cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020" : 5 Documents clear
Studi Deskriptif Program Parenting Education Berbasis Online di PAUD Permata Bangsa Tahun Pelajaran 2020/2021 Lu'luin Najwa; Eneng Garnika
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.114

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya program parenting education di masa bencana. Semenjak covid-19 mewabah menimbulkan berbagai permasalahan dalam bidang pendidikan, karena tidak semua sekolah siap untuk menerapkan metode pembelajaran secara daring.  Ketidaksiapan ini bukan hanya dirasakan oleh pihak sekolah saja, yang paling merasakan bebannya adalah orang tua, dikarenakan mereka akan menjadi guru di rumah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan informasi terkait 1) Konsep program parenting education, 2) Perencanaan program parenting education, 3)Proses Pelaksanaan program parenting education,4) evaluasi program parenting education di PAUD Permata Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) konsep program parenting education sudah sejalan dengan teori yang mendukung, 2) perencanaan program parenting education sudah tersusun dengan baik, 3) pelaksanaan program parenting education sudah berjalan sesuai rencana walaupun terbatas karena covid-19, 4) pelaksanaan parenting education dapat memberikan manfaat bagi orang tua, sekolah maupun masyarakat. Namun masih terdapat kelemahan yaitu masih terbatasnya referensi narasumber untuk kegiatan parenting education.Kata Kunci: Program Parenting Education, Berbasis Online. Abstract. This research conducted due to the importance of parenting education in the plague era. The Covid-19 has affected the education field in various ways. Not every school has preparation for an online learning method. This unpreparedness was not only perceived by the school. But also the parents because they play teacher roles at home. It also aimed to provide the related information about 1) the concept of parenting education program, 2) the design of parenting education, 3) The design process of parenting education, 4) the evaluation program of parenting education in PAUD Permata Bangsa. This research used a qualitative approach with a descriptive method. The data collected through observations and interviews. The finding of this study shows that: 1) The concept of parenting education program was aligned with the supporting theory, 2) The concept of parenting education program arranged in a proper way.3) the program implementation of parenting education was work as planned, even though it was unlimited because of covid-19, 4) The implementation of parenting education has benefited parents, school and society. However, the shortcoming of this parenting education program was the limited reference of the discussant. Keywords: Parenting Education Program, Online Learning.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus Untuk Kelas X SMK/MAK Meta Sartika; Nahor Murani Hutapea; Maimunah Maimunah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning pada materi aturan sinus dan cosinus kelas X SMK/MAK. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas dan praktikalitas. Instrumen validitas berupa lembar penilaian validasi untuk menilai kevalidan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKPD. Instrumen praktikalitas berupa angket respon peserta didik untuk menilai keterbacaan LKPD. Perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada peserta didik SMKN 2 Guguak. Hasil analisis data kevalidan diperoleh nilai rata-rata untuk silabus, RPP dan LKPD berturut-turut 3,73; 3,79; dan 3,56 yang dikategorikan sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan LKPD pada uji coba kelompok kecil adalah 3,73 dengan kategori sangat praktis. penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi aturan sinus dan cosinus meliputi silabus, RPP dan LKPD yang valid dan LKPD yang praktisKata Kunci: Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Model Problem Based Learning; 4-D
Persepsi Guru SDN 4 Teros Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19 Rioza Manda Rizal; Sanapiah Sanapiah; Ade Kurniawan
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.102

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan informasi terkait persepsi guru tentang tantangan pelaksanaan pembelajaran online akibat pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan angket dan hasil dokumentasi, pengukuran skala likret (likret secale), teknik pengolahan data menggunakan editing, penyusunan perhitungan data dan tabulasi, informan terdiri dari 12 guru SDN 4. Teros di Desa Teros, Kecamatan Labuhan Haji. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dilihat dari data angket persepsi guru SDN 4 Teros, guru lebih memilih setuju (S) dengan angka tertinggi 42% karena guru merasa tidak puas dengan pembelajaran online tetapi guru harus melaksanakan pembelajaran online. dalam kondisi yang tidak memungkinkan tatap muka muka.
KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI CERITA RAKYAT MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS BUMIGORA MATARAM Sunardy Kasim; Ⅰ Nyoman Subudiartha
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.117

Abstract

Menggabar apa salah satu matakuliah yang di ajarkan pada Desain jurusan Komunikasi Visual. Penelitian ini dilakukan untuk mengetaui berabilitas mahasiswa dalam menggamabar gambar cerita rakyat, dan metode mana mana dalam pengumpulan data metode tes aksi dengan memberikan tugas gambar. Sedangkan aspek yang mana tes dalam tes kata aspek: antara lain, bentuk, proporsi, proporsi, dan apalagi. Dari hasil tesnya sejak saat itu, mahasiswa mampu bermusying 73% materi yang dalam genggaman dalam genggaman. Skor ini heran, Mahasiswa dalam proses nya jadi jalan dengan baik, hal ini serbi baiknya dari yang mana prestasinya mahasiswa dalam proses 2019
PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 3 MATARAM Wayan Tamba
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.181

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 3 Mataram. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa dari dua kelas binaan yang dimana populasinya berjumlah 72 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuesioner penyesuaian diri yang dikembangkan berdasarkan indikator variabel penelitian. Analisis data menggunakan uji t-tes. Bedasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok memiliki pengaruh di dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 3 Mataram.

Page 1 of 1 | Total Record : 5