cover
Contact Name
rusmala dewi
Contact Email
pipianto76@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pintarharati@upr.ac.id
Editorial Address
Progran Studi PG. PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, JLn. H. Timang Komplek Kampus Tunjung Nyahoo Palangka Raya, Telp: (0536)3229107 E-mail pintarharati@fkip.upr.ac.id
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi
ISSN : 23015993     EISSN : 27155633     DOI : https://doi.org/10.36873/jph.v15i1.846
Core Subject : Education,
Jurnal Pintar Harati dengan ISSN 9-772301-599002, E-ISSN 2301-5993 terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember, Jurnal Pintar Harat adalah jurnal yang menyajikan jurnal hasil penelitian pendidikan dan Psikologi Dosen-dosen jurusan pendidikan anak usia dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas palangka Raya, serta dari instansi lainnya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022" : 8 Documents clear
BERTAHAN DALAM PERUBAHAN: DINAMIKA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING DAN LURING: Hanni Fitria Ningsih & Rudangta Arianti Hanni; Rudangta Arianti Sembiring
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.5475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dinamika mendampingi anak belajar daring dan luring dengan menggunakan metode kualitatif berjenis studi kasus. Partisipan sejumlah 3 orang yang merupakan ibu rumah tangga memiliki anak usia 7-12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan masih mengalami kekuatiran dan ketidaknyamanan mengenai perilaku anak antara lain intensitas bermain gawai, bermain bersama teman-teman melewati batas waktu yang ditetapkan, terjadinya miskomunikasi saat proses belajar, penyesuaian waktu karena perubahan pembelajaran luring, hasil tugas sekolah, dan kualitas pemahaman materi yang didapatkan anak. Kata Kunci: Mendampingi anak belajar, Daring, Luring
EFEKTIVITAS PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA DI SMK IMMANUEL MEDAN : Gisela Gurning, Sepriani Sinaga, Yunica Graselica, Jeni Mentari ,Yedida Triwara Pasaribu ,Rianda Elvinawanty Gisela Gurning; Sepriani br Sinaga; Jeni Mentari Panjaitan; Yedida Triwara Pasaribu; Yunica Graselica; Rianda Elvinawanty
Pintar Harati : Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.5568

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat apakah pelatihan kontrol diri memiliki dampak untuk mengurangi intensitas perilaku agresif pada siswa SMK Immanuel Medan. Data diperoleh melalui uji normalitas Shapiro Wilk. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji non parametris yaitu Wilcoxon test untuk menguji perbedaan distribusi dua kelompok sampel yang berpasangan dan teknis analisis Mann Whitney U Test yang digunakan untuk mengukur ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata dua kelompok sampel yang saling independent. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan skor perilaku agresif kelompok eksperimen pada saat pre-test dan post-test (Z = -3.153; p = 0.002). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima dan dapat dikatakan pelatihan kontrol diri berpengaruh untuk menurunkan intensitas perilaku agresif. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan tidak ada perbedaan skor post-test perilaku agresif pada kedua kelompok (Z = - 1.372; p = 0.170). Hal ini menunjukkan bahwa maka hipotesa di tolak yang artinya tidak ada perbedaan intensitas perilaku agresif pada kelompok yang diberikan pelatihan kontrol diri dan kelompok yang tidak diberikan pelatihan kontrol diri. Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Agresif
PERAN JOB INSECURITY TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU HONORER SMA/SMK NEGERI : Dewi Anggraini, Rachmawati, Maya Puspasari Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.8076

Abstract

Kesejahteraan para guru menjadi fokus pemerintah. Salah satu program yang memberikan kesejahteraan bagi para guru yaitu sertifikasi guru. Guru yang mendapatkan sertifikat harus melalui jenjang pendidikan khusus dan bagi guru yang telah mendapatkan sertifikat belum tentu menjadi guru yang dikatakan tetap, mereka adalah guru honorer. Guru honorer memiliki status yang tidak jelas yaitu dengan sistem kontrak, tidak memiliki standar gaji dan tergolong berpenghasilan rendah. Maka, tentu saja hal ini akan berdampak pada subjective well-being dari guru honorer dan status kontrak membuat mereka merasa job insecurity karena tidak ada kejelasan waktu kontrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran job insecurity terhadap subjective well-being pada guru honorer di SMA/SMK Negeri di wilayah X. Populasi merupakan guru honorer SMA/SMK Negeri di wilayah kabupaten X Sumatera Selatan. Adapun jumlah populasi yaitu 105 guru honorer baik pria maupun wanita. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis data diperoleh signifikasi sebesar 0,002 dengan nilai R Square 0,91, maka berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan hipotesa yang diajukan dapat diterima bahwa ada peran job insecurity terhadap subjective well-being. Adapun besarnya peranan job insecurity terhadap subjective well-being adalah 9,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lainnya. Kata Kunci: Job Insecurity, Subjective Well-Being, Guru Honorer
PERANAN MINDFULNESS DAN ORIENTASI RELIGIUS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA AWAL PENGHAFAL AL-QUR’AN DI BANJARMASIN : Sukma Noor Akbar, Adinda Maulia Rahmah, Arini Karima, Firdha Yuserina Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.8078

Abstract

Indonesia tercatat menjadi negara dengan penghafal Al-Qur’an terbanyak di dunia. Seorang penghafal Al-Qur’an memerlukan kemampuan kognitif dan pengendalian emosi yang baik untuk kelancaran proses menghafal, khususnya pada remaja yang masa perkembangannya identik dengan pengelolaan diri yang belum stabil. Mindfulness dan orientasi religius diprediksi mampu berperan pada kecerdasan emosional remaja. Namun ditemukan belum banyak penelitian yang membahasnya baik secara simultan maupun masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan mindfulness dan orientasi religius terhadap kecerdasan emosional pada remaja awal penghafal Al-Qur’an. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 166 orang remaja awal (13-16 tahun) penghafal Al-Qur’an. Data penelitian diambil melalui instrumen yang sudah diadaptasi secara terstandar, yaitu skala The Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS) dengan reliabilitas 0,858, Child and Adolescent Mindfulness Measure (CAMM) dengan reliabilitas 0,757, Intrinsic/Extrinsic Measurement-Revised (I/E-Revised) dengan reliabilitas 0,835, yang kemudian dianalisis dengan regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan mindfulness dan orientasi religius secara terpisah maupun bersamasama memiliki peranan terhadap kecerdasan emosional pada remaja awal penghafal Al-Qur’an. Kondisi mindfulness dan orientasi religius yang baik akan meningkatkan kecerdasan emosional yang semakin baik lagi bagi remaja, khususnya dalam proses perjalanan menghafal Al-Qur’an. Kata Kunci: Penghafal Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Mindfulness, Orientasi Religius, Remaja
PENGEMBANGAN BUKU PERMAINAN TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH : Wahyuni Christiany Martono, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Kartika Ananda, Gloria Karolina, Septina Wulandari Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.8139

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberlangsungan lembaga pendidikan anak usia dini yang saat ini dipengaruhi oleh perubahan zaman, dimana pada zaman modern, permainan tradisional yang seharusnya diperkenalkan pada anak sedini mungkin dan menjadi aktivitas sosial turun-temurun sebagai tranformasi dan konservasi semakin tergerus oleh zaman. Tujuaan dari penelitian ini adalah peneliti menyusun dan mengembangkan Buku Tradisional Kalimantan Tengah yang dapat digunakan sebagai panduan bagi pendidik (guru dan orang tua) untuk mengenalkan permainan tradisional Kalimantan Tengah kepada anak. Buku yang dikembangkan dilengkapi dengan informasi detail mengenai sejarah permainan, aturan dan cara bermain, proses pembuatan, alat bahan yang diperlukan, serta manfaat permainan dan berisi aspek perkembangan (kognitif, bahasa, sosial emosional, nilai agama moral, fisik motorik, seni) yang terstimulasi dari masing-masing permainan yang dimainkan anak. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau research and development (R & D) dengan tahapan yang dikemukakan oleh Borg & Gall(1989) dan dikembangkan kembali oleh peneliti, yaitu 1) Studi pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk awal; 4) Uji Validasi; 5) Revisi Hasil Validasi; 6) Uji Coba; 7) Penyempurnaan produk akhir; 8) Diseminasi. Berdasarkan hasil validasi ahli budaya dan permainan tradisional Kalimantan Tenga diperoleh presentase 78%, dengan kriteria produk layak dan cukup valid. Sedangkan respon guru dari pelaksanaan uji coba produk menyatakan bahwa penelitian pengembangan Buku Permainan Tradisional Kalimantan Tengah ini sangat bermanfaat karena memudahkan pendidik untuk memahami, mengenalkan, dan mempraktikan permainan tradisional Kalimantan Tengah. Dengan demikian guru bersama orang tua dan pemerhati PAUD dapat bersama-sama megoptimalkan potensi anak usia dini melalui pengenalan dan praktik permainan tradisional Kalimantan Tengah. Kata Kunci: Buku, Permainan Tradisional, Kalimantan Tengah
KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MERANCANG PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN BERBASIS NILAI BUDAYA DAERAH KALIMANTAN TENGAH : Intan Kamala, Rayne Praticia, Rusmaladewi Rusmaladewi, Indri Rahma F, Kezia Aprileony Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.8141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam merancang program pembelajaran berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah di Prodi PG PAUD FKIP UPR. Mahasiswa pogram studi PG PAUD FKIP UPR yang juga sebagai calon guru bagi anak usia dini harus memiliki kemampuan dalam menyusun program pembelajaran dengan menuangkan nilai-nilai budaya tersebut kedalam sebuah perangkat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan data menggunakan test yaitu mahasiswa merancang RPPH yaitu rancangan program pembelajaran bagi anak usia dini berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah. Kemudian diberikan tiga kuesioner untuk menjaring data kemampuan mahasiswa tentang pengetahuan mahasiswa tentang nilai budaya daerah Kalimantan Tengah, dan kemampuan mahasiswa dalam merancang program pembelajaran berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah. Dalam penelitian ini juga dilakukan wawancara untuk melengkapi data tentang kesulitan mahasiswa dalam merancang pembelajaran berbasis nilai budaya daerah Kalimantan Tengah bagi anak usia dini. Dari hasil penelitian kemampuan mahasiswa terkait dengan Pengetahuan, tentang Pengetahuan Penyusunan Program Pembelajaran untuk Anak Usia Dini diatas, rata-rata nilai secara keseluruhan tergolong cukup 60,38%, pengetahuan budaya daerah di peroleh hasil sebesar 42,25%, masuk dalam kategori cukup. Sedangkan untuk pengetahuan tentang budaya daerah di peroleh sebesar 41,75% tergolong cukup. Kata Kunci : Program Pembelajaran, Pendidikan, Nilai Budaya
IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI : Ignatia Imelda Fitriani, Cahaya Afriani Napitupulu, Sophia Oktavia Balimulia, Esta Fronika Telaumbua, Indria Saraswatie Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.8142

Abstract

Flipped Classroom adalah bentuk pembelajaran blended (melalui interaksi tatap muka dan virtual/online) yang menggabungkan pembelajaran sinkron (synchronous) dengan pembelajaran mandiri yang askinkron (asynchronous). Pembelajaran sinkron biasanya terjadi secara real time di kelas. Anak berinteraksi dengan guru dan teman sekelas serta menerima umpan balik pada saat yang sama. Sedangkan, pembelajaran asinkron adalah pembelajaran yang sifatnya lebih mandiri.Terdapat tiga tahapan kegiatan dalam model flipped classroom ini yaitu sebelum kelas dimulai (preclass/before class), saat kelas dimulai (in-class/during class) dan setelah kelas berakhir (out of class/after class). Model pembelajaran flipped classroom bertujuan untuk membimbing anak untuk dapat menjadi pembelajar yang aktif dalam aktifitas belajar sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas implementasi model flipped classroom dalam pembelajaran sains anak usia dini. Penelitian ini diterapkan di TK Darrusalam Palangkaraya dengan melibatkan 20 anak pada kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan 19 anak kelompok B2 sebagai kelas kontrol. Hasil Penelitian menunjukan Thitung sebesar 96,34 > Ttabel = 2, 95 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model flipped classroom efektif dalam pembelajaran sains pada anak usia dini. Kata kunci : Flipped classroom, Pembelajaran Sains, Anak usia dini
POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK: Esteran Damanik, Fendy Suhariadi, Rini Sugiarti Adminpintarharati
Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi Vol. 18 No. 2 (2022): Journal Pintar Harati Volume 18, Nomor 2, Desember 2022
Publisher : Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36873/jph.v18i2.8216

Abstract

Sikap mandiri merupakan bagian dari perilaku anak yang harus dikembangkan sejak dini sebagai pondasi keterampilan kehidupan kelak.Usia dini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan segala aspek perkembangan karena anak mengalami proses tumbuh dan berkembang secara pesat. Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang ditemui individu sejak mereka lahir ke dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh orang tua dalam membentuk kemandirian anak di kelas 2 & 3 SD EFATA di Baloi Permai, Batam . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, setelah itu diproses melalui triangulasi data. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa dari kelas 2 & 3 SD yang ada di sekolah EFATA. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh setiap orang tua yang menjalankan pola asuh yang sesuai akan cenderung dengan mudah membentuk kemandirian anak mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari empat jenis pola asuh hanya satu yang signifikan yaitu pola asuh otoratif ataupun demokratis. Kata Kunci: Pola asuh, sikap mandiri dan, siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8