cover
Contact Name
Jumingin
Contact Email
juminginpgri@gmail.com
Phone
+6282180926898
Journal Mail Official
jupiter.fisikapgri@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, Universitas PGRI Palembang Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia 30251
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)
ISSN : -     EISSN : 27145425     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/jupiter
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (Jupiter) Journal publishes research articles from laboratory or field experiment as well as theoretical and elaborative research in field of physics such as theoretical physics, computational physics, material physics, environmental physics, energy physics, medical physics, astrophysics, geophysics, physics education as well as other relevant topics in Physics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)" : 5 Documents clear
Analisis Penyebaran Virus Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan Menggunakan Metode Interpolasi Lagrange Widya Rahmadani; Sagita Charolina Sihombing
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jupiter.v2i1.5314

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) terkonfirmasi masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Penyebaran virus ini terjadi dengan sangat cepat. Setiap hari jumlah pasien yang terdampak virus ini terus bertambah dan menyebar di seluruh Provinsi di Indonesia, salah satunya di Provinsi Sumatera Selatan. Pemerintah Sumatera Selatan dituntut untuk mengambil langkah cepat dalam menangani penyebaran virus ini. Oleh sebab itu, perlu adanya estimasi penyebaran virus corona di Sumatera Selatan, sehingga Pemerintah dapat segera melakukan persiapan baik dalam persiapan obat-obatan ataupun tempat isolasi bagi pasien. Dalam penelitian ini digunakan metode Lagrange untuk memprediksi penyebaran virus corona di Sumatera Selatan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode interpolasi Lagrange dapat digunakan untuk meramalkan data kasus virus corona baik untuk kasus pasien positif, pasien sembuh maupun pasien meninggal dari awal masuknya kasus pertama di Provinsi Sumatera Selatan yaitu bulan Maret sampai Mei 2020.
Analisis Tingkat Kesadaran Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester 2 Terhadap Pengelolaan Sampah Plastik Sekali Pakai Fitri Amelia; Sudarti Sudarti
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jupiter.v2i1.5634

Abstract

Keberadaan sampah plastik mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut dikarenakan masyarakat menghasilkan sampah plastik setiap harinya dan tidak melakukan pengelolaan sampah plastik dengan tepat. Kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah plastik masih cukup rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester 2 Universitas Jember mengenai pengelolaan sampah plastik serta aspek kesadaran tindakan yang telah dilakukan Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester 2 Universitas Jember dalam pengelolaan sampah plastik sekali pakai. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif melalui instrumen kuisioner pada 100 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa tingkat kesadaran Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester 2 Universitas Jember terhadap pengelolaan sampah pastik sekali pakai dilihat dari aspek pengetahuan dan aspek kesadaran tindakan sudah baik. Terbukti dari banyaknya presentase yang diperoleh pada setiap pertanyaan dalam kuisioner, serta hanya 3% responden yang tidak melakukan upaya 3R dan 6% responden tidak melakukan upaya diet sampah. Namun hasil analisis tersebut masih sebatas teoritis, sehingga diperlukan tindakan nyata sebagai upaya pengelolaan sampah plastik sekali pakai.
Potensi Air Tajin Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Yunitasari Yunitasari
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jupiter.v2i1.5651

Abstract

Air tajin mempunyai banyak kandungan seperti karbohidrat dan elektrolit yang terlarut didalamnya. Kandungan dari air tajin bisa dimanfaatkan sebagai pengganti susu ASI. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan suatu inovasi dalam memanfaatkan air tajin sebagai pembangkit listrik alternatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh frekuensi air tajin sebagai larutan elektrolit dalam menghasilkan sumber energi listrik alternatif serta menentukan massa beras maksimum dalam menghasilkan air tajin sebagai larutan elektrolit. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif untuk mencari tegangan sampel air tajin dengan menentukan massa optimum dan waktu optimum. Variasi massa beras ½ liter, beras 1 liter dan adanya penambahan seng, tembaga dengan ukuran 1x5 cm, 3x5 cm dan 5x5 cm. Seperti pada air tajin tambahan seng, tembaga ukuran1x5 cm (beras ½ liter) diperoleh tegangan sebesar 0.65V, 0.70V, 0.65V, 0.75V dan 0.70V. Sedangkan air tajin (beras 1 liter) diperoleh tegangan sebesar 0.75V, 0.75V, 0.65V, 0.65 dan 0.70 V.Frekuensi dari penelitian tersebut kurang maksimal apabila dua gelas atau lebih tidak disusun secara seri atau pararel.
Analisis Kemampuan Multirepresentasi Verbal dan Gambar terhadap Mahasiswa Semester 1 dalam Memahami Konsep Teknologi Solar Cell Elsa Munawarotul Jannah; Sudarti Sudarti
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jupiter.v2i1.5129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemapuan multirepresentasi verbal dan gambar pada mahasiswa semester 1 dalam memahami konsep teknologi solar cell. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan instrumen berupa kuisioner pada 40 mahasiswa. Sumber data diperoleh dari kuisioner berbentuk pilihan ganda yang meliputi soal verbal dan gambar sebanyak 8 soal yang tervalidasi. Hasil jawaban dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa semester 1 dalam merepresentasikan konsep energi terbarukan dan teknologi solar cell dalam bentuk verbal dan gambar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan representasi verbal lebih rendah daripada representasi dalam bentuk gambar yaitu dengan persentase 18,75% untuk representasi verbal dan 32,5% untuk representasi gambar. Nilai persentase representasi verbal dan gambar mahasiswa belum mencapai 50%, hal ini dikarenakan mahasiswa semester 1 belum menempuh mata kuliah fisika lingkungan sehingga hanya mengingat materi tentang konsep teknologi solar cell yang telah diajarkan di SMA.
Pengukuran Parameter Fisika di Lingkungan Kampus Universitas PGRI Palembang Atina Atina; Jumingin Jumingin
Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (JUPITER)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jupiter.v2i1.5280

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengukur parameter fisika meliputi tingkat pencahayaan dan suhu di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang. Metode yang digunakan adalah pengukuran secara langsung dengan lokasi pengukuran 5 titik pengukuran yaitu ruang tata usaha, ruang dosen, ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium Fisika dan waktu pengukuran pada pagi, siang dan sore hari. Hasil pengukuran di lapangan dibandingkan dengan nilai yang direkomendasikan sesuai Standar Nasional Indonesia. Hasil pengukuran tingkat pencahayaan di lingkungan kampus A Universitas PGRI Palembang yaitu ruang tata usaha 242 – 350 Lux, ruang dosen 350 – 355 Lux, ruang kelas 245 – 270 Lux, perpustakaan 236 – 309 Lux, Laboratorium Fisika 485 – 571 Lux. Tingkat pencahayaan di lingkungan kampus A Universitas PGRI Palembang telah memenuhi standar nasional Indonesia tahun 2011 mengenai intensitas pencahayaan yang direkomendasikan sesuai dengan peruntukan ruangan. Suhu ruangan di lingkungan kampus A Universitas PGRI Palembang telah memenuhi Peraturan Menteri Kesehatan nomor 48 tahun 2016 dengan hasil pengukuran antara 23 – 24oC.

Page 1 of 1 | Total Record : 5