENCIPTAAN SENI DAN MITOS KEKUASAAN eko priyantoro
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.884 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i2.42

Abstract

Karya seni sering diasosiasikan dengan pencapaian intelejensi manusia untuk membentuk peradaban. Menurut keilmuan sejarah, alat-alat sederhana pada jaman batu hingga era postmodern adalah rentang waktu penciptaan seni. Manusia pada awalnya menciptakan seni sebagai alat bantu (teknis) saja. Seiring dengan perkembangan zaman dan kompleksitas kehidupan sosial manusia, makna seni berubah menjadi lebih luas. Seni menjadi instrumen untuk penggambaran simbol atau perwakilan ide. Manusia selalu hidup dalam imajinasi atau alam abstrak membutuhkan mitos untuk hidup bersosialisasi. Karya seni yang bertransformasi dari idelogi tertentu menjadi alat terkuat untuk membentuk opini. Persilangan antara segala bentuk seni dengan berbagai media selalu menjadi ujung tombak pertarungan politik. Oleh karenanya, memahami propaganda yang menggunakan seni sebagai media kampanye adalah kebutuhan utama, terlebih lagi bagi bidang keilmuan akademisi.
MITOS ‘SPBU MASA DEPAN’ PADA INFOGRAFIK MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC Senja Aprela Agustin
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.488 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i02.38

Abstract

Semiotika sebagai ilmu tentang tanda dapat dimanfaatkan untuk menafsir teks visual, salah satunya infografik. Teks yang terbentuk atas kombinasi elemen tanda-tanda visual yang muncul dapat ditelisik maknanya, mulai dari yang tampak hingga makna terdalam seperti mitos dalam masyarakat modern. Infografik yang berjudul ‘SPBU Masa Depan’ pada Majalah National Geographic ini memiliki makna yang sarat ideologis mengenai masyarakat ideal masa depan yang lebih berwawasan lingkungan. Melalui tanda-tanda visualnya, mitos ini dapat ditelusuri dengan menggunakan metode semiotika struktural Roland Barthes. Konsep semiotika milik Barthes salah satunya adalah tingkatan tanda yang dimulai dari denotasi dan konotasi yang nantinya akan berkembang menjadi mitos dan jika mantap akan menjadi sebuah ideologi. Kata Kunci: semiotika, infografik, mitos
REPRESENTASI VISUAL IMAGE DALAM FOTOGRAFI LANDSCAPE ANSEL ADAM Yurif Setya Darmawan
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.594 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i02.39

Abstract

Alam liar di daerah Amerika Barat (Wildwest) merupakan sebuah tempat yang sering dijadikan subjek fotografi sejak pertengahan abad 19, (Weber, 2002). Pada tahun 1860an, seorang fotografer bernama Charleton Watkins menyusuri San Fransisco hingga sampai pada lembah Yosimite. Charleton Watkins mengabadikan hamparan pemandangan lembah Yosimite menggunakan alat kamera dan menyimpannya dalam kepingan material film. Bersamaan dengan ditemukannya proses perekaman image foto kedalam kepingan film sehingga memberikan semangat manusia untuk melakukan ekspedisi di daratan Amerika. Fotografi diperthitungkan sebagai alat saintifik yang sempurna, fotografi dapat dijadikan sebagai bukti otentik dokumentasi di bidang keilmuan geografi, arkeologi, topografi dan lain sebagainya.
REPRESENTASI BATIK PADA KEMASAN PRODUK NE BALI SOAP Eldiana Tri Narulita; Ni Putu Tisna Andayani
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 1 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.678 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i1.26

Abstract

Salah satu produk sabun dan perawatan tubuh yang ada di Bali adalah Ne Bali Soap. Yang menjadi ketertarikan peneliti terhadap produk Ne Bali Soap adalah kemasannya yang unik. Di setiap kemasan produk Ne Bali Soap terdapat ilustrasi berbagai jenis motif batik khas Indonesia khususnya Jawa. Hal ini yang menjadi fenomena yang penting untuk diteliti. Selain itu, untuk memahami bagaimana bentuk representasi batik jika dilihat dari sudut padang teori desain komunikasi visual. Serta apa makna representasi batik pada kemasan produk ne Bali Soap dalam membangun citra produk dibenak konsumen dengan teknik analisa semiotika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh rata-rata pada kemasan produk ini berupa kemasan primer. Teks yang ada pada kemasan mudah dibaca dari jarak tertentu,jarak antar huruf serta spasi telah diatur dengan baik. Namun kebanyakan teks berbahasa Inggris. Tipografi pada kemasan produk ini kebanyakan menggunakan jenis huruf san serif. Ilustrasi yang digunakan pada semua kemasan produk semua menggunakan ilustrasi berupa logo perusahaan. Batik yang pada kemasan menggunakan ilustrasi ornamen Patra Punggel,batik mega mendung , batik delimo drajat. Makna yang ada dalam beberapa batik ini berupa makna representasi secara filosofi batik dan juga makna secara semiotika (ikon, indeks,simbol).
SEJARAH PEMBANGUNAN MASJID AGUNG PALEMBANG DALAM VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI Rozie Muhammad; Eka Prasetya Adhy Sugara
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.427 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i2.29

Abstract

Palembang Grand Mosque is one of the oldest mosques in Palembang. The shape of this historic building has a lot of architectural rich heritage which holds noble values ​​and information important for the development of cultural and scientific understanding, so it needs to be protected, preserved and told its history in order to foster awareness of national identity and national interests, especially for young people. One form of disseminating information is to utilize animated video media. The use of video in the form of 3-dimensional animation can bring up visual images that look more real to stimulate the imagination of the audience so that it can be carried into the atmosphere of a more lively storyline. This research uses the stages of Pre-production which includes research information, determines visual concepts, letter concepts, color concepts and manuscript, the Production stage which includes sketching, modeling, texturing, animating and rendering and then Post-production which includes by providing transitions , video effects, sound effects, dubbing, music, giving text, color grading and ending with the final rendering. The results of this study are a video animation as information media about the history of the construction of the Great Mosque.
ANALISIS WARNA PADA FILM ANIMASI “THE GARDEN OF WORDS” KARYA MAKOTO SHINKAI Naldo Yanuar Heryanto
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.212 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i2.30

Abstract

Film Animasi digital dua dimensi kembali bangkit di era modern ini yang cukup bervariasi dari berbagai negara, khususnya animasi dari Jepang’ yang selain diwakilkan oleh Studio Ghibli, juga ada banyak perwakilan dari karya lainnya yang menonjolkan dari aspek dan elemen desain tertentu secara dominan. Salah satu karya animasi lainnya yang cukup memiliki pengaruh besar bagi industri animasi dengan pemikiran konsep yang mendalam dapat kita temukan pada karya Makoto Shinkai, dalam bahasan kali ini adalah film “The Garden of Words” dengan analisa yang mendalam mengenai aplikasi warna secara konseptual.
STRATEGI VISUAL UNTUK MENYAMPAIKAN CITRA PROFESIONAL BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) MELALUI TEKNIK FOTOGRAFI (STUDI KASUS PT SWABINA GATRA) Aryo Bayu Wibisono
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1348.552 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i2.33

Abstract

Fotografi adalah teknik yang selalu ada dalam kehidupan kita, tidak jarang dalam teknik fotografi selalu menampilkan sisi yang realistik pada setiap visual. Korporat dan UMKM tidak jarang selalu menggunakan teknik fotografi pada medianya, namun selama ini strategi dan model visualnya selalu menggunakan teknik fotografi pada media. Urgensi pada penelitian ini yang menarik untuk dikaji dan di paparkan dalam artikel penelitian ini. Penelitian dengan judul “Strategi Visual Untuk Menyampaikan Citra Korporat Dan UMKM Ke Stakehokder Melalui Teknik Fotografi” mengambil studi kasus pada visual fotografi PT Swabina Gatra (anak perusahaan Semen Indonesia) dan UMKM Batik, CV Bintang Abadi. Penelitian ini bersifat deskriptif, dan mendukung pola merancang dengan teknik fotografi pada media. Pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan portofolio dari kedua sampe diatas, selain itu penelitian ini melakukan wawancara, observasi dan literatur ilmiah.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INFOGRAFIS ALUR DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI Widya sari; Aditya Rahman Yani; Aileena Solicitor Costa Rica El-Chidtian
Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol 1 No 2 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Publisher : Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.983 KB) | DOI: 10.33005/gestalt.v1i02.35

Abstract

In this modern era, there has been a need for practical and interesting information to the public. Likewise, UPN "Veteran" Jawa Timur continues to improve the model of information delivery from Standard Operating Procedures (SOPs) in its academic service system. This research was conducted to find a solution in creating a model of delivering that information using visual infographic style. Visual infographic style can combine information with design that can help individuals and organizations communicate briefly and clearly to the audience. The type of infographic used is the type of infographic that explains the flow in stages in various models will be measured their level of effectiveness. The research method used is qualitative and quantitative methods, namely by conducting literature studies, interviews and observations. The data obtained will be analyzed using the TOWS Matrix, an analysis of the target audience's insights using the why test method, the preparation of the questionnaire, and the inference of the results of the questionnaire. Through this infographic media, it is expected that information about SOPs in the academic service system can be conveyed clearly and easily understood by UPN "Veteran" Jawa Timur students.