cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: Oktober 2022" : 66 Documents clear
Financial Literacy, Self Efficacy, dan Self Esteem Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi Ni Putu Ika Saraswati Wardani; Embun Suryani; I Nyoman Nugraha
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.343

Abstract

Financial Literacy is a combination of awareness, knowledge, skills, attitudes, and behaviors needed to make good financial decisions and ultimately achieve Financial Wealth Behavior. The purpose of this study was to determine the effect of financial literacy, self-efficacy, and self-esteem on financial management behavior in MSME actors with gender as a moderating variable. This research uses associative research method. The sample in this study amounted to 100. The instrument used in this study was a questionnaire. Data were analyzed using multiple regression with the help of Partial Least Square (PLS) program. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence of Financial Literacy on Financial Management Behavior on MSME actors, with a p value of 0.028 with a t statistic of 2.202. There is an influence of Self Efficacy on Financial Management Behavior in MSME actors, with a p value of 0.023 with a t statistic of 2.268. There is an effect of Self Esteem on Financial Management Behavior in MSME actors, with a p value of 0.000 with a t statistic of 7.564. Gender is not able to moderate the influence of Financial Literacy on Financial Management Behavior on MSME actors, with a p value of 0.900 with a t statistic of 0.126. Gender is not able to moderate the effect of Self Esfficacy on Financial Management Behavior on MSME actors, with a p value of 0.736 with a t statistic of 0.337. Gender is not able to moderate the influence of Self Esteem on Financial Management Behavior on MSME actors, with a p value of 0.439 with a t statistic of 0.775
Pembelajaran IPA Berbasis Bioentrepreneur Pada Etnosains Poteng Jaje Tujak: Perspektif Filsafat Agus Muliadi; Muhammad Sarjan; Joni Rokhmat
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.338

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengelaborasi tentang pembelajaran IPA berbasis bioentrepreneur pada etnosains masyarakat suku Sasak Lombok dalam perpektif ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Studi ini merupakan studi literatur (library reseach) dengan sumber data adalah artikel penelitian terdahulu yang memiliki topik terkait pembelajaran IPA, konsep IPA, pendidikan entrepreneur, etnosains, dan poteng jaje tujak. Prosedur dalam penelitian studi literatur dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, menelaah, mengumpulkan konsep atau naskah, kemudian dilakukan elaborasi dan eksplanasi terhadap data/teks yang terkumpul. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) pendidikan wirausaha dapat memfasilitasi siswa secara terstruktur untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, self efficacy, dan minat wirausaha; (2) pembelajaran IPA pada hakikatnya mengandung unsur proses (scientific processes), produk (scientific knowledge), sikap (scientific attitudes), dan teknologi/aplikasi; (3) pembelajaran IPA harus mengandung unsur yaitu active learning; discovery/inquiry activity approach; scientific literacy; constructivism; science, technology, and society; dinamis/tentatif; (4) poteng jaje tujak adalah jajanan tradisional suku Sasak yang mengandung informasi indogenous science dalam proses pembuatan dengan bahan ketan dan tape; (5) indigenous science dalam proses pembuatan poteng jaje tujak memiliki relevansi dalam kompetensi dasar IPA yaitu “menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia” dan “membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar”.
Pengaruh Lingkungan Kerja non Fisik, Rotasi Kerja, Karakteristik Demografi terhadap Pengembangan Karir dan Prestasi Kerja Karyawan BPJS Ketenagakerjaan se-Provinsi Nusa Tenggara Barat Mardian Rizka Harsani; Agusdin Agusdin; Mukmin Suryatni
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.329

Abstract

Career development and employee performance are not just a coincidence, but many factors influence it, namely the work environment, job rotation and demographic characteristics. The purpose of this study was to determine the effect of non-physical work environment, job rotation, demographic characteristics on career development and work performance of BPJS Ketenagakerjaan employees throughout the province of West Nusa Tenggara. This research uses associative research method. The sample in this study amounted to 42 people. The instrument used in this research is a questionnaire. The data were analyzed using multiple regression with the help of the SPSS program. Based on the results of the study, it can be concluded that the non-physical work environment, job rotation, and demographic characteristics have a significant effect on career development and work performance of BPJS Ketenagakerjaan employees throughout the province of West Nusa Tenggara.
Pengaruh Sport Event dan Ketersediaan Fasilitas Halal Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Muslim ke Kek Mandalika dengan Destination Image Sebagai Variabel Intervening R Janitra Hendra Praditia; Akhmad Saufi; Handry Sudiartha Athar
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.345

Abstract

Tourist interest coming to Lombok is at a level that has not been maximized, this can be seen from the room occupancy rate which is not up to 50%. The purpose of this study was to determine the effect of sport events and the availability of halal facilities on the interest of returning Muslim tourists to Kek Mandalika with destination image as an intervening variable. The sample in this study amounted to 50 samples. The instrument used in this research is a questionnaire. Data were analyzed using multiple regression with the help of Partial Least Square (PLS) program. Based on the results of the study, it can be concluded that the influence of the Sport Event variable on the variable of interest in visiting again has a positive and significant effect. The effect of the variable Availability of Halal Facilities on the variable of interest in revisiting does not have a significant effect. The effect of the Sport Event variable on the Destination Image variable has a positive and significant effect. The effect of the Availability of Halal Facilities on the Destination Image variable has a positive and insignificant effect. The effect of the Destination Image variable on the variable of revisit interest has a positive and significant effect. The effect of Detination Image as a mediating variable or intervening Sport Event on the Interest to Visit Again. The mediation variable Destination Image does not mediate the variable Availability of Halal Facilities on Interest in Returning or is categorized as No Mediation
Pengaruh Relationship Marketing Pada Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pasca Covid 19 Muhamad Hariro; Lalu Hamdani Husnan; Lalu Edy Herman Mulyono
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.330

Abstract

Permasalahan yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini, khsusnya perhotelan adalah bagaimana cara tumbuh dan berkembang serta tetap mempertahankan konsumennya pada masa pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relationship marketing pada loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket. Data dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dengan bantuan program Partial Least Square (PLS). Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. Commitment tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. Customer bonding tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. Commitment berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. Kepuasan pelanggan mempererat hubungan antara customer bonding dengan loyalitas pelanggan di Senggigi Luxury Hotels Pasca Covid 19. 
Pembuatan Peta Desa Rantau Mapesai Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Lisa Trisnawati; Sri Agustin; Nedra Neswita; Sah Riyal; Agung Nugroho; Sri Guntur
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.352

Abstract

Desa Rantau Mapesai terletak di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Desa tersebut memiliki luas wilayah 5000 ha, terdiri dalam dua wilayah yaitu Dusun I Beringin dan Dusun II Jaya yang terbagi dalam  4 Rukun Warga dan 8 Rukun Tetangga. Desa Rantau Mapesai membutuhkan peta desa sebagai sumber informasi yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan di desa.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menghasilkan peta Desa Rantau Mapesai, sehingga dengan adanya peta tersebut dapat diketahui posisi desa terhadap kawasan disekitarnya, mengidentifikasi potensi-potensi desa, dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan desa dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melakukan observasi/survei awal dan identifikasi masalah, memperoleh surat pernyataan bersedia kerjasama dengan mitra, tahapan persiapan dan pengambilan data ditigasi serta data pendukung lainnya, pengolahan data, pembuatan layout peta, mengkonsultasikan hasil layout kepada kepala desa beserta perangkat desa dan penyerahan file atau hasil cetakan. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  adalah  peta  gambar  dengan  memperlihatkan  layout  peta  informasi geospasial yang dapat ditemui di Desa Rantau Mapesai. Peta Desa Rantau Mapesai ini dapat dijadikan sebagai bahan penunjang dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan di desa.
Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV Rahmi Mutia; Syarifah Nur Siregar; Maimunah Maimunah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.288

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan masih terbatasnya perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, khususnya yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, dan LKPD untuk membantu guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis model Problem Based Learning  yang dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi SPLDV yang valid dan praktis. Model pengembangan 4-D adalah model pengembangan yang digunakan dan terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), Development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan  yaitu silabus, RPP dan LKPD. Hasil validasi menunjukkan bahwa: 1) Silabus memiliki kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 3,35, 2) RPP dinyatakan valid dengan rata-rata keseluruhan yaitu 3,56, 3) LKPD dinyatakan valid dengan rata-rata keseluruhan yaitu 3,32. Setelah valid, kemudian perangkat pembelajaran direvisi berdasarkan saran validator. Selanjutnya perangkat pembelajaran diujicobakan untuk melihat praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil uji coba perangkat diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata keseluruhannya 3,49.
Kajian Etnosains dalam Motif Kain Songket: Perspektif Filsafat Agus Muliadi; Muhammad Sarjan; Joni Rokhmat
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.332

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengelaborasi tentang konsep etnosains pada motif kain songket dalam perpektif ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Studi ini merupakan studi literatur (library reseach) dengan sumber data adalah artikel penelitian terdahulu yang memiliki topik terkait etnosains, kearifan lokal, motif kain songket, dan konsep pembelajaran IPA. Prosedur dalam penelitian studi literatur dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, menelaah, mengumpulkan konsep atau naskah, kemudian dilakukan elaborasi dan eksplanasi terhadap data/teks yang terkumpul tentang pembelajaran etnosains berbasis kain songket dalam tasyrih filsafat. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) filsafat aspek ontologi mengkaji tentang hakikat etnosains berbasis kain songket, epistemologi mengkaji tentang pemanfaatan motif kain songket sebagai sumber belajar etnosains, aksiologi mengkaji tentang implikasi dari pembelajaran etnosains berbasis motif kain songket; (2) kain songket memiliki motif wayang, motif subahnale, motif keker, motif bintang empat, dan motif alang/lumbung yang memiliki relevansi sebagai sumber belajar dalam kompetensi dasar IPA tentang mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati; menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan; menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
Pendampingan Sekolah Binaan Tahun 2020 di Kabupaten Landak Kalimantan Barat Wanda Giovani; Antonius Setyawan Sugeng Nur Agung; Yustina Selong; Efrika Siboro; Tuminah Tuminah; Jenny Barli
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.347

Abstract

Program Sekolah Binaan adalah program khusus pendampingan pembelajaran yang diberikan kampus kepada sekolah mitra. Program ini dilaksanakan selama 1 tahun dimulai pada bulan Januari hingga bulan Desember 2020. Konsep dasar Program Sekolah Binaan adalah pemberdayaan guru seperti persiapan pengajaran, pengenalan teknologi dalam pembelajaran daring, dan evaluasi permasalahan-permasalahan pembelajaran yang terjadi di sekolah sasaran. Menggunakan metode observasi dan interview, program utama berhasil dilaksanakan yaitu pendampingan kelas daring dan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal semester. Pada semester berikutnya, program difokuskan pada monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berupa Rencana Program Pembelajaran (RPP), silabus, dan penilaian teman sejawat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa program sekolah binaan mampu memacu para guru di SMP Negeri 3 Sengah Temila untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Urgensi Praktikum IPA Berbasis Ekowisata Megapodius reinwardt untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Muhammad Yamin; Muhammad Sarjan; A. Wahab Jufri; Aliefman Hakim
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 2: Oktober 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i2.334

Abstract

Kekuatan IPA terletak pada kemampuan merumuskan hipotesis yang memacu dikembangkannya berbagai kemampuan berpikir mahasiswa. Praktikum memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merencanakan suatu eksperimen dengan mencoba menggunakan berbagai prosedur dalam rangka memecahkan suatu permasalahan.  Praktikum dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis mahasiswa. Kemampuan tersebut tidak dapat berkembang pada pembelajaran IPA tanpa praktikum. Praktikum riil bisa meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada semua aspek keterampilan berpikir kreatif, namun skornya masih rendah, skor maksimum 51. Rendahnya skor praktikum mahasiswa disebabkan karena praktikumnya bersifat verifikatif dan kaku berpedoman pada panduan sehinga mahasiswa menjadi bosan, jenuh dan malas. Sehubungan dengan hal ini, praktikum harus didesain  sedemikian rupa,  tidak  hanya  untuk  memperjelas konsep tetapi juga  mampu mengembangkan potensi peserta didik. Pendidik harus mampu mengembangkan model praktikum yang tepat sehingga kebutuhan belajar peserta didik terpenuhi. Salah satu model praktikum yang diduga efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran pada bidang IPA adalah Ekowisata berbasis burung Megapodius reinwardt.