cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: April 2020" : 13 Documents clear
Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Metode FIELD TRIP Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Dopang Siti Zaenab; Nursina Sari
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.21

Abstract

Pembelajaran menulis karangan deskripsi dianggap sulit oleh peserta didik kelas V di SDN 1 Dopang karena untuk menulis dibutuhkan pemahaman yang baik. Hal ini terukur dari kegiatan peserta didik yang tidak bersemangat dan pasif selama pembelajaran sehingga nilai KKM yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik melalui penerapan metode field trip. Penelitian ini merupakam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada desain Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan: (a) persiapan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) refleksi.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik yang di tinjau dari hasil ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II yaitu dari jumlah 21 orang peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 28 orang peserta didik, dengan peningkatan nilai persentase peserta didik yang tuntas sebesar 70% menjadi 93%. Adapun keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 89,28%, dan siklus II sebesar 96.42% dengan kriteria sangat baik.
Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Media Garis Bilangan Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Dopang Siti Zaenab; Baiq Syahruniwati; Nursina Sari
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.23

Abstract

Pembelajaran matematika konsep operasi hitung bilangan bulat selama ini dianggab sulit oleh peserta didik kelas IV di SDN 1 Dopang karena dibutuhkan penguasaan konsep yang lebih mendalam. Hal ini terukur dari peserta didik yang lebih banyak pasif selama pembelajaran sehingga nilai KKM yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan media pembelajaran garis bilangan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan: (a) persiapan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) refleksi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran garis bilangan dalam pembelajaran matematika konsep operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang di tinjau dari hasil ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II yaitu dari 16 orang peserta didik yang berhasil tuntas meningkat menjadi 23 orang peserta didik dengan masing-masing nilai persentase yaitu sebesar 53% dan sebesar 77%. Adapun keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 90,00 %, dan siklus II sebesar 96.66% dengan kriteria sangat baik.
Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Sutarto Sutarto; Intan Dwi Hastuti; Haifaturrahmah Haifaturrahmah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitiannya adalah 53 mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian dilakukan dengan memberikan 3 soal pemecahan masalah matematika kepada 53 mahasiswa dengan kemampuan heterogen. Pada tahap pertama, peneliti meminta setiap mahasiswa untuk menyelesaikan masalah matematika. Tahap kedua, peneliti melakukan wawancara berbasis tugas sekaligus mengonfirmasi aktivitas metakognitif yang muncul saat menyelesaikan masalah. Data yang telah terkumpul diperoleh dari lembar jawaban mahasiswa dan hasil wawancara yang dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dilakukan untuk mendapatkan informasi persentase mahasiswa yang menjawab benar atau salah dan untuk mendapatkan informasi terkait persentase mahasiswa yang melakukan aktivitas kesadaran metakognitif, regulasi metakognitif, dan evaluasi metakognitif. Teknik kualitatif dilakukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan aktivitas metakognitif mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram masih rendah. Aktivitas kesadaran metakognitif mahasiswa PGSD sebanyak 6,89 % dan regulasi metakognitif mahasiswa PGSD sebanyak 3,71 %. Selanjutnya, hanya sebesar 2,12 % mahasiswa PGSD yang mampu melakukan evaluasi metakognitif
Pengaruh Media Sosial (Facebook) Terhadap Remaja di SMA dan MA Pondok Pesanteren Nurul Jannah Ampenan Kota Mataram Zedi Muttaqin; Aliahardi Winata Winata
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.86

Abstract

Remaja atau peserta didik memiliki berbagai kegiatan seperti halnya  penggunakan media massa elektronik seperti mengakses handphone membuka aplikasi facebook yang cukup menyita waktu.  Penggunaan media massa elektronik secara berlebihan pada perserta didik memiliki pengaruh yang cukup mengkhawatirkan karena dapat menimbulkan efek tersendiri. Hal ini disebabkan karena media massa elektronik cenderung memuat hal-hal yang bersifat hiburan sehingga menimbulkan ketertarikan pada peserta didik. Ketertarikan tersebut, membuat para peserta didik melalaikan waktu belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui pengaruh antara variabel-variabel dalam penelitian ini.  Data dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan data penelitian, selanjutnya digunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh media sosial (facebook) terhadap peserta didik SMA dan MA Nurul Jannah ampenan.  Data disajikan, dihitung dengan korelasi sederhana untuk mencari pengaruh dari variabel penelitian.  Dipilihnya metode ini karena penelitian yang dilakukan berusaha untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara variable media sosial terhadap disiplin peserta didik.  Jika ada, seberapa besar kekuatan pengaruh variabel tersebut.Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan waktu mengakses Media Sosial (Facebook) berpengaruh positif terhadap disiplin belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai  adalah 2,511 pada taraf signifikansi 0,013 lebih besar dari derajat kesalahan 0,05.  Sedangkan koefisien determinasi ditunjukkan pada kolom Adjusted R Square sebesar 0,023. Hal ini berarti 2,3% variabel disiplin belajar dipengaruhi oleh variabel Media Sosial (Facebook), sedangkan  88,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Pengaruh Penggunaan Waktu Menonton Televisi Dan Internet Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Lombok Zedi Muttaqin; Aliahardi Winata
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi dan Internet terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik SMA sederajat yang berada di Desa Kopang, Lombok Tengah.  Sampel sejumlah 226 peserta didik ditetapkan dengan teknik Issac Michael yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pengaruh penggunaan waktu menonton televisi terhadap disiplinan belajar peserta didik. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1% dan mengakses Internet sebesar 13,8% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses Internet terhadap disiplin belajar siswa adalah 4%, sedangkan sisanya 96% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa.
Kesalahan guru dalam pembelajaran matematika materi bangun datar ditinjau dari Pengetahuan deklaratif Zainuddin Untu; Purwanto Purwanto; I Nengah Parta
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan guru dalam membelajarkan materi bangun datar ditinjau dari pengetahuan deklaratif dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VI Sekolah Dasar Negeri 02 Samarinda Ilir Kota Samarinda Kalimantan Timur. Pengambilan data dilakukan melalui observasi selama proses pembelajaran matematika materi bangun datar dan wawancara setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat kesalahan guru di dalam membelajarkan materi bangun datar ditinjau dari pengetahuan deklaratif dalam pembelajaran matematika. Kesalahan guru tersebut adalah kesalahan di dalam mendeklarasikan konsep dan fakta tentang keliling dan luas bangun datar secara tertulis/gambar dan secara lisan.
Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Haromain Haromain
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.88

Abstract

Keberadaan sumber daya manusia sangat menentukan keefektifan pencapaian tujuan pondok pesantren. Perlu adanya pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Program-program yang dirancang harus mampu mengcover peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia pada pondok pesantren. Pengembangan sumber daya manusia harus dilakukan secara sistematis untuk mengefektifkan pencapaian tujuan pengembangan.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Zainal Abidin; Sabrun Sabrun; I Ketut Sukarma
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Keruak tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data diambil dari siswa  SMK Negeri 1 Keruak kelas X sebanyak 21 orang siswa. Adapun dalam proses pelaksanaan  dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Dimana hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I nilai rata-rata hasil evaluasi siswa adalah  74.38  dengan persentase ketuntasan 52.38%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 3,05 yang menunjukkan masih dalam kategori aktif. Pada siklus II rata-rata nilai evaluasi siswa  mencapai 92.09 dengan ketuntasan 90.48% dengan kategori Sangat baik sedangkan hasil observasi aktivitas siswa sudah mencapai 4.05 ini menunjukan kategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi eksponen kelas X SMK Negeri 1 Keruak tahun pelajaran 2018/2019.
PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP EMPATI M Chairul Anam; Nuril Furkan
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.84

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang bertujuan mendewasakan, merubah prilaku agar berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Dalam kegiatan belajar masih ditemukan sikap empati pada diri siswa rendah. Hal ini ditunjukan dengan kurangnya tolong-menolong pada saat teman membutuhkan bantuan, pada saat kegiatan belajar mengajar peserta didik kurang dalam memperhatikan guru dan teman yang sedang berbicara terkait pelajaran. Perilaku yang negatif pada dasarnya dapat dirubah dengan pemberian bantuan konseling, untuk pendekatan yang sesuai digunakan yakni dengan pendekatan konseling behavioral. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Empati Siswa Kelas X di MA Ad-diinul Qayyim Kapek Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Empati Siswa Kelas X di MA Ad-diinul Qayyim Kapek Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok, sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan analisis t test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu: nilai t hitung  sebesar 6,156 dan nilai t tabel  pada taraf signifikansi 5% dengan db 8 diperoleh 2,306. Maka dengan demikian nilai t hitung   lebih besar dari pada nilai t tabel (6,156 2,306) sehingga dapat disimpulkan “signifikan”.Hal ini menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Empati Siswa Kelas X di MA Ad-diinul Qayyim Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Artinya hasil penelitian ini “signifikan”
Upaya Mengurangi Tindakan Bullying Sesama Siswa Dengan Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila ,Melalui Media Belajar Audio Visual Kelas Vii Di MTS Ulil Absor Aliahardi Winata; Efan Ardiansyah; Nurhasanah Nurhasanah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 1: April 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i1.85

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui tindakan Bullying yang terjadi, bentuk dan cara Penanaman Nilai-nilai Pancasila  dan Untuk mengetahui hambata-hambatan di dalam penggunaan Media belajar Audio Visual dalam penanaman nilai-nilai pancasila di MTs Ulil Absor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendeketan deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Ulil-Absor panti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis secara interaktif dan di lakukan melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah upaya mengurangi tindakan Bullying sesama siswa denagan menanamkan nilai-nilai Pancasila melalu Media belajar audio Visual di Mts Ulil Absor panti.yakni  Tindakan bullying masih di lakukan tapi masih tergolong dalam tindakan bullying ringan,Nilai-nilai pendidikan pancasila yang ditanamkan pada siswa melalui media belajar audio visual di lakukan pada saat penerimaan materi pembelajaran di antaranya nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan,dan keadilan dan yang menjadi hambatanya adalah sarana dan prasarana yang kaurang mendukung. Saran dalam penelitian ini bagi guru agar lebih memberikan pemahaman kepada siswa kaitan dengan penanaman nilai-nilai pancasila dan meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran agar terwujudnya siswa yang lebih baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 13