cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education" : 22 Documents clear
PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI DI DESA INDRASAKTI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR Ita Paridawati; Musnar Indra Daulay; Rizki Amalia
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone pada anak usia dini, bentuk penggunaan Smartphone dan dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan smartphone di Desa Indra Sakti Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone bagi anak dari aspek pemahaman adalah kurangnya pemahaman orangtua penggunaan Smartphone adalah penggunaan smartphone tidak terlalu penting dan hanya sebagai hiburan, orangtua kurang suka terhadap penggunaan Smartphone; anak lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game daripada untuk belajar ataupun bemain di luar rumah dengan teman seusianya, dan intensitas penggunaan smartphone dikategorikan dengan intensitas tinggi. Dampak positif penggunaan Smartphone bagi anak yaitu; memudahkan komunikasi, memudahkan anak untuk belajar, dapat dijadikan media hiburan anak, dampak negatif penggunaan Smartphone bagi Anak yaitu, anak jadi malas-malasan, sering tidak menghiraukan panggilan maupun perintah orangtua, lupa waktu, teledor, merusak kesehatan dan kurang melakukan sosial lingkungan sekitar.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED BERBANTUAN MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS TEMA MAKANAN SEHAT MURID SEKOLAH DASAR GUGUS 29 CAMPAGA LOE KABUPATEN BANTAENG Firmansah Koesyono Efendi
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1464

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Tema Makanan Sehat Murid Sekolah Dasar. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Campaga loe 1 dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan media teknologi serta dapat mengetahui yang diajar dengan model pembelajaran terpadu tipe webbed tanpa berbantuan media teknologi. Penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Metode penelitian menggunakan, tes tertulis (essay), observasi, dokumentasi. Adapun subyek penelitian berada di sekolah gugus 29 campagaloe murid kelas V, sebagai sampel Sekolah Dasar Inpres Campagaloe 1 dan Sekolah Dasar 29 Campagaloe dengan jumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng. Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi dengan penerapan SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang pendidikan nasional berfungsi untuk membentuk watak agar dapat mengembangkan potensi peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara kreatif, mandiri dan bertanggungjawab. Model pembelajaran terpadu efektif dan dapat meningkatkan kualitas murid berdasarkan numerik tabel dengan signifikan 5% = 2,000
PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR Ulfa Anggraini; Amir Luthfi; Muhammad Syahrul Rizal
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1284

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca khususnya membaca pemahaman di SD Negeri 002 Kuok. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman dengan strategi PQ4R lebih tinggi daripada keterampilan membaca pemahaman dengan strategi KWL. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,038) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh strategi PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan strategi KWL, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok.
PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 MAUMERE Albina Evarista Longa
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peresentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 44% atau 16 siswa, meningkat 25% pada siklus I menjadi 69% atau 25. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 25% menjadi 94% atau 34 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dikelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere tahun 2020/2021.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 019 TANJUNG SAWIT Maulidiyah Dwi Aqsa; Nurhaswinda Nurhaswinda; Adityawarman Hidayat
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan pemahaman konsep soal cerita matematika dalam materi perkalian pada siswa kelas III di SD Negeri 019 Tanjung sawit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan tes tertulis sebagai instrumen yang digunakan. Data yang diambil dari penelitian ini adalah hasil dari jawaban siswa terhadap instrumen tes pemahaman konsep soal cerita matematika, kemudian dianalisis dengan cara mwnghitung jumlah total skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa memahami konsep soal cerita matematika sebesar 73% yaitu dapat dikategorikan tinggi. Indikator yang memiliki nilai persentasi terendah adalah indikator yang sulit dikerjakan atau dipahami oleh siswa adalah 60% yaitu siswa kurang mampu memahami soal cerita dengan baik. Sebenarnya, siswa bukan tidak mampu mengerjakan soal perkalian tetapi siswa kurang memahami langkah-langkah yang tepat pada saat mengerjakan soal cerita matematika.
KAJIAN LITERATUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS DI SEKOLAH DASAR Nasriwandi Nasriwandi; Iis Aprinawati; Astuti Astuti
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang model pembelajaran kemampuan pemecahan masalah Matematika dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur dengan menganalisis artikel yang mengkaji model pembelajaran realistic mathematics education dan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa sekolah dasar. Hasil penelitian yang dianalisis adalah terdapat 1 artikel yang membahas tentang model pembelajaran realistic mathematics education dan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa sekolah dasar. Hasil analisis model pembelajaran realistic mathematics education pada artikel ini langkah-langkahnya yaitu memahami masalah konstektual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah Matematika indikatornya sesuai dengan pendapat ahli yaitu memahami masalah yang diberikan, merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan dan memeriksa kembali hasil yang diperolehnya (looking back).
PERILAKU AGRESIF FISIK ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR Paswaniati Paswaniati; Nurmalina Nurmalina; Yolanda Pahrul
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, faktor penyebab, dan dampak perilaku agresif fisik anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku agresif fisik dari subjek penelitian yaitu, subjek yang dengan sengaja melempar mainan, memukul, mendorong, dengan sengaja mencubit atau menjewer telinga, menendang dengan keras. Faktor munculnya perilaku agresif pada subjek adalah faktor internal yang berupa mencari perhatian, aktif, keinginan bercanda, emosi, dan lelah. Faktor eksternalnya yaitu meniru adegan yang ada di game, faktor lingkungan, dan faktor pola asuh. dampak perilaku agresif fisik yang ditimbulkan oleh subjek diantaranya yaitu: bagi dirinya sendiri berupa dijauhi oleh teman-temannya, dan bagi lingkungan yaitu membuat orang lain merasa kesakitan, terkejut, menimbulkan hukuman berupa tidak boleh bermain untuk sementara dan dinasehati, serta membuat orang lain melakukan perlawanan kepada dirinya.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI TK KASIH IBU PADANG TARAP KAMPAR UTARA Reny Masitha; Iska Noviardila; Yolanda Pahrul
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3100/jote.v2i2.1402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa melalui kegiatan Lompat Tali Kelompok A di TK Kasih Ibu Padang Tarap pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok A. Teknik pengumpulan data yaitu observasi (checklist). Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen motorik kasar dapat ditingkatkan menggunakan kegiatan lompat tali. Peningkatan komponen motorik kasar dapat dilihat pada saat sebelum tindakan diperoleh 14,28% atau 2 anak dari 14 anak pada kriteria baik, pada Siklus I diperoleh 71% atau 10 anak dari 14 anak pada kriteria baik, dan Siklus II diperoleh 93% atau 13 anak dari 14 anak pada kriteria baik. Anak dapat melakukan gerakan melompat dengan tolakan kuat sehingga mendarat dengan baik.
PEMANFAATAN MUSIK KLASIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA SISWA SMA Lusiana Wulansasi; Sigit Widiyarto; Subhan Harie; Nana Suyana; Agus Abdillah
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v2i2.1613

Abstract

Abstrak Pembelajaran menulis termasuk pembelajaran yang mampu mengemukakan ide-ide dalam pikiran yang memerlukan kemampuan rumit yang ada dalam otak. Para siswa masih menemui kendala dalam mengemukakan pikiran mereka kedalam tulisan. Hal ini memerlukan proses yang dilatih dengan baik. Namun menulis masih menjadi kemampuan yang sulit bagi siswa. Hal ini disebabkan proses belajar yang belum optimal dan media yang kurang tepat. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Attaqwa kelas X IPS kabupaten Bekasi. Siswa yang menjadi responden sebanyak 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian para siswa dapat memperbaiki kemampuan menulis kalimat efektif dan proses belajar lebih dinamis dan efektif. Saran dalam penelitian ini adalah agar para guru memberikan pembelajaran yang dinamis dan tidak monoton. Variasi pembelajaran diperlukan agar pembelajaran berjalan dengan riang dan gembira. Kata Kunci : Musik klasik,Menulis, kalimat efektif Akbstrac Learning to write includes learning that is able to express ideas in the mind that require complex abilities in the brain. The students still had problems expressing their thoughts in writing. This requires a well-practiced process. However, writing is still a difficult skill for students. This is due to the learning process that has not been optimal and the media is not quite right. This research was conducted on Attaqwa high school students class X IPS Bekasi district. Students who became respondents were 34 students. The research method used is the experimental method. The results of the students' research can improve the ability to write effective sentences and the learning process is more dynamic and effective. The suggestion in this research is that teachers provide dynamic learning and not monotonous. Variations in learning are needed so that learning runs cheerfully and happily. Keywords: classical music, writing, effective sentences
PENINGKATAN KOMITMEN TUGAS TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH DI SDK 093 MAUMERE IV Milo Bergita
Journal on Teacher Education Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v2i2.1717

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah (PTS) untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui peran kepala sekolah di SDK 093 Maumere IV. Penelitian Tindakan Sekolah ini terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan adalah penelitian ini dikatakan berhasil jika terjadi peningkatan hasil skor rata- rata komitmen tugas minimal 80% dengan kategori tinggi dan kompetensi pedagogik minimal 60% guru rata-rata mencapai kriteria amat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi komitmen tugas dengan nilai rata-rata 74,41 termasuk pada kategori sedang pada siklus pertama dan pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 81,93 termasuk pada kategori tinggi. 2) ativitas pegagogik pada siklus pertama rata-rata 65,4% dan siklus kedua 73,2%. Terjadi peningkatan komitmen tugas dengan nilai rata-rata 74,41 termasuk pada kategori sedang pada siklus pertama dan pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 81,93 termasuk pada kategori tinggi. Kompetensi pedagogik guru dengan nilai rata-rata 65,4 % pada siklus pertama dan rata-rata 73,2% dengan ini bahwa penelitian dikatakan berhasil.

Page 1 of 3 | Total Record : 22