cover
Contact Name
Abi Fajar Fathoni
Contact Email
fajarfathoniabi@um.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fikjurnal@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, d.a. Sekretariat Jurnal FIK UM, Gedung L2.102, Jln. Semarang No.5 Malang 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Sport Science and Health
ISSN : -     EISSN : 27153886     DOI : 10.17977
Core Subject : Education,
Sport Science and Health berdiri pada tahun 2019 dan diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang (UM). Sport Science and Health diterbitkan setiap bulan. Terbitan pertama pada bulan Oktober tahun 2019. Terbitan berisi artikel penelitian dan hasil penelitian di bidang Keolahragaan, Pendidikan Olahraga, Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi, Kesehatan Olahraga, Kesehatan Masyarakat Fokus dan lingkup jurnal meliputi Manajemen Keolahragaan, Latihan dan Kebugaran, Partisipasi dan Kinerja Olahraga, Terapi Fisik, Biomekanika Olahraga, Kesehatan Olahraga, Pengembangan Profesi Guru, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Blended Learning Pendidikan Jasmani, AKK, Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Biostatistika, Ilmu Kependudukan, dan Kesehatan Reproduksi, Gizi Masyarakat, Epidemiologi
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 7 (2020)" : 6 Documents clear
Studi Perbandingan Minat Siswa SMP Dan MTs terhadap Bolavoli Mini dan Bolavoli Gandu Level II Hidayah, Lutfi; Asim, Asim
Sport Science and Health Vol 2, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui minat siswa SMP dan MTs terhadap permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini. Menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif metode survei dengan variabel bebas manipulatif: bolavoli gandu level II dan bolavoli mini dan variabel terikat minat, sampel penelitian 50 siswa. Hasil: (1) tidak ada perbedaan minat siswa MTsN nilai signifikan rhitung (0,135) lebih dari  rtabel  (0,05), (2) terdapat perbedaan minat siswa SMPN 1 Watulimo rhitung (0,000) kurang dari  rtabel  (0,05) dan (3) terdapat perbedaan minat siswa kedua sekolah rhitung (0,000) kurang dari rtabel  (0,05). Simpulan: (1) tidak ada pengaruh permainan terhadap minat siswa MTsN 4 Trenggalek, (2) terdapat pengaruh permainan terhadap minat siswa SMPN 1 Watulimo dan (3) terdapat pengruh permainan terhadap minat siswa kedua sekolah.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Smp Kelas VIII Syahroni, Ufin Imam; Mu'arifin, Mu'arifin
Sport Science and Health Vol 2, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang terdapat pada kurikulum sekolah menengah pertama (SMP) yang merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan jasmani dan olahraga. Pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks termasuk ke dalam cakupan materi yang diberikan pada kelas VIII. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang dengan menggunakan metode discovery learning. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Selanjutnya berdasarkan penelitian tindakan kelas diperoleh hasil persentase pada sikap keaktifan memperoleh hasil rata-rata 92,18% dapat dikatakan baik sekali, pada sikap kedisiplinan memperoleh hasil rata-rata 93,22% dapat dikatakan baik sekali, pada sikap perhatian memperoleh hasil rata-rata 77,08% dapat dikatakan baik. Penilaian psikomotorik pada gerakan awalan memperoleh hasil 87,3% dapat dikatakan baik sekali, pada gerakan pelaksanaan memperoleh hasil 78,12% dapat dikatakan baik, pada gerakan akhiran memperoleh hasil 81,25% dapat dikatakan baik sekali.
Perbedaan Kecepatan Gerak dan Daya Ledak Otot Lengan antara Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah Atas Armanzah, Maulana Malik; Nurrochmah, Siti
Sport Science and Health Vol 2, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan kecepatan gerak dan daya ledak otot lengan antara peserta kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMAN 1 Lawang dan SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan teknik uji liliefors, homogenitas, dan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kecepatan gerak dan daya ledak otot lengan antara peserta kegiatan ekstrakurikuler bolabasket SMAN Lawang dan SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor: (1) kurangnya frekuensi berlatih, (2) jarang diberi latihan fisik (3) latihan hanya waktu ekstrakurikuler.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Pukulan Backhand Dropshot Bulutangkis Dengan Menggunakan Latihan Bervariasi Bagi Atlet Usia 12-16 Tahun Mighfaruddin, Muhammad; Januarto, Oni Bagus; Fitriady, Gema
Sport Science and Health Vol 2, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan teknik pukulan backhand dropshot pada atlet usia 12-16 tahun di klub PB. Bayu Kencana Kabupaten Pasuruan menggunakan latihan bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan 2 siklus dan terdapat 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 atlet usia 12-16 tahun. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan atlet usia 12-16 tahun pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik pukulan backhand dropshot sebanyak 56,29% dari observer. Sedangkan tingkat keberhasilan atlet usia 12-16 tahun tahun pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik pukulan backhand dropshot sebanyak 81,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode variasi latihan dapat meningkatkan teknik pukulan backhand dropshot pada atlet usia 12-16 tahun.
Upaya Peningkatan Penguasaan Teknik Dasar dalam Bermain Sepakbola dengan Metode Peragaan Pada Siswa Kelas V (Lima) SD Diharjo, Ngasto
Sport Science and Health Vol 2, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui peningkatan prestasi penguasaan dasar dalam permainan sepakbola setelah menerapkan metode peragaan, (b) Mengetahui motivasi belajar teknik dasar dalam bermain sepak bola pada siswa Kelas V (Lima) SD Negeri Pagentan 02 Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkan metode peragaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua rak yaitu: merancang, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Tujuan penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) SD Negeri Pagentan 02 Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018 dari data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar pengamatan kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis diperoleh dari hasil belajar siswa meningkat dari siklus I hingga II yaitu, siklus I (61,54%), siklus II (89,74%) untuk ranah psikomotro, siklus I (84,62%). Siklus II (100%) untuk ranah aktif. Simpulan dari penelitian ini adalah metode positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V (lima) SD Negeri Pagentan 02 Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018 dan model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendidikan jasmani.
Pengembangan Bahan Ajar Pencak silat Untuk Siswa Sekolah Dasar Akbar, Ricky Anugrah; Hariyanto, Eko
Sport Science and Health Vol 2, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar sesuai dengan kondisi idealnya harus mencangkup: (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial , (3) pengetahuan , dan (4) keterampilan. Materi pelajaran yang mencangkup inti dari tujuan kurikulum tersebut antara lain ilmu beladiri. Materi pembelajaran ilmu beladiri tertuang pada KD 3. 4 memahami gerak spesifik seni beladiri, dan KD 4. 4 memperaktikan gerak spesifik seni beladiri. Jika mengacu pada prodesur kurikulum yang berlaku, materi beladiri ini wajib diajarkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Namun kondisi nyata di lapangan khususnya di kecamatan Kepanjen tidak semua sekolah dasar mengajarkan ilmu beladiri pencak silat di pembelajarannya, hanya beberapa sekolah yang mangajarkannya. Penyebabnya adalah kurang nya bahan ajar dan ketidak menarikan media pembelajaran yang disajikan. Penggunaan bahan ajar yang interaktif dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar menjadi solusi untuk membantu  pendidik dan peserta didik memahami materi pencak silat dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6