cover
Contact Name
Elihami
Contact Email
diferensialjr@ummaspul.ac.id
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
diferensialjr@ummaspul.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika-STKIP Muhammadiyah Enrekang Jalan Jenderal Sudirman No. 17 Enrekang, Sulawesi Selatan-Indonesia, Post Code 91712
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
ISSN : -     EISSN : 27164047     DOI : DOI Prefix: 10.33487/
Core Subject : Education,
Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia.
Articles 43 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CHALK AND TALK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII.2 SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE Nurdin Nurdin
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 1 (2020): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk pada peserta didik kelas VII.2 SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang pelaksanaannya meliputi: perencanaan (plaining), pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 semester genap SMP Muhammadiyah Parepare pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 26 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tentang hasil belajar matematika peserta didik diperoleh dengan menggunakan teknik tes yang di berikan pada setiap akhir siklus, sedangkan data tentang aktivitas peserta didik dan aktivitas guru diambil dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VII.2 SMP Muhammadiyah Parepare mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan strategi pembelajaran Chalk and Talk. Hal ini ditandai dengan: (a) meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika pada peserta didik siklus I yaitu 42,88% menjadi 83,88% pada siklus II. (b) meningkatnya persentase ketuntasan belajar matematika peserta didik yaitu 26,9% pada siklus I menjadi 92,3% pada siklus II atau tuntas secara klasikal. (c) meningkatnya rata-rata aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus II. Dan (d) meningkatnya rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I ke siklus II.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 94 BALLA Suarti Djafar
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 1 (2020): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom actioan research) yang pelaksanaannya mengacu pada model Hopskin, meliputi empat tahap yaitu: (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap tindakan dan (d) tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 94 Balla tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil, yang berjumlah 16 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah: (1) lembar tes hasil belajar dan (2) lembar observasi aktivitas peserta didik. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 94 Balla setelah diajar dengan metode kuis interaktif, hal tersebut ditandai dengan: (1) Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada siklus I adalah 74,81 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,00, (2) Jumlah peserta didik yang tuntas belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas belajar hanya 9 orang peserta didik atau 56,30%, meningkat menjadi 13 orang peserta didik atau 81,30% pada siklus II, dan (3) Terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari indikator-indikator yang ada pada lembar observasi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 143 LEMO Rustiani Rustiani
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 1 (2020): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas (classroom action reseach) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Advance Organizer peserta didik kelas V SDN 143 Lemo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes pada setiap siklus, dan lembar observasi pada setiap proses pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V SDN 143 Lemo mengalami peningkatan melalui advance organizer.
EFEKTIVITAS METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SDN 133 PEWA Ruslimin Ruslimin
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 1 (2020): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode penyelesaian soal secara sistematis dalam pembelajaran matematika peserta didik SDN 133 Pewa yang dilihat dari ketuntasan hasil belajar, aktivitas peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon positif terhadap metode penyelesaian soal secara sistematis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penyelesaian soal secara sistematis efektif dalam pembelajaran matematika di SDN 133 Pewa
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 192 LANDOKE Putriyani Putriyani
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 1 (2020): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 192 Landoke. Penelitian ini terdiri dari empat tahap pelaksanaan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan angket motivasi. Data yang peroleh akan dikumpulkan melalui teknik observasi dan teknik angket kemudian dianalisis melalui teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada peserta didik kelas V SDN 192 Landoke meningkat.
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 PAREPARE Asrinan Asrinan
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 1 (2020): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 5 Parepare yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas VII B dan kelas VII C. Instrument dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes esay. Pengolahan data menggunakan Uji Normalitas Kolmogorov -Simirnov, Uji Homogenitas Levene Statistic, dan pengujian Hipotesis dalam bentuk uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t selisih nilai pre-test dan Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t-hitung adalah 4,206 dengan df = (n1+ n2) – 2 diperoleh t table sebesar 1,6786. Apabila dibandingkanthit ung dan t-tabel maka t-hitung & gt; t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh signifikan pada kemampuan berpikir kreatif antara siswa siswa yang mendapatkan pembelajaran PCL dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvesional.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Nasaruddin Nasaruddin
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IA.1 SMA Negeri 1 Panca Lautang Semester I tahun ajaran 2016/2017, sebanyak 26 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut : (1) Hasil belajar matematika siswa sebelum pembelajaran kooperatif tipe TAI berada dalam kategori tidak tuntas yaitu skor rata-rata 42,23. (2) Hasil belajar matematika setelah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I berada dalam kategori tuntas yaitu skor rata-rata 63,91 dengan skor tertinggi 80 dan skor terendah 53 dari skor maksimum yang mungkin dapat dicapai yaitu 100. (3) Hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus II berada dalam kategori tuntas yaitu skor rata-rata 79,29 dengan skor tertinggi 93 dan skor terendah 60 dari skor maksimum yang mungkin dapat dicapai yaitu 100. Selain itu, juga terungkap bahwa kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).
Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta didik Kelas X MAN 1 Baraka Pratiwi Pujilestari Alam
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah penelitian eksperimen semu tanpa kontrol yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik MAN I Baraka Kabupaten Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 47,42, (2) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 85, 31, (3) Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS KONSEP ARITMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 20 PAREPARE Hafsyah Hafsyah
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare yang berjumlah 21 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) tahap perencanaan, (b) tahap tindakan, (c) tahap observasi, (d) tahap refleksi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar FPB dan KPK mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 parepare, hal ini dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 56,76 menjadi 90,14 pada siklus II; (2) meningkatnya ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I 0% menjadi 90,5% pada siklus II; dan (3) meningkatnya persentase aktivitas belajar peserta didik yang sesuai proses pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 38,55% menjadi 68,30% pada siklus II.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk pada Peserta Didik Kelas IV SDN No. 8 Tampaan Desi Hadi Sandi
DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 1 No 2 (2021): Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk pada peserta didik kelas VI SDN NO 8 Tampaan. Tahap pelaksanaannya meliputi: perencanaan (plaining), pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VI semester ganjil SDN no 8 Tampaan pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan teknik observasi .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN NO 8 Tampaan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan strategi pembelajaran Chalk and Talk.