cover
Contact Name
Sably
Contact Email
sably@binadarma.ac.id
Phone
+6281271181182
Journal Mail Official
bina_managemenS2@binadarma.ac.id
Editorial Address
Jurnal Ilmiah Bina Manajemen Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bina Darma Jalan, Jend. Ahmad Yani 13 Ulu Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
JIBM
Published by Universitas Bina Darma
ISSN : 20850336     EISSN : 26558531     DOI : -
The JIBM Journal is dedicated to understanding, exploring, and developing all aspect of management knowledge. The main objective is to provide an online forum to disseminate findings of research, overall discussion area of management worldwide. The editorial board welcomes original submissions in Indonesia and English. The number of words for a research article should preferably be between 5,000 and 8,000. The following are some of the topical areas (but not limited to) relevant to the journal: Human Capital, Marketing Management, Finance Management, Shariah Management, Strategic Management, Operation Management, Human Resource Management, Green Management, Supply Chain Management, Green Supply Chain Management, E-business, Knowledge Management, Management Accounting, Management Control System, Management Information System, International Business, Business Economics, Business Ethics and Sustainable, Entrepreneurship, and Banking - Shariah Banking. Authors are invited to submit complete unpublished and original works, which are not under review in any other journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Bina Manajemen" : 5 Documents clear
Penerapan Sistem Manajemen Mutu Untuk Meningkatkan Kualitas Sistem Manajemen Pada Bagian Tata Usaha di SMP Negeri 20 Kota Palembang Yuliati, Yuliati
Jurnal Ilmiah Bina Manajemen Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Bina Manajemen
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33557/jibm.v4i1.1242

Abstract

Implementation of Quality Management Sistems to Improve the Quality of Management Sistems in the Administration Section at SMP Negeri 20 Palembang City. The objectives of this internship are 1). Analyze the initial conditions of the Quality Management Sistem at the Administration Section of SMP Negeri 20 Palembang City 2). Planning to improve the Quality of the Quality Management Sistem in the Administration Section at SMP Negeri 20 Palembang 3). Improving the Quality of the Quality Management Sistem in the Administration Section of SMP Negeri 20 Palembang City. This research is a school action research. Qualitative methods are used in the recognized research approach. Research Results At this planning stage, the Administration Department created a work program aimed at implementing the Quality Management Sistem to Improve the Quality of the Management Sistem at the Administration Section at SMP Negeri 20 Palembang City. Furthermore, the Do stage or implementation. At this stage, activities have been carried out, namely the creation of work procedures, main tasks and functions of document management and implementation. The next stage is the evaluation stage. In this section, the Administration of SMP Negeri 20 conducts an evaluation by looking at the implementation of the activities that have been carried out above by the audit method. Furthermore, the act stage or action at this stage can be translated into a recommendation from the evaluation stage. The results of the audit are given recommendations. Abstrak Penerapan Sistem Manajemen Mutu untuk Meningkatkan Kualitas Sistem Manajemen pada Bagian Tata Usaha di SMP Negeri 20 Kota Palembang. Tujuan dari internship ini adalah 1). Menganalisis kondisi awal Kualitas Sistem Manajemen pada Bagian Tata Usaha di SMP Negeri 20 Kota Palembang 2). Merencanakan perbaikan Kualitas Sistem Manajemen Mutu pada Bagian Tata Usaha di SMP Negeri 20 Kota Palembang 3). Memperbaiki Kualitas Sistem Manajemen Mutu pada Bagian Tata Usaha di SMP Negeri 20 Kota Palembang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Metode kualitatif digunakan dalam pendekatan penelitian yang diakukan. Hasil penelitian Pada tahapan perencanaan ini pihak Bagian Tata Usaha membuat program kerja yang bertujuan Penerapan Sistem Manajemen Mutu untuk Meningkatkan Kualitas Sistem Manajemen pada Bagian Tata Usaha di SMP Negeri 20 Kota Palembang. Selanjutnya tahapan Do atau pelaksanaan. Pada tahapan ini telah dilakukan kegiatan yaitu pembuatan-pembuatan prosedur kerja, tupoksi dan penataan pengelolaan dokumen serta implementasinya. Tahap selanjutnya adalah tahap evaluasi. Pada bagian ini pihak Tata Usaha SMP Negeri 20 melakukan evaluasi dengan melihat keterlaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di atas dengan metode audit. Selanjutnya tahapan act atau dapat diterjamahkan tindakan pada tahapan ini merupakan rekomendasi dari tahapan evaluasi. Hasil audit tersebut diberikan rekomendasi. Kata kunci : Sistem Manajemen Mutu, Tata Usaha
Penerapan Good Governance Dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Pada Pemerintahan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Sarimalia, Ro'a; Fitriasuri, Fitriasuri
Jurnal Ilmiah Bina Manajemen Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Bina Manajemen
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33557/jibm.v4i1.1254

Abstract

The South Sumatra Provincial Government Agency Performance Report is a report on the implementation of the South Sumatra Provincial Government in fulfilling the obligation to be accountable for the success of the organization's vision and mission in achieving the goals and objectives set out in the performance determination document and other planning documents as material for measuring and evaluating performance accountability for can be used in continuous improvement efforts (continues improvement) towards good local governance (Good Local Governance). This study is to analyze the role of Government Agency Performance Reports in improving Good Governance in the regional government of South Sumatra province. The research method used in this research is descriptive qualitative method. The data obtained are then interpreted and analyzed, so as to provide information that can be used to solve the problems at hand. The role of the Government Agency Performance Report (LKJiP) in the 2015-2019 period in improving Good Governance in South Sumatra Province, the results can be seen from the Achievement of the Value of Government Agency Performance Reports (LKJiP) 2015-2019 averaging 76.59 with Very Good results and Targets. - targets that have been implemented effectively and efficiently are seen from the average achievement of targets reaching 100%. LKJiP is expected to consistently encourage the improvement of management processes in various government agencies so that it can be seen whether the performance achievements are as planned or not. Abstrak Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merupakan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggung-jawabkan keberhasilan visi dan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dalam dokumen penetapan kinerja dan dokumen perencanaan lain sebagai bahan pengukuran dan evaluasi akuntabilitas kinerja untuk dapat digunakan dalam upaya perbaikan secara terus menerus (continues improvement) menuju tata kelola pemerintahan daerah yang baik (Good Local Governance). Penelitian ini untuk menganalisis peranan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah dalam meningkatkan Good Governance pada Pemerintahan daerah provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh, kemudian diinterpretasikan dan dianalisis, sehingga dapat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Peran Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJiP) pada periode tahun 2015 – 2019 dalam meningkatkan Good Governance di Provinsi Sumatera Selatan hasilnya dapat dilihat dari Capaian Nilai Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJiP) tahun 2015-2019 rata-rata 76.59 dengan hasil yang Sangat Baik dan Sasaran-sasaran yang telah dilaksanakan secara efektif dan efisien dilihat dari pencapaian rata-rata sasaran-sasaran mencapai 100%. LKJiP diharapkan secara konsisten mendorong perbaikan proses manajemen di berbagai instansi pemerintah sehingga dapat dilihat capaian kinerja apakah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak. Kata kunci: LKJiP; Good Governance; Akuntabilitas.
Kebijakan Direktur Jenderal Pajak dan Kompetensi Terhadap Kinerja Account Representative Febriana, Vera Febriana; Hasmawaty, Hasmawaty
Jurnal Ilmiah Bina Manajemen Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Bina Manajemen
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33557/jibm.v4i1.1259

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of the director general of tax policies and competence to Account Representative performance at pratama tax office in Palembang city. The questionnaire data in this study came from 66 AR as respondents who were scattered in Palembang Ilir Timur, Palembang Ilir Barat, dan Palembang Seberang Ulu tax office. The analysis used in this research is multiple linear regression, the hypothesis test used are t test (partial test) and F test (simultaneous). The results of the partial test show that the director general of tax policies has no significant effect and has a negative relationship to AR performance at pratama tax office in Palembang, while the competency has a partially significant effect and has a positive relationship to AR performance at pratama tax office in Palembang. The result of F test (simultaneous) shows that there is an effect of director general of tax policies and competence together on AR performance at pratama tax office in Palembang. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan direktur jenderal pajak, dan kompetensi terhadap kinerja Account Representative pada KPP Pratama di kota Palembang. Data kuesioner dalam penelitian berasal dari 66 AR pengawasan sebagai responden yang tersebar di KPP Pratama Palembang Ilir Timur, Ilir Barat, dan Seberang Ulu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liner berganda, uji hipotesis yang digunakan adalah uji t (uji parsial) dan uji F (simultan). Hasil uji parsial menunjukan variabel kebijakan direktur jenderal tidak berpengaruh signifikan dan mempunyai hubungan negatif terhadap kinerja AR pada KPP Pratama di kota Palembang, sedangkan variabel kompetensi mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial dan mempunyai hubungan positif terhadap kinerja AR pada KPP Pratama di kota Palembang. Hasi uji F (simultan) menunjukan terdapat pengaruh variabel kebijakan direktur jenderal pajak dan kompetensi secara bersama-sama terhadap kinerja AR pada KPP Pratama di kota Palembang. Kata Kunci: Kebijakan Direktur Jenderal Pajak, Kompetensi, dan Kinerja Account Representative
Strategi Pemasaran Precast Beton Pada PT Wijaya Karya Beton,Tbk Wilayah Penjualan II Firdaus, Yusqi Audah; Mellita, Dina
Jurnal Ilmiah Bina Manajemen Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Bina Manajemen
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33557/jibm.v4i1.1268

Abstract

This study aims to determine the right marketing strategy to be applied in PT Wijaya Karya Beton, Tbk. This research is an explanatory research in the form of applied research which is descriptive (explanation without hypothesis-testing) using a qualitative approach with an analysis focus on developing alternative strategies which are the priority to be implemented. The method of processing and analyzing data used in this study is an analysis of the internal and external environment. In the input stage (The Input Stage), IFE (Internal Factor Evaluation) and EFE (External Factor Evaluation) matrices are used. In the matching stage (The Matching Stage) used the IE Matrix (Internal-External) analysis tool and the SWOT matrix. From the analysis, it is concluded that the main strategy of PT Wijaya Karya Beton, Tbk Sales Area II is the SO (Strength Opportunities) strategy where this strategy uses all its strengths to take advantage of the opportunities that PT Wijaya Karya Beton, Tbk Sales Region II has. Namely: Improving the quality of Precast Concrete products, completeness of distribution facilities, payment terms, Precast Concrete product prices and delivery accuracy and low prices with the aim of expanding the market and building a factory in Palembang to cut distribution costs so that prices are more competitive. Consideration of the company's internal and external factors can be used as benchmarks for the progress of PT Wijaya Karya Beton, Tbk Sales Area II. Such as internal factors, namely the completeness of distribution facilities and field tests, and external factors recruiting experienced and educated experts to be able to compete with competitors. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diaplikasikan di PT Wijaya Karya Beton,Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) berupa penelitian terapan (applied) yang bersifat deskriptif (penjelasan tanpa adanya uji-hipotesis) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus analisa menyusun alternatif strategi mana yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal dan eksternal. Pada tahap pemasukan (The Input Stage) digunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation). Dalam tahap pemaduan (The Matching Stage) digunakan alat analisis Matriks IE (Internal-Eksternal) dan matriks SWOT. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa yang menjadi strategi utama PT Wijaya Karya Beton, Tbk Wilayah Penjualan II adalah strategi SO (Strength Opportunities) dimana Strategi ini dengan menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki PT Wijaya Karya Beton,Tbk Wilayah Penjualan II. Yaitu : Meningkatkan kualitas produk Precast Beton, kelengkapan sarana distribusi, syarat pembayaran, harga produk Precast Beton dan ketepatan kirim dan harga yang murah dengan tujuan memperluas pasar serta Membangun pabrik di Palembang untuk memangkas biaya distribusi sehingga harga lebih mampu bersaing. Pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan PT Wijaya Karya Beton,Tbk Wilayah Penjualan II. Seperti faktor internal yaitu kelengkapan sarana distribusi dan tes lapangan, dan faktor eksternal merekrut tenaga ahli yang berpengalaman dan berpendidikan bertujuan untuk bisa menyaingi competitor. Kata kunci: Strategi Pemasaran; Matriks IE (Internal-Eksternal), SWOT, Bauran Pemasaran
Pengaruh Satuan Pengawasan Internal (SPI) Dan Penerapan Internal Control Terhadap Pencapaian Good University Governance (GUG) Pada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Suriyani, Suriyani; Ismail, Zainuddin
Jurnal Ilmiah Bina Manajemen Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Bina Manajemen
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33557/jibm.v4i1.1279

Abstract

The expected objective in this study is to determine the role of the Internal Control Unit (SPI) and the application of internal control in achieving Good University Governance (GUG). The sample in this study was 92 respondents who were policymakers at UIN Raden Fatah Palembang. The analysis technique used is multiple regression analysis with hypothesis testing using the t-test and F test. The results showed that both partially and simultaneously the internal control system variables and internal control affect the good university governance variable. Abstrak Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Satuan Pengawasan Internal (SPI) dan penerapan internal control dalam pencapaian Good University Governance (GUG). sample pada penelitian ini adalah 92 responden yang merupakan pengambil kebijakan di UIN Raden Fatah Palembang. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel sistem pengendalian internal dan internal control berpengaruh terhadap variabel good university governance. Kata Kunci: Satuan Pengawasan Internal, Penerapan Internal Control, Good University Governance

Page 1 of 1 | Total Record : 5