cover
Contact Name
Vicki Ahmad Karisman
Contact Email
vicki4karisman@gmail.com
Phone
+6281214511454
Journal Mail Official
jurnaljpoe@gmail.com
Editorial Address
Jl. Permana No 32 B Cimahi Utara 40512
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Physical and Outdoor Education
ISSN : 26561883     EISSN : 27219992     DOI : 10.37742
Core Subject : Education,
Journal of Physical and Outdoor Recreation, a print journal published by Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Pasundan Cimahi, which was founded 2019. It publishes articles from high-quality research on Physical Education scope, including teaching-learning Physical Education; implementing of teaching model; Evaluating Physical Education; Outdoor Education; Health and Recreation, and other scopes of Sports Education. The author can submit an article into a journal with Bahasa and English.
Articles 114 Documents
Pengembangan Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Berbasis Permainan Aep Rohendi
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Passing atas di STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan untuk mengungkap permasalahan ini adalah metode model pengembangan Research & develoment (R & D) dari Borg dan Gall. Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang siswa, 40 orang sebagai kelompok control dan 40 orang sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini telah menjawab tentang efektifitas dari penghitungan diperoleh nilai F-hitung untuk kelas kontrol adalah 1,541 dan F-tabel = 4.091. F-hitung untuk kelas eksperimen adalah 1,017 dan F-tabel = 4,091 sehingga dapat dinyatakan bahwa data tes awal dan tes akhir kelas eksperimen itu homogen. Berdasarkan perhitungan indeks gain, didapatkan bahwa gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,705. Nilai ini diinterpretasikan termasuk kategori tinggi. Dengan kata lain kemampuan siswa pada dapat meningkat setelah diberikan pembelajaran Passing atas bola voli berbasis permainan.
Hubungan Fleksibilitas Otot Tungkai terhadap Kecepatan Tendangan Eolgol Dollyo Chagi Bambang Gatot Sugiarto; Sutan Rizaldi
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan ingin mengetahui hubungan fleksibilitas otot tungkai terhadap kecepatan tendangan eolgol dollyo chagi atlet dojang spartan taekwondo Belitung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif korelasional dengan pendekatan one-shoot-case study yaitu pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data. Sedangkan untuk melakukan pengujian peneliti menggunakan tes, yaitu peneliti secara langsung melakukan tes dan pengukuran dilapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet taekwondo yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan tes tendangan eolgo dollyo chagi &Sit and Reach test. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat hubungan yang signifikan antara fleksibilitas otot tungkai terhadap kecepatan tendangan eolgol dollyo chagi, yang dilakukan siswa Dojang Spartan Taekwondo Belitung. Besarnya kontribusi fleksibilitas otot tungkai terhadap kecepatan tendangan eolgol dollyo chagi yaitu sebesar 49,44%. Semakin baik fleksibilitas otot tungkai siswa maka semakin baik pula hasil kecepatan tendangan eolgol dollyo chagi.
Status Gizi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Muhammadiyah Sukabumi Tahun Akademik 2018/2019 Ahmad Alwi Nurdin; Wening Nugraheni; Firman Maulana
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i1.6

Abstract

Menjadi guru pendidikan jasmani haruslah memiliki kondisi fisik yang prima dan tentunya juga harus memiliki status gizi yang baik. Status gizi yang baik akan menunjukkan kecenderungan sesorang memiliki kesehatan yang baik pula. Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui status gizi mahasiswa PJKR Universitas Muhammadiyah Sukabumi tahun akademik 2018/2109. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan yang sebenarnya. Dalam hal ini penelitian ini dimaksudkan untuk melihat dan menggambarkan tingkat status gizi mahasiswa PJKR. Metode yang digunakan untuk mengambil data untuk mengetahui satatus gizi adalah dengan cara tes antropometri yaitu dengan mengukur tinggi badan dan berat badan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa PJKR yang aktif dan mengontrak matakuliah pada tahun akademik 2018/2019. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Berdasarkan data yang didapatkan keadaan status gizi mahasiswa PJKR sebagian besar dalam status gizi optimal atau ideal. Data menunjukkan ada 73,02 % atau sebanyak 92 mahasiswa dari 126 mahasiswa yang diambil sebagai sampel dalam kategori ideal. Kemudian ada 4,76% atau sebanyak 6 mahasiswa masuk kategori kurus, sedangkan yang berada dalam kondisi overweight menunjukkan angka 10,32% atau sebanyak 10 mahasiswa. Selanjutnya ada juga mahasiswa yang memiliki kondisi obesitas sebanyak 15 mahasiswa atau 11,90%. Tentunya ada unsur dan faktor lainya mempengaruhi status gizi seseorang. Tentunya hal ini dapat dilakukan penelitian kembali sebagai bahan pertimbangan dan referensi yang berkaitan dengan gizi.
Model Pembelajaran Teknik Dasar Passing Sepakbola untuk Sekolah Menengah Pertama Papat Yunisal
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i1.7

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model pembelajaran teknik dasar passing sepakbola untuk sekolah menengah pertama di Kota Bandung. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang terdiri sepuluh langkah yaitu: Penelitian dan pengumpulan informasi, Perencanaan, Pengembangan awal produk, Uji lapangan, Revisi produk utama, Uji coba lapangan utama, Revisi produk operasional, Uji lapangan operasional, Revisi produk akhir, Diseminasi dan implementasi. Model pembelajaran Teknik dasar passing sepakbola yang dikembangkan ada 24 model passing, dimana 24 model tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran passing sepakbola untuk siswa sekolah menengah pertama. Produk model pembelajaran teknik dasar passing sepakbola sangat efektif dan efisien untuk dilakukan pada siswa sekolah menengah pertama.
Meningkatkan Sikap Bertanggung Jawab Melalui Penerapan Model Hellison dalam Pembelajaran Penjas Deswita Supriatni
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 1 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan sikap tanggung jawab siswa di SMK TIK Yadika Cicalengka melalui penerapan model hellison dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest- posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang diambil secara cluster random sampling pada siswa kelas XI di SMK TIK Yadika Cicalengka. Penelitian dilakukan 1 kali pertemuan setiap minggunya selama 8 minggu. Instrumen yang digunakan adalah angket tanggung jawab. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 24 melalui Uji-t Paired Samples. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model hellison dalam pembelajaran penjas dapat meningkatkan sikap betanggung jawab siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model hellison dalam pembelajaran penjas dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan sikap tanggung jawab siswa di SMK TIK Yadika Cicalengka.
Profil Kondisi Fisik Atlet Futsal Saba Fast dalam Menghadapi Liga Futsal Kabupaten Bandung Barat Ricky Ferarry Valentino
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui seberapa baik profil kondisi fisik pada atlet futsal Saba Fast di Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah atlet futsal Saba Fast di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 20. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah atlet futsal Saba Fast di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 20. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, artinya sampel yang diambil berdasarkan jumlah keseluruhan populasinya yaitu seluruh jumlah atlet futsal Saba Fast di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 20. Dengan perolehan rata-rata persentase dari keseluruhan komponen kondisi fisik yaitu pemain futsal Saba Fast di Kabupaten Bandung Barat. Hasil rata-rata tes kekuatan otot (push up) yaitu 42.65 berkategori sempurna, tes kekuatan otot (sit up) yaitu 44.60 berkategori sempurna, kelincahan perolehan rata-rata tes 17.60 detik dengan kategori cukup, hasil rata-rata tes kecepatan perolehan rata-rata tes 3.86 detik dengan kategori baik, kekuatan otot tungkai yaitu 1.06 meter berkategori sempurna, tes daya tahan perolehan rata-rata tes 16.2 dengan kategori cukup.
Perbandingan Pengaruh Latihan Bench Press dan Push Up terhadap Peningkatan Keterampilan Chest Pass Pulung Rianto
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i2.10

Abstract

Permainan bola basket dilakukan dengan mempergunakan tiga unsur teknik yang menjadi pokok permainan, yakni : mengoper (passing), menangkap bola (catching), menggiring bola (dribbling), dan menembakan bola ke keranjang (shooting). Ketiga unsur teknik berkembang menjadi bermacam-macam teknik lanjutan yang memungkinkan permainan bola basket bervariasi. Misalnya, dalam teknik mengoper dan menangkap bola terdapat beberapa cara seperti : lemparan dada (chest pass), lemparan dari atas kepala (overhead pass), lemparan pantul (bounce pass), dan lain sebagainya. Seorang pemain bola basket yang sudah menguasai dan terampil dalam permainan bola basket harus memiliki kondisi fisik yang baik. Salah satu unsur kemampuan fisik yang penting dalam permainan bola basket adalah power/kekuatan. Seorang pemain bola basket mampu melakukan passing chest pass, bounce pass, over head pass dengan cepat dan tepat berarti atlet telah memiliki kekuatan otot lengan yang terlatih karena atlet tersebut sudah mempersiapkannya secara matang sebelum menghadapi pertandingan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan sampel yang dijadikan sampelnya adalah siswa SMA Negeri 3 Subang. Proses latihan berlangsung selama dua bulan, dan dilatih sesuai dengan program latihan . Berdasarkan hasil penghitungan dan analisis data yang telah diuraikan maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan bench press terhadap hasil chest pass dalam permainan bola basket di SMA Negeri 3 Subang.Terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan push up terhadap hasil chest pass dalam permainan bola basket di SMA Negeri 3 Subang. Latihan bench press lebih signifikan pengaruhnya terhadap keterampilan chest pass dibandingkan dengan latihan push up.
Hubungan Kepercayaan Diri dengan Teknik Dasar Grab Start Sony Hasmarita; Rama Adha Septiana
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i2.11

Abstract

Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan teknik grab start pada mahasiswa UKM Akuatik STKIP Pasundan Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik studi korelasional. Untuk melakukan tes kepercayaan diri dengan pengisian angket kepada mahasiswa UKM Akuatik STKIP Pasundan Cimahi. Setelah itu dilakukan tes teknik awalan grab start. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota UKM Akuatik STKIP Pasundan Cimahi yang berjumlah anggota 30 orang, dan penulis mengambil sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 1 yang berjumlah sebanyak 15 orang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan data penelitian hasil signifikansi korelasi ganda antara kepercayaan diri dengan teknik dasar grab start, di dapat t tabel adalah 2,16 sedangkan t hitung adalah 6,4684. Dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara x dengan y adalah SIGNIFIKAN. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kepercayaan diri secara bersama-sama dengan variabel teknik dasar grab start. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kepercayaan diri mempunyai hubungan yang sangat erat pada seseorang khususnya pada mahasiswa UKM Akuatik STKIP Pasundan Cimahi untuk melakukan berbagai macam aktifitas fisik, khususnya dalam renang yang menunjukan teknik dasar grab start.
Hubungan Pengetahuan Kebugaran Jasmani dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Rama Adha Septiana
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i2.12

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan pengetahuan kebugaran jasmani dengan tingkat kebugaran jasmani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Ciparay, sampel yang diambil adalah siswa kelas IX A sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan 1 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu Angket Pengetahuan Kebugaran Jasmani dan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Berdasarkan dari hasil pengolahan dan analisis data hasil pembahasan penelitian dan analisis data-data dari hasil penelitian yang terkumpul, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Mencari rata–rata hasil Tes Angket Pengetahuan Kebugaran Jasmani adalah 15 dan simpangan baku 1,6 dengan persentase 11% baik. 83% Cukup Bagus dan 6% kurang sedangkan hasil Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) rata – rata 16,06 dan simpangan baku 1,79 dengan persentase kurang 6% sedang 64% dan baik 31%. Sehingga dapat diketahui bahwa mayoritas siswa memiliki hasil angket kebugaran jasmani cukup bagus 83% dan hasil tes kebugaran jasmani Indonesia sedang 64%.
Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Push and Stop pada UKM Hoki Stkip Pasundan Yudi Hidayat
Journal of Physical and Outdoor Education Vol. 1 No. 2 (2019): Journal of Physical and Outdoor Education
Publisher : STKIP Paasundan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37742/jpoe.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar push and stop pada unit kegiatan mahasiswa (UKM) hoki STKIP Pasundan Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) cabang olahraga hoki di STKIP Pasundan Cimahi yang berjumlah kurang lebih 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes keterampilan passing and stop. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa sebanyak 9 orang atau 60% pada kategori baik sekali , katogiri baik 5orang atau 33.3% , kategori cukup 1 orang atau 6.6% dan 0 rang atau 0% untuk kategori kurang dan kurang sekali.

Page 1 of 12 | Total Record : 114