cover
Contact Name
Gusstiawan Raimanu
Contact Email
g.raimanu@unsimar.ac.id
Phone
+628114562270
Journal Mail Official
jurnaladministratie@unsimar.ac.id
Editorial Address
Lt. Dua Gedung B, Fak. ISIP, Universitas Sintuwu Maroso Jl. P. Timor No. 1. Poso
Location
Kab. poso,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administratie
ISSN : 2354659X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Administratie with registered number ISSN 2354-659X (print) is a multidisciplinary scientific journal published by Faculty of Social and Political Sciences Universitas Sintuwu Maroso. The scope of this journal concerns many problems in general or problems related to the science of public administration at the developing national level. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thinking or ideas and results of research that have been achieved in the fields of public administration, public policy, and governance. Particularly focused on issues in the development of public policy science and local governance. Broader coverage is administrative development, regional autonomy and bureaucracy, state apparatus, decentralization, development economics, public management, and social sciences which include public health, fiscal politics, and regional planning.
Articles 98 Documents
Kualitas Pelayanan Aparatur Kelurahan pada Kantor Lurah Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso Herlan Lagantondo
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.99 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Aparatur Kelurahan kepada masyarakat Kelurahan Kayamanya kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Data yang digunakan adalah data primer, di peroleh dari hasil wawancara dan hasil jawaban quisioner serta data sekunder, di kumpulkan melalui hasil studi pustaka dan melalui penelusuran dokumen-dokumen resmi yang ada kaitannya dengan permasalahan penelitian. Metode dalam mengumpulkan data, adalah; Observasi, Wawancara, KuesioneR. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu untuk menjawab kaitannya dengan permasalahan penelitian dengan menggunakan persentase melalui hasil yang dituangkan dalam tabel frekuensi serta memberikan penjelasan-penjelasan dari isi tabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwaKualitas Pelayanan yang diberikan Aparatur Kelurahan Kayamanya seperti; Lambatnya proses penyelesaian urusan, Aparatur kelurahan yang kurang informasi, Terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana pelayanan, Aparatur Kelurahan yang kurang memahami teknologi informasi sehingga memperlambat dalam proses pelayanan. Faktor-Faktor Penghambat Adapun faktor penghambat kualitas pelayanan aparatur Kelurahan Kayamanya yaitu : Tingkat disiplin kerja aparatur Kelurahan Kayamanya belum sepenuhnya diselengarakan dengan baik sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat belum optimal, baik dari segi disiplin waktu maupun disiplin kerja.
Kepemimpinan Kepala Desa Sansarino Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una Galip Lahada
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 12, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 12 No. 1 Edisi Maret 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.12 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Desa Sansarino Kecamatan Ampanan Kota Kabupaten Tojo Una-Una.Teori yang digunakan Harbani Pasolong (2008):39-40) Direktif, Partisipatif, Suportif, dan Berorientasi pada hasil. Jenis penelitian ini kualitatif. Informan penelitian ini adalah aparat Desa Sansarino yang ditentukan secara purposive.Teknik pengambilan dan pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, displai data, dan mengambil kesimpulan.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa berdasarkan dari beberapa kesimpulan diatas tentang Fungsi Kepemimpinan Kepala Desa Sansarino dapat disimpulkan bahwa dari ke empat indikator tersebut kepemimpinan yang sangat berperan penting yaitu intruksi yang dianggap kurang baik, karena dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan belum maksimal dalam memberikan intruksi kepada bawahan. Gaya kepemimpinan akan memberikan dampak terhadap pemerintahan dan masyarakat yang dipimpinya apabila seorang pemimpin tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan baik antara kepala desa dengan bawahan ataupun masyarakatnya.
Efektifitas Pelaksanaan Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Pelayanan pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Poso Abd. Khalid HS Pandipa
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.954 KB)

Abstract

Pelaksanaan fungsi manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso mulai dari perencanaan Dinas Pertanian Dan Perkebunan sebelum melakukan suatu kegiatan atau program diawali dengan perencanaan, sehingga fungsi perencanaan berjalan dengan efektif, penggerakan Salah satu penggerakan yang dilakukan oleh Kepala Dinas adalah dengan memberikan penghargaan kepada staf yang sukses melakukan tugasnya, penghargaan tersebut berupa insentif ataupun pujian, dan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso dilakukan secara berkala setiap bulan dan setiap pada staf melakukan pekerjaannya hal ini dimaksudkan untuk mencapai pelayanan yang efektif pada sektor pemerintahan Dinas Pertanian dan Perkebunan. pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan untuk pengorganisasian tugas dalam pelaksanaan rencana kegiatan antara atasan dan bawahan yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat belum efektif. Dengan kata lain pengorganisasian untuk dapat terlaksanan rencana kegiatan, perlu dilakukan pengorganisasian berupa tugas atau wewenang dan tanggung jawab. Dari hasil penelitian ditemukan pula faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso adalah Kemampuan Sumber Daya Manusia dan kurangnya Sarana dan Prasarana, seperti Meja, Kursi dan Komputer serta terbatasnya biaya operasional. Berdasarkan hasil Pembahasan, maka penulis memberikan saran sebagai berikut : Pelaksanaan fungsi manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso dalam proses perencanaan harus diperhatikan tentang kelambatan penyelesaian urusan, pembagian tugas wewenang dan tanggung jawab harus di perhatikan dan diperbaiki untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pada Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Poso mulai dari penggereakan dan pengawasan sudah dilaksanakan dengan baik namun Pengorganisasian masih belum diperbaiki. Dalam rangka pemberian pelayanan pada masyarakat harus diperhatikan Kemampuan dan Keahlian Sumber Daya Manusia dalam hal ini Aparat teknis atau Penyuluh pertanian dalam pemberian Pelayanan kepada masyarakat. Ditambah sarana dan prasarana harus seperti meja, kursi dan komputer diadakan baru dan biaya operasional harus ditambah guna meningkatkan pelayanan yang optimal pada masyarakat.
Peranan Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Tamonjengi Kecamatan Mori Kabupaten Morowali Utara Imanuel Natoralemba Tadanugi
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 10 No. 1 Edisi Maret 2018
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.432 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kepala Desa Tamonjengi dalam pemberdayaan Masyarakat desa khususnya dalam pembangunan di Desa Tamonjengi kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara, sedangkan lokasi penelitian ini adalah di Desa Tamonjengi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sedangkan jumlah responden yang di ambil adalah 19 Orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembangunan di Desa Tamonjengi dari peningkatan partisipasi, pembinaan dan koordinasi dapat terlaksana dengan baik, hal ini di sebabkan karena dilibatkannya semua unsur masyarakat Desa melakukan beberapa variable tersebut, Oleh karena itu peranan kepala desa sangatlah berpengaruh akan suksesnya pembangunan terutama dalam pemberdayaan masyarakat di desa itu, serta dukungan dari masyarakat harus benar-benar ada sehingga semua kegiatan-kegiatan pemerintahan desa dapat terlaskana dengan baik.
PERANAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA NELAYAN DI DESA BOYANTONGO KECAMATAN PARIGI SELATAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG Margaretha Badu
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 1, No 04 (2015): Jurnal Administratie
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.851 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Boyantongo yang berjumlah 2059 Jiwa.Tetapi dalam hal ini peneliti mengambil populasi khusus masyarakat yang mata pencahariannya sebagai nelayan yang berjumlah 119 Jiwa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu dengan bertujuan memilih beberapa orang dengan pertimbangan tertentu untuk memberikan data/informasi dalam penelitian ini sebanyak 14 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang di dapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian di dapatkan bahwa peranan perempuan dalam meningkatkan kesehjateraan keluarga nelayan di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong terbagi menjadi dua bagian yaitu pertama, Peranan perempuan di dalam rumah tangga ; mengurus anak dan kedua, peranan perempuan di luar rumah tangga ; mencari nafkah. Selain itu peranan perempuan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, juga masing-masing dapat dilihat dari keterlibatan mereka didalam membantu suami (khususnya dalam pengelolaan hasil laut) dan juga keterlibatan mereka dalam keikutsertaan mereka mengikuti pelatihan/kursus kerajinan yang dilakukan oleh organisasi perempuan atau PKK di Desa Boyantongo bersangkutan. Jika peranan seperti ini dapat dilakukan/dijalankan dengan baik oleh kaum perempuan, maka kesejahteraan keluarga nelayan sudah dapat dipastikan bisa meningkat. Sebaliknya, jika peranan seperti ini tidak dapat dijalankan/dilakukan dengan baik oleh kaum perempuan sudah dapat dipastikan pula bahwa kesejahteraan keluarga nelayan tidak akan meningkat.
Respons Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso Herlan Lagantondo
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.414 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Respons Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei sebagai dasar dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi dengan melibatkan informan yang berkompeten dan bisa dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan serta penelusuran data atau dokumen – dokumen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menjelaskan atau menggambarkan data yang diteliti atau di dapatkan dari lapangan, baik data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, maupun dari data sekunder yang diperoleh melalui penelusuran pustaka dan dokumen dari berbagai sumber resmi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa Respons masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso dilihat dari kriteria kualitas pelayanan publik adalah Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (kepekaan/daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati). Namun dari hasil wawancara dari sebagian besar informan penelitian mengatakan bahwa dari kelima kriteria tersebut belum maksimal dijalankan dalam pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso sehingga mendapat respons kurang baik dari masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi faktor utama yang mempengaruhi respons masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso, yaitu SDM Pegawai yang masih rendah dan Sarana dan Prasarana Kantor yang belum memadai.
Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) pada Kantor Kecamatan Una Una Kabupaten Poso Abd. Khalid HS Pandipa
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 13 No. 1 Edisi September 2019
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.138 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui persepsi masyarakat tentang budaya kerja pegawai pada unit Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kantor Kecamatan Una Una, Kabupaten Tojo Una una. Dengan metode penelitian Mix Method yang mana merupakan penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara kuantitatif dan kualitatif untuk digunakan secara bersama – sama dalam suatu kegiatan penelitian. Data yang didapatkan dari penelitian ini merupakan data primer yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pemasukan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Prosedur pelayanan publik, Persyaratan Pelayanan, dan kedisiplinan petugas pelayanan dikantor camat una una sudah cukup baik akan tetapi kendala yang dihadapi oleh pengguna layanan bahwasanya setiap dokumen yang diterbitkan agak lama baru dikeluarkan dikarenakan setiap dokumen yang diterbitkan harus mendapatkan pengesahan di kabupaten, sarana dan prasarana juga belum terlalu memadai sehingga tidak terlalu memberikan kenyamanan terhadap masyarakat pengguna layanan. Saran agar selalu dilakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali untuk memberikan penanaman kesadaran kepada petugas bahwa melayani masyarakat dengan ikhlas sesuai dengan hati nurani adalah modal pokok dalam mendapatkan keberhasilan yang hakiki.
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI KANTOR CAMAT PAMONA SELATAN KABUPATEN POSO Imanuel N Tadanugi
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 1, No 01 (2013)
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.992 KB)

Abstract

Banyak permasalahan yang muncul dalam penyelenggaraan pemerintahan  sehingga membutuhkan alternatif pemecahan masalah tersebut. Oleh karena itu, dalam rangka pemecahan masalah tersebut dibutuhkan seorang pemimpin yang mampu melihat apa yang menyebabkan sehingga masalah tersebut terjadi, maka pemimpin dituntut agar mampu sesegera mungkin mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Disinilah letak hubungan antara pengambilan keputusan dan penyelenggaraan pemerintahan, Dimana dalam penyelenggaraan pemerintahan selalu akan diperhadapkan dengan pengambilan keputusan. Di samping itu peranan metode kerja staf dan peranan pengawasan sangat dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Survey sedangkan tipe penelititan adalah deskritif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa proses pengambilan keputusan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso adalah sudah maksimal/baik. Karena dalam setiap rapat pengambilan keputusan pimpinan selalu melibatkan para staf/bawahannya, didukung dengan respon para staf yang aktif dalam memberikan saran, pendapat/tanggapan dalam setiap analisa dan perumusan masalah.Kata kunci : Pengambilan Keputusan, Pemerintahan 
Implementasi Program Beras Miskin (Raskin) di Desa Bangun Jaya Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso Abd. Khalid HS Pandipa
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 7 No. 1 Edisi September 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.531 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: a) Naiknya harga tebus beras miskin (Raskin) b) kurang tepatnya waktu dalam pelaksanaan pendistribusian raskin. c) kualitas beras miskin yang di salurkan kurang layak, masi sering di temukan ketidak sesuaian kualitas beras antara lain berbau apek, berkutu dan berwarna kuning, dan beras patah-patah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempenaruhi implementasi prokram beras untuk keluarga miskin (Raskin) di Desa Bangun jaya Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso yang mencakup aspek-aspek isi kebijakan yang terdiri dari: Komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Pendekatan teori yang di gunakan oleh Edward III. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kulitatif.
Analisis Kinerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso Galib Lahada
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 5 No. 1 Edisi September 2015
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.836 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pegawai Pada Kantor Lurah Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota dan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota. Lokasi penelitian adalah di Kantor Lurah Kayamanya Induk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang di kumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan, kemudian data tersebut di analisis secara kualitatif deskriptif untuk menggambarkan permasalahan penelitian dengan menggunakan presentase. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Pada Kantor Lurah Kayamanya Induk berada pada kondisi yang baik dari beberapa aspek yang digunakan dari 5 (lima) indikator adalah Produktivitas Kerja 35 orang atau 53,03%, Kualitas Layanan 28 orang atau 42,42%, dan Responsivitas 35 orang atau 53,03%. Adapun yang menyatakan kurang baik adalah Responsibilitas 25 orang atau 37,88% dan Akuntabilitas 30 orang atau 45,45%. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Kayamanaya Induk adalah Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso belum berperan secara optimal. Sehingga tidak dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dalam organisasi dan belum dapat mendorong peningkatan kinerja organisasi.

Page 1 of 10 | Total Record : 98