cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education" : 9 Documents clear
MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERINTEGRASI KEISLAMAN Indun Ariningsih; Rizki Amalia
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.511

Abstract

Tujuan pendidikan Indonesia tercantum dalam undang-undang no. 20 Tahun 2003. Menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kecerdasarn intelektual dan kecerdasan spiritual seperti beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehingga dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran seorang guru dalam membagun karakter siswa agar memilki karakter atau akhlak yang mulia. Namun, dalam hal ini bukan saja tugas seorang guru bimbingan dan konseling tetapi tugas semua guru yang ada di sekolah tersebut, termasuk guru mata pelajaran. Salah satu saran yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah bahan ajar. Peran seorang pendidik harus memperhatikan kelayakn bahan ajar yang berintegrasi keislaman sehingga nantinya peseta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual. Membangun karakter siswa juga dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika dengan cara melakukan pembelajaran matematika dengan mengaitkanya dengan nilai-nilai keislaman.
PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH INKLUSIF Maria Ulva; Rizki Amalia
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.512

Abstract

Pertumbuhan anak berkebutuhan khusus di Indonesia dewasa ini sangat cepat, sehingga pelayanan pendidikan yang diharapkan oleh orang tua belum bisa terpenuhi dengan baik. Akibatnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengikuti pendidikan di sekolah reguler yang tidak memberikan perhatian secara khusus pada semua anak didiknya. Matematika telah diperkenalkan secara resmi pada anak didik di awal sekolahnya demikian juga dengan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di dalamnya. Kesulitan matematika adalah hambatan atau gangguan belajar pada anak yang ditandai oleh ketidak mampuan anak untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang mengalami kesulitan dapat diketahui melalui kriteria-kriteria yang sebenarnya merupakan indikator terjadinya kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) saat proses pembelajaran matematika berlangsung, yang selanjutnya guru dapat mengambil langkah-langkah perbaikan yang tepat untuk proses belajar mengajar. Namun pengetahuan matematika muncul ketika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengerjakan sesuatu dengan aktivitas fisik, seperti menyusun blok puzle dan mengurutkan benda sesuai ukuran. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga dapat memperoleh pengetahuan matematika walaupun sangat terbatas. Sehingga anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tersebut dapat menerima pelajaran sesuai dengan kemampuan mereka dan diberikan bimbingan sesuai dengan hak yang seharusnya mereka dapatkan sehingga dapat mencapai kemampuan optimal.
KEPRIBADIAN SEORANG PENDIDIK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA Siti Aisyah
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.513

Abstract

Pendidik dalam dunia pendidikan merupakan seseorang yang sangat penting dalam dunia pendidikan, menjadi seorang guru memiliki tugas yang tidak ringan dalam mendidik siswa, maka dari itu seorang guru harus mempunyai kepribadian yang baik dalam mengajar maupun bergaul dengan siswa agar bisa menarik perhatian siswa dalam belajar sehingga akan tumbuh minatnya dalam mengikuti proses belajar terutama dalam belajar matematika, karena jika seorang siswa tidak terlebih dahulu menyukai gurunya, pelajaran akan sulit diterima, oleh sebab itu dibutuhkan sosok pendidik atau guru yang memiliki kepribadian yang bisa menarik minat siswa untuk belajar terutama dalam belajar matematika.
PENGARUH METODE BERERITA TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DARUSSALAM KUALU NENAS Rika Andriyani; Nurmalina Nurmalina
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.835

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di TK Darussalam Kualu Nenas terhadap kemampuan kosakata anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penerapan kegiatan metode bercerita. Masalah dalam penelitian ini adalah kosakata yang dimiliki oleh anak rendah, ditandai ketika anak belum mampu menjawab pertanyaan yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Kualu Nenas. Sampel penelitian berjumlah 15 anak. penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan statistik dengan uji t-test dengan program SPSS 16,0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan teknik independent T-test, diperoleh thitung sebesar 0,000 pada taraf signifikansi a < 0,005. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima karena 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan koskata pada anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam Kualu Nenas.
DAMPAK EFIKASI DIRI TERHADAP PROSES & HASIL BELAJAR MATEMATIKA (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes) Wahyu Fitra Ningsih; Isnaria Rizki Hayati
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.514

Abstract

Kompetensi dalam pemecahan masalah matematika tentunya harus dimiliki oleh setiap siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Banyak persepsi di kalangan peserta didik yang menyatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Oleh karena itu dalam hal ini, efikasi diri sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Efikasi diri merupakan keyakinan yang dimiliki oleh seseorang tentang seberapa besar kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan suatu tugas pembelajaran. Siswa dengan efikasi diri yang baik akan berhasil dalam pencapaian hasil kegiatan belajarnya, dan sebaliknya siswa dengan efikasi diri yang rendah maka hasilnya siswa tersebut akan dengan cepat menyerah dalam proses belajarnya sehingga hasil yang didapat pun tidak akan maksimal. Jadi dari hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa efikasi diri memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Kooperatif Debat Kimia Berbasis ICT di Kelas Xii Ia 2 SMA Negeri 2 Maumere hendrikus hadir
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.906

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa pada materi reaksi oksidasi dan reduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran kooperatif debat kimia berbasis TIK. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IA SMA Negeri 2 Maumere. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dengan instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan observasi langsung menggunakan lembar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I meningkat 3,78 menjadi 7,14 pada siklus II
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Sofiarti Andriani
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.515

Abstract

Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat diperlukan juga dalam kehidupan. Sebagian besar aspek kehidupan, matematika selalu berkontribusi di dalamnya. Komunikasi matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyapaikan sebuah ide matematika secara lisan maupun tulisan. Secara lisan dapat berupa dalam bentuk diskusi ataupun menjelaskan. Secara tulisan dapat berupa menyapaikan sebuah ide matematika dalam bentuk gambar/grafik, tabel, persamaan, atau dengan bahasa siswa sendiri.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BATUANG ANGKO Adrita Adrita
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.2044

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional batuang angko anak Kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian di TK Kuncup Mawar menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian yang dilaksanakan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan berupa analisis data kualitatif dan juga analisis data kuantitatif. Pada pelaksanaan pra-tindakan dilakukan untuk mengukur kemampuan berhitung anak diperoleh persentase sebesar 53.3%. Kemudian siklus I terjadi peningkatan sebesar 65.45% dan pada siklus II dilaksanakannya tindakan diperoleh peningkatan sebesar 85.84%. Dari hasil yang didapat terlihat permainan tradisional batuang angko mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak. Dalam aspek anak mampu menyebutkan lambang bilangan 1-20, anak mampu membilang, anak mampu mengenal lambang bilangan, dan anak mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.
ANALISIS PENGGUNAAN MOZAIK DARI BAHAN KACANG-KACANGAN UNTUK PENINGKATAN MOTORIK HALUS DI POS PAUD AQILA KIDS DESA RIMBO PANJANG Melvi Lesmana Alim
Journal on Teacher Education Vol. 1 No. 2 (2020): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v1i2.4261

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan motorik halus melalui mozaik dari bahan kacang-kacangan. Penelitian di TK Kuncup Mawar menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian yang dilaksanakan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan berupa analisis data kualitatif dan juga analisis data kuantitatif. Dari hasil yang didapat terlihat penggunaan mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9