cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education" : 37 Documents clear
PENDIDIKAN MEMBACA ALQURAN DENGAN MEDIA VIDEO CALL WHATSAPP PADA ANAK-ANAK GIZAKA PRIVAT DESA BABALAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI Heny Kusmawati; Anista Ika Surachman
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.2788

Abstract

Pendidikan Membaca Alquran Berbasis Media Video Call Whatsapp pada Anak-Anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan  Gabus, Kabupaten Pati memiliki tujuan untuk mengetahui tahapan pendidikan membaca alquran berbasis video call whatsapp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan membaca alquran berbasis video call whatspp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. Adapun jenis penelitian adalah kualitatif deksriptif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian berkaitan dengan tahapan-tahapan pendidikan membaca alquran berbasis video call whatspp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati dan faktor pendukung serta penghambat pendidikan membaca alquran berbasis video call whatsapp pada anak-anak Gizaka Privat Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.
MEDIA PEMBELAJARAN SNAKE AND LADDERS APLIKASI ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MULITMEDIA Parasianto Parasianto; Ranti Nazmi; Juliandry Kurniawan Junaidi
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.2783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Snake And Ladder menggunakan aplikasi adobe Flash dan menganalisis tentang pengembangan, kelayakan serta praktikalitas media pembelajaran berbasis aplikasi pada mata pelajaran sejarah kelas X Multimedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan model 4-D meliputi 4 tahap, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Desiminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia yang mengikuti proses pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Sijunjung tahun ajaran 2021/2022 yaitu berjumlah sebanyak 36 siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi ini meliputi validasi dari para ahli yaitu ahli media, ahli pendidikan. Sehingga diperoleh data validasi media tingkat persentase 94% dengan predikat “Sangat valid”.Media pembelajaran berbasis aplikasi dinyatakan praktis setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket, dan dilakukan uji praktikalitas sehingga diperoleh hasil total skor 5457 dengan tingkat persentase senilai 91% dengan kategori “Sangat Praktis”.
TEORI KONSTRUKTIVISTIK DALAM SITUASI PEMBELAJARAN DARING Zahid Zufar At Thaariq
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran secara daring telah menjadikan pola-pola yang selama ini cenderung bertahan selama bertahun-bertahun menjadi berubah menuju ke arah perubahan paradigma pembelajaran. Hal ini dikarenakan semenjak adanya pembelajaran daring, baik belajar maupun mengajar kini tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan paradigma pembelajaran yang bermuara pada teori konstruktivistik. Teori ini menekankan pada pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas proses yang dilakukan oleh pebelajar. Metode yang dipakai menggunakan kajian literatur yang berarti penulis mengumpulkan berbagai literatur baik artikel-artikel jurnal maupun buku untuk ditarik suatu kesimpulan yang matang. Kajian ini menghasilkan bahwa perlunya penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring. Untuk melaksanakan teori itu, maka perlu adanya pemberdayaan guru secara maksimal dalam penerapannya. Melalui tulisan artikel ini penulis memiliki harapan agar tulisan ini mampu menjadi sumbangsih bagi pengembangan bidang keilmuan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) Abdul Majid Majid; Muamar Qadar
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.3049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat paket modul pembelajaran kooperatif lingkungan pembelajaran Think Pair Share yang memenuhi kriteria validitas, praktik dan efektifitas. Penelitian ini adalah Pengembangan Modul menggunakan Thiagarajan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket modul Sahih/valid, praktis dan efektif berdasarkan expert judgement dan hasil uji coba terbatas. Validitas paket modul matematika berdasarkan validasi ahli telah memenuhi kriteria Sahih, yaitu validitas koefisien Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 100%, validitas modul matematika sebesar 85%, dan validitas koefisien sebesar THB sebesar 83,3%. hal ini menunjukkan bahwa paket modul matematika berada dalam kategori valid. Kepraktisan paket berdasarkan pengamatan pelaksanaan paket telah memenuhi kategori terlaksana sepenuhnya. Keefektifan paket telah memenuhi empat indikator keefektifan, yang dihasilkan dari persentase kelulusan klasikal dengan hasil belajar 90,1%, terpenuhinya 8 kategori aktivitas siswa, respon positif dari 80% siswa dalam pembelajaran modul proses dan matematika, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik. dan validitas koefisiennya adalah THB sebesar 83,3%.
OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI PERGAULAN BEBAS PADA PESERTA DIDIK Marnatun; Surawan; Ahmad Saefulloh
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.3100

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam pada tingkat SMP khususnya pada bab bergaul dalam Islam guna menanggulangi pergaulan bebas pada peserta didik. Artikel ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena terhadap siswa berupa perasaan takut jika tidak melakukan pacaran karena akan dikucilkan oleh lingkungan sekitarnya, dianggap kuper, tidak gaul, cupu, atau tidak laku. Maka perlu digali bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi pergaulan bebas tersebut. Data diperoleh dari literatur jurnal ilmiah, buku, dan wawancara terhadap guru pendidikan agama islam dan beberapa siswa SMP-N 7 Sampit. Teknik pengumpulan data dengan Purpossive sampling. Hasil Penelitain ditemukan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi pergaulan bebas pada remaja dengan bab adab bergaul dalam islam dapat menjadi alternatif khususnya pada peserta didik.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH UNTUK MENGATASI DEKADENSI MORAL SEBAGAI REALISASI PANCASILA Alvin Vikiantika; Diantika Widyahabsari; Tifany Berliana
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.3196

Abstract

Penelitian ini berawal dari merosotnya nilai moral anak di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku anak yang menyimpang dari norma serta aturan berlaku sehingga perlu adanya perbaikan yang ditunjang dari sisi pendidikan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengemukakan teori-teori yang berkaitan dengan pengaruh pendidikan karakter untuk mengatasi dekadensi moral. Penelitian ini meggunakan penelitian studi pustaka dengan fokus menggunakan teknik membandingkan (compare) dari teori-teori yang ada sebelumnya untuk mencari ketidaksamaan (contrast) dari teori-teori tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data tersebut dianalisis kemudian diringkas sehingga membentuk atau menghasilkan pendapat baru mengenai pengaruh pendidikan karakter siswa sekolah untuk mengatasi dekadensi moral sebagai realisasi pancasila. Berdasarkan studi pustaka menunjukkan bahwa hasil penelitian dalam mengatasi dekadensi moral memerlukan adanya perwujudan pendidikan karakter di sekolah. Upaya tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa, perilaku siswa, konsep diri siswa, meningkatnya prestasi belajar siswa, serta dapat mewujudkan cinta tanah air.
MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SELAMA PANDEMI Silvia Hanna Kusuma Sirait; Riszeky Puja Kurniawan; Jeni Jeni; Insar Damopolii
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.3203

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan motivasi diantara dua gender (laki-laki dan perempuan) di saat pandemi, khusus untuk pelajaran biologi. Metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif telah digunakan dalam riset ini. Sebanyak 191 siswa disurvey dengan angket untuk mendapatkan data motivasi mereka. Angket berisi 31 pernyataan dengan empat skala yang tersebar pada lima indikator motivasi. Data dikalkulasi dengan uji t dan Mann-Whitney. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0.05) untuk skor total motivasi dianatar kedua gender. Berdasarkan indikator motivasi, ditemukan dua indikator berbeda signifikan dan tiga indikator lainnya tidak menujukkan signifikan untuk kedua gender. Riset ini menyimpulkan bahwa motivasi siswa laki laki dan perempuan untuk belajar biologi adalah berbeda, tetapi berdasarkan indikator hanya berbeda signifikan pada dua indikator saja yaitu semangat dan kebutuhan (M2) dan Harapan dan cita-cita (M3).
NEED ANALYSIS OF DKV STUDENT TOWARD ENGLISH SPEAKING SKILL Galuh Raga Paksi; Fitria Iswari
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dikategorikan sebagai analisis kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengidentifikasi kebutuhan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa DKV. Data penelitian ini adalah kebutuhan bahasa Inggris mahasiswa DKV Unindra yang tercermin dari angket yang telah mereka isi. Kuesioner dibagikan kepada 100 mahasiswa DKV Unindra dari berbagai angkatan yang dipilih secara acak. Hasil yang ditemukan percakapan, diskusi, dan presentasi merupakan tiga materi yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa DKV. Tiga kegiatan teratas yang paling dibutuhkan oleh mereka adalah melakukan percakapan dengan teman, berpartisipasi dalam diskusi, dan bernegosiasi untuk memecahkan masalah. Pengucapan, penyampaian presentasi, dan partisipasi dalam diskusi kelompok besar adalah tiga besar kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Semua temuan tersebut digunakan untuk membuat RPP yang menyediakan kebutuhan mereka untuk mempersiapkan diri ke dunia profesional.
THE ROLE OF TEACHERS INCREASING STUDENTS' MOTIVATION IN THE IMPLEMENTATION OF BLENDED LEARNING STRATEGY DURING COVID-19 PHASE Lalu Zulpadli; Rahimah Embong; Eka Setiawati
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.3206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi siswa pada penerapan strategi pembelajaran blended learning di masa COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Montong Baan tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih oleh peneliti, yaitu 3 guru, dan 18 siswa. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian guru yang sering memotivasi siswa dan membuat siswa aktif selama pelaksanaan blended learning. Peran guru dalam menerapkan blended learning selama fase COVID-19 diantaranya menilai prestasi kognitif, afektif, dan psikomotorik, merangsang siswa untuk berperilaku baik, menjelaskan pentingnya beradaptasi dengan dunia yang terus berubah, membangkitkan semangat belajar siswa, dan memberikan bimbingan.
PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM MICROSOFT TEAMS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 3 SINJAI Nur Aisyah; Hasmiati; Irmayanti; Nanda Saputra
Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v3i2.3244

Abstract

Wabah virus COVID-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat terlebih pada bidang pendidikan. Pembelajaran pun dilaksanakan di rumah melalui daring atau jarak jauh. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh Microsoft Teams terhadap minat belajar peserta didik terdiri dari kelas Va, Vb, Vc, dan Vd dengan jumlah populasi 90 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto menggunakan instrumen penelitian angket online microsoft from yang dianalisis melalui uji statistik, uji validitasi dan reliabilitas, uji normalis, uji linear, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunan program microsoft teams terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 3 Sinjai berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik dengan besar pengaruhnya senilai 95.6% termasuk dalam kategori berpengaruh sangat tinggi. Penggunaan program microsoft teams sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 4 | Total Record : 37