cover
Contact Name
Ahmad Zainul Fanani
Contact Email
a.zainul.fanani@dsn.dinus.ac.id
Phone
+6281325006278
Journal Mail Official
editorial.abdimasku@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nakula I No 5-11 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 26153696     EISSN : 26203235     DOI : -
Jurnal ABDIMASKU adalah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh LPPM, Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berfokus pada hasil-hasil karya pengabdian masyarakat. Pengiriman artikel tidak dipungut biaya, kemudian artikel yang diterima akan diterbitkan secara online dan dapat diakses secara gratis. Topik dari jurnal adalah hasil-hasil pengabdian masyarakat di bidang-bidang sebagai berikut : Teknologi informasi, ilmu komputer, budaya, bahasa, ekonomi dan bisnis, teknik, kesehatan, desain komunikasi visual, ilmu komunikasi, hukum, pariwisata dan bidang-bidang yang lain.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 249 Documents
Peningkatan Kemampuan Belajar Muatan Lokal Siswa Melalui Aplikasi Pengenalan Wayang Ibnu Utomo Wahyu Mulyono; Christy Atika Sari; Ajib Susanto; Eko Hari Rachmawanto
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 5, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v5i1.181

Abstract

Pengenalan tokoh wayang merupkan slaah satu diantara materi pemeblajaran dalam matapelajaran muatan lokal, yaitu bahasa jawa. Matapelajaran bahasa jawa tidak hanya mengenalkan tata tutur bahasa namun perilaku atau pitutur jawa, khususnya wayang. Berdasarkan wawancara dengan mitra yaitu SMK Muhammadiyah Purwodadi di Kabupaten Purworejo, pembelajaran bahasa jawa diketahui masih cukup sulit, membosankan, dan perlu  pembaruan metode belajar sehingga siswa lebih termotivasi. Di sisi lain, etika dan perlaku siswa dapat di arahkan seperti tingkah laku dan pitutur jawa, khususnya yang telah di contohkan oleh tokoh pewayangan sebagai leluhur jawa. Dalam pengabdian ini, motivasi belajar siswa diharapkan naik serta kemudahan dalam pemelajaran dapat di capai melalui pemanfaatan aplikasi pengenalan tokoh wayang. Aplikasi ini merupkaan aplikasi android dengan lebih dari puluhan tokoh wayang sehingga akan menjadi kamus kecil dalam materi pewayanganm serta dapat menjadi bahan evaluasi untuk melatih memori otak siswa. Tampilan aplikasi sudah disesuaikan dengan kurikulum KTSP. Hasil performa aplikasi yaitu 87,5%, sedangkan uji responden menghasilkan 92,2% pada perhitungan skala likert.
IbM Peningkatan Strategi Pemasaran Bagi UMKM Kerajinan Tangan Kota Semarang Sebagai Upaya Peningkatan Inovasi, Kreativitas, serta Taraf Perekonomian Edi Sugiarto; Karis Widyatmoko
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 5, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v5i1.362

Abstract

Kerajinan tangan tradisional adalah kegiatan seni yang menitik beratkan pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku umumnya tersedia disekitar menjadi sebuah karya dengan fungsi utamanya tersendiri. Indonesia dikenal memiliki ribuan jenis karya tangan yang tersebar dari seluruh pelosok negeri. Di kota semarang sendiri terdapat sekitar 2% pengusaha kerajinan tangan dari total 17.602 program UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Saat ini pemerintah telah mencanangkan program UMKM untuk membantu para pengrajin menemukan pangsa pasarnya sehingga diperlukan suatu upaya untuk mempertemukan para pengrajin tersebut dengan pecinta kerajingan tangan tradisional dalam bentuk teknologi yang dapat diakses secara online bagi para penjual dan pembeli seperti marketplace. Guna memberikan pemahaman tentang pentingnya teknologi dalam meningkatkan pemasaran maka pengabdian ini dilakukan dengan menitik beratkan pada pemahaman para pelaku UMKM mengenai konsep marketplace. Dikembangkan pula prototype marketplace yang secara khusus digunakan untuk produk kerajinan tangan yang kemudian diterapkan serta untuk digunakan bagi UMKM kerajinan tangan untuk menampilkan produk-produknya pada dunia maya sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.
Pengembangan Pemasaran Kerajinan Anyaman Daun Pandan di Desa Tondomulo Linda Rahmawati; Diah Handayani
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 5, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v5i1.412

Abstract

Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran kerajinan anyaman daun pandan untuk meningkatkan penjualan kerajinan sehigga perekonomian pengrajin di Desa Tondomulo dapat meningkat. Produk kerajinan yang berupa tas, topi, peci, dan tempat tisu, penjualan hanya dilakukan secara langsung antara pembeli dan pengrajin sehingga hasil penjualannya kurang maksimal. Pengrajin kurang memahami cara pemasaran online sebagai pemasaran secara online. Untuk mengatasi permasalah yang dihadapi oleh pengrajin adalah membuatkankan label dan akun media sosial yaitu instagram dan facebook. Target dalam pendampingan adalah pengrajin mampu memasarkan melalui media sosial di instagram dan facebook. Dalam kegiatan ini penulis menggunakan pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development) dengan menggunakan tahap Discovery untuk mengidentifikasi aset atau potensi yang dimiliki Desa Tondomulo. Untuk memperoleh data, penulis melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pelaku usaha produk kerajinana anyaman daun pandan. Langkah-langkah yang digunakan oleh peneliti adalah identifikasi pemasaran produk anyaman daun pandan yang telah dilakukan oleh pengrajin, identifikasi peluang pemasaran, pelaksanaan rencana kerja dan evaluasi. Hasil dari pengembangan pemasaran ini adalah label dan media sosial yang digunakan pengrajin untuk menarik minat pembeli.
PELATIHAN DAN PEMANFAATAN LITERASI INFORMASI E-WAKAF UNTUK PENGELOLAAN ADMINISTRASI WAKAF SEBAGAI DUKUNGAN LAYANAN PRIMA PEJABAT PEMBUAT AKTA IKRAR WAKAF Amiq Fahmi; Edi Sugiarto
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.578 KB) | DOI: 10.33633/ja.v1i2.23

Abstract

Tertib hukum dan tertib administrasi sangatlah penting untuk melindungi harta benda wakaf. Paradigma baru pengelolaan wakaf, dimana aspek legalitas formal menjadi unsur penting dalam pengamanan harta benda wakaf. Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) adalah pejabat berwenang untuk membuat Akta Ikrar Wakaf. PPAIW merupakan salah satu unsur penting dari wakaf, dan melekat sebuah peran, tugas dan wewenang dalam melayani, menyelesaikan, dan mengamankan harta benda wakaf, baik secara administratif atau lainnya. Namun demikian, PPAIW sampai dengan saat ini dinilai belum menunjukkan performa yang ideal dan tidak memiliki kemampuan profesional dalam mencatat dan mengelola administrasi harta benda wakaf di lingkungan kerjanya. E-Wakaf adalah sistem berbasis komputer yang dikembangkan untuk pengelolaan dan pencatatan data administratif harta benda wakaf. Tujuan dari program kemitraan masyarakat pelatihan dan pemanfaatan literasi komputer dan informasi E-Wakaf adalah untuk mendukung layanan prima PPAIW dalam mengelola data administrasif harta benda wakaf di lingkungan kerjanya. Metode pelatihan dan praktikum komputer di laboratorium dipilih dalam transfer skill dan pengetahuan pengelolaan wakaf menggunakan aplikasi E-Wakaf. Hasil akhir pelatihan dan pemanfaatan literasi informasi E-Wakaf adalah PPAIW memiliki data aset wakaf yang akurat dan kredibel, dan PPAIW dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat.
PENDAMPINGAN PENINGKATAN SANTRIPRENEUR PADA SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH SEBAGAI BEKAL MENJADI WIRAUSAHA Mahmud Mahmud; Mila Sartika; Hendri Hermawan Adinugraha
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.832 KB) | DOI: 10.33633/ja.v3i1.74

Abstract

Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 (empat) juta wirausahawan baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Saat ini jumlah wirausahawan masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang. Data menurut Menteri Perindustrian bahwa meskipun rasio tersebut sudah melampaui standar internasional, yaitu sebesar 2%, akan tetapi Indonesia masih mengejar capaian negara tetangga. Kementerian Koperasi dan UKM melansir data olahan BPS dan menyimpulkan adanya pertambahan jumlah pengusaha yang dari sebelumnya 1,6% menjadi 3,1% dari populasi. Angka itu menggembirakan karena telah menembus batas psikologis 2%. Jumlah wirausaha di suatu negara kerap dianggap sebagai indikator kemajuan. Patokannya minimal 2% dari jumlah penduduk harus berprofesi sebagai wirausaha. Dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, negeri ini paling kurang harus memiliki 5 juta jiwa wirausaha.Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah menambah pengetahuan dan pemahaman bagi siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah Semarang tentang kewirausahaan, membantu siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah agar mampu membuka mindset untuk menjadi wirausaha dan dapat membantu menggali ide untuk berwirausaha.Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan edukasi, sosialisasi dan pelatihan serta pendampingan bagi siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah Semarang, dengan metode pelatihan kewirausahaan. Sedangkan luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi pondok pesantren Uswatun Hasanah memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan dan dikemudian hari mampu berwirausaha.
Penerapan Sistem Informasi Administrasi Di Pondok Pesantren Anak Dan Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Falah Usman Sudibyo; Ahmad Zainul Fanani; Dedi Nurcipto
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.443 KB) | DOI: 10.33633/ja.v1i1.1

Abstract

Program IbM (Pengabdian masyarakat) yang akan dilakukan di Pondok Pesantren Anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Falah Desa Bermi Kecamatan Gembong Kabupaten Pati adalah dengan penerapan sistem informasi manajemen administrasi yang berbasis teknologi informasi komputer untuk menunjang layanan kepada orang tua/wali santri agar lebih baik dan akuntabel. Perkembagan lembaga pendidikan PPATQ dan MI Raudlatul Falah yang semakin pesat dengan jumlah santri sekarang mencapai 350 anak menjadi potensi sekaligus menjadi tantangan untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat secara umum dan orang tua/wali santri secara lebih khusus. Proses administrasi pencatatan yang dilakukan dengan cara manual atau hanya memberikan kuitansi kepada orang tua yang kemudian ada staf lain yang melakukan rekapitulasi membuat sering terjadi miskomunikasi dan kesalahan dalam proses pencatatan sehingga muncul komplain yang tidak baik. Perkembangan teknologi informasi komputer yang cukup pesat saat ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh lembaga ini supaya lebih dipercya oleh masyarakat. Penerapan teknologi Sistem Informasi Manajemen Administrasi dengan koneksi jaringan lokal area diharapkan mampu mengintegrasikan administrasi di pesantren dan madrasah sehingga lebih mudah, cepat dan raoi dalam pengaturan serta pelaporannya. Sistem database yang dibangun dengan baik akan menjamin pencatatan yang akurat karena transaksi data terpusat dalam satu database. Implementasi aplikasi ini diharapkan semakin mempercepat dan memudahkan orang tua, pengurus maupun pengelola dalam bertransaksi.
Sosialisasi Efek Positif Dan Negatif Dari Video Games Untuk Anak-anak di RT 001/RW 002 Desa Cibeunying Kecamatan Majenang Wiga Maulana Baihaqi; Chyntia Raras Ajeng Widiawati; Sarmini Sarmini
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 3, No 1 (2020): Januari 2020
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.013 KB) | DOI: 10.33633/ja.v3i1.52

Abstract

Meningkatnya jumlah game online di Indonesia telah memberikan dampak positif dan negatif. Anak-anak yang lalai dengan kegiatan belajar dan mengaji, lupa waktu dan kurangnya interaksi dengan orang tua serta teman bahkan melakukan tindakan kekerasan yang ditiru dari sebuah video game online merupakan beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari game online. Kurangnya pengetahuan anak-anak dan orang tua menjadi salah satu faktor penyebab tingginya paparan dampak negatif dari game online kepada anak-anak. Game online tidak selamanya memberikan dampak negatif namun kurangnya pengetahuan mengenai dampak/efek negatif dan positif dari game online menjadikan angka dampak negatif game online semakin meningkat. Maka pentingnya untuk dilakukan sebuah sosialisasi mengenai dampak dari game online. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak kepada anak-anak mengenai dampak negatif dan positif dari game online sehingga mereka dapat dengan bijak untuk menggunakan waktunya bermain game online dan dapat mendapatkan manfaat positifnya. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan metode pendekatan monologis dan dialogis. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme peserta sosialisasi terkait dengan materi yang disampaikan dan tanggapan yang positif dari peserta.
Pemanfaatan QuiverVision sebagai Media Pembelajaran Mewarnai dan Pengenalan Suara bagi Anak Usia Dini Erika Devi Udayanti; Fajrian Nur Adnan; Aisyatul Karima
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v2i2.42

Abstract

Generasi saat ini merupakan generasi dengan tingkat peradaban yang sangat tinggi dimana anak-anak sejak lahir sudah dikenalkan dengan teknologi. Perangkat mobile khususnya smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan oleh anak- anak karena sifatnya yang mobile. Pembelajaran pada jenjang anak usia dini saat ini sangatlah berbeda dengan pendidikan anak- anak terdahulu. Guru yang notabene pendamping aktivitas belajar anak-anak disekolah harus mampu mengikuti dan menyesuaikan perubahan generasi anak didiknya. solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini mengadopsi aplikasi Quiver for Coloring untuk memberikan pembekalan dan sosialisasi kepada guru paud dan tk tentang peran teknologi sebagai media alternatif bermain dan belajar yang ramah untuk anak usia dini.
Pemanfaatan Media E-Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Bagi Guru – Guru SMP N 30 Semarang Danang Wahyu Utomo; Egia Rosi Subhiyakto; Liya Umaroh
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.056 KB) | DOI: 10.33633/ja.v2i1.29

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh bagi dunia pendidikan. Perlu adanya perubahan metode pengajaran agar pembelajaran lebih interaktif. Para siswa saat ini tidak asing lagi akan teknologi internet, mobile system dan social media. Para guru perlu mengimbangi perkembangan teknologi dari siswanya tersebut. Pembelajaran online bukan lagi pembelajaran yang baru di sekolah – sekolah. Banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran online yaitu salah satunya e-learning. Namun masih ada juga sekolah yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Salah satunya adalah SMP N 30 Semarang. SMP N 30 Semarang memiliki infrastruktur yang memadai seperti computer, internet dan server. Namun belum digunakan secara maksimal dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar. Para guru masih kesulitan dalam menerapan pembelajaran online dalam kelasnya. Perlu adanya pendampingan dalam penggunaan sistem e-learning. Sebelumnya, sistem e-learning  telah diusulkan namun masih belum maksimal dalam penggunaannya. para guru masih kesulitan dalam menggunakan dan menerapkan sistem pada siswa. Perlu adanya sosialisasi ulang untuk mendapatkan pemahaman khusus dalam proses pembelajaran online. Peneliti mengusulkan pengabdian tentang optimalisasi pemanfaatan e-learning dimana pengabdian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman khusus dasar e-learning dan bagaimana proses pengisian konten dilakukan.
Pembekalan Soft-Skill Menggunakan Media Komputer Bagi Tim Pengerak dan Kelompok PKK di Kelurahan Bulu Lor _ ARIPIN; Cinantya Paramita; - Muljono
ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 1, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.189 KB) | DOI: 10.33633/ja.v1i2.7

Abstract

Perkembangan teknologi komputer semakin canggih dan sangat populer diberbagai kalangan masyarakat. Tim Pengerak dan Kelompok PKK di Keluruhan Bulu Lor sebagai salah satu organisasi yang ada dilingkungan Kelurahan Bulu Lor mempunyai program untuk meningkatkan pemberdayaan wanita dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya. Program ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan sekaligus memberdayakan kinerja Tim Penggerak dan kelompok PKK tersebut secara inovatif. Beberapa tahapan kegiatan yang diusulkan untuk mencapai tujuan program tersebut terdiri dari pelatihan soft-skill anggota Tim Penggerak  dan kelompok PKK, pendampingan pemecahan masalah dilapangan dan evaluasi kegiatan agar pelaksanaan program menjadi lebih baik. Kegiatan pelatihan terdiri dari pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  penggunaan teknologi komputer untuk mendukung proses administrasi di Kelurahan Bulu Lor dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan program penyuluhan agar masyarakat ikut termotivasi untuk mendukung seluruh program / kegiatan Kelurahan Bulu Lor. Hasil dari kegiatan pembekalan soft-skill ini berdampak sangat baik bagi peningkatan kinerja Tim Penggerak dan kelompok PKK serta peningkatan partisipasi masyarakat terhadap seluruh program / kegiatan di Keluruhan Bulu Lor. Ini dapat dilihat dari hasil evaluasi partisipasi masyarakat yang mencapai 90% dari seluruh program / kegiatan di Keluruhan Bulu Lor yang didukung sepenuhnya oleh partisipasi masyarakat.

Page 1 of 25 | Total Record : 249