cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1: April 2022" : 24 Documents clear
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Program Linear Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA Zanadia Zanadia; Syofni Syofni; Maimunah Maimunah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i2.139

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya perangkat pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan penerapan model problem based learning (pbl) pada materi Program Linear kelas XI. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Instrumen validitas berupa lembar validasi untuk menilai kelayakan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan LAS. Instrumen praktikalitas berupa angket respon siswa terhadap penggunakan LAS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator.Uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 orang siswa kelas XI SMAN 1 Pekanbaru. Hasil analisis data kevalidan diperoleh nilai rata-rata untuk silabus, RPP, dan LAS berturut-turut 3,57; 3,68; 3,56 dalam kategori sangat valid. Hasil analisis data kepraktisan LAS terbatas adalah 3,35 dengan kategori sangat praktis. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika dengan menerapkan model PBL pada materi Program Linear kelas XI yang meliputi Silabus, RPP yang valid dan LAS yang valid dan praktis.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model PBL Untuk Memfasilitasi KPMM Materi SPLTV Afifahtunnisak Afifahtunnisak; Yenita Roza; Maimunah Maimunah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini terdiri dari empat tahap penelitian pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Validitas perangkat pembelajaran dinilai berdasarkan hasil validasi ahli. Praktikalitas perangkat pembelajaran dinilai berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil terhadap 6 orang peserta didik. Subjek ujicoba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 2 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Hasil validasi silabus, RPP dan LKPD menunjukan kriteria sangat valid dengan rata nilai validasi secara berurutan yaitu 3,67, 3,66, 3,71. Hasil ujicoba terhadap LKPD menunjukan kriteria sangat praktis dengan nilai 3,69. Penelitian ini menghasilkan produk berupa silabus, RPP, dan LKPD model problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan kategori sangat valid dan praktis.
Resistensi Kultur Pesantren di Madura Menghadapi Kemajuan Teknologi (Studi Pelaksanaan Pendidikan Daring di Pesantren Banyuanyar Kabupaten Pamekasan) Mohammad Afifuddin
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.256

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang memiliki kultur khas, sebab posisi pesantren selama ini dianggap sebagai sub-kultur. Saat ini kultur yang berkembang di pesantren menghadapi tantangan berupa masifnya penggunaan teknologi sebagai instrumen pembelajaran di lembaga pendidikan. Hal tersebut awalnya merupakan konsekuensi dari globalisasi revolusi teknologi informasi, akan tetapi terakselerasi dengan sangat cepat di era pandemi Covid-19. Di Indonesia, bahkan di seluruh dunia mengalami transformasi pola pembelajaran dari awalnya berbasis luring menjadi daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana respon pesantren dengan kulturnya yang khas menghadapi transformasi pola pembelajaran berbasis online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analytical approach, dan case approach. Lokasi penelitian dilakukan di Pesantren Banyuanyar Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa terjadi resistensi kultural dari pesantren terhadap kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pesantren tetap berpegang pada tradisi bahwa santri tidak diizinkan menggunakan handphone atau laptop untuk pembelajaran daring. Bahkan beberapa kali pesantren mengadakan pembelajaran tatap muka secara diam-diam. Kemudian ada faktor lain yakni belum tersedianya akses terhadap jaringan internet.
Relasi Sosial Minoritas Muslim di Kalangan Mayoritas Kristen di Dusun Nggeru Kopa Desa Palama Kec. Donggo Kab.Bima Jamaludin Jamaludin; Nuruddin Nuruddin
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.208

Abstract

Masyarakat Indonesia sekalipun mayoritas beragama Islam secara data statistik Nasional, namun dari sejumlah wilayah di Indonesia 24 Provinsi ini belum tentu di duduki oleh umat beragama Islam semata. Namun terkadang Islam bisa berlaku minoritas, hal ini juga yang berlaku di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Dusun Nggeru Kopa, Masyarakat Nggeru Kopa adalah salah satu etnis yang mendiami salah satu wilayah yang ada di Kecamatan Donggo yakni di Desa Palama, masyarakat di dusun ini cukup majemuk karena masyarakatnya terdiri atas berbagai penganut agama yang monoteis seperti agama Islam, Kristen Katholik, Kristen Protestan, namun demikian mereka mampu menyikapi dan menghindari konflik yang berbasiskan agama. Dengan kemampuan dalam menyikapi arti perbedaan tersebut dengan melalui kearifan lokal seperti acara mbolo weki, teka ra ne’e, karawi ulu cempe,dan ina riha. Dengan demikian masyarakatnya tetap terjaga dengan harominis. Metode dalam penelitianini kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara, Dokumentasi, yang menjadi tumpuan utama dalam penelitian ini. Masyarakat Dusun Nggeru Kopa menggunakan tradisi dan kearifan lokal sebagai strategi untuk menghindari dari konflik sekaligus mempereratkan tali persaudaraan antar umat beragama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kearifan lokal yang hidup di Dusun Nggeru Kopa mampu menjadi pilar dalam merajuk relasi sosial antar umat beragam di Dusun tersebut.
Pengaruh Kecemasan Belajar dan Partisipasi Aktif Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 Siprianus Jewarut
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.192

Abstract

Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan belajar dan partisipasi aktif orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. Hipotesis Penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan belajar dan partisipasi aktif orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan partisipasi aktif orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan menggunakan analisis data regresi. Populasi adalah siswa kelas X SMA Swasta di Jakarta Barat dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes bahasa indonesia dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal, kuisioner kecemasan belajar dan partisipasi aktif orang tua masing-masing sebanyak 40 soal dengan 5 alternatif jawaban. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan belajar dan partisipasi aktif orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung =74,413. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig =0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 5,945. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan partisipasi aktif orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,961. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah.
Regulasi Kognisi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online Dina Amalya Lapele
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.257

Abstract

Saat ini pembelajaran online merupakan pembelajaran yang digunakan di sebagian besar Perguruan Tinggi di Indonesia. Kondisi kognisi mahasiswa pada pembelajaran offline yang sebelumnya dilakukan tentu mengalami perubahan pada pembelajaran online ini. Penelitian ini akan menyelidiki dan mendeskripsikan regulasi kognisi mahasiswa dalam pembelajaran online. Data diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Responden dalam penelitian ini yaitu 236 mahasiswa yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar mahasiswa memberi respon positif terhadap keseluruhan aspek regulasi kognisi. Secara berturut-turut aspek regulasi kognisi yang dilakukan mahasiswa yaitu: (1) strategi debugging, (2) perencanaan, (3) pemantauan pemahaman, (4) evaluasi, dan (5) strategi manajemen informasi. Dengan demikian, strategi debugging merupakan aspek regulasi kognisi paling banya dilakukan mahasiswa.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Seni Budaya dengan Menggunakan Audio Visual Triyanto Triyanto
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.253

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas X APHP 2. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar seni budaya peserta didik kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase motivasi dan hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Pada siklus I persentase motivasi belajar peserta didik sebesar 65,45%, kemudian pada siklus II mencapai 78,38%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai tes peserta didik yang mencapai ketuntasan. Dari 36 peserta didik, yang mencapai nilai sesuai KKM ke atas pada siklus I sebanyak 21 orang atau sekitar 58,33%, kemudian pada siklus II mencapai 32 orang atau sekitar 88,89%. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran seni budaya kelas X APHP 2 SMKN 1 Cangkringan.
Teknologi Pendidikan Pembelajaran PAI (Teori Kontruktivisme) Unik Hanifah Salsabila; Muhamad Ilham; Faniya Nurul Rohmah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.212

Abstract

Dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa yang dimana guru sebagai transfer of knowledge tidak hanya terbatas pada ilmu saja namun bagaimana aplikatif yang didapat didunia bangku dapat di aplikasikan di lingkungan. Guru yang manjadi pengajar mendapat beban akan hal ini berpikir ekstra bagaimana berupaya keras akan pencapaian target, namun oleh teori kontruktivisme memberikan kemudahan yang dimana teori kontruktivisme ini memberikan ruang pada siswa untuk bertanya, untuk menyampaikan dugaan terkait materi pelajaran, jika dipraktekan dalam PAI menjadi suatu kemudahan dalam mempraktekan kehidupan beragama yang benar dengan berpikir aktif dan cepat.
Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Soal-soal Investigasi Nursidrati Nursidrati
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.251

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana profil kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal-soal investigasi. Indicator pemecahan masalah merujuk dari tahap-tahap pemecahan masalah yang ditetapkan oleh Polya yang meliputi empat tahap yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Masalah yang disajikan dalam bentuk soal-soal investigasi  merupakan salah satu bentuk masalah yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan kognitif yang kompleks. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dan untuk mengalisis data, peneliti menggunkan tehnik analisis data yang dikemukakan oleh Miles Huberman yaitu reduksi data, penyaian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dua subjek melakukan pemecahan masalah dengan baik dengan memenuhi atau melaksanakan ke-empat tahap  pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hal ini terlihat bagaimana subjek merepresentasikan jawaban dengan tepat meskipun kedua subjek ini memiliki hasil akhir yang berbeda-beda sebab masalah investigasi yang disajikan berupa soal open-ended. Sedangkan untuk salah satu subjek, masih keliru dalam meyusun rencana pemecahan masalah sehingga menyebabkan proses pemecahan masalah salah dan subjek juga tidak teliti dalam memeriksa kembali hasil dari penyelesainnya.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII MTS Ihya Ulumuddin Asmayanti Asmayanti; Bahtiar Bahtiar
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1: April 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.209

Abstract

Model pembelajaran SQ3R merupakan model pembelajaran (Survey, Question, Read, Recite, Review) yang membantu siswa berpikir tentang teks yang mereka baca sehingga siswa mendapatkan pemahaman ketika pertama kali mereka membaca teks tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa pada kelas VII MTs Ihya Ulumuddin. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, yang dimana variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar fisika siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana dalam penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan separated varian menunjukan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,284 dan untuk taraf signifikan 5% didapatkan nilai ttabel = 2,024 dan dk = n1 + n2 – 2 = 20 + 20 – 2 = 38. Karena thitung lebih besar dari ttabel (t_hitung=2,284 t_(tabel )=2,024) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTs Ihya Ulumuddin.

Page 1 of 3 | Total Record : 24