cover
Contact Name
Syaipul Ramdhan
Contact Email
sisfotek@stmikglobal.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
sisfotek@stmikglobal.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No.43A, Margasari, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sisfotek Global
ISSN : 2088–1762     EISSN : 27213161     DOI : http://.doi.org/10.38101/jsg
Core Subject : Science,
JURNAL SISFOTEK GLOBAL adalah salah satu artikel jurnal nasional yang disampaikan dalam manajemen informasi dan ilmu komputer. Kami mendorong semua ilmuwan yang memiliki keahlian di bidang ini untuk berkontribusi pada jurnal kami. Kami diterima banyak mata pelajaran seperti sistem informasi, pemrosesan gambar, komputasi mobile, kecerdasan buatan, sistem pakar, sistem komputer, dll.
Articles 282 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Aktiva Tetap Studi Kasus PT Sumber Indah Lestari (Dan+Dan) Sirait, Rosana Junita; Sutarman, Sutarman; Rahim, Ika Mustika
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 5, No 2 (2015): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v5i2.78

Abstract

Kebutuhan akan informasi yang andal dan terintegrasi dikemas secara praktis, cepat, tepat dan akurat sehingga akan membantu dalam hal perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Sistem informasi akuntansi aktiva tetap yang diterapkan pada PT Sumber Indah Lestari selama ini belum mampu memaksimalkan kinerja perusahaan dikarenakan terdapat beberapa masalah yang timbul dari sistem pencatatan serta pelaporan aktiva tetap yang sedang berjalan. Untuk itu dibuatlah sistem informasi akuntansi aktiva tetap berbasis web. Sistem yang dibuat menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka, sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan pendekatan berbasis objek dengan metodologi pengembangan waterfall dan bahasa pemrograman Hypertext Prepocessor (PHP). Dengan adanya sistem informasi akuntansi aktiva tetap ini dapat memudahkan staff akunting dalam pencatatan penambahan aktiva tetap, mutasi aktiva tetap, perbaikan aktiva tetap, serta penghapusan aktiva tetap. Selain itu, dengan adanya sistem informasi akuntansi aktiva tetap ini dapat mempercepat dalam  pembuatan laporan aktiva tetap, serta laporan tersebut dapat diakses dimana dan kapan saja oleh koordinator dan manager akunting.
Aplikasi Sistem Informasi Pengiriman Pelunasan Jaminan Pinjaman Berbasis Web Di PT Cakrawala Citramega Multifinace Sirait, Rosana Junita; Sidik, Achmad; Ariyanti, Ariyanti
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 9, No 1 (2019): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v9i1.211

Abstract

Pengiriman pelunasan jaminan pinjaman pada PT Cakrawala Citramega Multifinance, komputer sangat dibutuhkan untuk mengelola data-data pengiriman pelunasan jaminan pinjaman. Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sekali, kebutuhan akan suatu sistem komputerisasi mecakup segala bidang. Setiap organisasi seperti halnya instansi perkantoran sangat membutuhkan sistem komputerisasi yang akurat, cepat dan efesien. Memang tidak semua komputerisasi  itu bisa diterapkan seefektif mungkin, masih banyak instansi yang tidak memiliki sumber daya manusia dengan kendalanya yaitu masih belum memahami pemanfaatan komputer secara tepat. Jadi dengan demikian penanganan sistem secara terkomputerisasi  pada instansi perkantoran sangatlah tepat. Termasuk diperusahaan penulis bekerja, Karena dengan cara yang tidak terkomputerisasi, kemungkinan data yang dimasukan rangkap, data kurang akurat, bahkan keamanannya kurang terjamin, Masih ada proses yang manual terutama untuk pengiriman pelunasan jaminan pinjaman. dalam pengisian form pengiriman pelunasan jaminan pinjaman dengan cara manual, mendata dengan cara manual dan pengirimannya masih lewat perantara, sehingga sering terjadinnya kehilangan data, kerusakan data. Dengan proses yang masih belum terkomputerisasi ini menghambat teller dan legal bpkb dalam memproses aktivitasnya, Sehingga tidak efektif dan efesien. Penulis bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi pengiriman pelunasan jaminan pinjaman pada PT Cakrawala Citramega Multifinance secara terkomputerisasi yang mempermudah informasi bagi teller dan legal bpkb. Sistem perancangan dalam pembuatan website pengiriman pelunasan jaminan pinjaman pada PT Cakrawala Citramega Multifinance dikembangkan dengan menggunakan metode perancangan Unified Modeling Languange (UML) dengan bahasa pemograman PHP dan MySQL. Dengan membuat sistem informasi pengiriman pelunasan jaminan pinjaman secara terkomputerisasi, ini mempermudah informasi bagi teller dan legal bpkb, membantu proses kerja, meningkatkan efektifitas kerja para pengguna dan mempercepat dalam pengiriman pelunasan jaminan pinjaman.
Rancang Bangun Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Tenggorokan Hidung dan Telinga (THT) Hakim, Zainul; Sofyan, Asep Abdul; Arifuzaki, Achmad Yusuf
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i2.46

Abstract

Diagnosa penyakit biasanya dilakukan seorang dokter. Baik itu dokter umum ataupun dengan dokter ahli. Demikian juga dengan penyakit THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan). Penyakit ini juga ditangani oleh dokter ahli atau spesialis THT. Diagnosa penyakit dilakukan oleh seorang dokter berdasarkan gejala yang diderita pasien. Kesimpulan penyakit bisa didapat dari gejala penyakit yang timbul dan keluhan dari pasien. Pada saat ini teknologi komputer sudah merambah ke segala bidang tidak terkecuali di bidang kedokteran. Keahlian dari dokter ini akan dituangkan dalam sebuah teknologi komputer. Penuangan keahlian manusia kedalam computer ini kemudian dikenal dengan Sistem Pakar (Expert System). Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit secara konvensional sudah mulai ditinggalkan karena keakurasiannya kurang. Kali ini akan digunakan pendekatan fuzzy dalam sistem pakar ini. Pendekatan fuzzy digunakan karena ditemukan kondisi yang tidak menentu berkaitan dengan masalah medis ini. Melihat permasalahan tersebut maka dibuat suatu sistem yang menuangkan keahlian dokter mendiagnosa penyakit THT dalam sebuah sistem pakar yang menggunakan pendekatan fuzzy. Penerapan teknologi sistem pakar ini diharap mampu menciptakan sebuah revolusi dalam teknologi aplikasi yang menjadi basis teknologi tinggi.
Sistem Informasi Promosi Penjualan Kendaraan Motor Berbasis Web di CV Dian Motor Cabang Kronjo – Tangerang Raharjo, Joko S. Dwi; Dzulhaq, Muhammad Iqbal; Hartono, Rudi
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 8, No 1 (2018): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v8i1.179

Abstract

Sistem Informasi Promosi Penjualan Motor adalah untuk membantu konsumen dalam mencari sebuah informasi yang lebih lengkap dengan menfaatkan sutatu sistem web dalam menentukan sebuah keputusan pembelian. Penulis membuat penulisan Skripsi ini berdasarkan dari hasil riset di CV Dian Motor yang berlokasi di Jalan Raya Kronjo depan koramil 13 Kronjo Tangerang, CV Dian Motor Kronjo adalah cabang penjualan sepeda motor berbagai merk motor seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Viar, dan TVS. Semakin banyaknya persaingan penjualan kendaraan motor, maka timbul permasalahan-permasalahan  yang membingungkan pelanggan untuk menentukan promosi, harga dan kualitas kendaran yang akan dibeli. Sehingga penulis menggunakan aplikasi yang sudah ada yaitu Prestashop suatu sistem aplikasi yang berguna untuk dapat menangani masalah yang timbul atau paling tidak mengurangi tingkat kesalahan yang selama ini terjadi pada proses penjualan dan sekaligus meningkatkan kinerja serta produktifitas kerja dari sumber daya yang ada. Untuk itu penulis merancang suatu sistem pengolahan data informasi penjualan kendaraan secara komputerisasi dari mulai proses pemesanan motor sampai, informasi spesifikasi kendaraan dan dengan proses pembuatan laporan. Semuanya itu penulis tuangkan dalam sebuah judul Sistem Informasi Promosi Penjualan Motor Berbasis Web Studi Kasus di CV Dian Motor Cabang Kronjo-Tangerang
Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi dengan Methode AHP (Studi Kasus di SD Negeri Margamulya) Dedi, Dedi; Tullah, Rahmat; Khoir, Fajar
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 6, No 1 (2016): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v6i1.13

Abstract

Pemilihan murid berprestasi merupakan proses mendapatkan dan menggunakan informasi mengenai murid terbaik di sekolah. Seorang wali kelas selaku pembuat keputusan harus mengambil keputusan yang tepat mengenai pemilihan siswa atau siswi, bila hal ini dilakukan dengan baik dan benar akan menjamin hasil pemilihan yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu pembuatan keputusan juga dituntut untuk menghasilkan keputusan yang relevan dan akurat. Analytical Hierarcy Process (AHP) yang merupakan salah satu bagian dari sistem pendukung keputusan menawarkan metode yang mampu menyederhanakan suatu persoalan kompleks yang tidak tersturktur, stratejik dan dinamis. Metode ini cocok diterapkan pada proses pemilihan siswa berprestasi di SDN Margamulya dimana dalam prosedur penilaiannya menggunakan berbagai kriteria/multikriteria. Penelitian ini menyajikan prosedur sistem pemilihan siswa berprestasi dengan Unified Modeling Language (UML) yang menggambarkan rangkaian analisa proses perencanaan sistem. Hasil akhir dalam penelitian ini berupa web application. Sistem informasi pemilihan siswa berprestasi yang mudah digunakan dan bisa dijadikan suatu alternatif pendukung wali kelas dalam membuat keputusan menetukan siswa terbaik pada kelas.
Perancangan Sistem Informasi Jadwal Investigasi Expired Date Makanan dan Minuman Tobing, Fenina Adline Twince; Mustafa, Siti; Hamami, Miftahul
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 7, No 2 (2017): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v7i2.143

Abstract

Perusahaan waralaba seperti mini market semakin berkembang di Indonesia. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk berbelanja di tempat yang dekat dengan rumah mereka dan menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan suasana yang lebih nyaman dan penawaran harga yang cukup terjangkau. Gerai kecil seperti Indomaret yang merupakan perusahaan waralaba utama di Indonesia adalah salah satunya. Di berbagai wilayah, gerai Indomaret bisa ditemukan dengan mudah. Masyarakat tidak perlu pergi ke tempat yang jauh untuk memenuhi beberapa kebutuhan seharihari mereka. Namun, semakin berkembangnya perusahaan semakin banyak pula kendala yang dihadapi, seperti banyaknya keluhan yang dirasakan oleh konsumen, terutama yang terkait dengan kualitas produk yang masa expired date-nya sudah tidak terkontrol. Kondisi ini selain merugikan konsumen, juga merugikan pemilik waralaba itu sendiri karena produk-produk yang sudah expired tidak dapat dikembalikan kepada para Supplier, sehingga semakin banyak juga kerugian yang harus ditanggung. Sehubungan dengan hal ini, peneliti membuat program jadwal investigasi expired date makanan dan minuman menggunakan program Visual Basic, sebuah studi kasus di Indomaret Rajeg II. Penelitian dilakukan untuk memperoleh data, fakta serta informasi-informasi yang dibutuhkan. Dalam upaya untuk mengumpulkan data, fakta serta informasi yang berkembang dengan masalah yang akan dilakukan, peneliti juga melakukan observasi, studi pustaka, serta wawancara atau interview. Program yang dibuat ini dapat memantau produkproduk mana saja yang expired, sehingga dapat meminimalisir kerugian pihak Indomaret.
Iklan Layanan Masyarakat Waspada Hoax Sutarman, Sutarman; Ramdhan, Syaipul; Hidayat, Denny
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 11, No 1 (2021): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v11i1.342

Abstract

Berita hoax adalah berita palsu yang diada-adakan atau diputarbalikkan dari realitas sesungguhnya. Banyak kasus atau peristiwa yang sebenarnya tidak terjadi namun diangkat menjadi sebuah berita dan dikemas sebaik mungkin agar khalayak tertarik untuk membacanya. Berita hoax sendiri lebih condong membawa dampak negatif dari pada dampak positif.  Terdapat empat bahaya yang ditimbulkan dari berita hoax, yakni hoax membuang waktu dan uang, hoax jadi pengalih isu, hoax sebagai sarana penipuan publik, serta hoax sebagai pemicu kepanikan  publik. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa macam isu hoax di antaranya terkait agama, permasalahan sosial, dan politik. Sebagai masyarakat modern dan berpendidikan, kita harus pandai dalam menggali informasi. Kita wajib membaca dengan teliti dan menelusuri sumber dari berita tersebut dan yang terpenting adalah jangan terlalu mudah untuk menyebarluaskan berita tersebut sebelum berita tersebut diketahui keasliannya. Untuk itu, dalam penelitian ini motion graphic digunakan untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat agar lebih waspada pada berita hoax dengan sarana penyampaian informasi yang berbeda sehingga lebih menarik untuk ditonton.
Rancangan Sistem Informasi Pendataan Keluarga Miskin Desa Klebet Kec. Kemiri Fajarianto, Otto; Wahyuni, Yeyen
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 6, No 2 (2016): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v6i2.111

Abstract

Desa merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam proses pendataan masyarakat terutama masyarakat miskin. Sistem informasi data penduduk di Desa Klebet masih menggunakan sistem yang manual. Hal ini menimbulkan beberapa kendala yang cukup merepotkan, terutama pada ketidakvalidan dan ketidakcocokan data. Sering pula terjadi kendala pada saat pencarian informasi data penduduk miskin, maupun data penduduk pada desa tersebut.  Demikian pula halnya dengan penyediaan data, misalnya data pekerjaan, data pendidikan, dan data demografi penduduk yang sering tidak up to date.  Berangkat dari kendala-kendala di atas, maka dibuatlah rancangan suatu sistem informasi pendataan keluarga miskin. Dimana sistem ini akan melakukan proses pendataan seiring dengan proses pemberian bantuan yang dilakukan desa kepada masyarakat miskin desa Klebet. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi pendataan masyarakat miskin adalah metode wawancara, metode observasi dan studi pustaka. Penelitian mengenai pendataan masyarakat miskin  ini penulis menggunakan  UML (Unified Modeling Language)  dan untuk perancangan perangkat lunak menggunakan Visual Basic.Net dan Microsft Access. Dengan pembuatan sistem ini menghasilkan aplikasi berbasis dekstop yang dapat memberikan kemudahan dalam proses pendataan di Desa Klebet. Sistem yang dibangun ini dirancang dengan alur dan rancangan antar muka yang sederhana, sehingga dapat dengan mudah digunakan di lingkungan desa. Dimana petugas desa hanya menginput data penduduk dan data pemberian bantuan pada penduduk yang kemudian sistem akan menyimpan data tersebut, sehingga memudahkan petugas dalam mengelola data penduduk, baik penduduk tingkat atas, menengah atau miskin. Hal ini memudahkan pendataan tingkat desa terutama pada Desa Klebet Kec. Kemiri Kab. Tangerang.
Sistem Informasi Administrasi Penjualan dan Jasa Air Conditioner (AC) Rahayu, Sri; Hakim, Zainul; Septiana, Nurul
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 9, No 2 (2019): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v9i2.252

Abstract

CV Karya Bumen adalah salah satu perusahaan berkembang, bergerak dalam bidang preventive maintenance, penanganan troubleshooting, pemasangan instalasi electrical dan air conditioning specialist. Dengan fokus utamanya adalah instalasi yang terletak di Panorama Cibodas Jl. Mars Blok B No. 03, Sangiang Jaya, Periuk, Tangerang. Dimana sistem informasi administrasi penjualan sangat dibutuhkan disana, pada sistem informasi administrasi yang sedang berjalan masih bersifat manual dan masih sangat sederhana terutama dalam memberikan informasi mengenai data permintaan pelanggan, penjualan dan laporan hasil pelayanan jasa yang diberikan. Tetapi, masih banyak data yang tidak terkelola dengan baik karena sistem penyimpanan data masih berupa file atau pengarsipan, sehingga seringkali terjadi berkas hilang atau rusak secara fisik. Karena alasan tersebut diatas maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam pengelolaan administrasi penjualan tersebut. Metodologi yang digunakan yaitu SDLC (System Development Life Cycle), metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, reserch dan studi pustaka. Untuk aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk desain database, untuk desain illustrator menggunakan adobe dreamweaver dan untuk model system UML menggunakan visual paradigm for UML 8.0 enterprise edition. Dengan adanya sistem administrasi penjualan ini berbasis komputer secara online diharapkan bisa membantu bagian administrasi yang akan mempermudah dan mempercepat pengelolaan data mengenai pelanggan, penjualan, dan pelayanan yang diberikan. Agar pimpinan (manager utama) dapat melihat laporan administrasi penjualan dimanapun.
Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces Tullah, Rahmat; Hanafri, Muhammad Iqbal
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 4, No 1 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : STMIK Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/sisfotek.v4i1.36

Abstract

Kehadiran sistem informasi telah memberikan begitu banyak pengaruh terhadap sebuah organisasi, bukan hanya organisasi namun pengaruh tersebut meluas hingga proses bisnis dan transaksi organisasi. Namun apakah semua sistem informasi yang diterapkan pada organisasi dapat dikategorikan berhasil?  Politeknik LP3I Jakarta sebagai salah satu intansi pelayanan publik yang  bergerak pada bidang jasa pendidikan yang berada di 13 kampus dan tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Untuk melakukan collecting data sebagai kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan aktivitas kegiatan di 13 kampus, Politeknik LP3I Jakarta memerlukan sumber daya teknologi informasi yang dapat mengintegrasikan data-data tersebut sebagai sumber informasi bagi mahasiswa maupun pihak manajemen. Penggunaan sistem informasi telah dilakukan oleh Politeknik LP3I Jakarta sejak tahun 2010, namun seiring penerapan sistem informasi tersebut timbul kendala-kendala yang sering dialami oleh penggunanya. Rata-rata pengguna mengeluhkan lambatnya proses (loading) dari sistem informasi, sehingga mengakibatkan tidak efektifnya waktu dalam penggunaan sistem informasi. Namun hal ini perlu pembuktian lebih lanjut, untuk itu penulis mencoba untuk melakukan penelitian berupa evaluasi penerapan sistem informasi pada Politeknik LP3I Jakarta dengan indikator PIECES Frame work dan hasilnya ditujukan untuk memberikan saran bagi Politeknik LP3I Jakarta dalam mengelola sistem informasi. Disamping itu, juga dianjurkan pihak Politeknik LP3I Jakarta untuk mengupgrade infrastruktur yang ada dan merubah kebijakan tentang hak akses informasi terhadap mahasiswa.

Page 1 of 29 | Total Record : 282