cover
Contact Name
Jurnal Maenpo
Contact Email
jurnalmaenpo@unsur.ac.id
Phone
+6281774153255
Journal Mail Official
jurnalmaenpo@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43216 No : 081774153255, 082121455403 Website: https://jurnal.unsur.ac.id E-mail: jurnalmaenpo@unsur.ac.id
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
ISSN : 20892314     EISSN : 27217175     DOI : https://doi.org/10.35194/jm.v9i2
Maenpo Journal is a Journal of Physical Education in Health and Recreation which is published online and this Journal is published 2 times / year in the period January-June and July-December p-ISSN (2089-2341). e-ISSN (2721-7175)is published by the Physical Education and Health Study Program, FKIP Suryakancana University Cianjur.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 92 Documents
Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Ega Trisna Rahayu; nen eng
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 9, No 2 (2019): VOLUME 09 NOMOR 2 TAHUN 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.869 KB) | DOI: 10.35194/jm.v9i2.910

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai “Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dalam Upaya Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (The Classroom Action Research). Dalam desain yang di gunakan adalah model siklus yang meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Populasi yang di gunakan dengan cara purposiv sampel, sebanyak 32 siswa kelas III. Instrument yang digunakan adalah berupa catatan lapangan (Duration Recoding) yaitu penggunaan waktu aktif belajar pendidikan jasmani melalui observasi dengan rerata 55% sehingga di tentukan target capaian dengan rerata 80%. Berdasarkan peneltian pada siklus I (Tindakan I, II dan III) 80,43%, dikarenakan sudah melampaui target penelitian di cukupkan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data maka di peroleh kesimpulan pemanfaatan media pembelajaran pendidikan jasmani cukup berarti terhadap peningkatan waktu aktif belajar siswa SDN Sarimulya 1 Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang.
Korelasi Antara Motor Ability Dengan Keterampilan Dasar Bermain Bola Voli Pada Siswa Berusia 18-19 Ahmad Suherly Dina Saputra; Muhamad syamsul taufik
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 9, No 1 (2019): VOLUME 09 NOMOR 1 TAHUN 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.755 KB) | DOI: 10.35194/jm.v9i1.906

Abstract

Motor ability merupakan kemampuan gerak seseorang untuk melakukan aktivitas fisik atau gerak yang diperlukan dalam kegiatan olahraga khususnya bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motor ability dengan keterampilan dasar bermain bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikkuler bola voli yang berjumlah 30 orang di SMAN 1 Pacet. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrumen pertama yang digunakan dalam penelitian adalah barrow motor ability dan instrumen yang kedua yaitu keterampilan bermain bola voli. Analisis data menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motor ability dengan keterampilan teknik dasar bola voli pada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa agar dapat menguasai keterampilan dasar bermain bola voli dengan optimal sangat membutuhkan korelasi dari motor ability
Model Pembelajaran Direct Intruction Dan Model Pembelajaran Tgt Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Pasundan 1 Cianjur Hendra Saputra
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 2 (2018): VOLUME 08 NOMOR 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.276 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i2.925

Abstract

Penelitian ini berjudul. ”Model Pembelajaran Direct Intruction dan Model Pembelajaran TGT Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMK Pasundan 1 Cianjur”.. Sampel yang dijadikan objek penelitian ini adalah siswa SMK Pasundan 1 Cianjur yang berjumlah 30 orang. Sedangkan untuk pembagian kelompok menggunakan teknik total sampling. Penelitian dilaksanakan selama enam minggu dengan latihan sebanyak 16 kali dan ditambah dua kali pertemuan untuk melaksanakan tes awal dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes melakukan teknik lay-up shoot. Dari pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Direct Instruction berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan keterampilan lay-up shoot dengan dibuktikan penghitungan setatistik  thitung sebesar 11,06 dengan  ttabel sebesar 1.76, dk = ( n-1 ) dan tarap signifikan α = 0.05, demikian pula dengan model pembelajatan TGT Teams Games Tournament berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan keterampilan lay-up shoot dengan di buktikanhasil penghitungan statistik thitung sebesar 13.32 dengan ttabel sebesar 1.76, dk = ( n-1 ) dengan tarap siqnifikan   α = 0.05. Kesimpulan selanjutnya terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Direct Intruction dan model pembelajaran TGT Teams Games Tournament  terhadap peningkatan kemampuan keterampilan lay-up shoot dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMK Pasundan 1  Cianjur.
Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian dalam Melalui Audio-Visual kepada Siswa Kelas X Smk Pgri 3 Otomotif Cianjur Septiadi, Winnico; Guntur GS, Muhamad; Syamsul Taufik, Muhamad
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 9, No 1 (2019): VOLUME 09 NOMOR 1 TAHUN 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.916 KB) | DOI: 10.35194/jm.v9i1.900

Abstract

Dari pengalaman yang dirasakan guru kurang maksimal dalam mencontohkan gerakan pada saat pembelajaran penjaskes di sekolah. Selain itu pada saat mengajar guru penjaskes belum pernah menggunakan media pembelajaran berupa media audio visual. Penyampaian materi yang dilakukan selama ini dalam proses mengajar hanya mempraktikkan sendiri contoh gerakan yang akan dilakukan, selanjutnya siswa mengikuti atau mencontoh apa yang disampaikan. Hasil wawancara dengan beberapa siswa yang telah mengikuti pelajaran olahraga materi sepak bola menyatakan bahwa, menurut mereka materi sepak bola sebenarnya tidaklah sulit dari materi lainnya, namun dikarenakan penyampaian materi oleh guru kurang menarik dan terasa monoton membuat siswa merasa jenuh dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga apa yang diajarkan oleh guru tidak diserap dengan baik oleh siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan sempel yang diteliti sebanyak 26 siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual. Berdasarkan pengolahan dan analisis dapat dikemukan hasil penelitian ini mulai dari prasiklus sampai dengan siklus II ada perubahan peningkatan.  
Hubungan Power Tungkai Dan Power Lengan Terhadap Hasil Spike Dalam Permainan Bola Voli Andi Kurniawan Pratama
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.998 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.918

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan power lengan terhadap hasil spike dalam permainan bola voli pada atlet UKM Bola Voli Universitas Suryakancana. Sampel penelitian berjumlah 10 orang atlet dengan teknik pengambilan sampel, purposif sample. Analisis data dengan menggunakan analisis korelasi dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan hasil spike, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara power lengan dengan hasil spike.
Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan Muhamad Syamsul Taufik
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.23 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.914

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor, melalui modifikasi permainan. Memperoleh informasi secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran sepakbola teknik dasar dribbling dengan menggunakan modifikasi permainan pada siswa kelas V SDN Sindang Barang Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc.Taggart yang berupa siklus. Selain itu penelitian tindakan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang tindakan dan penerapan modifikasi permainan dalam cabang olahraga sepakbola untuk meningkatkan gerak dasar siswa V teknik dasar dribbling. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sindang Baran Kota Bogor. Waktu pelaksanaan penelitian pada akhir bulan Maret sampai ditentukan. Dengan frekuensi penelitian adalah dua kali pertemuan satu minggu sekali. Subyek penelitian dalam penelitian meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola melalui modifikasi permainan adalah siswa kelas V SDN Sindang Barang kota bogor yang berjumlah 21 orang, yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah angket, kuesioner, serta instrumen tes dribbling pada pembelajaran olahraga sepakbola yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa pada hasill belajar dribbling sebagai subjek penelitian.Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar teknik dasar dribbling sepakola adalah 77,6 dengan persentase ketuntasan 66,67% siswa yang lulus, Dan dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,98 dengan persentase ketuntasan 95.24% siswa yang lulus Hasil tes awal dan tes akhir penelitian dengan jumlah sampel 21 siswa yaitu mencapai peningkatan 95.24% atau lebih dari 80%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa  modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar dribbling sepakbola. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa pembelajaran teknik dasar dribbling pada pembelajaran sepakbola membuat dengan modifikasi permainan dapat meningkatkan gerak dasar siswa kelas  V pada SDN Sindang Barang Kota Bogor
Pengaruh Metode Random dan Metode Blocked Terhadap Kemampuan Passing Hit Dalam Permainan Hoki Aziz Amrulloh
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 9, No 1 (2019): VOLUME 09 NOMOR 1 TAHUN 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.492 KB) | DOI: 10.35194/jm.v9i1.907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode random dan metode blocked terhadap kemampuan passing hit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “true eksperimental control pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet hoki remaja Kabupaten Cianjur. Teknik sampling dari populasi ke sampel menggunakan teknik sampling total/sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang atlet remaja Kabupaten Cianjur. Instrumen yang digunakan adalah Tes Keterampilan Hit. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 pada taraf signifikansi α= 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh yang signifikan metode random terhadap kemampuan passing hit dalam permainan hoki atlet remaja Cianjur. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan metode blocked terhadap kemampuan passing hit dalam permainan hoki atlet remaja Cianjur. (3) Metode blocked lebih signifikan pengaruhnya dibandingkan metode random terhadap kemampuan passing hit dalam permainan hoki atlet remaja Cianjur. 
Studi Perbandingan Disiplin Dan Tanggung Jawab Antara Mahasiswa Yang Mengikuti Mata Kuliah Umum (Mku) Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dengan Tutorial Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia Ihsan Abdul Fatah
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 2 (2018): VOLUME 08 NOMOR 2 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.338 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i2.926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar perbedaan disiplin dan tanggung jawab mahasiswa antara yang mengikuti Mata Kuliah Umum Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Tutorial Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ex post facto dengan pendekatan intact-group comparison. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket disiplin dan tanggung jawab. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, sehingga diambil sebanyak 248 orang yang dijadikan sampel. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dengan menggunakan Independent Sample t-test yang penulis lakukan, maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Tidak terdapat perbedaan tingkat disiplin mahasiswa antara yang sudah mengikuti MKU Penjasor dengan mahasiswa yang baru selesai mengikuti Tutorial PAI, (2) Tidak terdapat perbedaan tingkat tanggung jawab mahasiswa antara yang sudah mengikuti MKU Penjasor dengan mahasiswa yang baru selesai mengikuti Tutorial PAI. Adapun rekomendasi penulis berdasarkan hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagi Islamic Tutorial Centre (ITC), dan MKDU UPI agar mempertimbangkan mengenai hal-hal yang dapat mendukung terhadap pembelajaran Penjasor dan Tutorial PAI; (2) Pihak UPI sebaiknya lebih banyak menyediakan tempat untuk mendukung terhadap kegiatan aktivitas MKU Penjasor dan Tutorial PAI; (3) Bagi mahasiswa, pembelajaran MKU Penjasor dan Tutorial PAI sebagai alat untuk merubah pola hidup yang kurang aktif menjadi pola hidup yang lebih aktif, dan tidak menjadikan MKU Penjasor dan Tutorial PAI hanya sebagai tuntutan kewajiban mata kuliah yang harus diikuti
Pengaruh Olahraga Tradisional Terhadap Self-Esteem Mahasiswa Universitas Suryakancana Aziz Amrulloh
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 9, No 2 (2019): VOLUME 09 NOMOR 2 TAHUN 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.944 KB) | DOI: 10.35194/jm.v9i2.909

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh olahraga tradisional terhadap self-esteem mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran olahraga tradisional mahasiswa PJKR FKIP Universitas Suryakancana. Sampel penelitian ini merupakan 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pendidikan rekreasi dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulan bahwa proses pembelajaran olahraga tradisional memberikan pengaruh yang signifikan tehadap self-esteem mahasiswa. Dari data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen yang berbeda dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Dari perhitungan diperoleh t hitung = 5,251 dan t tabel pada taraf α=0,05 dengan dk=n1+n2-2 = 20+20-2=38 menunjukkan angka 1,686. Jika t hitung lebih besar dari t tabel , maka hipotesis nol (H0) ditolak, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata gain kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda atau rata-rata gain kelompok ekperimen lebih baik daripada kelompok kontrol..
Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pjkr Universitas Suryakancana Mela Aryani
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Vol 8, No 1 (2018): VOLUME 08 NOMOR 1 TAHUN 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.088 KB) | DOI: 10.35194/jm.v8i1.919

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimanakah profil tingkat kebugaran jasmani mahasiswa PJKR Universitas Suryakancana.. jenis penelitian dengan menggunakan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah  seluruh mahasiswa tingkat satu Prodi PJKR Universitas Suryakancana yang berjumlah 68 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Multistage Fitness Test (MFT). Pengambilan data dilakukan satu kali dan diolah menggunakan Mean, Standart deviasi, Varian dan Persentase. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 32,01, standar deviasi sebesar 4,68 dan varians sebesar 21,96 nilai yang memiliki kebugaran tertinggi sebesar 43,3 dan nilai yang memiliki kebugaran terendah sebesar 24,4. Dari data tersebut diperoleh hasil : terdapat 5 mahasiswa (7,4%)  yang memiliki kebugaran jasmani sangat kurang, terdapat 40 mahasiswa (59%) yang memiliki tingkat kebugaran jasmani  kurang, 18 mahasiswa (26%) yang memiliki tingkat kebugaran jasmani sedang dan 5 mahasiswa (7,4%) yang memiliki tingat kebugaran jasmani baik.

Page 1 of 10 | Total Record : 92